Sukses

10 Tempat Wisata Trenggalek untuk Healing, Sempatkan Lewat Jembatan Galau

Liputan6.com, Jakarta Wisata Trenggalek memiliki daya tarik yang mempesona. Ini tidak lain karena bentang alam Trenggalek yang terdiri atas pantai, perbukitan, dan perairan.

Hanya saja, banyak tempat wisata Trenggalek yang belum terekspose. Bahkan banyak di antaranya yang masih belum dikembangkan oleh pemerintah setempat.

Kendati demikian, bukan berarti wisata Trenggalek tidak layak untuk dikunjungi. Justru karena banyak tempat yang masih dikembangkan dan belum banyak diketahui orang, wisata Trenggalek bisa menjadi opsi menarik buat Anda yang ingin menghabiskan waktu untuk healing dan menjauh dari hiruk pikuk kota.

Berikut adalah 10 tempat wisata Trenggalek instagramable, yang cocok untuk healing, yang telah dirangkup Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (7/7/2022).

2 dari 4 halaman

Wisata Pantai

1. Pantai Damas

Pantai Damas tergolong pantai yang masih alami yang memiliki garis pantai sepanjang 2 km. Pantai yang menjadi andalan wisata Trenggalek ini terletak di Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo, yakni sekitar 5 Km arah barat daya dari Pantai Prigi.

Di pantai ini pengunjung bisa berenang, bermain pasir, berjemur juga bisa memancing. Suasana pedesaan yang menyelimuti pantai ini pun menjadi alasan yang tepat untuk menghabiskan waktu di wisata Trenggalek yang satu ini.

Pantai ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang suka dengan wisata alam yang sejuk damai dan punya banyak spot untuk berfoto.

2. Pantai Prigi

Pantai Prigi adalah pantai di pesisir selatan yang lokasinya tidak jauh dari pantai Damas. Pantai secara administratif masuk wilayah Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek.

Pesona wisata Trenggalek yang satu ini berjarak 48 km dari pusat kota Trenggalek.

Tidak diragukan lagi, jika Pantai Prigi merupakan andalan wisata Trenggalek karena yang sering dikunjungi.Di samping itu, Pantai Prigi juga merupakan pelabuhan nasional, yang menjadi tempat penangkapan ikan terbesar di pantai selatan Pulau Jawa.

Di Pantai ini, pengunjung bisa menghabiskan waktunya dengan memancing, berkemah, tenis atau hanya staycation di beberapa hotel dekat pantai.

Ada momen tertentu yang membuat obyek wisata Trenggalek yang satu ini menjadi sangat ramai. Itu terjadi di bulan Selo, kalender Jawa.

Pada bulan itu para nelayan di pantai ini akan menggelar upacara tradisional Larung Sembonyo. Upacara itu merupakan upacara tahunan sebagai bentuk ucap syukur kepada Tuhan akan hasil laut yang melimpah.

Selain sebagai upacara ucap syukur, penduduk lokal juga percaya bahwa ritual Larung Sembonyo diadakan sebagai bentuk peringatan pernikahan dalam sejarah Raden Tumenggung Yudha Negara.

Raden Tumenggung Yudha Negara adalah seorang kepala prajurit Kerajaan Mataram yang berhasil membuka wilayah Prigi dengan jaminan bersedia menikahi Putri Gambar Inten.

3. Pantai Konang

Wisata Trenggalek memang dikenal dengan pantainya yang indah-indah. Makan tidak terlalu berlebihan untuk memasukkan Pantai Konang dalam daftar.

Pantai ini terletak di Desa Nglebeng Kecamatan Panggul. Obyek wisata Trenggalek ini memiliki pesona berupa Ombak yang besar dan pantai yang berpasir cocok untuk olahraga surfing.

Pantai Konang juga memiliki pemandangan sunset yang sangat indah. Mengambil foto di momen itu pasti akan membuat feed akun Instagram menjadi cantik.

Keindahan dan keeksotisan obyek wisata Trenggalek ini akan selalu memukau dalam setiap kondisi alam. Dengan garis pantai yang mencapai hampir 2 km, pantai ini memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan.

Aktivitas nelayan juga menjadi pemandangan yang sangat indah, perahu nelayan berjejer di sudut pantai dan diwarnai pula dengan aktivitas menjaring ikan.

Pengunjung yang ingin menikmati ikan segar juga bisa langsung mendapatkannya dari para nelayan. Bahkan pengunjung juga bisa naik perahu nelayan dengan tarif yang tidak akan menguras kantong.

Selain itu, nelayan pemilik perahu juga akan menjadi guide untuk memandu berkeliling muara Kali Gedangan yang langsung terhubung ke Pantai Konang.

4. Pantai Taman Kili-Kili

Taman kili-kili atau Pantai Kili-kili adalah pantai panjang di antara Pantai Pelang dan Pantai Konang. Obyek wisata Trenggalek ini membentang dari timur hingga barat wilayah Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul.

Pantai yang banyak ditumbuhi tumbuhan pandan ini merupakan tempat bertelurnya penyu laut. Konon tumbuhan merupakan daya tarik penyu untuk bertelur selain pantai yang gelap dan alami.

Jika ingin menikmati pemandangan penyu bertelur, datanglah ke pantai ini antara bulan Mei sampai dengan Agustus.

3 dari 4 halaman

Wisata Air Terjun

5. Hutan Bakau Pancer Cengkrong

Tempat wisata Hutan Mangrove Pancer Cengkrong ini terletak di desa Karanggandu, Kec Watulimo, Kab Trenggalek, Jawa Timur. Hutan Bakau Pancer Cengkrong merupakan salah satu tempat wisata Trenggalek yang wajib anda kunjungi.

Hutan Mangrove Pancer Cengkrong ini mempunyai jembatan di atasnya yang membentang jauh ke dalam area hutan mangrove itu sendiri. Jembatan ini merupakan jalur pengunjung untuk bisa menikmati keindahan alam Hutan Mangrove Pancer Cengkrong. Uniknya, jembatan ini diberi nama Jembatan Galau.

Tidak ada maksud apapun tentang penamaan jembatan Galau. Yang jelas di ujung jembatan terdapat gazebo yang memang sengaja dibuat untuk tempat beristirahat pengunjung. Gazebo itu bisa anda gunakan sebagai tempat bersantai atau beristirahat tanpa perlu dipungut biaya.

Di tempat wisata Trenggalek yang satu ini, terdapat pula aliran sungai Kalisongo yang bermuara langsung ke pantai cengkrong. Muara sungai kalisongo itu dilalui oleh jembatan JLS Damas yang memiliki desain arsitektur yang sangat menawan.

6. Jurug Waru Dongko

Obyek wisata Trenggalek lainnya adalah Jurug Waru. Tempat wisata ini berada kurang lebih 30 kilometer dari pusat kota Trenggalek.

Namun penting untuk diperhatikan, sebelum memutuskan untuk mengunjungi wisata Trenggalek yang satu ini, pastikan stamina kesehatan anda dalam kondisi fit. Bagaimana tidak? Untuk dapat sampai ke Jurug Waru Dongko, pengunjung harus menyusuri jalanan sepanjang 300 meter yang berliku dan curam dengan berjalan kaki.

Begitu sampai di Jurug Waru, mata Anda langsung dihadapkan dengan pemandangan yang begitu istimewa. Air terjun yang muncul dari sela-sela bebatuan serta telaga jernih, dijamin akan menjadi sarana healing yang menyenangkan.

Hamparan telaga berwarna hijau yang ada di sekitar air terjun seakan membawa kita ke alam yang lain. Pengunjung bisa bermain-main air di tepi telaga, sambil mengambil beberapa foto.

Salah satu spot yang menarik dari tempat wisata Trenggalek ini adalah bebatuan yang ada di dekat air terjun. Namun untuk bisa menjangkaunya, pengunjung harus melewati tepian tebing yang relatif curam dengan bantuan tangga bambu.

7. Curug Kembar

Curug Kembar berarti air terjun kembar. Obyek wisata Trenggalek ini berada di Desa Slawe, Watulimo, Trenggalek.

Curug Kembar memiliki daya tarik berupa pemandangan dari dua air terjun yang tingginya kurang lebih 20 meter. Meski tergolong daya tarik wisata Trenggalek baru, namun sudah mulai dikunjungi wisatawan lokal yang ingin menikmati pemandangan air terjun kembar yang unik ini.  Hanya saja, belum banyak tersedia fasilitas umum di sini.

8. Air Terjun Pelang

Air Terjun Pelang adalah air terjun yang berjarak kurang lebih 200 meter dari Pantai Pelang. Wisata Trenggalek yang satu ini biasanya dikunjungi oleh wisatawan yang baru saja berbasah-basahan di Pantai Pelang untuk bilas.

Obyek wisata Trenggalek ini dikelilingi rimbunnya tanaman jambu alas yang membuatnya semakin eksotis. Di sana ada pula goa pertapan kecil di balik air terjun. Di dalam gua itu terdapat dupa, ada juga fauna siput yang cangkangnya membatu seperti fosil.

 

4 dari 4 halaman

Wisata Adventure

9. Gunung Prongos

Obyek wisata Trenggalek berikutnya adalah Gunung Prongos yang memiliki ketinggian sekitar 550 mdpl. Gunung ini memiliki pemandangan indah luar biasa dari atas ketinggian.

Dari puncaknya, pengunjung dapat menikmati pemandangan berupa hamparan hutan pinus yang asri dan memberi kesejukan tersendiri. Anda juga bisa menikmati pesonanya dari gardu pandang yang disertai view pegunungan.

Di Gunung Prongos juga tersedia area khusus untuk bisa menempelkan gembok harapan yang bernama Hope Lock. Tempat ini menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung di Gunung Prongos.

10. Wisata Paralayang Gunung Tunggangan

Keindahan wisata Trenggalek bisa Anda nikmati sepenuhnya dari ketinggian dengan melakukan kegiatan paralayang. Saat melakukan kegiatan paralayang, pengunjung bisa menikmati pemandangan berupa hamparan luas perkebunan, persawahan serta perkampungan penduduk.