Sukses

12 Manfaat Kedondong untuk Kesehatan Tubuh, Lengkap Cara Mengolahnya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kedondong termasuk buah tropis yang banyak ditemui. Kedondong atau Spondias dulcis merupakan buah yang masih berkerabat dengan mangga. Buah ini memiliki rasa masam dengan biji tunggal keras di tengahnya.

Buah kedondong biasanya dinikmati bersama buah lainnya dalam rujak atau diawetkan dalam bentuk asinan atau manisan. Manfaat kedondong tak hanya menyegarkan mulut, tapi juga punya kandungan nutrisi yang mengesankan. Manfaat kedondong memiliki profil nutrisi yang tak main-main.

Manfaat kedondong didapat dari kandungan vitamin C, B, dan A. Buah ini juga mengandung mineral penting seperti zat besi dan fosfor. Manfaat kedondong bisa membantu meningkatkan kekebalan dan menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat kedondong juga kaya serat dan air yang bisa mendukung pencernaan sehat. Berikut manfaat kedondong untuk kesehatan tubuh, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(7/7/2022).

2 dari 6 halaman

Manfaat kedondong untuk kesehatan tubuh

Sehatkan pencernaan

Manfaat kedondong kaya akan serat yang menyehatkan pencernaan. Serat membantu melancarkan pencernaan dan pergerakan usus. Manfaat kedondong bisa membantu mengatasi sembelit. Kandungan air yang tinggi dari buah juga mencegah dehidrasi.

Bantu turunkan berat badan

Kedondong adalah buah yang tepat jika kamu sedang menurunkan berat badan. Kedondong rendah kalori dan lemak. Serat makanan ekstra membantu menurunkan berat badan. Serat makanan dan air dalam kedondong juga membantu memberikan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Dengan kandungan nutrisi penting di dalamnya, buah kedondong sangat penting untuk vitalitas dan daya tahan tubuh.

Tingkatkan kekebalan tubuh

Manfaat kedondong bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh untuk mencegah penyakit. Vitamin C pada kedondong dikenal perannya sebagai pembangun sistem imun. Vitamin ini membantu mendorong produksi sel darah putih yang dikenal sebagai limfosit dan fagosit, yang membantu melindungi tubuh terhadap infeksi.

3 dari 6 halaman

Manfaat kedondong untuk kesehatan tubuh

Sehatkan jantung

Manfaat kedondong dapat membantu mengurangi faktor-faktor risiko yang menyebabkan penyakit jantung. Banyak faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi, kadar kolesterol dan kadar trigliserida. Vitamin C terbukti mampu mengontrol faktor-faktor ini dan mencegah timbulnya penyakit jantung.

Kontrol kolesterol

Vitamin C pada kedondong bisa membantu mengontrol kolesterol berbahaya. Buah ini mengandung jumlah vitamin C yang baik yang membantu memetabolisme kolesterol menjadi asam empedu. Efek ini akan menyeimbangkan kadar kolesterol darah.

Sehatkan pengelihatan

Selain vitamin C, kedondong juga kaya akan vitamin A. Vitamin A dikenal perannya untuk kesehatan mata. Senyawa retinol dalam vitamin A bertanggung jawab untuk fungsi ini karena meningkatkan persepsi visual mata. VItamin A dalam kedondong mampu menyehatkan mata dan mengatasi masalah mata.

4 dari 6 halaman

Manfaat kedondong untuk kesehatan tubuh

Sehatkan tulang

Kedondong juga mengandung fosfor yang penting untuk kekuatan tulang. Tubuh membutuhkan fosfor untuk banyak fungsi, seperti menyaring limbah dan memperbaiki jaringan dan sel. Fosfor bekerja dengan kalsium untuk membantu membangun tulang. Tubuh menggunakan fosfor untuk menjaga tulang dan gigi kuat dan sehat.

Vitamin C pada kedondong penting untuk pembentukan kolagen, fondasi yang menjadi dasar mineralisasi tulang. Vitamin C tidak hanya diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan, tetapi juga membuat protein yang penting untuk ligamen, tendon, dan kulit. Selain itu, vitamin ini membantu menjaga tulang rawan di tulang dan gigi dua area yang membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan.

Atasi anemia

Manfaat kedondong juga bisa membantu mengatasi anemia. Kedondong merupakan sumber zat besi. mineral ini sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Selain zat besi, buah kedondong juga mengandung vitamin B1 yang membantu produksi sel darah merah dan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh dan mencegah anemia.

Vitamin C pada kedondong juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Vitamin C membantu mengubah zat besi yang diserap dengan buruk, seperti sumber zat besi nabati, menjadi bentuk yang lebih mudah diserap.

Bantu sembuhkan batuk

Makan kedondong juga bisa membantu menyembuhkan batuk. Ada banyak kemungkinan penyebab batuk, yang meliputi alergi, sinusitis atau asma, serta pilek atau flu. Vitamin C pada kedondong mampu membantu menyembuhkan batuk yang disebabkan oleh flu, alergi, atau merokok.

Cara menggunakan kedondong sebagai obat batuk adalah dengan memarut buah kedondong dan menyisihkan airnya. Tambahkan sedikit garam dan konsumsi tiga kali sehari untuk meredakan batuk.

5 dari 6 halaman

Manfaat kedondong untuk kesehatan tubuh

Cegah penuaan

Manfaat kedondong sangat berguna untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Salah satu penyebab penuaan dini adalah radikal bebas. Vitamin C ini mampu melindungi molekul-molekul penting, seperti protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, racun, atau polutan. Vitamin C juga mampu membuat kulit lebih elastis, mencegah penuaan dini karena membantu proses pembentukan kolagen.

Sehatkan kulit

Vitamin C pada kedondong bisa mencapai 30-50 mg di setiap 100 gram daging buah ini. Tak heran, memakan satu buah kendondong besar setiap hari mampu mencegah kulit dari radikal bebas dan meremajakan kembali kulit. Tidak hanya itu, kandungan kolagen juga sangat membantu dalam menjaga elastisitas kulit.

Cegah infeksi kulit

Vitamin C pada kedondong juga meningkatkan pembentukan kolagen dan mempercepat proses penyembuhan luka. Buah ini juga mengandung antioksidan dan membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan mempercepat proses penyembuhan.

6 dari 6 halaman

Cara mengolah buah kedondong

Asinan kedondong

Bahan:

1 kg kedondong, kupas dan potong menjadi 4 bagian

1 liter air

100 gram gula pasir

2 sendok makan garam

10 buah cabe rawit

Cara membuat asinan kedondong:

1. Haluskan cabe, lalu rebus dengan 1 liter air hingga mendidih.

2. Setelah mendidih, masukkan gula dan garam. Aduk hingga gula dan garam larut.

3. Matikan api. Lalu biarkan air rebusan cabe dan gula hangat.

4. Masukkan kedondong yang sudah dipotong ke dalam air rebusan. Aduk hingga merata, simpan dalam kemasan yang tertutup.

5. Simpan dalam lemari pendingin selama minimal 24 jam.

6. Asinan kedondong siap disajikan.

 

Manisan kedondong

Bahan:

- 1 kg buah kedondong, kupas, cuci, lalu iris

- 1 liter air

- 250 gr gula pasir

- 2 sdt garam

- Pewarna kuning secukupnya

Cara membuat:

1. Rebus air dan gula hingga mendidih. Masukkan pewarna dan garam, aduk rata.

2. Matikan kompor, masukkan kedondong iris, kemudian tutup, biarkan hingga dingin.

3. Masukkan ke wadah tertutup. Simpan di kulkas kulkas.