Sukses

8 Wisata Malam Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi, Romantis dan Instagramable

Liputan6.com, Jakarta Semarang adalah kota yang memiliki julukan fenomenal, yaitu kota Atlas dimana jalan  yang lancar, tertib, aman dan sehat. Kota yang memiliki jajanan khas lumpia ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang enak dipandang mata, salah satunya wisata malam Semarang

Wisata malam Semarang selalu menjadi langganan para wisatawan baik itu dari warga daerah setempat, luar daerah, hingga para turis saat musim libur sekolah dan kantor. Akses jalan yang mudah serta letaknya yang strategis membuat kota julukan lumpia ini menjadi tempat pilihan untuk liburan akhir pekan. 

Hal yang paling diunggulkan dari tempat wisata malam Semarang adalah adalah pemandangan yang indah berhiaskan lampu kerlap - kerlip, udara yang sejuk serta instagramable. Kota Semarang menawarkan sejuta tempat wisata dengan pemandangan menarik untuk dinikmati khalayak ramai, tentunya dengan fasilitas yang juga mumpuni. Bagi para wisatawan yang ingin liburan serta melepas penat dari padatnya jadwal kerja dan sekolah, wisata malam Semarang menjadi sarana yang terbaik untuk anda melepas penat. 

Berikut ini rangkuman wisata malam Semarang yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Kamis (7/7/2022).

2 dari 5 halaman

Wisata Malam Semarang

1. Taman Indonesia Kaya 

Wisata malam Semarang yang satu ini berkonsep ruang terbuka, dan cocok banget untuk berkunjung saat malam hari. Lokasinya yang berada di Jl. Menteri Supeno No.11 A  ini menonjolkan bentuk - bentuk khas yang ada di Indonesia. Sesuai dengan namanya, Taman Indonesia kaya ini dilengkapi dengan lampu kerlap - kerlip yang cocok untuk mengabadikan momen liburan kamu. 

Tempat wisata malam semarang ini, dilengkapi dengan berbagai figur karakter wayang dan dinding mural, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Di sini juga tersedia panggung kesenian yang bisa pengunjung gunakan untuk menonton pertunjukan. Saat berkeliling tempat wisata ini, kamu disuguhkan dengan keindahan air mancur dengan lampu warna - warni serta hiasan taman bunga.

2. Tugu Muda

Selain tempat wisata malam Semarang yang berbau kuliner dan panorama indah, tempat wisata yang satu ini juga tidak kalah menarik. Tugu Muda  yang merupakan monumen sejarah ini dibangun pada tahun 1945, rangka mengenang perjuangan dari masyarakat Indonesia dalam Pertempuran Lima Hari. 

Tugu yang di bangun menyerupai lilin ini melambangakan semangat berjuang yang tidak pernah padam dari masyarakat Indonesia. Taman yang ada di sekitar tugu juga turut dirapikan sehingga enak dipandang mata. 

3 dari 5 halaman

Wisata Malam Semarang

3. Hills Dining Restaurant

Wisata malam Semarang yang satu ini, pas banget buat kamu yang liburan bareng keluarga apalagi orang yang terkasih menikmati dinner private maupun romantis bersama pasangan. 

Tempat ini mulai dibuka jam 5 sore. Selain digunakan sebagai tempat untuk menyantap makanan, wisata malam Semarang ini bisa digunakan juga sebagai tempat untuk resepsi pernikahan, gathering dan acara lainnya. Karena tempatnya yang luas, udara yang sejuk dan penerangan lampu - lampu jalan turut menghiasi tempat ini. 

Sajian menu western  di tempat ini , merupakan sajian utama seperti pasta, steak, pancake, dan beberapa menu pelengkap lain. Wisata malam Semarang ini  menyediakan menu andalan seperti lava cake dengan es krim juga bisa kamu coba sebagai menu penutup. 

4. Banjir kanal Barat

Wisata malam Semarang ini adalah salah satu tempat liburan yang cukup romantis untuk dikunjungi bersama pasangan. Setelah dilakukan perbaikan tempat, semakin banyak yang berkunjung untuk menikmati indahnya malam, dihiasi lampion warna - warni. Tersedia juga tempat duduk untuk bersantai sepanjang pinggiran sungai, menyaksikan berbagai atraksi perahu yang ada disini. 

Tempat wisata yang cukup unik ini juga tersedia fasilitas perahu yang bisa digunakan pengunjung berkeliling sungai yang panjangnya mencapai 4 kilometer. Tersedia juga jajanan yang bisa kamu nikmati dengan harga yang ramah dikantong.

4 dari 5 halaman

Wisata Malam Semarang

5. Kelenteng Sam Poo Kong

Tempat wisata malam Semarang ini adalah kawasan yang cukup luas dengan bangunan patung yang megah di tiap sisinya. Wisata religi yang berada di Jl. Simongan No. 129, Semarang ini wajib bangat kamu kunjungi dan sayang kalau dilewatkan ketika berlibur ke semarang. 

Detail setiap sudut dari Sam Poo Kong menarik untuk kamu abadikan. Bangunan yang didominasi oleh warna merah serta arsitektur khas China ini sering diadakan kegiatan seperti Hari Raya Imlek, dan perayaan Tionghoa serta berbagai atraksi sering dilakukan disini.

6. Dusun Semilir

Dusun Semilir adalah wisata malam Semarang yang cukup unik dengan panorama menyejukan mata. Sejauh mata memandang, lampu - lampu serta dekorasi yang ada disini memanjakan mata. Tempat yang berlokasi di Jl. Soekarno Hatta No. 49, Bawen, Semarang ini tersedia berbagai fasilitas, mulai dari tempat makan, wahana bermain, tempat oleh - oleh dan masih banyak lagi.

Saat berada disini, wajib banget kamu mengabadikan banyak momen di berbagai wahana. Sebelum balik, jangan lupa menyempatkan diri untuk berbelanja oleh - oleh dan makanan khas yang ada di sini.

5 dari 5 halaman

Wisata Malam Semarang

7. Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang adalah rekomendasi wisata malam Semarang yang wajib untuk dikunjungi. Saat malam tiba kota semarang terlihat lebih hidup dan enak untuk dipandang. Kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan seni budaya dan konser musik jika sewaktu - waktu ada, karena dekat simpang lima ada Lapangan Pancasila yang menjadi salah satu spot menarik untuk dinikmati. 

8. Kota Lama Semarang

Salah satu wisata malam Semarang adalah kota lama Semarang. Kawasan yang dipenuhi dengan bangunan tua nan cantik ini wajib bangat dikunjungi saat liburan bersama keluarga. Disuguhi dengan panorama yang indah dan gemerlap kota saat malam hari, kota lama Semarang ini mampu menarik perhatianmu untuk berkunjung melepas penat. 

Banyak sekali bangunan tua dengan desain kolonial dan trick art museum adalah salah satu latar foto yang unik dan menarik. Wisata malam Semarang ini memiliki akses bagi pejalan kaki sembari mengabadikan momen saat berada disini. Bagi pengunjung yang datang ke tempat wisata ini tersedia pasar Sentiling untuk disambangi, karena banyak barang antik yang tersedia, apalagi buat Anda tertarik untuk mengoleksi barang antik.

Jangan khawatir kamu akan kelaparan saat berkunjung disini, karena tersedia berbagai kuliner yang bisa memanjakan lidah para pengunjungnya.