Sukses

5 Cara Membuat Abon Sapi dengan Mudah, Lauk Enak yang Tahan Lama

Liputan6.com, Jakarta Menjelang Idul Adha, banyak masyarakat yang sibuk mencari cara untuk mengolah daging yang didapatkan agar dapat bertahan lama. Salah satu cara mengolahnya adalah dengan menjadikannya abon sapi. Cara membuat abon sapi juga terbilang sangat mudah dan dapat dipraktikkan oleh siapa saja.

Tidak hanya enak, abon sapi juga tahan lama sehingga bisa disimpan untuk dijadikan stok makanan untuk hari-hari kedepan. Selain disajikan dengan nasi, abon sapi juga enak dijadikan sebagai isian roti atau dimakan langsung sebagai cemilan.

Memiliki citarasa yang gurih khas daging sapi, cara membuat abon sapi sangatlah praktis dengan bahan-bahan yang mudah dicari dipasaran. Abon sapi juga bisa divariasikan rasanya dengan selera masing-masing pembuatnya, seperti abon sapi manis atau abon sapi pedas.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/7/2022) cara membuat abon sapi yang enak dan tahan lama untuk jadi stok makanan dirumah. Cara membuat abon sapi ini bisa dicoba langsung di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di pasaran.

2 dari 6 halaman

Cara membuat abon sapi dengan digoreng

Bahan:

250 gr daging sapi

1 sdt ketumbar

1 batang sereh

1 ruas kunyit

1 ruas lengkuas

2 daun jeruk

2 daun salam

260 ml santan instan 

3 siung bawang putih

5 buah bawang merah

50 gr gula merah

Air dan garam secukupnya.

 

Cara membuat abon sapi dengan digoreng:

1. Langkah pertama adalah dengan merebus daging sapi di dalam panci dengan air.

2. Kemudian masukkan sereh dan daun salam dan tunggu hingga daging matang dan empuk.

3. Jika daging sapi sudah empuk, angkat kemudian tiriskan dan suwir-suwir hingga ukurannya sesuai dengan yang diinginkan

4. Selanjutnya, tumbuk daging sampai menjadi pipih, lalu suwir-suwir kembali agar lebih kecil dan teksturnya lebih halus.

5. Haluskan bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, dan ketumbar, kemudian tumis bumbu tadi hingga harum lalu masukkan daun jeruk.

6. Tuang air secukupnya dan masukkan gula merah yang telah diiris. Aduk rata.

7. Kemudian masukan daging sapi yang sudah disuwir dan aduk sampai merata dengan bumbu diikuti dengan santan dan garam,lalu tunggu sampai airnya hampir menyusut.

8. Kecilkan api kompor jika airnya sudah mengering.  Aduk terus sampai suwiran daging benar-benar kering.

9. Matikan api kompor dan tetap aduk sampai tidak beruap lagi. Bila teksturnya sudah sesuai keinginanmu, abon sapi pun siap disajikan.

3 dari 6 halaman

Cara membuat abon sapi dengan dioven

Bahan:

250 gr daging sapi

20 gr gula merah

1 ruas kunyit

1 sdt ketumbar bubuk

2 siung bawang putih

2 daun salam

3 daun jeruk

5 buah bawang merah

50 ml santan

Lengkuas seukuran ibu jari

Gula pasir, garam, dan air secukupnya.

 

Cara membuat abon sapi dengan dioven:

1. Masukkan daging sap yang telah disiapkan ke dalam panci berisi air mendidih, kemudian rebus sampai empuk.

2. Suwir-suwir  daging yang sudah empuk, agar lebih empuk ulek suwiran daging. Lalu, suwir-suwir kembali agar tidak menyatu.

3. Haluskan bumbu berupa bawang putih, bawang merah, ketumbar bubuk, kunyit, gula merah, garam, dan gula pasir.

4. Tumis bumbu yang telah dihaluskan dan masukkan daun jeruk serta lengkuas.

5. Tumis hingga matang dan tercium aroma harum dari bumbu yang telah ditumis, kemudian masukkan daging sapi telah disuwir sebelumnya. Lalu aduk sampai tercampur rata dengan bumbu.

6. Tuang santan dan air secukupnya, tinggu hingga menyusut kemudian angkat dan sisihkan daging. Sambil menyiapkan loyang dan oven. Tuang daging ke dalam loyang secara merata.

7. Masukkan Loyang berisi suwiran daging pada oven kurang lebih selama 40-50 menit pada suhu 180-200 derajat Celcius. Setelah dioven, abon sapi siap disajikannya.

4 dari 6 halaman

Cara membuat abon sapi tanpa santan

Bahan:

500 gr daging sapi

1 sdt ketumbar

2 batang serai

2 ruas jahe

2 ruas lengkuas

3 sdt gula merah

4 daun salam

5 siung bawang putih

5 siung bawang merah

5 daun jeruk

minyak goreng secukupnya

 

Cara membuat abon sapi tanpa santan:

1. Panaskan air di panci hingga mendidih. Masukkan daging sapi yang sudah disiapkan dan rebus sebentar kemudian tambahkan serai, daun salam, dan lengkuas.

2. Masak daging sapi hingga matang dan empuk. Kemudian angkat dan tiriskan daging, lalu suwir-suwir daging dan sisihkan.

3. Haluskan semua bumbu halus berupa bawang putih, bawang merah, jahe, dan ketumbar ke dalam blender. Haluskan semua bahan hingga lembut.

4. Panaskan sedikit minyak di wajan hingga mendidih. Tuang bumbu halus dan tumis sambal ditambahkan irisan daun jeruk ke dalam bumbu dan masak hingga harum

5. Ketika bumbu halus hampir matang, masukkan suwiran daging ke dalamnya. Aduk sesekali sampai daging terbaluri dengan bumbu secara merata.

6. Bumbui daging dengan garam dan gula merah. Aduk merata hingga daging jadi kering sesuai dengan keinginan.

7. Tuang banyak minyak ke dalam wajan, lalu panaskan sampai benar-benar mendidih. Goreng abon sampai mengering. Kemudian angkat dan tiriskan. Abon sapi tanpa santan siap disajikan.

5 dari 6 halaman

Cara membuat abon sapi yang cocok untuk MPASI

Bahan:

500 gr daging sapi tanpa lemak

2 batang serai

1 sdt ketumbar, sangrai

4 daun salam

1 sdt garam

3 cm jahe

3 sdt gula merah

500 ml santan

5 siung bawang putih

5 butir bawang merah

2 ruas lengkuas

5 daun jeruk

Minyak goreng secukupnya

 

Cara membuat abon sapi yang cocok untuk MPASI:

1. Rebus daging sapi bersama serai, daun salam, dan lengkuas hingga matang dan empuk. Kemudian tiriskan daging lalu suwir-suwir daging dan sisihkan.

2. Panaskan sedikit minyak. Tumis bumbu halus bersama daun jeruk hingga harum kemudian tuangkan santan dan suwiran daging. Kemudian aduk hingga rata.

3. Masukkan garam dan gula merah. Aduk rata lalu masak hingga kuah habis dan daging mengering jadi abon. Aduk-aduk terus selama memasak agar tidak gosong. Matikan api.

4. Panaskan minyak goreng. Lalu goreng abon hingga betul-betul kering. Angkat lalu tiriskan.

5. Jika ingin lebih halus teksturnya, abon bisa diproses sebentar menggunakan food processor setelah digoreng. Abon sapi siap disajikan! Kamu bisa menyajikannya dengan bubur nasi atau nasi tim.

6 dari 6 halaman

Cara membuat abon sapi dengan tambahan parutan kelapa

Bahan:

300 gr daging sapi

250 gr kelapa parut

3 daun jeruk purut

8 buah bawang merah

1 sdm garam

3 sdm minyak

3 buah bawang putih

1 buah cabai merah

1 sdm ketumbar bubuk

1/2 sdm kunyit bubuk

 

Cara membuat abon sapi dengan tambahan kelapa parut:

1. Rebus daging sapi bersama serai, daun salam, dan lengkuas hingga matang dan empuk. Kemudian tiriskan daging lalu suwir-suwir daging dan sisihkan.

2. Hancurkan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan daun jeruk purut menggunakan food processor,

3. Hancurkan daging bersama dengan bumbu halus menggunakan food processor, tambahkan bubuk ketumbar, bubuk kunyit dan garam kemudian aduk hingga rata

4. Campurkan adonan daging dengan kelapa parut dan aduk hingga tercampur kemudian masak diatas wajan anti lengket dengan sedikit minyak atau digoreng dengan metode deep fry.

5. Setelah matang abon siap disajikan dan disantap.