Sukses

16 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur yang Harus Diwaspadai

Penyebab menstruasi tidak teratur yang harus diketahui

Liputan6.com, Jakarta Penyebab menstruasi tidak teratur dikarenakan siklus menstruasi setiap orang yang berbeda-beda. Dalam suatu periode dapat berlangsung dari tiga hingga tujuh hari.  Jika menstruasi yang biasanya berlangsung lima atau enam hari dan sekarang hanya berlangsung dua hari, itu mungkin karena perubahan jadwal, alat kontrasepsi baru, atau bahkan stres. 

Selama masa pubertas, kadar hormon mulai berfluktuasi pada siklus bulanan. Dibutuhkan beberapa tahun agar hormon bisa berkembang serta  jadwal menstruasi menjadi teratur, Keadaan ini juga menjadi penyebab menstruasi tidak teratur 

Penyebab menstruasi tidak teratur dikarenakan adanya perubahan dalam rutinitas harian sehingga mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh. Bisa juga karena obat yang dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama. Banyak obat pada umum dapat mempengaruhi kadar hormon serta mengubah siklus menstruasi 

Ada beberapa kondisi mendasar yang dapat mempengaruhi kadar hormon dan menyebabkan periode menstruasi lebih pendek dari biasanya. Berikut ini adalah penyebab menstruasi tidak teratur yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, Jumat (8/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

1. Stres 

Stres berdampak buruk pada seluruh tubuh Anda, termasuk kemampuan dalam memproduksi hormon. Ketika kadar hormon  dipengaruhi oleh stres, tidak jarang menstruasi menjadi tidak teratur. Penyebab menstruasi tidak teratur karena kecemasan, kelelahan dan pola tidur yang tidak baik. 

2. Olahraga berlebihan

Penyebab menstruasi tidak teratur dari sumber yang sama, menyatakan bahwa Ketika berolahraga secara berlebihan, mudah membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi. Jika ini kegiatan ini berlangsung selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan, tubuh akan memasuki mode kelaparan, keadaan dimana tubuh menggunakan  semua bahan bakar yang tersisa (kalori) untuk melakukan fungsi-fungsi penting, seperti menjaga detak jantung Anda, dengan mengorbankan fungsi lain, seperti memproduksi hormon reproduksi. Tentu saja dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur atau terlewat.

3. Kenaikan Berat Badan

Penyebab menstruasi tidak teratur dikarenakan kenaikan berat badan secara signifikan, mengganggu kadar hormon yang ada dalam tubuh. Kebanyakan banyak wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur karena hal ini. Kelebihan lemak tubuh juga dapat mempengaruhi kadar estrogen bagi tubuh. 

4. Penurunan Berat badan 

Perubahan yang terjadi pada berat badan, serta melakukan diet ekstrim mempengaruhi siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Karena hal ini dapat mempengaruhi kadar estrogen dalam tubuh dan siklus menstruasi yang awalnya normal, menjadi tidak teratur.

3 dari 5 halaman

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

5. Masa Pubertas

Selama masa pubertas, kadar hormon mulai berfluktuasi pada siklus bulanan. Dibutuhkan beberapa tahun untuk hormon-hormon ini untuk mengembangkan jadwal yang teratur. Sementara itu, mereka bisa tidak teratur, menyebabkan periode yang lebih pendek atau lebih lama dan menjadi penyebab menstruasi tidak teratur. 

6. Obat lain

Salah satu penyebab menstruasi tidak teratur adalah mengonsumsi obat atau resep tertentu yang mengganggu hormon dalam tubuh sehingga menyebabkan menstruasi tidak teratur. 

7. Gangguan Tiroid

Gangguan tiroid menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon tiroid. Penyakit tiroid mempengaruhi sekitar satu dari delapan wanita. Hormon tiroid memainkan peran penting dalam siklus menstruasi dan dapat menyebabkan berbagai ketidakteraturan menstruasi, termasuk periode pendek. Keadaan ini juga memicu detak jantung yang lebih cepat atau lambat dari yang biasanya.

8. Gangguan Makan

Gangguan makan yang melibatkan pembatasan kalori ekstrim dapat mempengaruhi kemampuan tubuh dalam memproduksi hormon reproduksi. Kadar lemak ditubuh yang sangat rendah, juga mengganggu kadar hormon normal. Hal ini menjadi penyebab menstruasi tidak teratur, pendek, atau terlewat. Oleh karena itu pola makan juga menjadi hal penting untuk dijaga agar siklus menstruasi juga tidak terganggu.

 

4 dari 5 halaman

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

9. Perimenopause

Penyebab menstruasi tidak teratur dikutip dari Healthline, perimenopause adalah waktu dimana menjelang periode haid terakhir. Selama waktu ini, produksi hormon menurun dan menstruasi biasanya menjadi tidak teratur.

Menstruasi  mungkin lebih pendek atau lebih lama dari biasanya serta  mengalami periode yang terlewat, pendarahan ringan atau berat, dan haid yang tidak teratur

10. Kontrol kelahiran 

Penyebab menstruasi tidak teratur, salah satunya adalah kontrol kehamilan. Dimana metode hormonal yang dilakukan  mengandung hormon yang secara langsung mempengaruhi siklus menstruasi. Saat memulai kontrasepsi untuk pertama kalinya atau beralih ke jenis yang berbeda, merupakan hal yang normal untuk mengalami beberapa fase pada siklus menstruasi. Kemungkinan mengalami periode menstruasi yang lebih pendek  tidak teratur selama beberapa bulan, sampai tubuh mulai terbiasa dengan pengobatan baru.

11. Menyusui 

Hormon yang membantu dalam memproduksi ASI, prolaktin, juga menghentikan ovulasi yang ada dalam tubuh. Jika menyusui siang dan malam, menstruasi mungkin tidak kembali selama beberapa bulan setelah melahirkan dan hal ini biasanya berlangsung hingga 6 bulan - 1 tahun. Jika menstruasi kembali, tidak langsung teratur akan tetapi lebih pendek dan lama dari biasanya. 

12. Sindrom Polikistik Ovarium

Salah satu penyebab menstruasi tidak teratur, karena sindrom ovarium polikistik menyebabkan tubuh  memproduksi lebih banyak hormon seks pria dari biasanya. Ketidakseimbangan hormon ini sering menyebabkan haid tidak teratur, telat haid, atau haid pendek.

5 dari 5 halaman

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

13. Kegagalan ovarium prematur 

Penyebab menstruasi tidak teratur dikarenakan saat memasuki menopause dini. Jika ovarium gagal, itu berarti tidak lagi menghasilkan hormon yang diperlukan untuk hamil. Menstruasi  menjadi tidak teratur dan kemudian berhenti sama sekali. Keadaan ini dapat menyebabkan kekeringan pada vagina juga menstruasi yang terlewat. 

14. Sindrom Asherman

Sindrom Asherman adalah salah satu penyebab menstruasi tidak teratur. Pada kondisi langka seperti ini, jaringan parut berkembang di dalam rahim. Ini biasanya muncul setelah prosedur pembedahan. Jaringan parut rahim dapat menghalangi aliran menstruasi Anda, menyebabkan menstruasi yang tidak teratur atau terlewat.

15. Stenosis serviks

Stenosis serviks adalah keadaan dimana terjadi penyempitan serviks yang abnormal, hal ini sangat jarang terjadi. Biasanya terjadi sebagai komplikasi operasi. Ketika serviks menyempit, aliran menstrual terhambat. 

16. Kista

Penyebab menstruasi tidak teratur adalah kista, dimana hal ini  mempengaruhi siklus menstruasi. Hal ini karena kista ovarium bersifat fungsional, di mana kista dapat muncul memengaruhi siklus dan dapat pula menghilang dengan sendirinya. Selain mengganggu siklus juga menimbulkan gejala yang lain seperti rasa nyeri yang berlebihan saat mengalami menstruasi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.