Sukses

Corel DRAW Adalah Software Desain Berbasis Vektor, Pahami Fungsi dan Kelebihannya

Corel DRAW adalah program perangkat lunak untuk mengedit grafis vektor.

Liputan6.com, Jakarta Corel DRAW adalah  salah satu aplikasi yang terkenal terutama di kalangan para desain grafis. Corel DRAW banyak digunakan oleh para desain grafis mulai dari pemula hingga profesional designer grafis. Corel DRAW adalah program perangkat lunak untuk mengedit grafis vektor.

Secara umum, Corel DRAW adalah software pengolah grafis yang memiliki kegunaan untuk membantu pekerjaan desainer. Perangkat lunak ini dikembangkan oleh Corel Corporation, sebuah perusahaan yang berbasis di Ottawa, Kanada.

Dengan software ini anda dapat membuat desain logo, flex, brosur, kartu undangan, dan berbagai desain dokumen lainnya dengan mudah. Selain itu, software ini juga memiliki kelebihan lain yang perlu diketahui para designer

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian Corel DRAW beserta fungsi dan kelebihannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Corel DRAW

Dikutip dari laman resmi Corel, software ini membantu lebih dari 90 juta pekerja untuk menjadi lebih kreatif dan produktif melalui produk-produk mereka. Corel didirikan pada 1985 atau kenyang pengalaman dalam industri ini lebih dari 30 tahun.

Corel DRAW versi pertama dirilis pada 1989 dan bernama Corel Draw 1.0. Software ini berjalan pada sistem operasi Windows 2.1 Sementara Corel DRAW versi terbaru adalah Corel DRAW Graphics Suite 2021. Corel DRAW versi 23 ini dirilis pada Maret 2021. Corel DRAW Graphics Suite 2021 tersedia pada lintas platform serta perangkat baik Windows, Mac, web, iPad, dan termasuk perangkat seluler, dengan kemampuan dan fitur yang lebih disempurnakan.

Secara sederhana, Corel DRAW adalah software desain berbasis vektor yang digunakan untuk membuat logo, flex, brosur, kartu undangan, dan segala jenis desain vektor. Objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung, kurva, serta titik.

Corel DRAW adalah suatu program yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi gambar dan teks secara cepat dan mudah. Fitur-fitur Corel Draw antara lain penyesuaian kontras, penyeimbangan warna, menambahkan efek khusus, memungkinkan pekerjaan dengan banyak lapisan (layer) dan banyak halaman. Corel DRAW sangat familiar bagi pekerja desain grafis lantaran menawarkan sejumlah kemudahan baik dalam fitur maupun kecanggihan kemampuannya.

3 dari 5 halaman

Fungsi Utama Corel DRAW

Tentang fungsi dari Corel DRAW sangat banyak, hampir semua yang berhubungan dengan desain grafis bisa dikerjakan menggunakan Corel DRAW adalah sebagai berikut:

1. Membuat ilustrasi. Pengguna dapat membuat desain ilustrasi yang indah dan unik dengan tema yang diinginkan.

2. Mendesain logo, Corel DRAW memiliki fungsi yang handal dalam pembuatan logo. Banyak desainer menggunakan Corel DRAW untuk membuat project logo mereka.

3. Membuat brosur, undangan, poster, dan banner.

4. Mendesain tipografi dalam hal tipografi. Corel DRAW bisa digunakan untuk membuat desain font.

5. Membuat desain produk dengan bantuan fitur shape, font, layout garis, ruler, warna, importing gambar, serta dukungan fitur lain, membuat Corel DRAW mudah digunakan untuk mendesain kemasan produk maupun branding.

4 dari 5 halaman

Kelebihan Corel DRAW

Berikut terdapat beberapa kelebihan Corel DRAW antara lain:

1. Aturan yang lebih mudah

Kelebihan Corel DRAW yang pertama adalah penyajian teknik yang lebih mudah dengan lebih sedikit aturan yang harus diikuti. Hal ini menawarkan kebebasan dan kemudahan bagi pengguna untuk belajar desain dan melatih kreativitas dengan baik.

2. Bentuk dasar yang mudah dibuat

Selanjutnya, kelebihan Corel DRAW adalah memungkinkan Anda untuk membuat bentuk dasar dengan mudah. Melalui aplikasi ini, Anda bisa membuat bentuk dasar yang kemudian bisa dikembangkan menjadi emoji, sketsa kartun, hingga stiker dengan beragam bentuk. Anda hanya perlu drag dan drop beberapa bentuk seperti lingkaran, persegi panjang, elips, garis, oval, dan lain-lain. 

3. Membuat kartu undangan kecil

Berikutnya, kelebihan Corel DRAW adalah dapat membuat desain kartu undangan kecil. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mendesain sendiri kartu undangan kecil dengan tampilan sesuai selera.

Terdapat berbagai macam tools yang bisa digunakan untuk membuat kartu undangan yang menarik. Bukan hanya itu, Corel DRAW juga dilengkapi dengan pilihan warna yang beragam sehingga Anda bisa memadukan warna sesuai keinginan.

5 dari 5 halaman

Kelebihan Corel DRAW

4. Mengonversi bitmap ke objek dengan mudah

Berikutnya, kelebihan Corel DRAW adalah dapat mengonversi bitmap ke objek dengan lebih mudah. Mengonversi dari bitmap ke objek adalah pekerjaan yang sedikit rumit, tetapi Corel menyediakan cara yang lebih mudah untuk melakukannya. Ini karena Corel DRAW adalah koleksi alat yang bagus untuk mempermudah konversi.

Anda hanya perlu klik kanan pada Bitmap dan pilih apa yang ingin Anda lakukan. Mulai dari mengonversi bitmap ke objek vektor, mencoba mengekstrak garis tengah bitmap dan menghapus sisanya hingga mengekstrak outline dari bitmap. Dengan begitu, Anda tidak memerlukan bantuan aplikasi lain untuk mengerjakan pekerjaan ini.

5. Mudah diedit

Terakhir, kelebihan Corel DRAW adalah memungkinkan Anda untuk mengedit desain dengan mudah. Corel DRAW dirancang untuk bekerja dengan perangkat lunak. Perangkat lunak lain yang dirancang oleh Corel Corporation adalah “Corel Photo Paint”.

Dengan begitu, grafik yang dirancang dapat diedit dan dibuat ulang dengan Corel Paint. Anda dapat menyimpan grafik dalam format lain yang kompatibel dengan perangkat lunak lain, seperti PNG, CDR, Jpeg dll.

Gambar-gambar yang disimpan ini juga dapat dibuka di Adobe Illustrator. Semua format yang disimpan ini membuat ikatan dengan desainer lain untuk membuat perubahan desain pada perangkat dengan cara yang lebih mudah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.