Sukses

5 Cara Menghitung Kalori untuk Turunkan BB, Paling Mudah Pakai Aplikasi

Ketahui cara menghitung kalori untuk menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, penting untuk mengetahui cara menghitung kalori. Untuk menurunkan berat badan perlu membatasi asupan kalori dengan jumlah yang tidak lebih atau kurang dari kebutuhan kalori.

Hal itu memang terdengar sederhana, tapi memang begitu kenyataannya. Oleh karena itu, penting untuk memastikan berapa sebenarnya kebutuhan kalori Anda sebenarnya. Untuk itulah penting untuk mengetahui cara menghitung kalori.

Sebelum terlalu jauh ke pembahasan tentang cara menghitung kalori, ada baiknya kita bahas dulu hal-hal yang paling mendasar soal kalori.

Jadi apa itu kalori? Kalori merupakan satuan energi yang digunakan untuk mengukur kandungan energi yang dihasilkan dari makanan dan minuman.

Sederhananya, makanan dan minuman mengandung sejumlah kalori yang setelah dicerna akan menghasilkan energi yang digunakan untuk bernapas dan berpikir, serta aktivitas sehari-hari seperti berjalan, berbicara, dan makan.

Aktivitas itu akan mengurangi jumlah kalori dalam tubuh yang dihasilkan oleh makanan yang kita makan. Tentu saja kebiasaan makan yang berlebih juga akan memberikan asupan kalori yang melebihi kebutuhan.

Oleh karena itu jika Anda ingin memiliki badan yang ideal, penting untuk mengetahui cara menghitung kalori. Sebab, mengetahui cara menghitung kalori akan menghindarkan Anda dari mengkonsumsi makanan hingga kelebihan kalori.

Sebab, kelebihan kalori yang dimakan akan disimpan dalam tubuh menjadi lemak. Bayangkan saja jika kita makan dengan takaran kalori yang tidak seimbang setiap hari. Maka akan ada tambahan kalori berlebih yang disimpan dalam tubuh menjadi lemak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara menghitung kalori secara manual

Seperti dilansir Liputan6.com dari Healthline.com, Jumat (8/7/2022), banyak penelitian menunjukan, ketika orang makan dengan takaran kalori yang melebihi daripada yang mereka bakar, akan mengalami kenaikan berat badan.

Fakta sederhana ini menunjukkan bahwa cara menghitung kalori merupakan hal yang penting untuk menjaga berat badan tetap ideal. Sedangkan membatasi asupan kalori bisa menjadi metode efektif untuk menurunkan berat badan.

Dari sumber yang sama mengungkapkan bahwa ada satu ulasan menemukan bahwa program untuk menurunkan berat badan yang melibatkan cara menghitung kalori mengalami penurunan berat badan sebanyak 3,3 kg lebih banyak daripada yang tidak menghitung kalori.

Lalu bagaimana cara menghitung kalori yang baik untuk mengetahui seberapa banyak asupan kalori yang dibutuhkan? Cara menghitung kalori harus memperhatikan faktor-faktor seperti jenis kelamin, usia, berat badan, dan tingkat aktivitas. Misalnya, seorang atlet pria berusia 25 tahun akan membutuhkan lebih banyak kalori daripada wanita berusia 70 tahun yang tidak melakukan aktivitas fisik serupa.

Jika ingin menurunkan berat badan, Anda harus tahu cara menghitung kalori untuk membatasi asupan kalori kurang dari kebutuhan harian. Untuk dapat mengetahui kebutuhan kalori harian sebenarnya hanya memerlukan perhitungan sederhana.

Dilansir Liputan6.com dari Harvard Health Publishing, cara menghitung kalori yang Anda butuhkan adalah hanya dengan mengalikan 15 berat badan Anda.

Jumlah itu merupakan yang dibutuhkan untuk setiap pon atau setengah kilogram berat badan. Dengan catatan, Anda cukup aktif. Cukup aktif berarti berarti memiliki kegiatan yang mencakup 30 menit aktivitas fisik sehari dalam bentuk olahraga, berjalan dengan langkah cepat, menaiki tangga, atau berkebun.

Misalnya, seorang wanita dengan tinggi 162cm dan berat 70kg. Dengan tinggi dan berat badan seperti itu, setidaknya perlu menurunkan sekitar 7kg untuk mendapatkan berat badan ideal.

Lalu cara mengetahui menghitung kalori yang dibutuhkan pertama kali adalah mengkonversi berat badan ke dalam satuan pon. Setelah dikonversikan akan didapatkan berat badan 155 pon. Lalu angka tersebut dikalikan 15. Jadi hasilnya 2.325. Jumlah itu merupakan kalori yang dibutuhkan per hari untuk mempertahankan berat badan saat ini.

Namun sekarang ada banyak website atau aplikasi yang bisa dipasang di ponsel Anda yang berfungsi untuk menghitung kalori. Dengan menggunakan aplikasi itu, menghitung kalori akan jauh lebih mudah.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka yang perlu dilakukan memberikan asupan kalori kurang dari kebutuhan kalori harian yang diperlukan untuk mempertahankan berat badan.

Mengacu contoh kasus di atas, misal ingin menurunkan setengah sampai satu kilogram berat badan dalam satu minggu, asupan kalori harian harus 500 hingga 1.000 kalori lebih sedikit dari total kalori yang diperlukan untuk mempertahankan berat badan. Jika Anda membutuhkan 2.325 kalori per hari untuk mempertahankan berat badan, untuk menurunkan berat badan kurangi kalori harian menjadi antara 1.325 dan 1.825.

3 dari 4 halaman

Cara menghitung kalori makanan

Mengetahui cara menghitung kalori juga tidak akan membantu untuk menurunkan berat badan jika tidak dibarengi aktivitas fisik yang rutin. Setidaknya Anda juga harus melakukan aktivitas fisik 30 menit.

Mengurangi asupan kalori memang penting untuk menurunkan berat badan, tapi jangan makan terlalu sedikit, karena itu juga akan berisiko pada kesehatan.

Setelah mengetahui kebutuhan kalori harian, selanjutnya yang perlu diketahui adalah cara menghitung kalori pada makanan.

Cara paling akurat untuk menentukan seberapa banyak kalori yang ada di makanan adalah dengan menimbangnya. Namun hal itu terlalu ribet dan tidak praktis. Lagi pula cara menghitung kalori tidak harus menghasilkan perhitungan akurat.

Anda bisa mengukur kalori di makanan dengan satuan-satuan yang dapat dibayangkan, misalnya segenggam, semangkok, atau sepiring. Kira-kira begitu cara menghitung kalori.

Namun itu juga tidak bisa menjadi acuan mutlak. Menghitung kalori sangat membantu untuk mengetahui seberapa banyak makanan yang telah masuk ke tubuh.

Mengetahui cara menghitung kalori juga tidak bisa membuat Anda memastikan apakah kualitas makanan bagus atau tidak. Misalnya saja, 100 kalori brokoli akan mempengaruhi kesehatan Anda secara berbeda dari 100 kalori kentang goreng.

Ini penting karena diet secara keseluruhan dan jenis makanan yang Anda makan berpengaruh pada kesehatan. Selain itu, efek dari makanan yang berbeda pada rasa lapar, hormon nafsu makan dan jumlah kalori yang Anda bakar dapat sangat bervariasi.

Yang terbaik adalah mendasarkan diet Anda pada makanan berkualitas tinggi dari tumbuhan atau hewan dengan kualitas terbaik.

Makanan berkualitas tinggi tidak hanya memberikan manfaat kesehatan, tetapi juga membuat kita lebih mudah mengonsumsi kalori lebih sedikit dalam jangka panjang.

 

4 dari 4 halaman

5 Cara Menghitung Kalori untuk Menurunkan Berat Badan

1. Install aplikasi penghitung kalori di ponsel Anda. Ada beberapa aplikasi yang bagus untuk menghitung kalori, di antaranya My Fitness Pal, Lose It!, FatSecret, Cron-o-meter, dan SparkPeople.

2. Baca selalu label makanan yang Anda beli, terlebih jika itu makanan kemasan. Pastikan Anda memeriksa ukuran porsi yang direkomendasikan pada paket.

3. Singkirkan junk food di rumah Anda. Ini akan membantu Anda memilih camilan yang lebih sehat dan membuatnya lebih mudah untuk mencapai target Anda.

4. Jangan buru-buru untuk kurus. Keinginan untuk mendapatkan hasil biasanya akan membuat orang cenderung memangkas kalori terlalu banyak. Padahal mengurangi kebutuhan terlalu banyak akan berdampak buruk pada kesehatan.

5. Bakar kalori dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin dengan berolahraga. Intinya pastikan ada kalori yang Anda bakar.

Demikian cara menghitung kalori untuk menurunkan berat badan. Pastikan untuk memperhatikan asupan kalori setiap hari, jangan berlebih atau kurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini