Sukses

Cara Memasuki Garis Finish Lari Jarak Pendek adalah Kuasai Tekniknya

Kemenangan lari jarak pendek ditentukan selisih waktu di garis finish.

Liputan6.com, Jakarta - Memahami lari jarak pendek adalah sama dengan lari cepat. Seorang pelari jarak pendek disebut sprinter. Jarak lari cepat antara lain 100 meter, 200 meter, atau 400 meter. Cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah apa saja?

Dalam buku berjudul Dasar-Dasar Atletik oleh Yahya Eko Nopiyanto dan Septian Raibowo, dijelaskan cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah dilakukan dengan tiga teknik dasar seperti start, berlari, dan finish.

Kemenangan lari jarak pendek ditentukan oleh apa? Dijelaskan, kemenangan lari jarak pendek atau lari cepat ditentukan selisih waktu seperseratus atau seperseribu detik pelari yang memasuki garis finish.

Inilah pentingnya memahami cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah kemenangan bisa dengan lebih mudah didapatkan. Simak penjelasannya agar lebih memahami.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah dari start, lari, dan berakhir finish, Jumat (8/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Cara Memasuki Garis Finish Lari Jarak Pendek adalah Mantapkan Start

Memahami lari jarak pendek adalah perlombaan yang menuntut atlet lari mencapai garis finish secepat-cepatnya dengan jarak pendek. Lari jarak pendek adalah bisa ditempuh dengan jarak 100 meter, 200 meter, atau 400 meter.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjelaskan lari jarak pendek adalah memiliki sebutan sprint atau lari cepat. Bagaimana cara memasuki garis finish lari jarak pendek itu?

Perlombaan lari jarak pendek memang menuntut sprinter berlari dengan kecepatan penuh, yang dilakukan mengetahui cara memasuki garis finish lari jarak pendek yang benar atau tepat. Paling penting, pahami cara memulai start sebelum cara memasuki garis finish lari jarak pendek.

Dalam buku berjudul Dasar-Dasar Atletik oleh Yahya Eko Nopiyanto dan Septian Raibowo, dijelaskan cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah dilakukan dengan tiga teknik dasar seperti start, berlari, dan finish.

Start lari jarak pendek atau lari cepat yang benar adalah start jongkok atau crouching start. Cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah memulai start yang benar. Ini penentuan menguntungkan atau merugikan pelari ketika mulai lari.

Untuk mengurangi potensi tersebut, pelari harus melakukan start dengan cermat serta fokus untuk mendengarkan aba-aba dari wasit. Jangan lengah! Aba-aba yang digunakan pada start lari jarak pendek adalah "Bersedia", "Siap", dan "Yak" atau bunyi pistol start.

3 dari 4 halaman

2. Cara Memasuki Garis Finish Lari Jarak Pendek adalah Mulai Berlari

Apabila sudah memahami cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian start, perhatikan pula bagian kedua yang tidak kalah penting, yakni mulai berlari. Pahami posisi badan yang benar saat melakukan cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian berlari.

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian berlari, tubuh pelari harus sempurna sebagai berikut:

- Cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian berlari, kaki harus kuat dan keras hingga terkejang dengan lurus sesuai dengan 90 derajat.

- Cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian berlari, lutut diangkat setinggi panggul, kemudian ayunkan tungkai bawah ke depan agar mendapatkan langkah yang lebar.

- Cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian berlari, atur napas sehingga tubuh tetap rileks dan condongkan badan ke depan sejajar dengan lutut antara 25 - 30 derajat.

- Cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian berlari, posisi lengan bergantung di samping tubuh, tekuk siku hingga 90 derajat dan biarkan tangan menggenggam dengan longgar.

- Cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian berlari, tegakkan punggung sejajar dengan kepala, kemudian pandangan lurus fokus ke depan.

- Cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian berlari, pelari harus menggunakan kaki dengan frekuensi selebar mungkin sehingga mendapatkan langkah yang panjang.

- Cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian berlari, lari terus tanpa ada perubahan gerak dalam permainan.

4 dari 4 halaman

3. Cara Memasuki Garis Finish Lari Jarak Pendek adalah Bagian Akhir atau Finish

Apabila sudah memahami cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian start dan saat berlari, kemudian pahami bagian akhirnya atau finish. Ini cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian intinya.

Yahya Eko Nopiyanto dan Septian Raibowo, menjelaskan cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian inti ini yang paling menentukan kemenangan seorang pelari cepat. Kemenangan ditentukan selisih waktu seperseratus atau seperseribu detik pelari yang memasuki garis finish.

Bagaimana cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian inti tersebut? Dijelaskan, cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian inti ada tiga hal. Ini penjelasannya:

- Cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian inti, dilakukan dengan lari terus tanpa mengubah sikap

- Cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian inti, dilakukan dengan dada dicondongkan ke depan.

- Kemudian cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian inti, dilakukan kedua tangan diayunkan ke belakang, gerakan ini di Amerika biasa disebut merobohkan diri the lunge.

- Cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian inti, dilakukan dada diputar dengan mengayunkan tangan ke depan atas, sehingga bahu sebelah kanan atau kiri maju ke depan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.