Sukses

12 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk, Manjur dan Wajib Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Nyamuk adalah serangga yang mengancam kesehatan ini sering dijumpai di negara tropis. Oleh sebab itu, selain menghindarinya cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk sangat penting untuk diketahui. Dengan menjaga kesehatan diri, lingkungan serta rumah, adalah langkah yang tepat agar terhindar dari serangga penghisap darah ini. 

Bekas gigitan yang ditinggalkan oleh nyamuk akan meninggalkan rasa gatal yang menyiksa, karena senyawa yang disuntikan oleh nyamuk memicu alergi ringan, sehingga timbul benjolan juga bengkak. Hal ini jika dibiarkan maka akan terjadi infeksi, oleh karena itu cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk perlu diketahui. 

Tidak disarankan untuk Anda yang terkena gigitan, melakukan cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan menggaruk area yang digigit. Antikoagulan yang disuntikan nyamuk, membuat darah lebih encer, sehingga kulit melepaskan histamin dan terjadi peradangan. 

Nah berikut ini cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/7/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

1. Madu 

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang berikutnya adalah madu. Kandungan madu yang berfungsi sebagai antiseptik alami, tidak akan mengakibatkan iritasi pada kulit. Madu juga terbukti ampuh untuk memudarkan bekas gigitan nyamuk.

Cara menggunakannya, oleskan madu secukupnya di bekas gigitan nyamuk, lalu tutupi dengan kain perban atau tisu dan diamkan selama seharian. Hal ini dapat membantu, karena prosesnya yang terbilang cepat juga ampuh.

2. Pare

Pare memiliki rasa yang cukup pahit, namun dibalik rasa yang pahit,  sayuran ini ampuh dalam menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk, cukup mencampurkan sari pare yang ditumbuk hingga halus dan tepung beras sebagai krim alami menyembuhkan bekas gigitan. 

3. Lemon 

Perasan lemon juga bisa digunakan dalam menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Kandungan citric acid di dalam air perasan lemon menjadi pereda rasa gatal juga mencegah timbulnya ruam pada kulit yang digigit nyamuk. Cukup dengan mengoleskan perasan lemon tersebut pada bekas gigitan nyamuk, diamkan beberapa saat. Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang satu ini terbilang cukup aman untuk digunakan.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

4. Cuka Apel

Cuka apel akan segera mengurangi rasa gatal sehingga kamu tidak lagi menggaruk bekas gigitan nyamuk. Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk, cukup tuangkan cuka apel secukupnya ke kapas. Setelah itu kompres bekas gigitan nyamuk itu dengan kapas sampai rasa gatal dan nyerinya menghilang. 

5. Baking Soda

Baking soda bisa menjadi salah satu yang cukup ampuh untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk hanya dengan olesan baking soda secukupnya, kemudian campurkan dengan sedikit air, pada area gigitan dapat mengurangi rasa gatal 

6. Kulit Pisang

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk salah satunya menggunakan kulit pisang. Dengan kulit pisang, memiliki khasiat  menghilangkan bekas gigitan nyamuk, sekalipun bengkak yang sudah lama akibat serangan nyamuk. Cukup usapkan bagian dalam kulit pisang ke bekas gigitan nyamuk selama beberapa menit, diamkan selama 10 menit, dan bilas dengan air bersih.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

7. Lidah buaya 

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan lidah buaya, mampu menenangkan gigitan serta menyembuhkan rasa gatal berlebihan yang disebabkan nyamuk. Anti-inflamasi yang terkandung dalam lidah buaya ampuh dalam menghilangkan bekas gigitan, cukup dengan olesan gel lidah buaya pada gigitan.

8. Putih Telur    

Untuk mendapatkan hasil yang efektif, cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk ini bisa dengan putih telur. Kamu bisa langsung mengoleskan putih telur ke bekas luka gigitan nyamuk. Tambahkan juga madu murni, oles dan tunggu sampai pagi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

9. Oleskan Salep Antibakteri

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk juga bisa dengan salep antibakteri setiap malam sebelum tidur. Hal ini membantu mengurangi kemungkinan infeksi, serta mencegah bekas luka.

 

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

10. Melembabkan dengan Shea Butter

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan shea butter atau minyak kelapa. Dapat menjaga kelembaban di area bekas gigitan dan ini sangat membantu selama proses penyembuhan. Shea butter juga terbukti mengunci kelembaban pada kulit tanpa mengganggu proses penyembuhan secara alami. 

11. Menempelkan Benda Dingin

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk, dengan cara menempel atau menggosok benda yang dingin seperti es batu. Akan tetapi cara ini tidak bisa menghilangkan protein air liur dari nyamuk. Namun setidaknya bisa mengatasi gatal berlebihan yang timbul dari gigitan. Cukup oleskan es batu pada bekas gigitan nyamuk, maka gatal yang timbul akan berkurang.

12. Pijat untuk Melancarkan Aliran Darah

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk, bisa juga dengan pijat area yang terkena gigitan nyamuk secara perlahan dan teratur. Dengan langkah ini, mampu melancarkan aliran darah serta meningkatkan sirkulasi yang akan mendorong produksi kolagen dengan sehat. Sehingga kemungkinan bekas luka gigitan akan lebih kecil

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.