Sukses

9 Cara Mengatasi Rambut Kering, Kenali Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Terkadang kita dipusingkan dengan rambut yang kering. Rambut yang kering terlihat kusam, tidak berkilau dan mudah patah. Rambut yang kering juga membuat kita merasa risih kalau memegangnya dan sulit untuk ditata. Tentunya, permasalahan ini dapat mempengaruhi penampilan kita.

Rambut kering disebabkan karena minyak yang diproduksi oleh kulit kepala tidak cukup untuk melembabkan rambut. Selain itu, rambut kering juga bisa disebabkan karena kerusakan kutikula, lapisan terluar rambut yang melindungi lapisan rambut lainnya. Kerusakan kutikula dapat menyebabkan rambut kehilangan kelembaban dan membuat rambut kering.

Ada berbagai hal yang bisa membuat rambut kita menjadi kering Iklim serta cuaca bisa menjadi salah satu penyebab dari permasalahan ini. Cara perawatan rambut juga mempengaruhi kesehatan rambut dan dapat membuat rambut kita kering. Akan tetapi, janganlah khawatir. Ada berbagai cara mengatasi rambut kering yang bisa kamu praktikkan di rumah.

Berikut ini 9 cara mengatasi rambut kering beserta penyebabnya yang tim Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Jumat (8/7/2022)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Penyebab Rambut Kering

Penting bagi kita untuk mengetahui penyebab rambut kering sebelum membicarakan cara mengatasi rambut kering tersebut. Cara kamu merawat rambut bisa membuat rambutmu menjadi kering. Menggunakan shampoo, kondisioner, dan produk-produk perawatan rambut lainnya yang terlalu keras serta mencuci rambut terlalu sering dapat membuat rambutmu menjadi kering. Ketika kamu membersihkan rambutmu dengan shampoo maka kamu tidak hanya membersihkan kotoran-kotoran di rambut saja, tetapi juga minyak alami di rambut yang menjaga kelembaban rambut, dan membuat rambut terlihat berkilau. Kebiasaan-kebiasaan seperti mengecat rambut, mengeringkan rambut menggunakan hair dryer, dan menggunakan pelurus ataupun pengeriting rambut elektrik juga bisa merusak rambut dan menyebabkan rambut menjadi kering.

Faktor lingkungan juga bisa membuat rambut menjadi kering, seperti tinggal di daerah dengan iklim yang panas dan kering. Rambut yang terlalu banyak terpapar sinar matahari serta angin bisa menjadi rusak dan kering. Terlalu banyak berenang di laut dan air berkaporit juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Di samping itu, rambut kering dan rusak bisa disebabkan oleh beberapa penyakit atau masalah kesehatan yang lain, di antaranya adalah  hipotiroidisme dan sindrom Menkes.

 

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rambut Kering

1. Potong Rambut

Memotong rambut bisa menjadi salah satu cara mengatasi rambut kering. Mengutip dari situs healthline.com, memotong rambut bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini. Meskipun rambutmu tidak terlalu panjang, memotong rambut tetap diperlukan karena rambut yang bercabang juga bisa menyebabkan rambut terasa kering dan sulit untuk ditata. Memotong rambut tidak hanya membuang rambut yang tidak sehat, tetapi juga bisa membantu pertumbuhan rambut yang baru.

2. Jangan Terlalu Sering Mencuci Rambut

Cara mengatasi rambut kering yang lain adalah dengan tidak terlalu sering mencuci rambut. Bagi orang-orang yang memiliki rambut kering, mencuci rambut terlalu sering justru membuat kondisi rambut menjadi semakin parah. Shampoo tidak hanya membantu untuk membersihkan kotoran dari rambut, tetapi juga membersihkan minyak alami di rambut yang membuat rambut menjadi lebih mudah untuk dirawat dan terlihat berkilau. Mencuci rambut terlalu sering akan membuat rambut terlihat kering dan kusam. Kamu cukup untuk mencuci rambutmu sebanyak 1 hingga 2 kali dalam seminggu. Kamu juga bisa mencuci rambutmu apabila rambutmu sudah terasa kotor.

3. Mengonsumsi Vitamin

Cara mengatasi rambut kering yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi vitamin. Vitamin tidak hanya penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia, tetapi juga dapat menjaga kesehatan rambut. Vitamin A, C, vitamin H, serta zat besi adalah nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan rambut.

 

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rambut Kering

4. Mengonsumsi Makanan Mengandung Omega-3 dan Antioksidan

Omega-3 adalah salah satu nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Omega tiga bisa membantu pertumbuhan rambut serta menguatkan rambut. Tidak hanya itu, omega-3 juga bisa membuat rambut berkilau. Omega 3 banyak ditemui di hasil laut seperti salmon, makarel, tuna, dan sarden. Antioksidan juga baik untuk menjaga kesehatan rambut. Antioksidan dapat membantu melawan stres oksidatif yang dapat membuat rambut terlihat tua. Beberapa makanan yang kaya akan kandungan antioksidan adalah brokoli dan tomat.

5. Tidak menggunakan alat styling rambut

Menggunakan alat-alat styling rambut seperti hairdryer, serta pelurus dan pengeriting rambut elektrik dapat merusak rambut dan membuat rambut menjadi kering. Janganlah terlalu banyak menggunakan alat-alat tersebut untuk menjaga rambutmu supaya tetap sehat. Untuk mengeringkan rambut, kamu mungkin bisa membungkusnya dengan handuk.

6. Menggunakan Shampoo yang Ringan

Cara mengatasi rambut kering yang selanjutnya adalah dengan menggunakan shampoo yang lebih ringan kandungannya. Shampoo yang keras tidak hanya merusak rambut tetapi juga bisa membuat rambut menjadi kering. Untuk mengatasi rambut kering, kamu bisa menggunakan shampoo khusus rambut kering atau juga bisa menggunakan shampoo bayi karena shampoo tersebut dapat membantu membersihkan rambut tanpa menghilangkan minyak alami yang melindungi rambut.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rambut Kering

7. Menggunakan Kondisioner

Menggunakan kondisioner juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi rambut kering. Ketika kita mencuci rambut menggunakan shampoo, maka kita juga kehilangan sebagian minyak alami di rambut. Menggunakan kondisioner setelah berkeramas dapat membantu kita untuk menggantikan minyak yang hilang tersebut dan membuat rambut tidak kering. Kondisioner juga baik untuk menjaga kesehatan kultikula dan menjaga kelembaban rambut.

8. Menggunakan Topi

Paparan sinar matahari dan angin dapat membuat rambut menjadi kering. Sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari dapat merusak rambut dan kulit. Menggunakan topi saat berpergian di siang hari dapat mencegah rambut kita dari paparan sinar matahari yang terlalu lama. Selain itu, menggunakan penutup kepala/rambut ketika kamu berenang di laut ataupun di kolam renang juga penting untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan garam di air laut maupun klorin di kolam renang dapat merusak rambut.

9. Mengoleskan Minyak Alami

Mengoleskan minyak alami bisa menjadi salah satu cara mengatasi rambut kering. Ada berbagai minyak alami yang bisa membantu menjaga kesehatan dan kelembaban rambut. Salah satu minyak alami yang baik untuk rambut adalah minyak zaitun. Mengoleskan minyak zaitun ke rambut bisa membantu menjaga kesehatan dan kelembaban rambut, serta memperkuat rambut hingga akarnya. Selain itu, minyak zaitun juga disebut dapat merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk menjaga kesehatan rambutmu. Minyak kelapa adalah emolien alami yang dapat mengisi celah-celah di rambut yang rusak karena panas atau terkena paparan sinar matahari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.