Sukses

12 Manfaat Minum Madu untuk Kesehatan, Konsumsi Tiap Hari

Manfaat minum madu baik untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minum madu baik untuk kesehatan. Madu merupakan cairan manis yang diproduksi secara alami oleh lebah madu. Madu begitu disukai karena rasanya yang manis dan bisa digukanan dalam banyak makanan dan minuman.

Tak hanya menambah rasa, madu juga kaya akan manfaat. Manfaat minum madu dikaitkan dengan sejumlah kelebihan potensial. Manfaat minum madu berperan dalam banyak pengobatan rumahan dan pengobatan alternatif.

Manfaat minum madu bisa didapat dengan cara yang sangat sederhana. Madu bisa dicampurkan dengan air hangat atau beragam jenis teh. Manfaat minum madu ini tentunya aman dikonsumsi setiap hari. Manfaat minum madu terdiri dari gula, menyediakan sejumlah kecil beberapa vitamin dan mineral, dan kaya akan senyawa tanaman menyehatkan.

Berikut manfaat minum madu untuk kesehatan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(8/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat minum madu untuk kesehatan

Menambah energi

Manfaat minum madu bisa membantu menambah atau mengembalikan energi yang hilang. Madu mengandung gula alami yang dapat mengembalikan energi yang hilang selama seharian berpuasa. Madu terutama terdiri dari air dan dua gula: fruktosa dan glukosa. Glukosa dalam madu diserap oleh tubuh dengan cepat, memberikan dorongan energi langsung, sementara fruktosa memberikan energi berkelanjutan karena diserap lebih lambat.

Kaya antioksidan

Madu mengandung berbagai senyawa yang bertindak sebagai antioksidan, termasuk phytochemical, flavonoid, dan asam askorbat. Antioksidan telah dikaitkan dengan pengurangan risiko serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. Minum air madu hangat bisa membantu memenuhi kebutuhan antioksidan untuk tubuh.

Tingkatkan kekebalan tubuh

Sifat antioksidan dan antibakteri madu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Fitonutrien dalam madu bertanggung jawab atas sifat antioksidannya. Minum air madu hangat dapat melindungi tubuh dari infeksi dan peradangan.

3 dari 5 halaman

Manfaat minum madu untuk kesehatan

Bantu atasi sakit tenggorokan

Madu bisa menjadi obat alami untuk sakit tenggorokan. Sifat anti-inflamasi pada madu bisa membantu mengatasi peradangan di tenggorokan. Sifat antimikrobanya juga membantu mengatasi flu dan pilek. Madu bisa dikonsumsi dengan mencampurkannya dengan air hangat bersama lemon atau teh.

Bantu sembuhkan batuk

Manfaat minum madu sering digunakan untuk menyembuhkan batuk. Madu telah terbukti dapat meredakan batuk lebih efektif daripada obat-obatan bebas yang mengandung dextromethorphan. Sifat anti bakteri dan anti virus pada madu juga membantu mencegah dan menyembuhkan infeksi dan peradangan yang menyebabkan batuk.

Sehatkan pencernaan

Manfaat minum madu sangat baik untuk pencernaan. Madu dapat membantu mengurangi gejala asam lambung. Madu juga diakui sebagai prebiotik potensial, karena memiliki oligosakarida yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

4 dari 5 halaman

Manfaat minum madu untuk kesehatan

Bantu turunkan tekanan darah

Manfaat minum madu bisa membantu menurunkan tekanan darah. Madu dapat membantu menurunkan tekanan darah berkat kandungan antioksidannya. Menurut sejumlah studi madu memiliki efek perlindungan terhadap tekanan darah tinggi. Madu juga dinilai menurunkan tekanan darah sistolik.

Turunkan kolesterol

Madu dapat membantu mengurangi kolesterol LDL jahat sambil secara signifikan meningkatkan kolesterol HDL baik dalam darah. Konsumsi madu juag dikaitkan dengan penurunan trigliserida yang lebih rendah. Kadar kolesterol LDL dan trigliserida yang tinggi merupakan faktor risiko yang kuat untuk penyakit jantung.

Sehatkan jantung

Madu juga dapat membantu mencegah penyakit jantung. Manfaat minum madu telah dikaitkan dengan efek menguntungkan pada kesehatan jantung, termasuk penurunan tekanan darah dan kadar lemak darah. Konsumsi madu alami meningkatkan antioksidan polifonik dalam darah yang membantu mencegah penyakit jantung. Studi kecil pada manusia menunjukkan antioksidan madu dapat membantu mengontrol kadar kolesterol, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, meskipun studi jangka panjang yang lebih besar diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan tersebut.

5 dari 5 halaman

Manfaat minum madu untuk kesehatan

Bantu turunkan berat badan

Manfaat minum madu baik untuk menurunkan berat badan. Madu dan air hangat bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang sehat dapat membantu proses pencernaan makanan lebih cepat dan membantu menurunkan berat badan dalam jangka panjang. Minum air madu hangat sebelum makan besar dapat meningkatkan perasaan kenyang dan mencegah makan terlalu banyak. Minum air madu hangat sebelum tidur juga dapat membantu proses pembakaran lemak yang akhirnya membantu penurunan berat badan.

Bantu atasi asam lambung naik

Dalam tinjauan klinis yang diterbitkan oleh British Medical Journal (BMJ), para peneliti menyarankan bahwa sifat kental madu dapat membantu menjaga asam tetap rendah. Salah satu anggota tim mereka melihat bantuan dari gejala sakit maag setelah mengkonsumsi lima mililiter (sekitar satu sendok teh) madu biasa. Madu dapat bekerja untuk mengurangi peradangan di kerongkongan. Tekstur madu memungkinkannya untuk melapisi selaput lendir kerongkongan dengan lebih baik. Ini dapat berkontribusi pada kelegaan yang bertahan lebih lama. Madu juga memiliki sejumlah sifat antibakteri dan antivirus mencegah timbulnya tukak lambung.

Buat tidur nyenyak

Manfaat minum madu bisa membantu saat kesulitan tidur di malam hari. Madu melepaskan serotonin, neurotransmitter yang meningkatkan mood. Tubuh mengubah serotonin menjadi melatonin, senyawa kimia yang mengatur panjang dan kualitas tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.