Sukses

12 Tempat Wisata Ponorogo yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Sangat Indah

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, berlibur nampaknya telah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat. Berwisata mengunjungi berbagai destinasi wisata bersama keluarga, kekasih, ataupun teman-teman terdekat, telah menjadi suatu kegiatan favorit untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan ini, anda mungkin bisa mengunjungi beberapa tempat wisata Ponorogo di Jawa Timur.

Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang dikunjungi oleh wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Berbagai daerah di wilayah ini ramai dikunjungi wisatawan setiap tahunnya, contohnya adalah Malang dan Surabaya. Akan tetapi ada banyak daerah di Jawa Timur yang sebenarnya juga memiliki potensi pariwisata yang besar, salah satunya adalah Ponorogo.

Ponorogo adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang terkenal akan kesenian Reognya. Ponorogo terletak kurang lebih 20 Km dari kota Madiun, sekitar 120 Km dari kota Solo, atau sekitar 200 Km dari kota Surabaya. Ada berbagai tempat wisata Ponorogo yang wajib untuk kamu kunjungi kalau mampir ke kota ini.

Berikut ini beberapa tempat wisata Ponorogo yang bisa kamu kunjungi di hari libur yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (11/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Wisata Ponorogo: Telaga

1. Telaga Ngebel

Telaga Ngebel adalah salah satu tempat wisata Ponorogo yang sudah terkenal sejak lama. Danau yang indah ini terletak di kaki Gunung Wilis. Telaga ini terletak di ketinggian sekitar 734 mdpl.

Telaga Ngebel menyajikan pemandangan danau berwarna biru yang cantik. Alamnya yang masih asri dan indah menambah pesona dari Telaga Ngebel.

Di Telaga Ngebel ini, pengunjung dapat menikmati waktu bersama dengan orang-orang terdekat sembari menikmati pemandangan yang indah serta segarnya udara pegunungan. Selain itu, setiap tanggal 1 Suro, ada Upacara Adat Larung Sesaji yang diadakan di Telaga Ngebel.

2. Mloko Sewu

Tempat wisata Ponorogo yang berikutnya adalah Mloko Sewu. Mloko Sewu sendiri juga menjadi salah satu destinasi pariwisata yang populer di Ponorogo. Mloko Sewu terletak di kawasan hutan pinur Perhutani Ponorogo di Dusun Prumbon, Desa Pupus, Kecamatan Ngebel.

Di sini pengunjung dapat menikmati keindahan Telaga Ngebel dari ketinggian. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati cantiknya kebun bunga yang berwarna-warni. Bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momennya ayng berharga bersama dengan orang-orang terkasih, Mloko Sewu juga menyediakan berbagai spot foto yang cantik, unik, dan instagramable.

3. Watu Semaur

Tempat wisata Ponorogo selanjutnya yang bisa kamu kunjungi ialah Watu Semaur. Watu Semaur terletak di tepi Jalan Raya Ngrayun-Jajar, tepatnya di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun; sekitar 33 Km dari pusat kota Ponorogo.

Watu Semaur adalah sebuah tebing yang terletak di tengah-tengah padang rumput. Tempat ini diberi nama Watu Semaur karena bila orang berteriak, maka suaranya akan menggema seperti di dalam goa. Tebing Watu Semaur memiliki ketinggian 125 meter membuatnya cocok untuk dimanfaatkan oleh para pecinta olahraga panjat tebing.

3 dari 5 halaman

Wisata Ponorogo: Air Terjun

4. Bukit Cumbri

Tempat wisata Ponorogo lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Bukit Cumbri. Bukit ini berada di perbatasan Ponorogo dan Wonogiri, tepatnya di Desa Pager Ukir, Kecamatan Sampung, Kota Ponorogo.

Bukit Cumbri adalah destinasi wisata yang tepat, khususnya bagi orang-orang yang hobi hiking. Di sini pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan kota Ponorogo dan Wonogiri. Pengunjung juga bisa datang di pagi hari untuk menikmati sunrise di Bukit Cumbri. Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan indahnya kota Wonogiri dan Ponorogo di malam hari di bukit ini.

5. Air Terjun Sunggah

Tempat wisata Ponorogo berikutnya yang dapat kamu kunjungi ialah Air Terjun Sunggah. Air terjun ini terletak di Desa Selur, Keamatan Ngrayun Air, Ponorogo; kurang lebih 60 menit perjalanan dari kota Ponorogo.

Di sini anda dapat menikmati indahnya pemandangan air terjun yang memiliki ketinggian kirang lebih 60 meter ini, baik dari dekat maupun dari kejauhan. Selama perjalanan dari tempat parkir menuju air terjun, anda akan disuguhi oleh pemandangan sawah yang indah. Di air terjun ini anda dapat menikmati udara dan air terjun yang segar dan asri. Selain itu, anda juga bisa menikmati pemandangan sungai beserta hutan yang hijau dan asri di bagian atas Air Terjun Sunggah.

6. Air Terjun Coban Lawe

Tempat wisata Ponorogo yang keenam yang dapat kamu kunjungi adalah Air Terjun Coban Lawe. Air terjun ini terletak di lereng Gunung Wilis, tepatnya di Desa Krisik, Kecamatan Pudak. Jarak Air Terjun Coban Lawe dari Kota Ponorogo sekitar 33 Km, atau sekitar 60 menit perjalanan. Air terjun ini cocok untuk dikunjungi, khususnya bagi para pecnta petualangan. Lokasi air terjun yang cukup terpencil membuat pengunjung harus sedikit berpetualang, berjalan menyusuri hutan yang hijau dan asri untuk menuju ke air terjun ini. Di sekitar Air Terjun Coban Lawe ini juga terdapat perkebunan sayuran serta peternakan sapi perah yang bisa dikunjungi wisatawan.

4 dari 5 halaman

Wisata Ponorogo: Air Terjun

7. Air Terjun Pletuk

Air terjun lain yang menjadi tempat wisata Ponorogo yang populer ialah Air Terjun Pletuk. Air Terjun Pletuk terletak di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko. Untuk mencapai air terjun ini, anda harus menempuh jarak sekitar 27 kilometer ke arah tenggara dari pusat kota Ponorogo dengan waktu tempuh sekitar 50 menit perjalanan.

Di sini anda dapat menikmati pemandangan yang cantik dari Air Terjun Pletuk yang memiliki tinggi sekitar 30 meter. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan perkebunan kayu putih, hutan jati, dan persawahan terasering yang mengagumkan serta udara alam yang asri dan segar.

8. Tanah Goyang

Tempat wisata Ponorogo berikutnya yang wajib kamu kunjungi ialah Tanah Goyang. Tanah Goyang terletak di Ngelo, Pudak Wetan, Pudak, kurang lebih sekitar 33 kilometer dari pusat kota Ponorogo. Tanah Goyang juga terletak tidak jauh dari Air Terjun Coban Lawe, sehingga anda bisa mampir ke sini apa bila anda mengunjungi air terjun tersebut.

Tanah Goyang berupa hamparan padang rumput hijau di lembah yang indah. Dulunya wilayah ini adalah rawa yang ditumbuhi rerumputan tinggi yang kemudian mengendap menjadi tanah. Tekstur tanah di lembah ini yang sangat lembek membuat sensasi seolah tanah bergoyang ketika diinjak, yang kemudian menjadi asal-usul nama tempat ini.

9. Gunung Gajah

Gunung Gajah bisa menjadi salah satu tempat wisata Ponorogo berikutnya yang bisa kamu kunjungi, khususnya bagi para pecinta alam. Gunung ini terletak di Kecamatan Sambit, Ponorogo; tepatnya sekitar 22 kilometer dari pusat kota Ponorogo. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.000 mdpl.

Bagi orang yang masih amatir janganlah khawatir karena trek pendakian di Gunung Gajah ini cukup mudah untuk dilalui oleh para pemula. Dari puncak Gunung Gajah, para pengunjung dapat menikmati pemandangan sunrise serta gulungan awan yang indah serta mempesona. Selain itu, di sini juga terdapat fasilitas perkemahan sehingga para pengunjung dapat menghabiskan malam di gunung ini sambil menunggu terbitnya matahari.

5 dari 5 halaman

Wisata Ponorogo: Gunung

10. Gunung Bedes

Tempat wisata Ponorogo yang populer berikutnya ialah Gunung Bedes. Gunung Bedes terletak di Ngadirojo, Sooko, Wates, Ngadirojo, Ponorogo; tepatnya sekitar 30 Km dari pusat kota Ponorogo.

Tempat ini dinamai Gunung Bedes karena dahulu gunung ini banyak dihuni oleh kera, atau yang disebut oleh masyarakat sebagai "bedes". Di sini terdapat sebuah bongkahan batu yang berbentuk menyerupai kursi yang menghadap ke Gunung Bayangkaki. Batu ini dulunya merupakan sarang kera yang kemudian berkali-kali dihancurkan masyarakat karena kera-kera tersebut merusak tanaman masyarakat setempat.

Di sini juga terdapat bongkahan batu yang besar. Apa bila kamu punya skill memanjat dan ingin sedikit memicu adrenalin, kamu bisa mencoba memanjat batu tersebut.

11. Gunung Bayangkaki

Tempat wisata Ponorogo berikutnya yang dapat dikunjungi adalah Gunung Bayangkaki. Bagi kalian pecinta alam dan menyukai tantangan, Gunung Bayangkaki bisa menjadi gunung lain yang bisa kamu daki di Ponorogo.

Gunung ini terletak di Mlokolegi, Temon, Sawoo; sekitar 28 Km dari pusat kota Ponorogo. Gunung Bayangkaki adalah sebuah gunung tidak aktif yang memiliki empat puncak, yakni Puncak Ijo, Puncak Tuo, Puncak Tumpak, serta Puncak Genthong.

Selain pemandangannya yang indah, Gunung Bayangkaki juga bisa menjadi destinasi wisata religi. Di gunung ini terdapat makam Eyang Kalipokusumo yang dikeramatkan. Beliau adalah salah seorang keturunan Kerajaan Mataram yang bertapa di Goa Mranten, di Gunung Bayangkaki. Beliau juga adalah pendiri dari Desa Temon.

12. Gunung Gede Tatung

Tempat wisata Ponorogo selanjutnya yang bisa kamu kunjungi ialah Gunung Gede Tatung. Tempat wisata ini terletak di Bukit Gede, Desa Tatung, Kecamatan Balong.

Di bukit ini pengunjung dapat menikmati keindahan kota Ponorogo serta Gunung Lawu sambil merasakan nikmatnya udara alam yang asri dan segar. Pengunjung juga bisa datang ke sini untuk menikmati indahnya pemandangan sunrise di pagi hari. Gunung Gede juga menjadi lokasi event paralayang, baik lokal maupun regional.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS