Sukses

Cara Membuat Rumah dari Stik Es Krim yang Berwarna, Simple Banget

Simak cara membuat rumah dari stik es krim sederhana ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ingin membuat prakarya berupa rumah dari stik es krim yang berwarna menarik? Mudah dan simple banget sebenarnya. Cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna, siapkan lebih kurang 100 stik es krim.

Perhatikan, cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna, lebih direkomendasikan mewarnai stik es krimnya terlebih dahulu daripada mengecatnya. Misalnya saja mewarnai stik dengan merendamnya dengan pewarna.

Siapkan stik es krim warna berbeda untuk bagian dinding, atap, jendela, pintu, dan bagian lainnya. Kemudian cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna, ketika merekatkan jangan pelit lem agar bangunan rumah stik es krim kokoh!

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna dan yang polos serta simple, Senin (11/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Rumah dari Stik Es Krim yang Berwarna

Bagaimana cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna? Apabila ingin praktik cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna, pahami untuk mengecat atau warnai stik es krim terlebih dahulu sebelum menyusunnya.

Cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna, sesuaikan warna stik sesuai dengan susunan setiap bagian rumahnya. Cat stik es krim atau warnai stik es krim sesuai dengan bagian yang dibutuhkan.

Misalnya saja bedakan warna stik es krim bagian dinding dengan pintu, jendela, dan atap rumahnya. Langsung saja berikut ini cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna seperti kertas karton, gunting, penggaris, cutter, lem tembak atau lem kayu, stik es krim yang sudah diwarnai dengan pewarna khusus atau dicat.

2. Cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna, mulai dengan meletakkan kertas karton atau kertas kardus untuk alas. Lapisi kertas karton dengan koran agar lem tidak merusak permukaan alas miniatur rumah nantinya.

2. Susun stik es krim membentuk segi empat dengan 4 buah stik, cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna bagian ini buatlah sebanyak 4 buah. Beri lem di setiap sudutnya. 4 buah segi empat ini akan menjadi kerangka dinding rumah, direkomendasikan menggunakan warna stik es krim putih.

3. Cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna, kemudian tutupi bingkai segi empat dengan stik es krim lainnya. Beri lem pada sisi ujung-ujungnya. Cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna bagian ini, usahakan rapat agar tidak ada celah.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Rumah dari Stik Es Krim yang Berwarna Selanjutnya

4. Apabila stik terakhir tidak muat karena berlebihan atau kurang, potong menggunakan cutter. Ulangi cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna tersebut pada keempat bingkai segi empat.

5. Kemudian cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna, buat 3 buah kerangka segitiga untuk atapnya. Beri lem pada sudut-sudutnya agar merekat kuat. Membuat 2 buah segitiga yang akan menjadi sisi depan dan belakang atapnya. Satu kerangka segitiga bisa diletakkan di tengah agar semakin kokoh.

6. Setelah itu, cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna letakkan 10 stik secara mendatar, kemudian beri lem agar merekat. Kemudian cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna, tempelkan kerangka dua segitiga pada sisi atas dan bawah stik mendatar dengan posisi berdiri.

7. Letakkan set atap kedua. Kemudian, cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna, lakukan sama dengan sebelumnya seperti membuat set atap pertama. Tutupi seluruh kerangka atap dengan cara sama.

8. Cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna bagian selanjutnya, merakit badan rumah. Kerangka segi empat yang telah dibuat, potong pada bagian yang akan dibuat sebagai jendela.

9. Cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna bagian ini, gunakan alat bantu penggaris dan cutter untuk memotongnya. Umumnya, jendela berada di pojok atau di tengah dan berwarna lebih mencolok daripada dindingnya. Direkomendasikan menyusun bagian jendela dengan stik es krim berwarna mencolok, lalu tidak memotong semua.

10. Cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna, potong dua kerangka segi empat untuk dijadikan dinding yang ada jendelanya. Lalu cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna, tempelkan seluruh bagian dinding (4 buah kerangka segi empat) dengan menggunakan lem.

11. Kemudian cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna, pasanglah atap yang berbentuk segitiga pada bagian atas badan rumah. Beri lem pada ujung setiap stik es krim dan pasang dengan hati-hati. Jika ingin memberikan hiasan pada bagian dalam rumah, sebaiknya lakukan cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna tersebut, sebelum memasang atap rumahnya.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Rumah dari Stik Es Krim yang Polos dan Simple

Apabila merasa cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna terlalu lama diikuti dan sulit, cobalah rumah stik yang polos dan simple. Cara membuat rumah dari stik es krim yang polos dan simple, tidak perlu mewarnai stik es krimnya.

Setelah membeli stik es krim polos yang umumnya berwarna cream atau cokelat muda bisa langsung disusun! Rumah dari stik es krim kali ini pun memiliki kerangka yang lebih sederhana, daripada cara membuat rumah dari stik es krim yang berwarna sebelumnya.

Bagaimana cara membuat rumah dari stik es krim yang polos dan simple tersebut? Langsung saja berikut cara membuat rumah dari stik es krim yang polos dan simple yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Mulailah cara membuat rumah dari stik es krim yang polos dan simple dengan, menyiapkan kertas karton atau kardus untuk bagian alas.

2. Cara membuat rumah dari stik es krim yang polos dan simple, direkomendasikan sebelum diberi alas karton atau kardus, gunakan kertas koran untuk menutupi kertas karton atau kertas kardus tersebut. Tujuan cara membuat rumah dari stik es krim yang polos dan simple ini, agar lem agar tidak merusak permukaan alas rumahnya.

3. Cara membuat rumah dari stik es krim yang polos dan simple selanjutnya, gunakan lem untuk merekatkan stik es krim hingga membentuk segi empat yang berperan sebagai dinding rumahnya.

4. Lalu cara membuat rumah dari stik es krim yang polos dan simple, lapisi bagian dinding rumah yang sudah jadi dengan menggunakan stik es krim lainnya. Tujuan cara membuat rumah dari stik es krim yang polos dan simple ini, agar dinding rumah semakin kokoh.

5. Apabila dinding rumah sudah jadi, cara membuat rumah dari stik es krim yang polos dan simple berikutnya buat bagian atap rumah.

6. Cara membuat rumah dari stik es krim yang polos dan simple, rekatkan 3 stik es krim yang disusun menjadi bentuk segitiga, seperti rumah pada umumnya. Direkomendasikan membuat sebanyak 3 buah kerangka untuk bagian depan, tengah, dan belakang.

7. Lalu cara membuat rumah dari stik es krim yang polos dan simple, khusus untuk bagian alas atap gunakan stik es krim secukupnya sampai bisa menutupi alas atap rumah menggunakan lem.

8. Cara membuat rumah dari stik es krim yang polos dan simple bagian akhir, lubangi dinding rumah dengan cutter yang dibentuk menjadi jendela dan pintu.

9. Kemudian cara membuat rumah dari stik es krim yang polos dan simple, satukan seluruh bagian-bagian yang telah dibuat tadi, mulai dari badan hingga atap serta alasnya, tentu dengan bantuan lem. Jangan pelit lem agar bangunan rumah dari stik es krim kokoh!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.