Sukses

32 Kota Wisata Batu untuk Liburan Keluarga, Petik Apel sampai Liburan Ala Jepang

Berikut adalah rekomendasi 32 tempat liburan keluarga di Kota Wisata Batu.

Liputan6.com, Jakarta Kota Wisata Batu bisa menjadi pilihan menarik bagi yang ingin menghabiskan waktunya untuk liburan, baik sendirian ala backpacker maupun liburan bersama keluarga.

Ada banyak alasan untuk menjadikan Kota Wisata Batu sebagai tujuan perjalanan Anda berikutnya. Ini tidak lain karena letaknya di ketinggian 700-2.000 meter dan ketinggian rata-rata yaitu 871 meter di atas permukaan laut yang membuatnya selalu sejuk.

Kota yang dulunya menjadi bagian dari Kabupaten Malang ini, kini telah dikenal sebagai salah satu kota wisata terkemuka di Indonesia, karena potensi keindahan alam yang luar biasa.

Bahkan, kekaguman bangsa Belanda terhadap keindahan dan keelokan alam Batu membuat wilayah kota Batu disejajarkan dengan sebuah negara di Eropa yaitu Swiss dan dijuluki sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa.

Jika Anda Tertarik untuk menjadikan kota wisata Batu menjadi tujuan perjalanan berikutnya, ada sejumlah rekomendasi beberapa tempat yang layak untuk dikunjungi baik untuk bersantai maupun mencoba pengalaman baru.

Dikutip Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (11/7/2022), berikut 32 tempat wisata di Kota Wisata Batu, yang wajib dikunjungi bersama keluarga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Liburan di Kota Wisata Batu

1. Gunung Panderman

Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang dan suka naik gunung, tempat di Kota Wisata Batu yang satu ini jangan sampai terlewatkan. Tidak lain adalah gunung Panderman.

Gunung ini memiliki puncak bernama Basundara yang berketinggian 2.045 mdpl. Diperlukan waktu kira-kira tiga jam untuk mendaki dan menuruni Gunung Panderman. Rute yang biasa digunakan untuk mendaki adalah rute Malang-Batu, Batu-Latar Ombo, dan Latar Ombo-Puncak.

2. Paralayang Batu

Bagi yang gemar dengan kegiatan yang memacu adrenaline, tempat ini tentu akan menjadi pilihan yang menarik. Tempat ini tak lain adalah Paralayang Batu.

Di sini pengunjung bisa melakukan kegiatan ekstrem paralayang sambil menikmati alam dari ketinggian bukit. Salah satu daya tarik Kota Wisata Batu ini juga banyak digunakan oleh para atlet paralayang untuk latihan bahkan melakukan kompetisi.

3. Kaliwatu Rafting

Selain paralayang, ada tempat lain yang bisa dikunjungi bagi jiwa-jiwa petualang dan suka tantangan. Tempat itu tak lain adalah Kaliwatu Rafting.

Pesona Kota Wisata Batu ini berada di Jalan Raya Pandanrejo, Kota Batu. Kaliwatu adalah nama dari sungai yang digunakan untuk rafting.

4. Taman Langit

Bagi Anda yang menggemari fotografi atau sekadar selfie, Taman Langit akan menjadi pilihan menarik. Taman Langit merupakan tempat populer untuk selfie di tengah deretan patung unik di depan pemandangan yang luas. Dari tempat ini pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Batu dari ketinggian.

5. Pemandian Air Panas Cangar

Setelah melalui berbagai aktivitas dan kesibukan, akan nikmat rasanya untuk mandi dan berendam di pemandian air panas Cangar.

Pemandian air panas Cangar terletak di Bumiaji kota Batu, yang mendapat sumber air panas dari Gunung Welirang. Temperatur yang tinggi di kolamnya baik dan berkhasiat untuk kulit.

Wisata kota Batu ini memang ramai di siang hari. namun, bagi Anda yang tidak suka mengantre, pemandian air panas Cangar buka sampai malam hari/ Harga tiket masuk Cangar dipatok 10.500 Rupiah belum termasuk parkir kendaraan.

6. Omah Kayu

Omah Kayu berlokasi di Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Wisata kota Batu ini merupakan kawasan pegunungan yang sejuk dan asri. Omah Kayu menawarkan penginapan berupa rumah pohon yang unik. Rumah-rumah pohon ini bisa menjadi lokasi ciamik untuk berfoto.

7. Goa Pinus

Goa Pinus terletak jauh dari lokasi Omah Kayu. Tempat ini dinamakan Goa Pinus karena terdapat sebuah gua bekas galian Jepang pada zaman dulu. Pesona Wisata Kota Batu yang satu ini juga menjadi spot foto yang menarik.

8. Museum Angkut

Museum Angkut adalah museum pertama di Asia Tenggara yang mengambil tema transportasi. daya tarik Kota Wisata Batu yang satu ini membuat pengunjung dapat melihat perkembangan moda transportasi, dari yang menggunakan tenaga kuda hingga moda transportasi bertenaga listrik.

Museum ini memiliki lebih dari 300 koleksi jenis angkutan tradisional hingga modern. Museum Angkut memiliki luas sekitar 3,7 hektar. Area tersebut dibagi menjadi beberapa zona. Zona yang ada seperti zona edukasi, zona Jepang, Zona Uni Eropa serta Zona Gangster & Broadway.

9. Batu Night Spectacular (BNS)

Batu Night Spectacular atau yang lebih sering disebut BNS ini, hanya buka dari sore hingga tengah malam. Jam operasional resminya mulai dari pukul 15.00 hingga 24.00. Pesona Kota Wisata Batu ini menawarkan beberapa wahana penguji adrenalin, taman lampion, hingga arena go kart. Harga tiket masuk ke BNS dipatok 20.000 Rupiah untuk hari biasa, serta 30.000 untuk akhir pekan.

10. Pura Giri Arjuno

Pura Giri Arjuno berlokasi di Tulungrejo, Bumiaji, Batu. Pura ini menjadi tempat ibadah agama Hindu terbesar di Batu. Luas pura ini sendiri kurang lebih 6 hektare. Kompleks pura dipenuhi oleh berbagai bangunan bale yang dikhususkan untuk ritual tersendiri.

Tidak ada ruginya untuk berkunjung ke pura ini, karena Pura Giri Arjuno sama sekali tidak kalah indahnya dengan pura yang ada di Bali.

3 dari 4 halaman

Tempat Liburan di Kota Wisata Batu

11. Jatim Park 1

Jika Anda berencana pergi bersama keluarga, ikon Kota Wisata Batu yang satu ini wajib Anda kunjungi. Tempat ini tak lain adalah Jatim Park 1.

Jatim Park 1 berlokasi di Jalan Kartika nomor 2. Ini adalah taman bermain terbesar pertama di Jawa Timur, cikal bakal dari Jatim Park 2, Jatim Park 3, dan objek wisata Batu lainnya yang juga dikelola Jatim Park Group (JTP).

Di sini pengunjung bisa menikmati berbagai jenis wahana ramah anak sampai wahana ekstrem seperti drop train, flying tornado, sky ride, dan volcano coaster. Ada Bagong Adventure Museum Tubuh dan Museum D'Topeng juga, lho.

12. Pasar Parkiran

Seharian jalan-jalan di Kota Wisata Batu pasti akan terasa lapar. Ini adalah tempat makan yang tepat untuk mengisi perut setelah menikmati berbagai wahana di Jatim Park 1.

Lokasinya hanya di samping pintu masuk Jatim Park 1. Inilah Pasar Parkiran yang bisa dijadikan pilihan hiburan malam murah meriah.

Tempat ini tampil semarak di malam hari berkat lampion cantik dan lampu warna-warni. Ada juga kontainer bekas dengan warna mencolok yang difungsikan sebagai taman baca gratis, rumah kaca, dan wahana 3D art. Pilihan kuliner yang ditawarkan wisata Batu ini pun cukup beragam.

13. Jatim Park 2

Sudah bosan dengan Jatim Park 1, main ke Jatim Park 2 yang berlokasi di Jalan Oro-Oro Ombo nomor 9. Objek di Kota Wisata Batu yang satu ini punya Batu Secret Zoo dan Eco Green Park yang pasti disukai anak-anak.

Selain itu, ada juga akuarium dengan berbagai jenis ikan, pulau harimau, rumah terbalik, fantasy land, dan river adventure yang tak kalah seru. Di sana juga ada Pohon Inn Hotel yang memiliki desain bangunan unik seperti rumah pohon raksasa, dimana Anda bisa menginap.

14. Jatim Park 3

Ini adalah obyek wisata lain yang dikelola oleh Jatim Park Group, yang tak lain adalah Jatim Park 3. Obyek di Kota Wisata Batu ini beralamat di Jalan Raya Ir. Soekarno nomor 144. Taman hiburan ini punya Dino Park, Infinite World, Fun Tech Plaza, sampai Museum Musik Dunia.

15. Predator Fun Park

Predator Fun Park merupakan taman hiburan dengan tema reptil yang berlokasi di Jalan Raya Tlekung 315, Kecamatan Junrejo, Batu. Obyek di Kota Wisata Batu ini punya berbagai jenis wisata edukatif yang menarik buat anak. Mulai dari galeri buaya, croco train, waterboom, outbond, family fun house, hingga saung angklung.

16. Batu Love Garden (BALOGA)

Ada juga Batu Love Garden yang menawarkan keindahan 600 spesies bunga dalam tatanan topiary, rumah kaca, hingga padang bunga. Kebun bunga di Kota Wisata Batu ini dikenal juga dengan nama BALOGA. Kebun ini dibangun di atas lahan seluas 7 hektar yang beralamat di Jalan Raya Pandanrejo nomor 91.

17. Kusuma Agrowisata

Kusuma Agrowisata menawarkan wisata petik buah yang pas dikunjungi bersama keluarga. Kebun di Kota Wisata Batu ini juga menawarkan wahana air Kusuma Waterpark untuk menyegarkan diri bersama anak-anak.

18. Batu Wonderland

Batu Wonderland adalah kawasan hotel dan resort yang beralamat di Jalan Imam Bonjol nomor 9, Temas. Namun, di sini juga ada waterpark yang bisa dikunjungi saat liburan bersama keluarga.

19. The Onsen Hot Spring Resort

Bagi yang ingin liburan ke Jepang tapi belum kesampaian, daya tarik Kota Wisata Batu ini bisa jadi alternatif. Apalagi kalau bukan The Onsen Hot Spring Resort.

The Onsen Hot Spring Resort menawarkan sensasi liburan mewah bergaya Jepang. Suasananya memang dibuat persis seperti onsen (pemandian air panas) di negeri sakura. Kalau tak ingin menginap, sekadar berkunjung dan foto-foto di jembatan kayu atau torii merah dengan yukata sewaan juga boleh.

20. Coban Rondo

Coban Rondo termasuk wisata kota Batu yang sangat populer. Obyek di Kota Wisata Batu ini berlokasi di di Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kabupaten Malang.

Di sini pengunjung bisa menemukan area perkemahan, dan beberapa wahana permainan seperti outbond, flying fox, dan masih banyak lagi. Di sini juga terdapat area labirin yang bisa menjadi tempat rekreasi menarik.

21. Coban Talun

Coban Talun berada di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji, Batu. Pengunjung bisa mencapai air terjun itu dengan melakukan treking dan melewati Hutan Pinus yang sejuk. Air terjun setinggi 30 meter ini memiliki pemandangan alam yang masih sangat alami.

4 dari 4 halaman

Tempat Liburan di Kota Wisata Batu

22. Coban Rais

Coban Rais berada di Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Air terjun ini berada di ketinggian kurang lebih 1.025 mdpl. Untuk menuju wisata kota Batu ini kamu perlu menyusuri hutan sejauh 7 km. Air terjun ini memberikan suasana sejuk menenangkan.

23. Coban Putri

Coban Putri merupakan wisata kota Batu yang berada di Tlekung, Junrejo, Batu. Coban Putri memiliki air terjun bertingkat yang sangat eksotis. Selain air terjun, dari lokasi ini Kamu juga bisa menyaksikan indahnya pegunungan di Batu dari gardu pandang.

24. Wisata Petik Apel

Batu sangat dikenal dengan produksi apelnya yang sudah sangat termasyur. Maka tidak mengherankan jika banyak perkebunan apel dapat ditemui di kota Batu.

Di antara banyaknya perkebunan apel di Kota Batu, terdapat wisata petik apel yang dikelola oleh warga sekitar yang dapat dinikmati wisatawan. Di sini pengunjung dapat menikmati hamparan perkebunan apel yang segar. Selain itu wisatawan juga dapat memetik dan mencicipi sendiri apel dari pohonnya.

25. De Tjangkul

De Tjangkul merupakan wisata kota Batu bertemakan pertanian. Banyak spot menarik yang bisa dinikmati seperti rumah ala Belanda, ayunan, balon udara, karpet aladin, sepeda udara dan masih banyak lagi.

26. Sengkaling Water Park

Sengkaling Water Park juga termasuk wisata kota Batu yang legendaris. Terletak di Jl. Raya Mulyoagung No.188, Kec. Dau, Malang, tempat ini selalu jadi destinasi rekreasi keluarga di kawasan Malang Raya. Sengkaling Water Park termasuk objek wisata dengan fasilitas lengkap mulai dari telaga, kolam renang, wahana bermain anak, hingga koleksi binatang.

27. Flora Wisata San Terra

Flora Wisata San Terra berada di Jl. Trunojoyo, Jurangrejo, Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang. Di sini terdapat berbagai objek wisata Instagramable seperti kebun bunga, bangunan ala Korea dan Eropa, lokasi edukasi, tempat bermain anak, dan masih banyak lagi.

28. Selecta

Kawasan Batu di Kabupaten Malang adalah dataran tinggi berhawa sejuk dengan hamparan pemandangan hijau di setiap sisi. Di sini ada Selecta, taman wisata dengan banyak spesies bunga cantik di dalamnya. Tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp 25 ribu saja per orang. Apabila datang bersama rombongan, tiket masuknya jadi lebih murah lagi hanya Rp 20 ribu per orang.

29. Alun-Alun Batu

Seperti banyak alun-alun di berbagai kota di Indonesia, alun-alun Batu makin semarak di Malam hari. Banyak pujasera dengan berbagai makanan khas Batu, street-food, serta wahana ferris wheel atau komedi putar yang bisa kamu naiki untuk menikmati night view kota Batu dan Malang. Tak lupa ada jajanan terpopuler di Batu yakni Pos Ketan Legenda yang menyajikan kudapan berupa ketan dengan berbagai topping.

30. Desa Wisata Bunga Sidomulyo

Mau borong tanaman hias dengan harga murah sekalian piknik menikmati pemandangan Gunung Arjuno? Coba mampir ke Desa Wisata Bunga Sidomulyo.

Ikuti arahan Google maps ke Mall Bunga Sidomulyo yang ada di Jalan Gelora Bunga. Deretan kios sampai tempat budidaya tanaman hias siap menanti.

Jangan kaget kalau harga tanaman di sini jauh lebih murah daripada pasar bunga di kota Malang dan sekitarnya. Lebih murah lagi kalau Anda mendatangi kebun petaninya.

31. Agrowisata Kaki Langit Brakseng

Kalau sudah sering ke Kusuma Agrowisata, sesekali mampir ke Brakseng. Daerah pertanian sayur mayur ini terletak di Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Brakseng punya banyak spot foto cantik. Ada juga tempat makan dan ngopi santai sambil menikmati pemandangan kebun hijau membentang. Pastikan Anda mampir ke kawasan ini saat tidak sedang musim panen, sehingga seluruh lahan masih terlihat hijau.

32. Kebun Bunga Matahari dan Peternakan Kuda Megastar

Beralamat di Jalibar Dusun, Oro-Oro Ombo, Megastar lebih dikenal sebagai lokasi peternakan kuda. Tapi bukan cuma atraksi menunggang kuda yang ditawarkan di sini. Megastar juga punya kebun bunga matahari yang Instagramable.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.