Sukses

11 Penyebab Mata Kuning yang Harus Diwaspadai, Umumnya Terkait Hati

Liputan6.com, Jakarta Penyebab mata kuning bisa bermacam-macam. Namun, kondisi tersebut umumnya terkait dengan kondisi penyakit tertentu. Sebelum membahas lebih jauh soal penyebab mata kuning, seperti yang sudah kita tahu, bola mata kita memiliki dua warna, bagian tengah yang lebih gelap dan di bagian luarnya yang berwarna putih.

Bagian yang berwarna putih itu disebut sklera. Sklera yang menguning merupakan kondisi yang disebut penyakit kuning. Penyebab mata kuning bisa jadi karena beberapa hal.

Bilirubin menjadi salah satu penyebab mata kuning. Perlu diketahui, bilirubin merupakan zat yang kuning yang terbentuk ketika sel darah merah rusak.

Dalam kondisi normal, bilirubin tidak akan menimbulkan banyak masalah. Sebab, bilirubin yang menjadi penyebab mata kuning akan disaring oleh hati. Setelah itu hati akan memproses bilirubin untuk membuat cairan yang disebut empedu.

Bilirubin yang menjadi penyebab mata kuning akan menjadi masalah serius ketika terlalu banyak dalam darah. Masalah akan diperparah jika hati bermasalah sehingga tidak dapat memproses kelebihan bilirubin dalam darah.

Kondisi kelebihan bilirubin ini yang menjadi penyebab mata kuning, yang mana kondisi tersebut umumnya disebut penyakit kuning.

Penyebab mata kuning ini terkait dengan sejumlah kondisi penyakit. Beberapa di antaranya merupakan penyakit yang berkaitan dengan hati. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab mata kuning, agar bisa mengambil tindakan lebih cepat untuk mendapatkan penanganan tepat.

Seperti yang sudah dilansir Liputan6.com dari WebMD, Selasa (12/7/2022), berikut adalah sebelas penyebab mata kuning yang penting untuk diwaspadai

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penyebab mata kuning selalu terkait dengan organ hati.

1. Hepatitis

Penyebab mata kuning biasanya terkait dengan penyakit tertentu, termasuk Hepatitis. Hepatitis merupakan kondisi dimana hati mengalami peradangan.

Peradangan ini seringkali disebabkan oleh virus yang menginfeksi sel-sel hati, seperti hepatitis A, B, atau C. Infeksi dapat berlangsung singkat (akut) atau jangka panjang (kronis).

Hepatitis merusak hati sehingga tidak dapat menyaring bilirubin. Hilangnya fungsi hati untuk menyaring bilirubin menjadi penyebab mata kuning.

Selain virus, obat-obatan atau penyakit autoimun juga dapat menyebabkan hepatitis.

2. Batu Empedu

Potongan material yang keras seperti kerikil ini dapat terbentuk di kantong empedu. Jika batu empedu terbentuk, itu akan dapat menyumbat saluran empedu yang tersumbat.

Jika saluran empedu tersumbat oleh batu empedu, bilirubin yang dibuat oleh hati akan menumpuk dalam darah Anda. Itu kemudian yang menjadi penyebab mata kuning.

3. Kebiasaan Minum Alkohol

Kebiasaan minum alkohol sering dikaitkan dengan penyebab kerusakan hati. Pada beberapa orang, kebiasaan minum alkohol dapat menyebabkan peradangan yang menghancurkan sel-sel hati.  Hati yang rusak tentu akan mengurangi fungsinya, termasuk dalam menyaring bilirubin. dengan kata lain, kebiasaan mengonsumsi alkohol dalam jangka panjang bisa jadi penyebab mata kuning.

3 dari 4 halaman

Penyebab mata kuning ada kaitan dengan infeksi cacing.

4. Obat-obatan

Beberapa jenis obat sering dikaitkan dengan penyebab mata kuning. Obat-obat tersebut antara lain, Acetaminophen, Penisilin, Pil KB, Klorpromazin, dan Steroid.

5. Cacing Hati

Hal yang terkait dengan hati bisa terkait dengan penyebab mata kuning. Virus hepatitis adalah penyebab paling umum dari infeksi hati, tetapi juga dapat disebabkan oleh parasit seperti cacing hati.

Infeksi cacing hati bisa disebabkan oleh makan ikan mentah atau setengah matang. Cacing yang dapat menginfeksi hati adalah Ascariasis atau cacing gelang. Cacing tersebut dapat masuk dan menyumbat saluran empedu.

6. Reaksi terhadap Transfusi Darah

Hal ini biasanya terjadi jika ada seseorang diberikan golongan darah yang salah. Saat golongan darah yang tidak sesuai masuk ke tubuh, sistem kekebalan mungkin menghancurkan darah yang salah, melepaskan bilirubin dan menyebabkan penyakit kuning.

Namun, kasus seperti itu jarang sekali menjadi penyebab mata kuning karena tes darah sekarang dapat dilakukan dengan cepat.

7. Anemia Sel Sabit

Anemia sel sabit sangat umum pada orang-orang keturunan Afrika atau Karibia, dan hal itu juga bisa jadi penyebab mata kuning. Anemia sel sabit merupakan kondisi dimana tubuh memproduksi sel darah merah yang lengket dan melengkung.

Sel darah itu mengalir ke hati dan rusak dengan lebih cepat. Sel darah yang rusak itu menghasilkan bilirubin yang menumpuk sehingga menjadi penyebab mata kuning.

 

4 dari 4 halaman

Penyebab mata kuning bisa jadi kanker.

8. Malaria

Malaria disebabkan oleh infeksi virus yang disebarkan melalui gigitan nyamuk. Akibat infeksi virus tersebut sel darah mudah rusak. Kehilangan banyak sel darah merah menyebabkan anemia dan menjadi penyebab mata kuning.

9. Sirosis

Kerusakan hati menjadi hal paling umum yang menjadi penyebab mata kuning, termasuk sirosis. Sirosis adalah kondisi ketika organ hati telah dipenuhi dengan jaringan parut dan tidak bisa berfungsi dengan normal.

Jaringan parut ini terbentuk akibat penyakit liver yang berkepanjangan, misalnya karena infeksi virus hepatitis.

Jika semakin banyak jaringan parut terbentuk, maka semakin sulit bagi hati untuk menjalankan fungsintya, termasuk menyaring belirubin yang menjadi penyebab mata kuning.

Selain karena infeksi virus hepatitis, kebiasaan minum alkohol dan kegemukan juga dapat meningkatkan risiko sirosis.

10. Anemia Hemolitik

Anemia adalah suatu kondisi kekurangan sel darah merah yang sehat. Namun, pada anemia hemolitik, sel darah merah pecah terlalu cepat. Ketika itu terjadi, sel darah merah melepaskan bilirubin yang terlalu banyak, sehingga tidak bisa diproses oleh hati. Hal ini kemudian menjadi penyebab mata kuning.

11. Kanker

Kanker hati adalah penyebab mata kuning paling umum daripada jenis kanker lain. Kanker ini dapat merusak sel-sel hati atau saluran empedu, yang mempengaruhi kemampuan hati untuk memproses bilirubin.

Demikian 11 penyebab mata kuning, yang sebagian sangat terkait dengan kondisi organ hati. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan hati dengan menerapkan gaya hidup sehat dan menghindari konsumsi alkohol.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS