Sukses

10 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan, Ringan Hingga Berat

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan mulai yang ringan hingga yang berat

Liputan6.com, Jakarta Penyebab sakit pinggang sebelah kanan dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Nyeri punggung bawah di sisi kanan dapat disebabkan oleh ketegangan otot atau masalah saraf yang berasal dari tulang belakang. Selain itu rasa sakit juga mungkin disebabkan oleh suatu kondisi yang mempengaruhi salah satu organ Anda.

Penting untuk mengetahui penyebab sakit pinggang sebelah kanan karena umumnya salah satu gejala penyakit kronis yang menyerang organ dan perlu diperhatikan adalah rasa sakit tidak tertahan di bagian pinggang.

Hal ini karena sebagian besar organ dalam terletak di tubuh dapat memicu rasa sakit yang menjalar ke punggung bagian bawah dan menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Beberapa organ ini diantaranya ada ginjal, ovarium, usus, dan hati.

Selain itu penyebab sakit pinggang sebelah kanan juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada berbagi ujung saraf dengan jaringan dan ligamen di punggung anda. Dimana jika strukturnya terletak di bagian kanan bawah tubuh, anda mungkin juga merasakan sakit di sisi kanan bawah punggung.

Untuk mengethaui lebih lanjut tentang penyebab sakit pinggang sebelah kanan, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber penyebab sakit pinggang sebelah kanan dan lengakap dengan cara mengatasinya, Selasa (12/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan Ringan

1. Masalah otot punggung atau tulang belakang

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang pertama adalah adanya masalah otot punga tau tulang punggung yang terjadi akibat aktivitas sehari-hari. Seperti peregangan berlebihan yang menyebabkan robeknya pada ligament, degenerasi cakram tulang belakang karena penuaan atau karena otot yang tegang karena postur tubuh yang tidak tepat.

Untuk mengatasinya diberlakukan perawatan yang bervariasi tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan kondisi sakit punggung yang dialami. Biasanya untuk awal akan disarankan untuk pilihan konservatif seperti terapi fisik atau obat-obatan untuk mengurangi peradangan. Namun jika metode pengobatan konservatif tidak membantu dan kondisi makin parah, dokter mungkin merekomendasikan operasi.

2. Stenosis tulang belakang

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang berikutnya adalah adanya stenosis tulang belakang. Stenosis terjadi ketika ruang antara tulang belakang mulai menyempit yang biasanya disebabkan oleh bertambahnya usia, membuat tulang tidak dapat maksimal menerima tekanan dan dapat membebani sumsum tulang belakang dan akar saraf.

Selain rasa sakit di bagian pinggang sebelah kanan, anda juga akan merasakan sakit di sisi kanan punggung bawah, bokong, dan kaki. Dimana dalam kasus yang sudah cukup parah, kaki juga dapat mengalami pelemahan dan sulit berjalan.

Terapi fisik biasanya merupakan pengobatan lini pertama. Penjepit punggung juga dapat membantu mengelola gejala. Obat pereda nyeri juga dapat membantu ketika gejala muncul. Jika pembedahan diperlukan, prosedur ini bertujuan untuk menciptakan lebih banyak ruang di dalam kanal tulang belakang untuk mengurangi tekanan pada sumsum tulang belakang atau akar saraf.

3. Radikulopati

Radiculopathy menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan berikutnya. Radikulopati adalah suatu kondisi yang berkembang ketika akar saraf terjepit. Gejala yang muncul biasanya termasuk rasa sakit atau mati rasa yang menjalar dari punggung bawah ke salah satu atau kedua kaki.

Perawatan biasanya melibatkan terapi fisik yaitu latihan yang dirancang untuk meningkatkan kekuatan inti dan tubuh bagian bawah, fleksibilitas, dan stabilitas yang mana terapi ini seringkali dapat menunda atau mencegah operasi. Terapi pijat dan akupunktur juga kerap disarankan untuk mengatasi Radikulopati.

4. Penyakit diskus intervertebralis

Penyakit yang menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan lainnya adalah diskus intervertebralis, dimana terdapat kerusakan atau degenerasi cakram tulang belakang yang memisahkan tulang belakang yang berfungsi untuk memberikan bantalan di antara tulang belakang dan bertindak sebagai peredam kejut, serta membantu punggung untuk bergerak, menekuk, dan memutar dengan nyaman.

Sakit punggung adalah gejala utama penyakit ini dana dalam kasus yang parah, kelemahan atau mati rasa di kaki juga dapat terjadi. Untuk mengatasinya perawatan awal akan berupa terapi fisik dan obat pereda nyeri. Namun dalam kasus yang serius, pembedahan mungkin diperlukan untuk mengangkat dan mengganti disk yang terkena.

5. Batu ginjal

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan selanjutnya adalah batu ginjal. Batu ginjal adalah struktur padat seperti kerikil yang terbentuk dari kelebihan mineral dan garam yang biasanya ditemukan dalam urin.

Ketika batu-batu ini bersarang di uretra, mungkin mengalami rasa sakit yang tajam dan kram di punggung, perut bagian bawah, dan selangkangan. Ureter adalah tabung yang membawa urin dari ginjal ke kandung kemih anda. Untuk perawatan disarankan untuk segera menghubungi dokter untuk mendapat perawatan medis seperti obat atau prosedur bedah untuk mengeluarkan batu.

3 dari 3 halaman

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan Berat

6. Infeksi ginjal

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang masih berhubungan dengan ginjal adalah adanya infeksi ginjal. Penyebab paling umum dari infeksi ginjal adalah bakteri, seperti E.coli, yang hidup di usus kemudian berjalan melalui ureter, dan masuk ke kandung kemih dan ginjal.

Gejalanya mirip dengan infeksi saluran kemih lainnya seperti sakit punggung dan perut, buang air kecil terbakar, merasakan kebutuhan mendesak untuk buang air kecil, serta urin keruh, gelap, atau berbau busuk

Kerusakan ginjal permanen dan infeksi darah yang mengancam jiwa dapat terjadi akibat infeksi ginjal yang tidak diobati, jadi segera cari bantuan medis jika mengalami gejala diatas untuk mendapatkan antibiotik yang tepat untuk melawan bakteri.

7. Radang usus buntu

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang sudah banyak diketahui adalah karena disebabkan adanya peradangan usus buntu. Infeksi usus buntu menyebabkan usus buntu membengkak, hingga anda mengalami nyeri dan rasa penuh di perut yang dimulai di dekat pusar dan secara bertahap meluas ke sisi kanan.

Rasa sakit sering memburuk dengan gerakan atau dengan menekan daerah tender. Rasa sakit juga bisa meluas ke punggung atau selangkangan. Gejala lain termasuk mual dan muntah. Jika muncul gejala radang usus buntu, segera dapatkan bantuan medis segera.

Karena jika usus buntu terus membengkak hingga akhirnya bisa pecah dan membuat isi didalam usus menyebarkan dan menginfeksi bagian lain di perut, hal ini dapat menciptakan situasi yang mengancam jiwa. Perawatan terdiri dari operasi pengangkatan usus buntu.

8. Aneurisma aorta abdominal

Tidak hanya gangguan organ dalam, gangguan pada pembuluh darah juga dapat menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Aorta adalah pembuluh darah terbesar di tubuh. Jika bagian aorta di perut menonjol secara tidak normal, hal ini kemudian disebut dengan aneurisma aorta abdominal (AAA). Risikonya jika tidak ditangani adalah aorta akan pecah dan menyebabkan komplikasi perdarahan yang mengancam jiwa.

Gejala utama aneurisma aorta perut adalah sakit perut yang parah, serta nyeri punggung bawah kanan, pusing, sesak nafas dan pingsan. Perawatan untuk aneurisma aorta abdominal mungkin termasuk prosedur bedah dimana akan menempatkan tabung atau cangkok di lokasi aneurisma untuk memperkuat bagian aorta itu dan mencegah aorta pecah.

9. Endometriosis

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang terjadi pada perempuan adalah Endometriosis. Endometriosis adalah kondisi kronis di mana jaringan yang menyerupai lapisan rahim, yang disebut jaringan endometrium, tumbuh di luar rahim.

Jika jaringan tumbuh di ovarium kanan atau tuba falopi, dapat mengiritasi ovarium dan jaringan sekitarnya dan menyebabkan rasa sakit seperti kram yang dapat menyebar dari depan dan samping tubuh ke belakang.

Perawatan biasanya termasuk terapi hormonal atau operasi laparoskopi. Terapi hormonal, seperti pil KB dosis rendah, dapat membantu mengecilkan pertumbuhan. Pembedahan juga dapat digunakan untuk menghilangkan pertumbuhan.

10. Kehamilan Pada Trimester Pertama

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan adalah karena kehamilan di awal trimester. Nyeri punggung bawah kanan juga sering terjadi selama kehamilan. Ini dapat dimulai pada awal kehamilan karena tubuh memproduksi hormon yang disebut relaksin yang membantu melonggarkan ligamen di tubuh sebagai persiapan untuk melahirkan.

Ketidaknyamanan karena sakit pada pinggang karena kehamilan umumnya dapat dikurangi dengan cara peregangan lembut, mandi air hangat, memakai sepatu hak rendah, pijat dan minum obat Pereda nyeri yang disarankan oleh dokter kehamilan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.