Sukses

12 Wisata Pangalengan yang Wajib Dikunjungi, Sajikan Pesona Alam Eksotis

Pangalangan yang menjadi salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini terkenal dengan wisata alamnya yang eksotis.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Pangalengan wajib untuk dikunjungi bagi anda yang ingin menghilangkan penat dari hiruk pikuk kota. Sebab, Pangelangan yang menjadi salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini terkenal dengan wisata alamnya yang eksotis.

Lokasi ini dikenal sebagai daerah perkebunan, peternakan dan pertaniannya. Sehingga tak heran apabila Pangalengan menjadi salah satu tujuan wisata pilihan para turis, baik lokal hingga mancanegara.

Tempat wisata Pangalengan tersebut antara lain air terjun, kawah, danau, perkebunan, dan desa wisata yang semuanya memiliki daya tarik tersendiri. Ditambah udara yang sejuk, membuat aktivitas wisata anda bakal semakin nyaman.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata Pangalengan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Pangalengan yang Wajib Dikunjungi

1. Kampung Singkur

Tempat wisata Pangalengan yang wajib Anda kunjungi pertama adalah Kampung Singkur. Selain dimanjakan dengan pemandangan yang asri, di Kampung Singkur Anda juga dapat menikmati berbagai wahana permainan seperti flying fox, arung jeram, hingga tubung trip. Bangunan tradisional yang ada di tempat wisata Kampung Singkur juga tidak kalah cantik untuk diabadikan bersama orang-orang spesial.

2. Taman Langit Pangalengan

Sesuai dengan namanya, dari tempat wisata Pangalengan satu ini, Anda dapat menikmati keindahan kota bandung dari ketinggian. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Taman langit Pangalengan adalah saat matahari terbit dan terbenam.

Tempat wisata alam satu ini juga menyediakan camping ground yang bisa Anda gunakan jika ingin bermalam di sana. Anda juga tidak perlu khawatir dengan fasilitas umumnya karena di Taman Langit Pangalengan telah dilengkapi dengan mushola, kamar mandi dan kantin 24 jam.

3. Perkebunan Teh Cukul

Tempat wisata Pangalengan lainnya ada Perkebunan Teh Cukul. Tak jauh dari lokasi Anda juga dapat merasakan kesejukan dari danau yang ada. Tempat wisata Pangalengan satu ini tentu menjadi hits karena banyaknya spot foto yang Instagramable.

4. Kawah Wayang

Di Kawah Wayang, Anda bisa melihat indahnya asap putih yang membumbung tinggi di celah-celah bebatuan. Namun, tetaplah berhati-hati dan mematuhi aturan saat berada di sekitar kawah. Lanskap pemandangan yang mempertemukan bebatuan dan pohon ini menjadi salah satu spot foto paling banyak diminati di tempat wisata Pangalengan yang satu ini.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Pangalengan yang Wajib Dikunjungi

5. Curug Penganten

Wisata alam di Pangalengan memang tidak pernah ada habisnya, salah satunya adalah air terjun yang bernama Curug Panganten. Nama ini diambil dari dua aliran air terjun yang saling berdekatan layaknya sepasang pengantin. Tempat satu ini sangat cocok bagi Anda yang suka bermain air, karena airnya yang bersih bisa membuat Anda tidak ragu berendam sambil menikmati keindahan alam yang ada.

6. Situ Cileunca

Danau menjadi salah satu tempat wisata Pangalengan yang wajib dikunjungi. Situ Cileunca yang merupakan danau buatan ini memiliki luas hingga 1400 hektar dan menjadi salah satu tempat favorit melihat keindahan di Bandung. Jembatan Cinta juga menjadi spot terpopuler di Situ Cileunca dan selalu ramai dengan pengunjung yang ingin berfoto.

7. Nimo Highland

Salah satu tempat wisata Pangalengan yang wajib dikunjungi adalah Nimo Highland. Lokasinya di Gunung Nini, tepatnya ada di kawasan Banjarsari, Pangalengan, Bandung Selatan, Bandung, Jawa Barat.  Tempat yang baru dibuka pada Mei 2022 ini terbilang unik karena memadukan bangunan ala Santorini, Rumah Indian, hingga area jembatan kaca yang estetis. Jam buka Nimo Highland untuk hari biasa mulai pukul 09.00-17.00 WIB, kemudian akhir pekan buka pukul 08.00-18.00 WIB.

8. Wayang Windu Panenjoan

Mirip dengan Taman Langit Pangalengan, tempat wisata ini juga menawarkan pemandangan kebun teh hijau yang memesona. Wayang Windu Panenjoan menjadi salah satu tempat wisata Pangalengan yang wajib dikunjungi karena memiliki sejumlah spot foto estetis, seperti jembatan kayu yang membelah kebun teh dan jendela alam.

Selain itu, tempat wisata ini juga berdekatan dengan Rumah Pengabdi Setan, sebuah lokasi syuting dari film horor terkenal tanah air. Jam bukanya mulai dari pukul 05.30-18.15 WIB. Tiket masuk Wayang Windu Panenjoan adalah Rp 10.000, sementara jika ingin berkemah wajib membayar Rp 20.000 per malam.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Pangalengan yang Wajib Dikunjungi

9. Hutan Pinus Rahong

Hutan Pinus Rahong juga menjadi salah satu tempat wisata Pangalengan yang lagi hits dan menarik untuk dikunjungi. Selain panorama alam yang cantik, pengunjung juga bisa menjajal sejumlah wahana di sana, seperti flying fox, paint ball, fun game, dan camping ground. Jika anda senang berfoto untuk diunggah ke media sosial, ada beberapa spot bertemakan alam yang Instagramable yang bisa dijadikan latar berfoto. Pengunjung bisa mulai datang ke tempat ini pada pukul 06.30-18.00 WIB, tiket masuk Rp 10.000 per orang.

10. Kebun Teh Malabar

Kebun Teh Malabar beralamat lengkap di Banjarsari, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Awalnya, tempat ini masih berupa hutan yang akhirnya dialihfungsikan menjadi sebuah kebun teh dan menjadi kebun teh pertama di kawasan tersebut.  Terdapat sejumlah tempat menarik yang bisa dikunjungi wisatawan, seperti makam Karel Albert Rudolf Bosscha, pendiri ITB dan Observatorium Bosscha. 

Lalu, jika berjalan menuju bagian belakang “hutan teh,” pengunjung bisa melihat Rumah Bosscha yang hingga kini masih terawat. Jika sudah puas menikmati tempat menarik dan pemandangan alamnya, pengunjung bisa melihat proses pengolahan teh di Pabrik Teh Malabar.

11. Sungai Palayangan

Pecinta arung jeram wajib berkunjung ke Sungai Palayangan yang ada di Pangalengan, Jawa Barat. Area rafting di sungai yang mengalir dari Situ Cileunca ke Hutan Pinus Rahong ini memiliki tingkat kesulitan yang beragam.

Sungai yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini ideal bagi kalangan pemula ataupun yang telah mahir dalam arung jeram. Keistimewaan rafting di sungai ini adalah tepi sungainya merupakan kawasan hutan dan kebun. Mulai dari hutan pinus, kebun teh, dan kebun sayur-sayuran akan menemani sepanjang perjalanan menyusuri sungai.

12. Gunung Artapela

Tempat wisata Pangalengan yang wajib anda kunjungi selanjutnya adalah Gunung Artapela. Gunung yang telah berstatus tidak aktif ini memiliki ketinggian 2.194 meter di atas permukaan air laut. Destinasi ini menjadi pilihan favorit di kalangan pendaki pemula. Meski tidak begitu tinggi untuk didaki, Gunung Artapela menawarkan pemandangan yang begitu indah.

Terdapat kawasan padang rumput dan Danau Aul yang menjadi spot favorit di gunung ini. Momen matahari terbit dan matahari senja juga menjadi hal yang selalu ditunggu-tunggu saat melakukan pendakian di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.