Sukses

15 Wisata Papua yang Wajib Dikunjungi, Suguhkan Panorama Indah

Ini wisata papua yang menyuguhkan panorama alam indah juga menarik

Liputan6.com, Jakarta Wisata Papua kebanyakan menyuguhkan pesona alam nan indah, mulai dari air laut yang jernih dan bersih, pasir putih panjang serta beragam pemandangan dan hamparan kampung yang asri, juga sejuk. Untuk bisa mengakses tempat wisata yang ada di sini, kamu bisa menggunakan jalur udara dengan pesawat atau laut menggunakan kapal. 

Papua merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan wilayah yang sangat luas dibanding provinsi lainnya. Posisi wilayah yang strategis membuat provinsi yang dijuluki dengan ‘Bumi Cendrawasih’ ini selalu menghadirkan pesona yang memukau. Selain sumber daya alam yang melimpah, tempat wisata Papua juga menghadirkan pesona luar biasa.

Para wisatawan yang berkunjung untuk menikmati wisata Papua ini, kebanyakan mereka yang suka dengan snorkling, menyelam dan menikmati keindahan bawah laut. Tapi tenang, bagi kamu yang tidak terbiasa menyelam, bisa menikmati pemandangan alam yang indah dengan berkeliling menggunakan speedboat yang tersedia di lokasi. 

Berikut ini informasi tentang wisata Papua yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Papua

1. Pasir Timbul

Wisata Papua yang satu ini berada di Raja Ampat yang cukup populer. Hamparan pasir yang timbul menjadi favorit pengunjung yang liburan ke sini. Selain memiliki keindahan bawah laut yang memesona, di sini terdapat hamparan pasir timbul saat permukaan laut sedang surut. Ini membuat pasir timbul hanya muncul pada waktu tertentu saja. Wisatawan tidak boleh melewatkan moment saat air surut, berfoto dan bersantai. Keindahannya ini menjadikan pasir timbul begitu hits di kalangan para wisatawan.

2. Star Lagoon

Star Lagoon adalah salah satu wisata Papua yang populer, di mana terdapat sebuah laguna yang berbentuk bintang. Untuk melihat pesona wisata ini, pengunjung harus mendaki bukit terlebih dahulu, sehingga bentuk bintang akan jelas terlihat dari atas. Tempat wisata ini juga menyuguhkan pemandangan bawah air yang cukup menakjubkan. Karena keindahan bentuk dan juga pemandangan yang ditawarkan, membuat para wisatawan betah untuk berlama - lama menikmati pesona wisata yang ada di sini. 

3. Kampung Saporkren

Wisata Papua selanjutnya yang cukup populer berlokasi di barat Pulau Waigeo, Kabupaten Raja Ampat, di mana Kampung Saporkren dibangun dengan kawasan konservasi Cagar Alam. Tempat yang bersih dan jernih, membuat pengunjung bisa berenang bebas hingga 100 meter dari bibir pantai. Pasir putih yang membentang sepanjang pantai menambah keindahan dan pesona pantai yang dikelola masyarakat setempat disebut. Jika berkunjung kesini, jangan lupa untuk mengabadikan momen indahmu. 

4. Pianemo

Pianemo adalah salah tempat wisata Papua yang populer, karena menyuguhkan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Terdapat spot foto yang bisa pengunjung incar untuk membuat orang lain iri dengan hasil fotonya. Keindahan dari gugusan batu karang dan birunya laut di tempat wisata ini akan membuat pengunjung tak tahan untuk tidak memotretnya. Dari ketinggian Pianemo para wisatawan bisa menikmati keindahan Raja Ampat. 

3 dari 5 halaman

Wisata Papua

5. Batu Pensil

Wisata Papua yang berikut ini memiliki spot menarik tepatnya di Teluk Kabui. Wisata populer ini menjulang tinggi di tengah-tengah perairan di antara tebing-tebing karang lain di sekitar Teluk Kabui. Disebut Batu Pensil karena memang bentuknya yang menjulang tinggi mirip dengan pensil. Menjadi salah satu ikon terkenal di Raja Ampat. Selain pemandangan batu yang indah ini, di sekitar Teluk Kabui pengunjung juga bisa menyelam dan menikmati pemandangan indah di bawah laut.

6. Danau Sentani

Danau sentani adalah wisata Papua yang berada di Raja Ampat dan menjadi yang tersohor di Jayapura. Danau Sentani memiliki 22 pulau yang tersebar di sekitar danaunya. Wisata yang ada disini dihuni oleh 30 jenis spesies ikan tawar, bahkan empat diantaranya merupakan spesies endemik. Di sini kamu bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti berenang, memancing, menyantap kuliner, hingga berkeliling danau dengan menyewa perahu yang telah disediakan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengunjungi dan berinteraksi langsung dengan warga sekitarnya. Jika beruntung, pengunjung bisa menyaksikan langsung aksi tarian khas Papua dan berbagai sajian kuliner khas Papua

7. Cape Kri

Pulau Kri adalah salah satu wisata Papua ini terkenal karena keasrian serta pemandangan yang memanjakan mata. Tempat ini cukup dekat dari Sorong juga Waisai. Tersedia juga banyak penginapan yang bisa pengunjung temui disini untuk beristirahat. 

8. Teluk Mayalibit

Teluk mayalibit adalah wisata yang ada di Papua Barat. Untuk mengakses ke lokasi ini, pengunjung harus menyewa sebuah perahu untuk bisa menelusuri Mayalibit. Untuk menyewa satu perahu bisa menampung 10-12 orang.

4 dari 5 halaman

Wisata Papua

9. Desa Wisata Sauwandarek

Desa wisata Sauwandarek adalah salah satu tempat wisata Papua yang terkenal dengan keramahan penduduknya. Masyarakatnya juga dikenal terampil menganyam daun pandan laut membentuk topi, tas, yang akan dipasarkan dengan harga ekonomis. Selain itu, pengunjung bisa menikmati keindahan bawah lautnya, terumbu karang yang yang begitu indah serta bisa bermain langsung dengan anak-anak setempat. 

10. Desa Sawinggrai

Desa sawinggrai juga merupakan tempat wisata Papua, yang pengunjungnya bisa melihat dan langsung juga menyelam bersama ikan-ikan. Laut yang ada Desa Sawinggrai, sangat jernih, sehingga  pengunjung bisa melihat langsung ribuan ikan yang ada di dalamnya. Disini juga terkenal dengan habitatnya burung cendrawasih. 

11. Pantai Waisai Torang Cinta (WTC)

Pantai waisai torang cinta adalah wisata adalah tempat wisata yang berbeda dari pantai pada umumnya, karena tempat ini menawarkan sensasi liburan secara elegan dengan berbagai fasilitas mewah. Terdapat juga banyak pohon kelapa yang menjulang tinggi. Keindahan alam yang ada di sini masih begitu asri dan belum banyak diusik oleh tangan-tangan manusia. 

12. Pulau Biak

Pulau yang terletak di teluk Cenderawasih ini memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata ini memiliki museum cenderawasih yang banyak mengoleksi berbagai benda zaman Perang Dunia II. Ditempat pulau ini juga memiliki wisata lain yang bisa wisatawan kunjungi. 

5 dari 5 halaman

Wisata Papua

13. Raja Ampat

Pesona keindahan Raja Ampat tidak bisa dipungkiri kepopulerannya. Tempat wisata yang menarik mata pengunjung baik dari Indonesia maupun mancanegara. Karena daerah yang terdiri dari gugus-gugus pulau kecil dan besar, terbentang sangat elok dengan keindahannya. Di tempat ini memiliki ragam kekayaan biota laut yang bisa dinikmati saat menyelam. Air yang sangat jernih, membuat jarak pandang saat menyelam sangat ideal. Disini kamu bisa melakukan trekking di setiap pulau-pulau yang ada. Kamu juga bisa menggunakan jasa pemandu agar tidak tersesat. 

14. Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Wisata Papua yang satu ini, hampir sepenuhnya berupa perairan. Oleh sebab itu Taman Nasional Teluk Cenderawasih ini menjadi kawasan konservasi laut terbesar juga terluas di Indonesia. Tempat wisata ini sangat cocok untuk diving. Di perairan ini, memiliki  beragam flora dan fauna bawah laut yang sangat menarik, juga ratusan jenis moluska dan ikan. Menariknya Tempat ini juga biasa dijadikan sebagai pusat penelitian hiu paus yang dilakukan pemerintah dengan LSM dalam dan luar negeri.

 15. Taman Nasional Lorentz 

Taman Nasional Lorentz juga merupakan kawasan konservasi terluas dengan ekosistem terlengkap di Asia Pasifik. Fauna khasnya adalah cendrawasih ekor panjang, puyuh salju, dan kanguru pohon dingiso. Tempat wisata papua ini memiliki kemegahan yang diakui oleh UNESCO. Bagi pengunjung yang kesini, jangan lupa untuk mengabadikan momen indah kamu bersama dengan pemandangan memukau, tentunya tidak akan ditemukan ditempat lain. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.