Sukses

15 Tempat Wisata di Vietnam yang Wajib Dikunjungi, Kaya Pesona Alam

Rekomendasi tempat wisata di Vietnam untuk kamu kunjungi di hari liburmu

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Vietnam menjadi pilihan destinasi liburan ke luar negeri. Berwisata ke luar negeri saat ini cukup populer. Dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat, ditambah dengan biaya transportasi yang semakin murah, berlibur mengunjungi berbagai tempat wisata di luar negeri menjadi semakin terjangkau.

Bila anda ingin menghabiskan waktu liburan anda di luar negeri, mungkin anda bisa mengunjungi tempat wisata di Vietnam. Ada beberapa tempat wisata di Vietnam yang menarik untuk dikunjungi. Vietnam saat ini memang menjadi salah satu tujuan wisata favorit karena cukup terjangkau secara ekonomis.

Tempat wisata di Vietnam juga cukup lengkap dan eksotis. Bagi anda pecinta alam, Anda dapat menikmati keindahan alam Negeri Paman Ho ini. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi berbagai tempat untuk menikmati budaya dan sejarah Vietnam yang menarik. Oleh sebab itu, Vietnam bisa menjadi salah satu alternatif destinasi wisata bagi Anda untuk mengukir kenangan yang tak terlupakan bersama dengan orang-orang terdekat.

Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Vietnam untuk anda kunjungi yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (12/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Vietnam

1. Ha Long Bay

Salah satu tempat wisata di Vietnam yang ikonik dan paling populer di dunia adalah Ha Long Bay. Ha Long Bay terletak di Teluk Tonkin, kurang lebih sekitar 170 km dari kota Hanoi. Di sini Anda dapat menikmati indahnya pemandangan 1.600 batuan kapur yang menjulang di lautan serta air laut yang berwarna kehujauan. Tumbuhan-tumbuhan hijau yang menyelimuti bebatuan kapur ini menambah keindahan dari Ha Long Bay. Formasi bebatuan kapur yang menakjubkan ini terbentuk secara alami, membuat UNESCO memasukkan Ha Long Bay ke dalam daftar situs warisan dunia sejak tahun 1994. Ada berbagai kegiatan yang bisa anda lakukan di sini, mulai dari berlayar menggunakan kapal menikmati keindahan bukit-bukit kapur dari dekat, mengunjungi goa-goa yang terletak di pulau-pulau tersebut, mengunjungi desa terapung, hingga panjat tebing.

2. Marble Mountains

Tempat wisata di Vietnam selanjutnya yang bisa dikunjungi ialah Marble Mountains. Marble Mountains adalah 5 bukit bebatuan kapur yang terletak 5 kilometer dari pusat kota Da Nang. Kelima bukit ini diberi nama berdasarkan 5 elemen, yaitu Kim (logam), Thuỷ (air), Mộc (kayu), Hoả (api) and Thổ (tanah). Di sini, anda dapat mengunjungi goa, terowongan, menara, dan pagoda-pagoda yang dibuat oleh Buddha Mahayana dan Dinasti Nguyen. Salah satu goa yang terkenal di Marble Mountains adalah Huyen Khong. Goa ini adalah goa yang terbesar di Marble Mountain. Di dalamnya terdapat sebuah patung batu Buddha yang berukuran besar serta 2 kuil yang didedikasikan untuk dewa dan dewi perjodohan. Tempat ini populer, khususnya bagi para pasangan.

3. Sapa Terraces

Tempat wisata di Vietnam yang berikutnya ialah Sapa Terraces. Sapa Terraces terletak di kota Sapa, di daerah pegunungan Utara Vietnam. Di sini anda dapat menyaksikan indahnya pemandangan sawah punden berundak di lembah-lembah perbukitan sembari menikmati segarnya udara pegunungan yang asri. Bagi kalian yang menyukai petualangan, anda juga bisa mendaki Gunung Fansipan, gunung yang tertinggi di wilayah Indocina. Dari puncak gunung ini anda dapat menikmatik pemandangan alam yang sangat indah. Bila anda malas untuk mendaki, ada fasilitas kereta gantung untuk mencapai puncak gunung ini.

4. Hutan Xeo Quyt

Hutan Xeo Quyt bisa menjadi tempat wisata di Vietnam berikutnya yang dapat Anda kunjungi. Hutan dengan luas kurang lebih sebesar 52 hektar ini terletak 35 Km di Tenggara kota Cao Lanh. Hutan ini dipenuhi oleh pepohonan Meleleuca. Di hutan yang hijau ini terdapat kanal. Para pengunjung bisa menggunakan kanal ini untuk menelusur dan menikmati pesona hutan Xeo Quyt menggunakan kano. Selain itu Anda juga bisa berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer menelusuri reruntuhan serta bunker-bunker yang digunakan oleh Vietcong selama perang Vietnam. Anda juga bisa memasuki beberapa bunker yang terdapat di sana.

5. Ban Gioc Detian

Ban Gioc Detian adalah salah satu tempat wisata di Vietnam yang tak boleh anda lewatkan. Air terjun terbesar di Asia Tenggara ini menyajikan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Air terjun ini terletak tepat di perbatasan Vietnam dan Cina, tepatnya di distrik Trung Khanh, Provinsi Cao Bang; sekitar 286 kilometer di sebelah Utara kota Hanoi. Di sini anda bisa menyewa rakit bambu untuk mendekat ke air terjun. Selain itu, di sana juga ada jalan yang bisa anda gunakan untuk menyaksikan keindahan air terjun ini dari dekat.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Vietnam

6. Pulau Phu Quoc

Tempat wisata di Vietnam selanjutnya adalah Pulau Phu Quoc. Pasir pantainya yang berwarna putih membuat pulau ini dijuluki sebagai "Pulau Mutiara". Pantai yang paling terkenal di pulau ini ialah Bai Dau. Saking indahnya pantai ini, ia masuk ke dalam daftar 5 pantai terindah di dunia. Di sini anda juga bisa menikmati keindahan terumbu karang serta hutan tropis yang menakjubkan dan belum terjamah. Pulau Phu Quoc juga masuk ke dalam daftar cagar biosfer UNESCO sejak tahun 2006. Selain alamnya yang indah, pulau ini juga terkenal sebagai pusat produksi saus ikan fermentasi yang disebut sebagai nuoc nam. Anda bisa mengunjungi pabrik untuk melihat proses produksi saus ini. Di samping itu, anda juga bisa mengunjungi desa nelayan tradisional dan menikmati kelezatan seafood segar di restoran terapung.

7. Ba Na Hills

Tempat wisata di Vietnam berikutnya ialah Ba Na Hills. Ba Na Hills terletak di Barat kota Da Nang, kurang lebih sekitar setengah jam perjalanan dari pusat kota. Mengutip dari situs web Forbes, daya tarik utama dari tempat ini adalah sebuah jembatan emas yang dibangun untuk pejalan kaki. Dari jembatan ini anda bisa menyaksikan indahnya pemandangan di sekitar Ba Na Hills. Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan di sana dengan menaikki kereta gantung. Di Ba Na Hills juga terdapat desa bergaya Perancis yang penuh dengan berbagai jenis restoran dengan berbagai macam harga.

8. Con Dao

Bila anda ingin menikmati pemandangan pantai dan laut yang indah, anda dapat mengunjungi Con Dao. Con Dao adalah kepulauan kecil di bagian selatan Vietnam. Tempat wisata di Vietnam ini menawarkan berbagai pengalaman yang tak terlupakan. Di sini anda bisa menikmati keindahan pantai yang bersih dan alami. Anda juga bisa snorkling dan menyelam untuk menikmati pemandangan bawah laut Con Dao yang indah. Anda juga bisa mengunjungi Bảy Cạnh, sebuah pulau di Con Dao yang menjadi tempat penetasan telur penyu. Di sini juga terdapat museum di mana anda dapat belajar sejarah salah satu penjara di Vietnam yang digunakan sebagai pusat penahanan untuk orang-orang Perancis dan Amerika.

9. Can Tho

Tempat wisata di Vietnam yang selanjutnya adalah Can Tho. Can Tho adalah salah satu kota yang terdapat di Delta Mekong. Kota ini adalah kota terbesar keempat di Vietnam. Di sini anda bisa menikmati suasana kota yang santai sambil menyantap sajian khas lokal yang lezat. Salah satu daya tarik yang paling terkenal di kota ini ialah pasar terapungnya. Selain bisa membeli buah-buahan, beberapa pedagang menjual kopi, snack, dan mie menggunakan perahu yang lebih kecil. Pasar terapung ini dimulai sejak pukul 5 pagi, akan tetapi waktu yang paling ramai adalah sekitar jam 6 pagi. Selain mengunjungi pasar terapung, anda juga bisa menyusuri kanal-kanal yang mengelilingi kota ini menggunakan perahu dayung.

10. Taman Nasional Phong Nha – Ke Bang

Tempat wisata di Vietnam yang berikutnya yang bisa kamu kunjungi ialah Taman Nasional Phong Nha – Ke Bang. Taman nasional ini adalah hutan kapur yang memiliki luas kurang lebih sebesar 857 kilometer persegi. Di taman nasional ini terdapat sebanyak 12 gunung yang memiliki tinggi lebih dari 1.000 meter dan lebih dari 300 gua dan gua bawah tanah. Salah satu gua yang paling terkenal di taman nasional ini adalah Gua Phong Nha. Untuk menikmati pemandangan indah gua ini, pengunjung bisa menggunakan perahu yang akan membawa anda 1,5 kilometer ke dalam gua ini.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Vietnam

11. Terowongan Cu Chi

Kalau Anda ingin mempelajari sejarah Vietnam, Anda dapat mengunjungi tempat wisata di Vietnam yang satu ini. Terowongan Cu Chi adalah jaringan terowongan yang dibangun oleh Vietcong pada masa Perang Vietnam. Terowongan ini terletak di distrik Cu Chi, di barat laut kota Ho Chi Minh, Vietnam. Jaringan terowongan ini memiliki panjang lebih dari 250 kilometer. Ada dua titik masuk yang bisa anda gunakan untuk mengunjungi terowongan ini. Pertama adalah Ben Dinh yang jaraknya 35 kilometer, dan yang kedua ialah Ben Duoc yang jaraknya 70 kilometer.

12. Kota Tua Hoi An

Tempat wisata di Vietnam yang berikutnya ialah Kota Tua Hoi An. Kota yang terletak di daerah Vietnam Tengah ini dahulunya merupakan kota pelabuhan yang menjadi pusat perdagangan pada kurun abad ke-15 hingga abad ke-19. Kota ini dulunya dipenuhi oleh para pedagang dari Tiongkok, Jepang, hingga Eropa; membuat kota ini memiliki arsitektur yang unik. Sembari menikmati pemandangan kota pelabuhan tua yang menarik, anda juga bisa menikmati berbagai sajian kuliner khas Vietnam yang lezat. Mengutip dari situs web Vietnam.Travel, tiga hidangan yang wajib anda cicipi di kota tua ini ialah Cao Lau, Hoanh Thanh, dan pangsit mawar putih.

13. Monumen Hue

Tempat wisata di Vietnam lainnya yang bisa aku kunjungi ialah Monumen Hue. Mengutip dari situs web UNESCO, monumen Hue adalah ibu kota Persatuan Viet Nam yang dibangun pada tahun 1802 oleh dinasti terakhir Vietnam, Dinasti Nguyen. Kota ini menjadi pusat politik, budaya, dan religi Vietnam hingga tahun 1945. Di sini anda dapat mengunjungi berbagai runtuhan seperti Forbidden Purple City, Kota Kekaisaran, Makam raja-raja, menara bendera, perpustakaan, museum, kuil, dan pagoda. Selain itu, anda juga bisa menikmati sajian khas kerajaan yang nikmat.

14. Jade Emperor Pagoda

Bila anda mengunjungi kota Ho Chi Minh, atau yang dulunya dikenal sebagai Saigon, anda bisa mengunjungi tempat wisata di Vietnam yang satu ini. Pagoda Jade Emperor adalah sebuah pagoda yang berusia lebih dari 100 tahun. Pagoda ini dibuat untuk menghormati Buddha dan Jade Emperor oleh seorang pebisnis asal Tionkok yang bernama Luu Minh pada abad ke-20. Di sini anda tidak hanya bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan ini saja, tetapi anda juga bisa belajar tentang ajaran Buddha dan Taoisme melalui patung-patung dan deskripsinya yang terdapat di sana.

15. National Museum of Vietnam History

Apa bila anda mau mempelajari sejarah Vietnam, tempat wisata di Vietnam yang satu ini cocok untuk anda kunjungi. Museum yang terletak di kota Hanoi ini didirikan pada tahun 2011. melalui keputusan Perdana Menteri Vietnam. Museum ini menyimpan dan merawat kurang lebih sebanyak 200.000 benda bersejarah yang terkat dengan sejarah kebudayaan Vietnam. Koleksi benda bersejarah ini berasal dari jaman pra-sejarah hingga tahun 1945. Museum ini juga menyimpan lebih dari 80.000 dokumen serta artefak yang terkait dengan revolusi Vietnam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.