Sukses

22 Objek Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi, Lengkap Dengan Harga Tiket

Liputan6.com, Jakarta Objek wisata di Jogja memang tidak pernah ada habisnya, mulai dari wisata alam baik darat maupun lautnya. Jogja juga turut melengkapi destinasi wisatanya dengan wisata kuliner dan wisata kekinian yang cocok untuk dikunjungi untuk wisatawan yang suka berfoto dengan latar belakang yang indah dan menarik.

Menjadi salah satu lokasi yang banyak dikunjungi wisatawan, objek wisata di Jogja selalu memberikan kejutan menarik setiap tahunnya dengan pilihan yang tidak terbatas. Untuk wisatawan yang berencana untuk menghabiskan liburan di Jogja dapat memilih berbagai jenis wisata dari mulai wisata budaya, kuliner, alam, religi dan masih banyak lagi.

Banyak nya pilihan objek wisata di Jogja membuat para wisatawan tidak akan pernah bosan untuk menjelajahi destinasi terbaru dengan harga tiket yang cukup terjangkau di kantong untuk semua kalangan.

Sebagai rekomendasi, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber daftar objek wisata di Jogja yang bisa dikunjungi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya di Jogja. Mulai dari wisata alam, budaya, religi, kuliner dan masih banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Objek Wisata di Jogja Terbaru

1. Pantai Wedi Ombo

Objek wisata di Jogja yang pertama adalah Pantai Wedi Ombo. Di Pantai Wedi Ombo Gunungkidul ini pengunjung bisa berendam dengan tenang di air asin sambil menyaksikan matahari terbenam yang memanjakan mata. Terletak di Balong, Girisubo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengunjung cukup hanya membayar Biaya parker sebesar Rp10.000 saja.

2. Pantai Sinden dan Pulau Kalong

Objek wisata di Jogja yang bertema pantai berikutnya adalah Pantai Sinden. Berbeda dengan pantai yang menyajikan sensasi pantai yang tenang, di pantai Sinden penjunjung akan merasakan wisata pantai yang ekstrim di mana pantai sinden merupakan pantai terjal yang diapit oleh tebing tinggi tepat di sebelah laut.

Pengunjung juga bisa menjelajahi Pulau Kalong dengan melintasi jembatan gantung yang tinggi dengan deburan ombak yang ganas di bawahnya. Terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pengunjung cukup membayar Rp6.000 untuk masuk ke area pantai dan Rp25.000 jika ingin menyebrang ke pulau kalong dengan Jembatan gantung.

3. Curug Pulosari

Tidak hanya pantai, objek wisata di Jogja dengan keindahan alamnya yang wajib wisatawan kunjungi berikutnya adalah Curug Pulosari. Tersembunyi jauh dari hiruk pikuk kota Yogyakarta, Curug Pulosari adalah air terjun tersembunyi yang menawarkan pesona perairan yang masih asri.

Terletak di dasar tebing atau tepatnya di daerah Krebet, Sendangsari, Pajangan, Sendangsari, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengunjung perlu melakukan sedikit trekking, yang meliputi hiking melalui hutan dan menyeberangi sungai kecil. Untuk biaya masuk nya terbilang sangat murah yaitu hanya Rp2.000 dan biaya parkir Rp5.000.

4. Air Terjun Kedung Kandang

Objek wisata di Jogja selanjutnya adalah Air Terjun Kedung Kandang. Air terjun ini terkenal dengan aliran airnya yang mengalir menuruni 6 tingkat sawah bertingkat yang hanya dapat dilihat selama musim hujan. Terletak di Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengunjung cukup membayar biaya masuk sebesar Rp8.000 dan biaya parkir sebesar Rp2.000.

5. Gua Jomblang

Objek wisata di Jogja bertema alam lainnya adalah Gua Jomblang. Gua ini terbentuk ribuan tahun yang lalu ketika sebidang tanah berukuran 300 meter jatuh ke dalam lubang pembuangan. Pada waktu yang tepat sinar matahari bersinar melalui celah, menerangi hutan di bawah, menciptakan pemandangan memesona yang memanjakan mata.

Terletak di Jl. Ireda No.65/139, Keparakan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gua jomblang menjadi salah satu objek wisata di Jogja yang menjadi favorit wisatawan luar negeri. Untuk masuk pengunjung dapat membayar tiket masuk sebesar Rp500.000.

3 dari 5 halaman

Objek Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

6. Cave Tubing Kalisuci

Salah satu objek wisata di Jogja juga menyediakan wisata petualangan di sungai bawah tanah, yaitu ada di Cave Tubing Kalisuci. Pengunjung akan menyusuri sungai, tubing dan body rafting, kemudian melewati gua dan arus sungai yang deras sambil dikelilingi oleh alam yang masih alami.

Terletak di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Pacarejo, Gunungkidul, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk dapat merasakan petualangan di sungai bawah tanah ini pengunjung cukup membayar biaya sebesar Rp70.000 atau paket berkelompok yang lebih hemat.

7. Pantai Timang

Objek wisata di Jogja berikutnya adalah pantai Timang. Pantai ini menjadi salah satu destinasi yang sudah dikenal banyak orang setelah ditampilkan di salah satu variety Korea Running Man. Pantai ini dikenal dengan dengan wahana kereta gantungnya yang ditarik menyebrangi laun di atas deburan ombak ganas.

Terletak di Jl. Pantai Sel. Jawa, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Biaya Masuk yang dikenakan cukup murah yaitu hanya Rp10.000 dan untuk anda yang ingin mencoba kereta gantungnya cukup membayar Rp200.000.

8. Pasar Beringharjo

Objek wisata di Jogja juga mencangkup wisata belanja yaitu Pasar Beringharjo yang mana pengunjung dapat menemukan beragam oleh-oleh untuk teman dan kerabat dengan harga yang luar biasa murah mulai dari Rp5.000 hingga Rp80.000 (Sekitar USD$5) untuk tas buatan tangan.

Terletak di Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengunjung dapat masuk dengan gratis dan hanya membayar barang yang dibelinya saja.

9. Malioboro Street

Objek wisata di Jogja untuk wisatawan yang suka belanja berikutnya adalah Malioboro Street. Di sepanjang jalan Malioboro terdapat banyak toko yang menjual berbagai macam barang mulai dari kemeja batik hingga aksesoris dan oleh-oleh khas Jogja, harga barang-barang yang dijual pun beragam.

Terletak di Jl. Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengunjung bisa mengakses jalan Malioboro dengan gratis dan bebas berbelanja.

10. Gunung Api Purba Nglanggeran

Objek wisata di Jogja juga terkenal dengan gunungnya, salah satunya adalah gunung api purba Nglanggeran. Pernah menjadi gunung berapi aktif sekitar 60 juta tahun yang lalu, Gunung Api Purba Nglanggeran adalah salah satu gunung berapi tertua di wilayah Jawa Tengah.

Saat Anda berdiri di puncak, pemandangan fenomenal pegunungan karst dan tanaman hijau yang rimbun. Terletak di Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk masuk anda cukup membayar Rp15.000 dan biaya parkir Rp2.000.

4 dari 5 halaman

Objek Wisata di Jogja Hidden Gem

11. Bukit Klangon, Merapi

Gunung Merapi merupakan salah satu objek wisata di Jogja paling ikonik yang harus dikunjungi wisatawan. Di dalam area gunung Merapi terdapat bukit klangon yang juga dikenal sebagai bukit dingin yang tidak hanya menawarkan kedamaian dan ketenangan bagi jiwa yang penat, tetapi juga panorama alam yang masih alami.

Terletak di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengunjung bisa masuk dengan gratis ke area bukit klangon dan cukup membayar uang parkir sebesar Rp5.000.

13. HeHa Sky View

Objek wisata di jogja berikutnya adalah HeHa Sky View yang terletak di Jl. Dlingo-Patuk No.02, RT.001/RW.001 Patuk. Di sini pengunjung dapat menyaksikan indahnya pemandangan matahari terbenam, selain itu juga terdapat begitu banyak spot foto yang bisa digunakan untuk pengunjung berfoto bersama teman atau keluarga.

Disini juga tersedia banyak cafe untuk pengunjung yang ingin menikmati beragam kuliner kekinian dengan harga yang bervariasi. Untuk biaya masuk pengunjung cukup membayar Rp10.000 untuk weekday dan Rp15.000 untuk weekend.

14. Waroeng Kopi Klotok

Wisata kuliner di Jogja berikutnya ada Waroeng Kopi Klotok yang berada di Jalan Kaliurang KM.16, Pakembinangun, Pakem, Area Sawah, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sini pengunjung bisa makan dengan konsep prasmanan sambil menikmati pemandangan sawah dan gunung Merapi yang memanjakan mata.

Menu yang harus dicoba di Waroeng Kopi Klotok adalah pisang gorengnya yang memiliki rasa yang disukai oleh hampir semua pengunjung. Pengunjung bisa berkunjung di Waroeng Kopi Klotok dengan cukup membeli makanan saja.

15. Museum Ullen Sentalu

Objek wisata di Jogja berikutnya yang mengusung tema wisata edukasi adalah Museum Ullen Sentalu, museum ini dinobatkan sebagai museum terbaik di Indonesia oleh National Geographic. Museum Ullen Sentalu memamerkan koleksi pribadi yang menggambarkan sejarah dari era Kerajaan Mataram, yang merupakan salah satu kerajaan paling kuat di Indonesia dari abad ke-8 daan merupakan kerajaan yang membangun Borobudur dan sebagian besar candi di Yogyakarta.

Terletak di Jl. Boyong Km 25, Kaliurang Barat, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk masuk pengunjung cukup membayar Rp40.000/orang.

16. History of Java Museum

Museum berikutnya yang jadi objek wisata di Jogja adalah History of Java Museum. History of Java Museum menggunakan teknologi AR dan pemetaan video yang menarik untuk dilihat dan tidak akan membuat anda bosan selama tour. Terletak di Jalan Parangtritis Km 5.5, Tarudan Bangunharjo Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pengunjung cukup membayar Rp50.000/orang.

5 dari 5 halaman

Objek Wisata di Jogja Dan Harga Tiketnya

17. Taman Sari

Objek wisata di Jogja juga sangat terkenal dengan bangunan-bangunannya yang indah, salah satunya adalah Taman Sari. Taman Sari merupakan taman yang dibangun oleh Portugis selama tinggal di Jawa sebagai hadiah untuk istri Sultan Hamengku Buwono I.

Terletak di Wisata Taman Sari Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk dapat menikmati keindahan bangunan dan berfoto di Taman Sari, pengunjung cukup membayar Rp5.000 untuk tiket masuknya.

18. Istana Ratu Boko

Objek wisata di jogja lainnya yang bisa dikunjungi adalah Istana Ratu Boko. Disini pengunjung akan melewati air terjun yang menyegarkan dan ornamen ukiran batu lainnya yang menghiasi Istana Raja Boko. Terletak di dataran tinggi tepat di pinggiran kota, pengunjung dapat menikmati pemandangan dari balkon yang menghadap ke cakrawala Yogyakarta, termasuk candi Prambanan di dekatnya.

Terletak di Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengunjung cukup membayar Rp40.000/orang untuk tiket masuknya.

19. Taman Bunga Amarilis

Jogja juga memiliki taman bunga yang indah sebagai salah satu objek wisata di jogja yang bisa dikunjungi. Taman Bunga Amarilis merupakan taman bunga yang ada selama bulan November hingga Desember. Mekar penuh selama 1-2 bulan, pengunjung bisa melihat lautan bunga berwarna merah dan oranye. Terletak di Ngasemayu, Salam, Patuk, Gunung Kidul Regency, Special Region of, pengunjung cukup membayar Rp10.000 untuk tiket masuknya.

20. Candi Prambanan

Candi prambanan menjadi objek wisata di Jogja berikutnya yang wajib anda kunjungi. Kuil Hindu abad ke-9 ini dibangun dan didedikasikan untuk 3 dewa Hindu, Brahma (Pencipta), Wisnu (Pemelihara) dan Siwa (Penghancur). Terletak di Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengunjung dapat masuk ke area candi prambanan dengan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp50.000/orang.

21. Obelix Hills

Objek wisata di Jogja yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Obelix Hills yang terletak di Jl. Piyungan, Prambanan, DI Yogyakarta. Disini pengunjung dapat menikmati pemandangan sunset yang memukau dan mencoba 30 spot foto menarik ayunan setinggi 12 meter di pinggir tebing, Eagle Nest, Casa Mexicana dan masih banyak lagi. Untuk biaya masuk ke destinasi ini juga  terbilang murah hanya Rp15.000 untuk weekdays dan Rp20.000 untuk weekend.

22. Joglo Pari Sewu

Objek wisata di Jogja selanjutnya adalah Joglo Pari Sewu yang terletak di Bromonilan, RT. 008 / RW. 003, Purwomartani, Kalasan, Sleman, DI Yogyakarta. Joglo Pari Sewu adalah cafe yang menyediakan berbagai macam tema yang bisa dinikmati oleh pengunjung seperti rumah boneka lucu, kemudian ada cottage dengan suasana tradisional, atau bersantai di area seperti rumah pohon dengan pemandangan alam. Di sini pengunjung cukup membayar makanan yang dipesan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS