Sukses

Gambar Imajinatif adalah Gambar yang Bersifat Khayal, Pahami Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta Gambar imajinatif adalah salah satu jenis gambar yang perlu kamu pahami. Pasalnya, gambar imajinatif ini merupakan salah satu jenis gambar yang sering dibuat. Hal ini berkaitan dengan imajinasi penggambar atau pelukis sendiri.

Gambar imajinatif termasuk ke dalam salah satu jenis gambar yang perlu dikenali dalam seni rupa. Kamu bisa membuat gambar imajinatif ini dengan berbagai alat, seperti pensil warna, cat air, krayon, dan alat gambar lainnya.

Gambar imajinatif adalah gambar yang dibuat dengan imajinasi. Hal ini tentunya sudah terlihat dari namanya bahwa gambar imajinatif merupakan gambar yang berasal dari khayalan atau pikiran penggambarnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/7/2022) tentang gambar imajinatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Mengenal Gambar

Sebelum mengenal gambar imajinatif adalah jenis gambar yang menggunakan imajinasi, kamu perlu memahami apa itu gambar terlebih dahulu. Melansir sumber.belajar.kemdikbud.go.id, secara umum pengertian menggambar adalah kegiatan menorehkan pensil ataupun pewarna di atas media kertas. Menggambar adalah kegiatan-kegiatan membentuk imaji, dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat dengan membuat tanda-tanda tertentu di atas permukaan media dengan mengolah goresan dari alat gambar.

Gambar adalah karya seni rupa dua dimensi yang berfungsi untuk untuk menerangkan ataupun menjelaskan sesuatu. Alam semesta merupakan sumber inspirasi objek yang tidak akan habis untuk digambar. Objek di alam itu bisa meliputi, flora, fauna, dan alam benda. Keindahan flora, fauna, dan alam benda menjadi sumber inspirasi dan eksplorasi tersendiri dalam menggambar. Menggambar flora, fauna, atau alam benda memiliki teknik dan cara masing-masing. Tidak semua bentuk dapat dibuat dengan teknik dan konsep yang sama. Gambar imajinatif adalah salah satu jenis gambar yang perlu kamu pahami.

3 dari 5 halaman

Gambar Imajinatif adalah

Gambar imajinatif adalah gambar yang mempunyai atau menggunakan imajinasi. Dengan kata lain, gambar imajinatif adalah gambar yang bersifat khayal. Gambar imajinatif adalah gambar yang mencerminkan apa sedang dirasakn atau dipikirkan oleh penggambar. Gambar imajinatif yang dibuat seseorang tentunya akan berbeda dengan gambar imajinatif orang lain. Gambar imajinatif adalah gambar yang biasanya berfungsi untuk penghias.

4 dari 5 halaman

Alat dan Bahan dalam Menggambar

Gambar imajinatif adalah gambar yang tentunya memerlukan alat dan bahan dalam pembuatannya. Menggambar membutuhkan alat dan bahan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Masih mengutip sumber.belajar.kemdikbud.go.id, beberapa alat dan bahan yang digunakan dalam menggambar di antaranya adalah sebagai berikut:

Alat untuk Menggambar

Alat merupakan segala sesuatu yang dipergunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Dalam menggambar alat yang dibutuhkan di antaranya adalah pensil, pensil warna, hingga penghapus.

- Pensil, pensil dibedakan menjadi dua jenis yaitu pensil dengan tanda “H” dan “B”. Pensil dengan tanda “H” memiliki sifat keras dan cocok untuk membuat garis tipis, sedangkan pensil dengan tanda”B” memiliki sifat lunak dan cocok untuk membuat garis tebal. Pensil merupakan alat utama yang digunakan dalam menggambar.

- Pensil Warna, pensil warna memiliki variasi yang banyak, dan dapat menghasilkan warna yang lembut. Kamu dapat menggunakan pensil warna untuk mewarnai objek gambar dengan cara gradasi, yaitu pemberian warna dari warna terang menuju warna gelap, atau sebaliknya. Penggunaan pensil warna dapat dilakukan dengan cara mengarsir atau memblok warna.

- Penghapus, penghapus digunakan untuk menghapus atau menghilangkan bagian-bagian yang tidak digunakan dalam gambar. Penghapus adalah alat kedua yang dibutuhkan dalam menggambar. Jika terjadi kesalahan dalam menggambar, kita dapat menggunakan penghapus untuk menghilangkan sketsa atau goresan yang tidak dibutuhkan.

Bahan untuk Menggambar

Bahan adalah suatu benda yang harus ada dalam pembuatan karya gambar. Biasanya bahan yang utama dalam menggambar adalah kertas gambar atau buku gambar. Kertas atau buku gambar, merupakan bahan utama yang digunakan dalam membubuhkan dan menorehkan pensil ataupun pewarna yang akan dibuat.

5 dari 5 halaman

Komposisi Gambar

Gambar imajinatif adalah tentu juga perlu memperhatikan komposisi. Komposisi adalah tata susunan yang menyangkut keseimbangan, kesatuan, irama, dan keselarasan dalam suatu karya seni rupa. Gambar bentuk yang baik harus memperhatikan komposisi sehingga gambar yang dibuat dapat menghasilkan kesan yang seimbang, menyatu, berirama, dan selaras. Komposisi gambar terdiri dari:

- Keseimbangan (Balance). Keseimbangan adalah penggambaran objek benda yang memberikan adanya kesan keseimbangan antar bagian-bagiannya. Berkat adanya keseimbangan sebuah gambar menjadi tidak terkesan berat di salah satu sisi dan ringan di sisi yang lain. 

- Kesatuan (Unity). Kesatuan adalah suatu penggambaran objek yang memberikan kesan adanya kesatuan unsur-unsur yang terpadu. Kesatuan artinya keterpaduan dari bagian-bagian gambar, tidak terkesan terbelah atau terpisah. 

- Irama (Rhythm). Irama adalah suatu penggambaran objek yang memberikan kesan pergerakan dengan alur yang teratur. Gambar yang terkesan ritmisnya akan terasa enak dipandang mata, lain dengan gambar yang acak-acakan dan tidak jelas pengaturan objeknya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS