Sukses

Ide Pokok Paragraf Adalah Inti Pembahasan, Ciri, Contoh, dan Cara Menemukan

Ide pokok paragraf adalah gagasan utama, pikiran utama, atau kalimat utama.

Liputan6.com, Jakarta - Apa itu ide pokok paragraf? Memahami ide pokok paragraf adalah inti pembahasan dalam sebuah bacaan di setiap paragrafnya. Ide pokok paragraf adalah memiliki sebutan lain gagasan utama, pikiran utama, atau kalimat utama.

Dalam jurnal berjudul Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf melalui Pembelajaran One to One Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bastem oleh Rapita, ide pokok paragraf adalah ide yang mendasari susunan sebuah paragraf dalam bacaan.

Keberadaan ide pokok paragraf adalah sangat penting bagi penulis mengembangkan sebuah kalimat dalam paragraf. Kemudian keberadaan ide pokok paragraf adalah sangat penting bagi pembaca untuk memahami inti dari bacaan dalam paragraf.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang ide pokok paragraf, ciri-ciri, contoh, dan cara menemukannya, Rabu (13/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ide Pokok Paragraf adalah Inti Pembahasan dalam Bacaan

Memahami ide pokok paragraf adalah ide atau pembahasan yang paling penting dalam sebuah paragraf. Selain itu, ide pokok paragraf adalah inti yang bisa menjelaskan seluruh pembahasan dalam sebuah paragraf. Apabila disederhanakan, ide pokok paragraf adalah gagasan pokok yang berperan menjadi pengembang paragraf.

Dalam jurnal berjudul Kemampuan Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Palu menentukan Ide Pokok dalam Paragraf oleh Herawati, dkk, ide pokok paragraf adalah dikenal pula dengan istilah pikiran utama, gagasan utama, atau kalimat utama.

Ide pokok paragraf adalah bisa ditemukan apabila keseluruhan paragraf sudah dibaca. Meski umumnya ide pokok paragraf adalah berada di kalimat utama, tetapi tidak semua penulis mengembangkan paragraf demikian. Penulis bisa menempatkan ide pokok paragraf di tengah, awal, dan akhir atau awal dan akhir sesuai jenis paragraf.

Dalam e-modul berjudul Indahnya Kebersamaan Bahasa Indonesia yang dipublikasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ide pokok paragraf adalah ide dalam suatu bacaan pada kalimat utama. Lalu ditegaskan dalam buku berjudul Bahasa Indonesia oleh E Kosasih, ide pokok paragraf adalah ditemukan ketika teks dibaca secara keseluruhan.

“Ide pokok paragraf adalah tidak selalu ditempatkan di awal paragraf (deduktif), melainkan bisa di tengah, akhir (induktif), dan bahkan merangkap di awal serta akhir paragraf (campuran),” dijelaskan.

Peranan penting dari ide pokok paragraf adalah ini fondasi utama pembuatan paragraf untuk menjadi sebuah bacaan yang berkualitas. Peranan atau fungsi ide pokok paragraf adalah juga memudahkan pembaca memahami masalah yang dibahas penulis dalam sebuah paragraf bacaan.

Hal ini dijelaskan dalam jurnal berjudul Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf melalui Pembelajaran One to One Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bastem oleh Rapita, ide pokok paragraf adalah ide yang mendasari susunan sebuah paragraf dalam bacaan.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri dan Contoh Ide Pokok Paragraf

Apabila sudah memahami ide pokok paragraf adalah inti pembahasan dalam sebuah bacaan, selanjutnya pahami ciri-ciri ide pokok paragraf agar mudah menemukan, menentukan, dan membuatnya.

Dalam jurnal berjudul Kemampuan Menentukan Ide Pokok dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara (2018) oleh Marchella Praserda Kartika, ciri-ciri ide pokok paragraf adalah sebagai berikut:

1. Keberadaan Ide Pokok Paragraf Tidak Boleh Berbelit-Belit

Ciri-ciri ide pokok paragraf adalah pasti keberadaannya tidak sulit ditemukan atau tidak berbelit-belit. Itu artinya makna ide pokok paragraf adalah tidak boleh terlalu sempit atau terlalu luas, supaya pembaca dapat dengan mudah menangkap serta memahaminya.

2. Ide pokok Harus Dinyatakan Secara Jelas

Ciri-ciri ide pokok paragraf adalah pasti dinyatakan secara jelas. Itu artinya makna ide pokok paragraf adalah digambarkan secara jelas oleh penulisnya, baik dari segi letaknya atau inti yang ingin disampaikan.

3. Sifatnya Umum, Bukan Pembahasan Khusus

Ciri-ciri ide pokok paragraf adalah pasti bersifat umum dan bukan khusus. Itu artinya ide pokok paragraf adalah mengandung suatu hal yang umum. Dari hal umum ini bisa dijabarkan secara lebih spesifik di kalimat berikutnya.

4. Pasti Mempunyai Kalimat Pendukung

Ciri-ciri ide pokok paragraf adalah pasti mempunyai kalimat pendukung. Itu artinya ide pokok paragraf adalah harus mempunyai kalimat pendukung atau ide penjelas. Kalimat ini digunakan untuk memperjelas ide pokok.

Apabila sudah memahami ciri-ciri ide pokok paragraf, simak contohnya. Ini contoh ide pokok dalam sebuah paragraf, melansir modul berjudul Cara Menentukan Ide Pokok dalam Paragraf Bahasa Indonesia Kelas 12 yang dipublikasikan Ruang Guru.

Contoh Ide Pokok Paragraf 1:

Orang yang akan pensiun tidak perlu stres. Pensiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji. Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memiliki beban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai. Kalau waktu luang itu bisa dioptimalkan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif, tentu orang tidak akan terkena stres.

Pada paragraf di atas, ide pokok paragraf adalah pada kalimat pertama, yaitu “Tidak perlu stres saat menghadapi pensiun.”

Mengapa demikian? Apabila dianalisis pada kalimat-kalimat lain, fungsi mereka hanya sebagai penjelas dari kalimat utama (kalimat pertama).

Misalnya, pada kalimat “dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memiliki beban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai.” Kalimat ini mengacu kepada kalimat utama. Tugas dari kalimat ini adalah memberikan “alasan” dari “mengapa orang yang pensiun tidak perlu stres.”

Contoh Ide Pokok Paragraf 2:

Bencana banjir lumpur akibat jebolnya tanggul Situ Gintung di Tangerang Selatan menimbulkan berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit yang akan timbul sesudah bencana adalah diare, tifus, leptospirosis dan demam berdarah. Masalah kesehatan pada korban dan masyarkat di sekitar lokasi lokasi bencana harus segera diantisipasi. Beberapa penyakit itu muncul karena lingkungan kotor dan sumber air bersih yang tercemar lumpur.

Pada paragraf ini, ide pokok paragraf adalah “Bencana banjir menimbulkan berbagai penyakit.”

Mengapa demikian? Alasannya karena pada kalimat lain dalam paragraf ini hanya “menjelaskan” penyakit-penyakitnya. Pada kalimat dua, misalnya. Kalimat tersebut berisi contoh dari penyakit yang ditimbulkan. Di sisi lain, kalimat terakhir menjelaskan penyebab dari munculnya penyakit tersebut.

4 dari 4 halaman

Cara Menemukan Ide Pokok Paragraf dan Penjelasannya

Cara menemukan ide pokok paragraf adalah sama dengan cara menemukan gagasan utama atau gagasan pokok. Ide pokok paragraf adalah ada pada kalimat utama, pahami kalimat utama tidak selalu berada di awal kalimat. Keduanya berbeda.

Dalam buku berjudul Master Bahasa Indonesia oleh Ainia Prihatini, begini cara menemukan ide pokok paragraf:

1. Cara menemukan ide pokok paragraf adalah pahami dari jenis paragrafnya.

- Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif merupakan jenis paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf. Paragraf ini dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topik kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas.

- Paragraf Induktif

Paragraf Induktif merupakan kebalikan dari paragraf deduktif. Jenis paragraf ini memiliki kalimat utama di akhir paragraf. Paragraf induktif dimulai dengan mengemukakan penjelasan-penjelasan kemudian diakhiri dengan kalimat topik. Paragraf induktif dapat dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu generalisasi, analogi, dan kausalitas.

- Paragraf Campuran

Paragraf campuran merupakan jenis paragraf yang memiliki kalimat utama di awal dan akhir paragraf. Jenis paragraf ini dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok diikuti kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri dengan kalimat utama lagi sebagai penjelas.

2. Cara menemukan ide pokok paragraf adalah pahami perbedaan kalimat utama dan penjelas.

3. Cara menemukan ide pokok paragraf adalah mulai menemukan kalimat utama yang berisi gagasan pokok.

4. Cara menemukan ide pokok paragraf adalah umumnya kalimat utama bisa berada di awal atau akhir sebuah paragraf.

5. Cara menemukan ide pokok paragraf adalah memahami ciri kalimat utama berbentuk pernyataan umum dan diperinci kalimat yang lain.

6. Cara menemukan ide pokok paragraf adalah pada kalimat utamanya tidak memiliki kata acuan, contohnya (tersebut), (itu), atau (-nya).

7. Cara menemukan ide pokok paragraf adalah pada kalimat utama biasa memasukkan kata kunci.

Misalnya: yang terpenting, adalah, merupakan,sebagai, dengan, kesimpulannya, pada prinsipnya, jadi, dengan demikian, intinya, dan sebagainya

8. Cara menemukan ide pokok paragraf adalah kata kunci yang ada di kalimat penjelas misalnya: akibatnya, sebagai contoh, selain itu, hal itu, artinya, dan lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.