Sukses

27 Tempat Wisata Puncak Bogor Paling Populer, Destinasinya Bervariasi

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Puncak, Bogor memang menarik banyak wisatawan baik tua maupun muda. Selain menawarkan hawa yang dingin dan sejuk, kawasan Puncak juga terkenal dengan alamnya yang memukau yang dilengkapi dengan titik-titik kuliner yang menyenangkan.

Wisata Puncak terkenal dengan berbagai inovasi tempat wisatanya yang kreatif dan beragam, tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk berwisata ke Puncak Bogor, sebagai tempat yang tepat menghilangkan rasa penat.

Wisata Puncak menawarkan beragam destinasi, mulai dari flora, fauna, aneka wahana air, dan penginapan. Apabila anda bingung ingin mengunjungi tempat yang mana dulu, bisa melihat beberapa rekomendasi tempat wisata Puncak ini.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata Puncak Bogor paling populer yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/7/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 10 halaman

Tempat Wisata Puncak Paling Populer

1. Leuwi Lieuk

Tempat Wisata Puncak yang tergolong masih baru ini tak kalah dari Green Canyon Pangandaran dan Angel's Billabong-nya Bali. Tempat wisata Puncak Bogor yang murah ini berlokasi di Kampung Wangun Cileungsi, Karang Tengah. Untuk mencapai Leuwi Lieuk Anda harus berenang dari Leuwi Cepet, kemudian trekking sekitar 5 menit. Sedikit ribet memang, tetapi pemandangan sungai hijau pirus yang menanti sepadan dengan usahanya, kok.

2. Telaga Warna

Telaga Warna menawarkan keindahan telaga yang sejuk dan asri. Telaga ini dapat berubah warna dengan sendirinya setiap saat. Warna tempat wisata Puncak Bogor yang murah ini kadang hijau menyatu dengan warna pepohonan yang mengelilinginya, bahkan menjadi cokelat, kuning gelap hingga kuning terang.

Secara ilmiah, perubahan warna itu disebabkan oleh ganggang di telaga. Tumbuhan jenis algae ini bisa berubah-ubah warnanya sehingga air danau pun turut terlihat berubah warna. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat berbagai jenis flora asli hutan tropika pegunungan, seperti paku tiang, rame, dan rotan. Pengunjung juga bisa menemui beraneka jenis satwa yang hidup di dalam kawasan cagar alam seluas 268,25 hektare.

3. Taman Safari Indonesia

Taman Safari memiliki sekitar 2500 koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia termasuk satwa langka seperti harimau benggala, jerapah, singa, orang utan, gajah, anoa, komodo dan lain sebagainya.

Taman Safari merupakan tempat wisata puncak Bogor yang menjadi kebanggaan Indonesia. Taman Safari berlokasi di Jl. Raya Puncak No. 601, Cibeureum, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Taman Safari ini bahkan sudah berstandar Internasional. Di sini pengunjung bisa berkeliling menggunakan mobil pribadi atau bus yang sudah disediakan pengelola Taman Safari. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan semua jenis binatang dengan memberi makan hewan-hewan tersebut.

3 dari 10 halaman

Tempat Wisata Puncak Paling Populer

4. Gunung Mas

Destinasi wisata Puncak Bogor dengan pemandangan yang indah datang dari hamparan perkebunan teh. Selain kebun teh, ada juga penginapan di dalamnya. Pengunjung juga bisa menemukan area perkemahan, gantole, dan berkuda di dalam kawasan tempat wisata Puncak Bogor yang murah ini. Agrowisata Gunung Mas ini berada di antara Masjid At-Ta’awun dan Taman Safari Indonesia. Di sini pengunjung akan diajak berkeliling kebun teh dan melihat proses pemetika daun teh.

5. Gunung Pancar

Bagi yang ingin merasakan piknik di tengah alam, tak ada salahnya mengunjungi hutan pinus di kawasan Taman Wisata Gunung Pancar. Tempat wisata Puncak Bogor ini tepatnya di Sentul, Bogor berupa merupakan bumi perkemahan di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Selain untuk berkemah, pemandangannya yang cantik juga sering diburu untuk selfie kekinian atau foto pre-wedding. Untuk retribusinya cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 pada hari biasa dan Rp. 7.500 pada hari minggu dan sabtu.

6. Tirta Sanita Ciseeng

Tempat wisata Puncak Bogor, daerah Parung ini menawarkan sensasi berendam air panas di infinity pool alami. Air di tempat wisata Puncak Bogor ini mengandung belerang dan garam baik untuk kesehatan serta kecantikan kulit. Di Tirta Sanita juga tersedia kolam rendam privat dan berbagai jenis terapi. Terapi lintah dan fish pedicure pun ada. Untuk anak-anak ada area outbond dan permainan seperti becak mini dan perahu.

4 dari 10 halaman

Tempat Wisata Puncak Paling Populer

7. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan tempat wisata Puncak Bogor berupa taman indah tematik pertama di Indonesia. Ada lebih dari 2.000 spesies anggrek yang dibudidaya di taman ini. Di destinasi wisata Puncak Bogor ini ada taman-taman dengan tema tertentu.

Taman Mediterania yang memiliki koleksi kaktus dan tanaman yang bisa tumbuh di hamparan pasir putih. Selain itu, ada juga Taman Bali yang bernuansa seperti di Bali, Taman Mawar dengan bunga mawar berbagai warna, Taman Air dengan berbagai jenis bunga teratai, Taman Jepang, Taman Prancis, serta Taman Labirin yang bisa anda jelajahi.

8. Curug Cibeureum

Jika ingin menikmati kesegaran alam yang asri khas Puncak Bogor, anda bisa mengunjungi Curug Cibeureum. Curug berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti sungai. Sedangkan Curug Cibeureum jika diartikan memiliki makna air terjun sungai merah.

Di tempat wisata Puncak Bogor ini bisa membuat pengunjung menikmati kesejukan air terjun dengan pemandangan alam yang sejuk dan memesona. Curug Cibeureum ini terletak di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter, cukup besar dan tinggi sehingga sangat menarik untuk dinikmati.

Untuk bisa menikmati air terjun ini, anda perlu berjalan kaki terlebih dahulu sepanjang 3 kilometer. Tak perlu merasa lelah, karena di sepanjang perjalanan anda akan banyak menemukan tempat peristirahatan.

9. Little Venice Kota Bunga

Tak perlu jauh-jauh ke Italia untuk merasakan suasana Venice, di tempat wisata Puncak Bogor anda sudah dapat merasakannya. Wisata Puncak Bogor ini memang dibuat menyerupai Kota Venesia mini. Little Venice memiliki bangunan-bangunan khas Eropa lengkap dengan aliran sungai, jembatan, dan gondola ala Venice, Italia. Little Vennice berlokasi di Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tarif masuk Rp 12 ribu.

5 dari 10 halaman

Tempat Wisata Puncak Paling Populer

10. Wisata Citamiang Cisarua

Wisata Citamiang Cisarua merupakan lokasi perkemahan di Puncak Bogor. Kawasan tempat wisata Puncak Bogor ini tidak asing lagi bagi para wisatawan dan sudah terkenal dengan keindahan alamnya serta suasana yang sejuk. Di sini anda akan disuguhkan pemandangan hutan pinus dan perkebunan teh yang hijau dengan lebih dekat.

11. Taman Riung Gunung

Taman Riung Gunung berada di kawasan wisata Puncak Bogor. Di tempat wisata Puncak Bogor ini terdapat perkebunan teh yang begitu memanjakan mata. Nama riung dalam bahasa Sunda adalah berkeliling dan berkumpul. Riung Gunung bisa diartikan berbarti gunung-gunung yang berkumpul atau saling berhadapan.

12. Kebun Raya Bogor

Berwisata ke Bogor tak lengkap jika tak mengunjung Kebun Raya Bogor. Memiliki luas 87 hektar dengan 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan, Kebun Raya Bogor menjadi destinasi favorit para wisatawan. Tempat wisata Puncak Bogor ini sudah ada sejak pemerintahan Sri Baduga Maharaja dari Kerajaan Sunda.

Untuk masuk ke Kebun Raya Bogor, pengunjung hanya perlu membayar Rp 15.000. Salah satu daya tarik utama Kebun Raya Bogor adalah bunga bangkai yang merupakan bunga majemuk terbesar di dunia. Selain melihat koleksi bunga lokal dan berbagai negara, di sini pengunjung juga bisa mengunjungi pusat-pusat keilmuan seperti Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi, dan Perpustakaan.

6 dari 10 halaman

Tempat Wisata Puncak Paling Populer

13. Kebun Wisata Inkarla Cipanas

Kebun Wisata Inkarla Cipanas berada di Jalan Singabarong, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Tempat wisata Puncak Bogor satu ini menawarkan pemandangan pegunungan serta kenyamanan pondok penginapan disertai dengan berbagai jenis tanaman hias dan bunga potong. Di sini terdapat berbagai jenis tanaman dengan bunga-bunga yang bermekaran indah

14. Warso Farm Puncak Bogor

Warso Farm Puncak Bogor merupakan tempat wisata Puncak Bogor berupa kawasan pertanian lokal dengan tur edukasi. Kawasan ini dikenal dengan perkebunan durian dan buah naganya. Warso Farm Puncak Bogor bahkan menawarkan wisata petik durian sendiri.

15. Istana Bogor

Mengunjung Kebun Raya Bogor akan terasa kurang jika tak mampir melihat Istana Bogor. Istana kepresidenan ini menjadi salah satu ikon kebanggaan masyarakat kota Bogor. Kini Istana Bogor digunakan sebagai tempat kediaman Presiden Joko Widodo sekaligus digunakan untuk menyambut tamu dari negara lain.

Istana ini dikenal unik dengan kehadiran rusa-rusa yang dipelihara di halaman istana. Pada waktu dan kesempatan tertentu, masyarakat umum bisa masuk mengunjungi istana ini. Selain menyaksikan kemegahan bangunan istana, pengunjung juga bisa menikmati keasrian taman dan memberi makan rusa yang dipelihara di sana.

7 dari 10 halaman

Tempat Wisata Puncak Paling Populer

16. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas berada di Sindanglaya, Cipanas, Cianjur. Wisata Puncak Bogor ini terkenal dengan pohon sakuranya yang jadi daya tarik tersendiri. Bunga yang identik dengan warna pink ini sudah ditanam sejak 1971 guna memperkaya taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas.

Kurang lebih ada 435 pohon bunga Sakura yang dapat anda temukan di tempat wisata Puncak Bogor ini. Lokasinya dikelilingi oleh panorama Gunung Gede-Pangrango. Bunga sakura bisa dinikmati pada sekitar Januari-Februari dan Juli-Agustus.

17. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Penangkaran Rusa Cariu Bogor bisa jadi tujuan menarik di tempat wisata Puncak Bogor. Di sini pengunjung tidak hanya bisa melihat puluhan rusa tetapi juga bisa berinteraksi langsung. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu​ adalah taman penangkaran hewan rusa yang dikelola oleh Perhutani.

18. Curug Panjang

Curug Panjang terletak di Desa Citamiang, Kecamatan Megamendung, Bogor. Tempat wisata Puncak Bogor ini cukup unik karena memiliki bentuk air terjun yang memanjang seperti seluncuran. Suasana di curug ini sangat sejuk dan asri karena berada di lereng Gunung Paseban.

8 dari 10 halaman

Tempat Wisata Puncak Paling Populer

19. Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu merupakan sebuah gunung yang terdapat di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Tempat wisata Puncak Bogor ini termasuk gunung kecil yang jadi spot favorit untuk mendaki. Gunung Batu memiliki puncak yang memberikan pemandangan alam yang indah.

20. Curug Hordeng

Curug ini dinamai Curug Hordeng karena aliran air terjunnya mengalir bak sebuah tirai yang menjuntai. Dalam bahasa Sunda berarti tirai penutup jendela. Keistimewaannya tempat wisata Puncak Bogor ini terdapat kolam yang dapat digunakan untuk berenang di bawahnya. Kolamnya pun lebih luas dengan kedalaman antara 2 hingga 2.5 meter.

21. Bukit Alesano

Bukit Bintangnya Bogor ini tawarkan sensasi berkemah di ketinggian bukit, dikelilingi pemandangan kota Bogor yang tampak seperti taburan bintang di malam hari. Sunrise dan pemandangan Gunung Salak-Gede Pangrango yang terlihat dari puncak Alesano ini juga cantik. Tempat wisata Puncak Bogor yang murah masih tergolong baru, jadi masih belum dikelola secara resmi.

9 dari 10 halaman

Tempat Wisata Puncak Paling Populer

22. Curug Cibaliung

Tempat wisata Puncak Bogor yang lainnya adalah Curug Cibaliung, Inilah Curug Cibaliung yang berair biru jernih dan sejuk. Belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan tempat wisata Puncak Bogor ini. Tarif masuknya sendiri dibandrol dengan harga Rp10.000,00

23. Telaga Biru Cipanas

Telaga Biru Cipanas berlokasi di Sindangjaya, Cipanas, Cianjur. Wisata Puncak satu ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Warna air di tempat wisata Puncak Bogor ini bisa berubah dari biru, hijau bahkan terkadang coklat kemerahan.

24. Curug Kembar

Curug Kembar merupakan kawasan Perhutani yang banyak ditanami tumbuhan kopi. Tempat wisata Puncak Bogor ini dinamakan Curug Kembar karena memiliki dua aliran yang berbeda dan jatuh di kolam yang sama. Kolam Curug Kembar tidak terlalu dalam, hanya sekitar 30 hingga 50 sentimeter saja. Kolam ini sangat cocok untuk bermain bagi anak-anak atau wistawan yang kurang mahir berenang.

10 dari 10 halaman

Tempat Wisata Puncak Paling Populer

25. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum jika diartikan memiliki makna air terjun sungai merah. Warna merah di tempat wisata Puncak Bogor ini disebabkan oleh lumut merah yang tumbuh di tebing. Di sini Anda bisa menikmati kesejukan air terjun dengan pemandangan alam yang sejuk dan memesona. Curug Cibeureum terletak di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter.

26. Bukit Gantole Puncak

Bukit Gantole Puncak dikenal sebagai tempat wisata Puncak Bogor dengan aktivitas olahraga ekstrem seperti paralayangnya. Paralayang bukit Gantole terletak di Jalan Raya Puncak Km 87, Bukit Paralayang, Puncak. Tak hanya paralayang, di sini Anda bisa bersantai menikmati udara puncak bebas polusi sekaligus menikmati pemandangan kota Bogor dari ketinggian.

27. Cimory Dairyland Puncak

Cimory Dairyland Puncak buka sejak 1 Mei 2021. Tempat wisata ini berlokasi di Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Cimory Dairyland Puncak merupakan tempat wisata Puncak yang mengusung konsep leisure park yang cocok bagi liburan keluarga. Cimory Dairyland Puncak buka pukul 08.00-17.00 dengan tiket masuk yang berbeda-beda tergantung harinya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS