Sukses

Pengertian Industri Adalah Kegiatan Mengolah Barang, Ini Penjelasan Para Ahli

Liputan6.com, Jakarta - Industri adalah bagian dari kegiatan ekonomi dengan mengolah barang agar menjadi lebih bernilai. Apa pengertian dari industri? Memahami pengertian industri adalah kegiatan mengolah barang dengan alat khusus. 

Hal yang sama dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian industri adalah kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misalnya mesin.

Pengertian industri adalah mengarah pada segala kegiatan manusia pada bidang ekonomi produktif. Pengertian industri adalah proses pengolahan barang yang tujuan utamanya bisa menghasilkan uang. Ini penjelasan singkat tentang pengertian industri.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang industri, pengertian industri menurut para ahli, tujuan pembangunan industri, dan syaratnya, Kamis (14/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pengertian Industri adalah Kegiatan Ekonomi dengan Mengolah Barang

Pengertian industri adalah bukan sekadar kegaiatan mengolah barang. Pengertian industri adalah bagian dari kegiatan manusia dalam bidang ekonomi yang bersifat produktif dan komersial. Secara sederhana, pengertian industri adalah kegiatan mengolah atau memproses barang hingga menjadi bernilai ekonomi tinggi.

Dalam Undang-Undang Nomor 3 tahun 2014 dijelaskan pengertian industri adalah seluruh bentuk dari kegiatan ekonomi yang mengelolah bahan baku dan atau memanfaatkan sumber daya industri, sehingga dapat menghasilkan barang yang memiliki nilai tambah atau manfaat yang lebih tinggi, termasuk juga jasa industri.

Bagaimana para ahli menjelaskan tentang pengertian industri itu? Ini pengertian industri menurut para ahli yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Pengertian Industri Menurut Teguh S. Pamudi

Pengertian industri adalah sekelompok perusahaan yang menghasilkan suatu produk yang dapat menggantikan satu sama lain.

2. Pengertian Industri Menurut I Made Sandi

Pengertian industri adalah termasuk dalam suatu bentuk usaha guna memproduksi suatu barang jadi yang melalui proses produksi penggarapan dalam jumlah yang besar, sampai barang produksi itu bisa didapatkan dengan harga yang rendah tetapi dengan mutu yang setinggi-tingginya.

3. Pengertian Industri Menurut Anto Pracoyo & Tri Kurnawangsih

Pengertian industri adalah kumpulan dari beberapa perusahaan firma yang mana menghasilkan suatu barang atau jasa sejenis yang terdapat didalam pasar maupun market.

4. Pengertian Industri Menurut Sukimo

Pengertian industri adalah suatu perusahaan yang menjalankan aktivitas ekonomi yang tergolong dalam sektor sekunder.

5. Pengertian Industri Menurut Hinsa Sahaan

Pengertian industri adalah bagian dari proses yang mengelola dari bahan mentah menjadi bahan baku, maupun dari bahan baku menjadi barang jadi sampai menjadi sebuah barang yang memiliki nilai untuk masyarakat luas.

3 dari 4 halaman

Pengertian Industri Menurut Para Ahli Selanjutnya

6. Pengertian Industri Menurut Hasibuan

Pengertian industri adalah sangat luas, ada dua pengertian industri.

- Mikro industri: merupakan kumpulan dari berbagai perusahaan yang mana dalam hal ini menghasilkan suatu barang homogen atau sejenis, atau barang yang sifatnya saling mengganti

- Makro industri: yakni dari segi pembentukan pendapatan industri merupakan suatu kegiatan ekonomi yang menciptakan nilai tambah atau bisa menambah pendapatan.

7. Pengertian Industri Menurut Bambang Utoyo

Pengertian industri adalah secara sempit menjadi seluruh kegiatan ekonomi yang mana hal ini dilaksanakan oleh manusia, guna mengelola suatu bahan mentah menjadi bahan setengah jadi.

Bisa juga mengolah barang setengah jadi menjadi barang jadi sehingga mempunyai kegunaan tersendiri untuk kebutuhan manusia.

Pengertian industri adalah secara luas, seluruh aktivitas manusia yang bergerak pada bidang ekonomi serta sifatnya produktif dan juga komersial guna memenuhi kebutuhan manusia.

8. Pengertian Industri Menurut Moh. Hatta

Pengertian industri adalah sesuatu yang mengubah struktur pertanian ke dalam struktur industri.

9. Pengertian Industri Menurut George T. Renner

Pengertian industri adalah segala kegiatan manusia pada bidang ekonomi produktif atau memproduksi barang dan uang.

10. Pengertian Industri Menurut Kartasapoetra

Pengertian industri adalah suatu kegiatan ekonomi yang mengolah bahan baku, barang setengah jadi maupun barang jadi sehingga menjadi suata barang yang bernilai nilai lebih tinggi, termasuk dalam kegiatan desain industri dan teknik industri.

11. Pengertian Industri Menurut Dra. Sri Milaningsih

Pengertian industri adalah bermula dari bahasa Latin, yang berarti bahwa tenaga kerja maupun tenaga kerja Perindustrian.

12. Pengertian Industri Menurut Wirastuti

Pengertian industri adalah proses pengolahan bahan baku maupun barang setengah jadi, sampai menjadi barang jadi yang mana barang tersebut membawa sebuah keuntungan.

13. Pengertian Industri Menurut Dini Natalia

Pengertian industri adalah suatu pengolahan pada bahan baku menjadi barang yang membawa keuntungan.

14. Pengertian Industri Menurut Abdurachmat dan Maryani

Pengertian industri adalah termasuk dalam kegiatan ekonomi manusia yang penting. Yang mana ia mengasilkan berbagai kebutuhan hidup untuk manusia mulai dari makanan, minuman, pakaian, serta perlengkapan rumah tangga bahkan hingga perumahan serta kebutuhan hidup lainnya.

15. Pengertian Industri Menurut Kurniasih

Pengertian industri adalah usaha dalam memproduksi barang jadi, yang mana berasal dari bahan mentah yang melalui sebuah proses penggarapan dengan jumlah yang sangat besar, sehingga barang-barang tersebut bisa didapatkan denga harga satuan yang rendah akan tetapi memiliki mutu yang sangat tinggi.

4 dari 4 halaman

Tujuan dan Syarat Pembangunan Industri

Apabila sudah memahami tentang pengertian industri adalah kegiatan ekonomi dengan mengolah barang agar memiliki nilai tinggi, selanjutnya ketahui tujuan dan syarat pembangunan industri.

Ini penjelasan tujuan dan syarat pembangunan industri yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

Tujuan Pembangunan Industri

1. Tujuan pembangunan industri adalah menciptakan dan memperluas lapangan kerja.

2. Tujuan pembangunan industri adalah memperkokoh struktur ekonomi nasional.

3. Tujuan pembangunan industri adalah memberi dan meningkatkan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha.

4. Tujuan pembangunan industri adalah mengurangi ketergantungan pada barang-barang impor.

5. Tujuan pembangunan industri adalah menghasilkan dan menghemat devisa negara.

6. Tujuan pembangunan industri adalah memenuhi kebutuhan masyarakat akan bahan-bahan hasil industri baik barang pangan, sandang ataupun bahan bangunan.

Syarat Pembangunan Industri

1. Syarat pembangunan industri adalah memiliki modal yang cukup.

2. Syarat pembangunan industri adalah ketersediaan bahan mentah dan bahan setengah jadi yang melimpah.

3. Syarat pembangunan industri adalah tersedianya tenaga kerja baik tenaga ahli maupun tenaga kerja terampil.

4. Syarat pembangunan industri adalah adanya permintaan dari pasar.

5. Syarat pembangunan industri adalah proses pengolahan dan pemasaran yang baik.

6. Syarat pembangunan industri adalah memiliki transportasi yang lancar dan memadai.

7. Syarat pembangunan industri adalah situasi politik yang mendukung dan keamanan yang terjamin.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS