Sukses

Pengertian Informasi Adalah Kumpulan Data yang Berguna, Ini Penjelasan Para Ahli

Liputan6.com, Jakarta - Informasi adalah pesan yang selalu dibutuhkan manusia setiap hari. Memahami pengertian informasi adalah menurut para ahli sebagai bagian dari kumpulan data yang sudah diolah menjadi lebih berguna atau bermanfaat bagi penerima. Informasi adalah memuat sebuah kabar akan suatu hal.

Apa manfaat dari keberadaan informasi itu?

Dalam buku berjudul Accounting Information Systems oleh Stephen A. Moscove & Mark G. Simkin, pengertian informasi adalah bentuk nyata yang mempunyai nilai manfaat, sehingga keberadaannya berguna atau bermanfaat untuk mengambil keputusan.

Keberadaan informasi yang berguna adalah wujud nyata bahwa informasi yang ada telah diolah dengan baik. Dalam buku berjudul Accounting Information System and Business Organization oleh Barry E. Cushing, informasi adalah menunjukkan hasil suatu proses pengolahan data.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang informasi, pengertian informasi menurut para ahli, dan jenis-jenis informasi, Kamis (14/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Informasi adalah Kumpulan Data yang Berguna Bagi Penerima

Memahami pengertian informasi adalah memuat sebuah kabar tentang suatu hal. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan informasi adalah penerangan, pemberitahuan, kabar, atau berita tentang sesuatu.

Informasi adalah kumpulan data yang sudah diolah. Dalam kajian teori penelitian yang dipublikasikan Universitas Bina Sarana Informatika (BSI), pengertian informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerima informasi.

Hal yang sama dijelaskan dalam buku berjudul Analisis dan Desain Sistem Informasi oleh Jogianto HM, pengertian informasi adalah data yang telah diolah ke dalam bentuk yang lebih berarti, berguna atau bermanfaat bagi orang yang menerimanya.

Ini pengertian informasi menurut para ahli yang perlu dipahami Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Pengertian Informasi Menurut Azhar Susanto

Pengertian informasi adalah hasil pengolahan data. Data yang dihasilkan tersebut memberikan arti & manfaat tertentu bagi otang yang menerimanya.

2. Pengertian Informasi Menurut Barry E. Cushing

Pengertian informasi adalah suatu hal yang menunjukkan hasil suatu proses pengolahan data. Hasil pengolahan data tersebut terorganisir dan mempunyai manfaat atau berguna bagi penerimanya.

3. Pengertian Informasi Menurut Burch & Strater

Pengertian informasi adalah proses pengumpulan dan pengolahan data yang ditujukan untuk memberikan keterangan atau pengetahuan tertentu mengenai suatu hal.

4. Pengertian Informasi Menurut Davis

Pengertian informasi adalah data yang telah diolah sehingga mememiliki bentuk yang berarti dan bermanfaat bagi penerimanya. Informasi dapat digunakan dalam pengambilan keputusan, baik untuk saat ini atau di masa yang akan datang.

5. Pengertian Informasi Menurut Abdul Kadir, McFadden, dkk

Pengertian informasi adalah data yang telah diproses. Pemrosesan data tersebut dilakukan sedemikian rupa sehingga data yang telah diproses tersebut dapat meningkatkan pengetahuan orang yang menerima dan menggunakannya.

6. Pengertian Informasi Menurut Anton M. Moeliono

Pengertian informasi adalah data yang telah diproses, namun pemrosesan tersebut dilakukan untuk suatu tujuan tertentu. Selanjutnya  Anton M. Pengertian informasi adalah keterangan, kabar berita, pemberitahuan, penerangan, atau bahan nyata lainnya yang dapat digunakan sebagai bahan kajian analisis untuk mengambil kesimpulan atau keputusan tertentu.

7. Pengertian Informasi Menurut Firmanzah

Pengertian informasi adalah data dan angka yang sudah diberi makna dan nilai.

8. Pengertian Informasi Menurut George R. Terry, D

Pengertian informasi adalah data penting yang dapat memberikan pengetahuan yang berguna atau bermanfaat bagi penerimanya.

9. Pengertian Informasi Menurut George H. Bodnar

Pengertian informasi adalah data yang telah diolah, sehingga data terebut dapat dijadikan sebagai dasar atau bahan pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat mengenai suatu hal.

3 dari 4 halaman

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli Selanjutnya

10. Pengertian Informasi Menurut Gelinas & Dull

Pengertian informasi adalah data yang disajikan dalam bentuk formulir. Data tersebut memiliki kegunaan dalam pembuatan atau pengambilan keputusan.

11. Pengertian Informasi Menurut Gordon B. Davis

Pengertian informasi adalah data yang telah diolah. Pengolahan tersebut dilakukan agat data tersebut menjadi bentuk yang memiliki arti dan bermanfaat bagi penerimanya, baik untuk pengambilan keputusan di masa ini atau di masa depan.

12. Pengertian Informasi Menurut Jogianto HM

Pengertian informasi adalah data yang telah diolah ke dalam bentuk yang lebih berarti, berguna atau bermanfaat bagi orang yang menerimanya. Hasil pengolahan data tersebut menggambarkan kejadian (event) yang nyata (fact) yang dapat digunakan untuk membuat atau mengambil keputusan.

13. Pengertian Informasi Menurut Robert N. Anthony & John Dearden

Pengertian informasi adalah suatu hal yang bersifat nyata, berupa data atau item yang dapat digunakan untuk menambah pengetahuan dan wawasan orang yang menerimanya.

14. Pengertian Informasi Menurut Raymond Mc.leod

Pengertian informasi adalah data yang telah diolah, sehingga memiliki bentuk yang berarti, bermanfaat, atau berguna bagi orang yang menerimanya dalam  pengambilan keputusan pada saat ini atau masa mendatang.

15. Pengertian Informasi Menurut Romney dan Steinbart

Pengertian informasi adalah data yang telah diproses dan diorganisasikan, sehingga dapat memberikan arti atau manfaat bagi orang yang menggunakannya.

16. Pengertian Informasi Menurut Stephen A. Moscove & Mark G. Simkin

Pengertian informasi adalah suatu bentuk yang nyata, yang mempunyai nilai manfaat, sehingga dapat digunakan untuk mengambil keputusan.

17. Pengertian Informasi Menurut Tata Sutabri, S.Kom., MM.

Pengertian informasi adalah data yang telah diklasifikasi, diolah dan diinterpretasikan dengan tujuan agar dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.

18. Pengertian Informasi Menurut Drs. The Liang Gie

Pengertian informasi adalah keterangan, rangkaian perkataan, kalimat, gambar, atau tanda tulis lainnya yang mengandung pengertian, buah pikir, pengetahuan atau semacamnya. Sehingga pemimpin organisasi dapat menggunakannya untuk membuat keputusan-keputusan yang tepat berdasarkan kenyataan yang ada.

19. Pengertian Informasi Menurut Joner Hasugian

Pengertian informasi adalah sebuah konsep, yang bersifat universal dan dalam jumlah muatan yang besar. Konsep ini meliputi banyak hal dalam masing-masing ruang lingkup yang berkaitan, dan terekan dalam sejumlah media.

20. Pengertian Informasi Menurut Kenneth C. Laudon

Pengertian informasi adalah sebagai daya yang telah dibentuk menjadi sebuah bentuk yang bermanfaat yang dapat digunakan oleh manusia.

21. Pengertian Informasi Menurut Kusrini

Pengertian informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi orang yang menggunakannya. Hasil pengolahan data tersebut memiliki manfaat dalam pengambilan keputusan atau manfaat untuk mendukung sumber informasi.

22. Pengertian Informasi Menurut Lani Sidharta

Pengertian informasi adalah data yang disajikan dalam bentuk yang lebih berguna, dengan tujuan untuk membuat sebuah keputusan.

23. Pengertian Informasi Menurut Mc Leod

Pengertian informasi adalah infomasi sebagai data yang telah diproses menjadi data yang memiliki arti bagi penerimanya.

24. Pengertian Informasi Menurut Robert G. Murdick

Pengertian informasi adalah terdiri atas data yang telah didapatkan kemudian diolah atau diproses agar dapat digunakan untuk menjelaskan, menerangkan, menguraikan, atau menjadi dasar pertimbangan dalam membuat ramalan atau pengambilan keputusan.

25. Pengertian Informasi Menurut Anggraeni dan Irviani  

Pengertian informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang diorganisasi atau diolah dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerima.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Informasi dan Penjelasannya

Apabila sudah memahami pengertian informasi, berikutnya simak jenis-jenis informasi dan penjelasannya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Informasi Terpercaya

Dalam manajemen, suatu informasi adalah pesan yang harus dapat dipercaya. Tingkat kepercayaan informasi memberi dampak pada hasil keputusan yang diambil. Apabila informasi yang diterima oleh pengelola merupakan informasi yang benar maka keputusan yang diambil dapat tepat dan optimal. Tingkat kepercayaan informasi dapat didasarkan kepada sifat dari individu yang menjadi narasumber. Informasi yang tepercaya berasal dari individu yang memiliki sifat jujur dalam menyampaikan data.

2. Informasi Tepat Waktu

Informasi yang tepat waktu merupakan informasi yang telah tersedia ketika dibutuhkan. Tingkat ketepatan waktu bagi pengelola informasi dapat berbeda-beda. Perbedaan terletak dari tingkat kebutuhan pengelola informasi terhadap keberadaan informasi dalam tenggat waktu tertentu.

3. Informasi Bernilai

Informasi yang bernilai ialah informasi yang berharga dan memberi manfaat dalam suatu pengambilan keputusan. Suatu keputusan yang berharga, yaitu keputusan yang diperoleh dari pilihan-pilihan yang memiliki risiko paling kecil. Manfaat bagi suatu pengambilan keputusan sangat ditentukan oleh nilai informasi.

4. Informasi Masa Lalu

Informasi masa lalu merupakan informasi yang membahas mengenai peristiwa yang telah berlalu. Penggunaan informasi masa lalu sangat jarang, tetapi tetap diperlukan sewaktu-waktu. Penyimpanan informasi masa lalu bersifat rapi dan teratur.

5. Informasi Masa Kini

Informasi masa kini merupakan informasi yang memiliki data bersifat aktual. Isi informasi berkaitan dengan peristiwa yang terjadi pada masa sekarang.

6. Informasi Individual

Informasi individual adalah informasi yang digunakan oleh pembuat keputusan dan kebijakan. Selain itu, informasi individu juga ditujukan kepada seseorang yang diharapkan dapat memberi tanggapan terhadap informasi yang diperolehnya.

7. Informasi Komunitas

Informasi komunitas adalah informasi yang ditujukan kepada publik, organisasi, atau suatu kelompok tertentu di masyarakat. Sasaran pengguna informasi komunitas disesuaikan dengan tujuan dari penyampaian informasinya. Media yang digunakan untuk penyebaraan informasi komunitas dapat berupa surat kabar, majalah, radio, televisi, poster, spanduk, pamflet, atau folder.

8. Informasi Pengumpulan Data

Informasi untuk menjawab pertanyaan melalui pengumpulan data.

9. Informasi Pengarahan Perhatian

Informasi yang menyelesaikan perilaku menyimpang.

10. Informasi Pemecahan Masalah

Informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan atau kebijakan. Penggunaan informasi ini dilakukan pada pengambilan keputusan atau kebijakan yang belum pernah ada sebelumnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS