Sukses

23 Tempat Wisata di Blitar untuk Keluarga, Sudah Buka Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta - Apabila sedang berada di Blitar bersama keluarga, wajib mampir ke tempat wisata favorit andalannya. Ada banyak sekali tempat wisata di Blitar untuk keluarga, alam dan sejarahnya begitu memesona.

Meski dikenal sebagai wilayah terkecil kedua di provinsi Jawa Timur, tempat wisata di Blitar untuk keluarga tak pernah bikin bosan. Mulai dari penampang alam pantai, gunung, telaga, bukit, dan masih banyak lagi lainnya.

Tempat wisata di Blitar untuk keluarga selain alam, wajib datang ke tempat budidaya cokelat, mengunjungi makam serta museum Bung Karno. Kemudian belajar sejarah di berbagai pelataran candi yang ada di Blitar.

Penasaran seperti apa saja tempat wisata di Blitar untuk keluarga tersebut? Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam 23 tempat wisata di Blitar untuk keluarga, Kamis (14/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Blitar untuk Keluarga yang Wajib Dikunjungi

1. Istana Gebang

Istana Gebang adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Ini kediaman masa kecil Bung Karno. Di tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi ini, Bung Karno menghabiskan masa kanak-kanaknya.

Kini rumah masa kecil Bung Karno dikelola pemerintah menjadi kompleks bangunan bernilai sejarah. Di depan istana tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi ini, terdapat patung Bung Karno berwarna putih. Bangunan yang masih mempertahankan arsitektur aslinya ini menjadi destinasi untuk melengkapi wisata sejarah di Blitar.

2. Pantai Tambakrejo

Pantai tambakrejo adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Lokasi tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi ini, hanya berjarak lebih kurang 30km dari Kota Blitar.

Ada tiga area utama di pantai ini, yakni area timur yang memiliki banyak pasir, area tengah yang memiliki banyak batu, dan area barat yang merupakan dermaga kapal-kapal nelayan.

3. Candi Penataran

Candi penataran adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Ini salah satu candi termegah di Jawa Timur. Lokasi tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi ini, di lereng barat daya Gunung Kelud, sekitar 12 km ke arah utara dari Kota Blitar.

Tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi ini, berupa sekumpulan bangunan kuno yang berjajar dari barat-laut ke timur kemudian berlanjut ke tenggara. Candi ini sengaja dibangun di kawasan dengan latar belakang Gunung Kelud, karena memang dimaksudkan sebagai tempat untuk memuja gunung.

4. Hutan Pinus Loji

Wisata Hutan Pinus Loji adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Lokasinya berada tak jauh dari Basecamp Pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo. Tiket masuk kawasan ini hanya Rp 3 ribu tiap orang.

Tak hanya memiliki spot-spot foto instagramable. Suasana di tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi ini sejuk dan pepohonan hijau yang memesona, bikin betah.

5. Pantai Pasetran Gondo Mayit

Pantai Pasetran Gondomayit adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Lokasinya berada di sebelah timur Pantai Tambakrejo. Tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi ini, memiliki panorama alam yang memukau. Air laut pantai ini sangat jernih dan berwarna biru, dipercantik dengan pasir putih dan bebatuan karang yang berada di sekitarnya.

6. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjung.  Di bukit Teltubbies, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam Gunung Kelud yang sangat indah.

Tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi juga memiliki spot-spot foto instagramable seperti balon udara. Suasana sejuk dan hamparan bukit hijau yang memesona membuat tempat ini banyak dikunjungi wisatawan.

7. Candi Sawentar

Candi Sawentar adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Lokasinya berada di Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Secara geografis Candi Sawentar berada di sebelah timur lereng Gunung Kelud.

Kawasan tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi seperti candi ini dikelilingi oleh sungai. Candi ini diketahui merupakan candi bercorak Hindu. Candi Sawentar disebut juga Lwa Wentar sebagai salah satu tempat yang dikunjungi oleh raja Hayam Wuruk.

8. Makam Bung Karno

Makam Bung Karno adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Kota Blitar dikenal tempat dimakamkannya presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno. Makam Soekarno terletak di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanawetan Kota Blitar.

Kompleks makam seluas lebih dari 1,8 hektare ini, menjadi tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi bernuansa sejarah. Pengunjung bisa berziarah langsung ke makam presiden RI pertama, Soekarno.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Blitar untuk Keluarga yang Wajib Dikunjungi

9. Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi, dikelilingi bukit-bukit. Pemandangan di tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi seperti pantai ini tak kalah indah dengan pantai lainnya.

Lokasi tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi ini, berada di Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates. Tempatnya mengagumkan dengan pemandangan bukit-bukit, yang di beberapa bagiannya ditumbuhi oleh tumbuhan hijau.

10. Situs Umpak Balekambang

Situs Umpak Balekambang adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Lokasinya berada di Desa Penataran, Kec. Nglegok, Kabupaten Blitar. Sejarah mencatat, Situs Umpak Balekambang dulunya tempat bersemedi para raja dari kerajaan Kediri hingga Majapahit.

Tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi berupa situs ini, terdiri dari umpak batu berjumlah 36 buah. Kuat dugaan dulunya situs ini sebuah balai atau pendopo. Batu-batu berjajar pada gundukan tanah yang lebih tinggi dengan orientasi ke arah utara.

11. Candi Simping

Candi Simping adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Lokasinya di Dusun Krajan, Desa Sumberjati, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Candi Simping adalah makam dari Raden Wijaya, Raja pertama Kerajaan Majapahit dan sekaligus pendiri Kerajaan Majapahit yang berada di Trowulan Kabupaten Mojokerto.

12. Monumen PETA Blitar

Monumen PETA Blitar adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Blitar menjadi tempat pertama kalinya Laskar Peta melakukan perlawanan terhadap pemerintahan Jepang pada Februari 1945.

Perlawanan yang dipimpin oleh Soedanco Soepriyadi ini kemudian memicu perlawanan di daerah lain. Monumen PETA Blitar berada di Jl. Sudanco Supriyadi, Bendogerit, Kec. Sananwetan, Kota Blitar. Tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi ini, menjadi penghormatan untuk Soepriyadi dan pejuang PETA lainnya.

13. Candi Kotes

Candi Kotes adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Wisata ini berupa kompleks candi bercorak Hindu-Saiwa yang berada di di Desa Kotes, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Candi Kotes juga biasa dikenal dengan Candi Papoh yang terdiri dari dua bangunan yang disebut Candi Kotes I dan Candi Kotes II.

14. Pantai Serang

Pantai Serang adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Lokasinya berada di Desa Serang, Panggungrejo, Blitar. Pantai ini sangat ramai dikunjungi dan cocok sebagai destinasi liburan bersama keluarga. Pantai Serang memiliki hamparan pasir putih yang menawan dan cocok untuk anak-anak bermain.

Ombak di pantai Serang tak besar, sehingga aman bagi para wisatawan untuk bermain air di tepiannya. Pada 1 Sura berdasarkan penanggalan Jawa, ritual Larung Saji juga biasa diadakan oleh warga sekitar di Pantai Serang. Warga akan memotong hewan ternak dan menghanyutkan kepalanya ke laut.

15. Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Pantai Peh Pulo terletak di Kecamatan Panggungrejo, Blitar. Pantai ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 75 menit perjalanan dari pusat kota Blitar.

Tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi berupa pantai ini, dikelilingi oleh tebing-tebing besar yang menambah keeksotisannya. Pantai Peh Pulo terdiri dari tiga wilayah pantai kecil utama yaitu Wedhi Ombo, Wedhi Ciut, dan Wedhi Kembar.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Blitar untuk Keluarga yang Wajib Dikunjungi

16. Candi Gambar Wetan

Candi Gambar Wetan adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Lokasinya berada di Dusun Gambar Anyar, Desa Sumberasri, Nglegok, Blitar. Letak Candi Gambar Wetan berada di pinggir tebing bagian utara Sungai Lahar.

Candi Gambar Wetan sebagai tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi, berbatasan dengan Sungai Bladak di sisi selatan. Sebagian dari keseluruhan tanah di sekitar candi ini, tanah berpasir karena candi terletak di sebelah selatan Gunung Kelud dan menjadi aliran lahar Gunung Kelud.

17. Monumen Trisula

Monumen Trisula adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Lokasi tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi ini tak jauh dari Monumen PETA Blitar.

Monumen ini dibangun pada 18 Desember 1972 untuk memperingati dan mengenang tragedi penumpasan PKI di daerah Blitar. Tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi berupa monumen ini, terinspirasi dari Gerakan Trisula penumpasan PKI di selatan Blitar.

18. Candi Selotumpuk

Candi Selotumpuk adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Lokasi tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi ini berada di puncak Gunung Batok, Desa Pagarwojo, Kesamben, Blitar.

Bentuk bangunan tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi berupa candi ini, sudah tidak beraturan seperti tumpukan reruntuhan batu. Batu-batu ini tersusun rapi namun tidak dalam bentuk aslinya.

19. Pantai Pangi

Pantai Pangi adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Pantai Pangi berlokasi di Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Blitar. Pengunjung tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi ini, harus menyebari sungai terlebih dahulu untuk bisa sampai ke sana. Jarak tempuh yang cukup jauh.

20. Kampung Coklat

Kampung Coklat adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Tempat ini disebut sebagai destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan saat berkunjung ke Blitar, terutama bagi para pecinta coklat. Di tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi ini, pengunjung bisa mengetahui proses budidaya tanaman coklat, hingga proses produksi coklat.

21. Pantai Keben

Pantai Keben adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Terletak di Dusun Banyuurip, Desa Ngadipuro, Wonotirto, Blitar, pantai Keben bisa ditempuh dalam waktu 30 menit perjalanan dari pusat kota. Area tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi seperti Keben, masih terjaga kebersihannya.

22. Wisata Negeri Dongeng

Wisata negeri dongeng adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Dinamai Negeri Dongeng karena pengunjung akan merasa seperti di negeri dongeng. Di tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi ini, pengunjung bisa melihat berbagai miniatur landmark keajaiban dunia.

Wisata Negeri Dongeng ini berlokasi di Desa Kawedusan, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Destinasi ini menyuguhkan kumpulan landmark terkenal dari berbagai dunia mulai Kincir Angin Belanda, Menara Eiffel, Patung Liberty, Menara Pisa, Candi Borobudur, dan lain sebagainya.

23. Rambut Monte

Rambut monte adalah tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi dengan balutan legenda mistis. Telaga ini memiliki air yang berwarna biru. Di dalam tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi ini, terdapat ikan purba yang diyakini sebagai ikan dewa.

Lokasi tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang wajib dikunjungi ini, berada di tengah hutan menjadikan objek wisata ini begitu sejuk. Jauh dari polusi dan keramaian memiliki suasana yang sangat menenangkan. Tak jauh dari telaga, ada cagar budaya berupa bangunan candi pemujaan zaman Kerajaan Majapahit.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS