Sukses

17 Wisata Purworejo yang Wajib Dikunjungi, Masih Sepi dan Asri

Rekomendasi wisata Purworejo yang menarik untuk dikunjungi.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Purworejo memiliki banyak spot yang menarik. Hal itu tidak terlepas dari kondisi geografis kabupaten yang masuk wilayah provinsi Jawa Tengah ini. Hanya saja, tempatnya wisata Purworejo belum mendapatkan banyak perhatian dari para pelancong.

Sebelumnya sudah disinggung bahwa daya wisata Purworejo tidak lepas dari kondisi geografisnya. Jadi, kondisi geografis Purworejo merupakan bagian dari dataran aluvium Jawa Tengah Selatan, yang dibatasi oleh Pegunungan Serayu Selatan dan Gunung Sumbing di sebelah utara, Pegunungan Menoreh di timur, Samudra Hindia di selatan dan dataran Kebumen-Banyumas di sebelah barat.

Sedangkan dataran Kabupaten Purworejo tersusun oleh endapan aluvium yang berasal dari rombakan batuan gunung api Tersier penyusun Pegunungan Serayu Selatan dan Pegunungan Menoreh, serta Gunung Api Kuarter Gunung Sumbing. Hal ini menjadi salah satu yang membuat wisata Purworejo, khususnya wisata alamnya, sangat menarik untuk dikunjungi.

Selain alamnya, wisata Purworejo juga memiliki budaya dan adat istiadat yang menarik, di mana hal itu dapat ditunjukkan oleh masyarakat desa di Purworejo. Dengan kata lain, wisata Purworejo masih jelas menyimpan potensi yang belum diketahui banyak orang.

Mulai dari wisata alam sampai wisata budaya, berikut 17 wisata Purworejo potensial yang belum banyak diketahui, seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (14/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Alam Purworejo

1. Desa Wisata Pandanrejo

Wisata Purworejo pertama adalah Desa Wisata Pandanrejo. Desa ini memiliki daya tarik berupa suasana yang eksotis dan kondisi lingkungan yang asri, alami, dan menyejukkan.

Di tempat wisata Purworejo yang satu ini, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan seperti mendaki Bukit Siboetrong, mengunjungi homestay Kampung Cantik, melihat peternakan Kambing Etawa, sampai menikmati pemandangan dari ketinggian di Puncak Gunung Gajah.

2. Taman Sidandang

Mandi di kolam alami yang airnya menyegarkan tentu akan sangat menyenangkan. Itulah yang ditawarkan tempat wisata Purworejo yang satu ini, yakni Taman Sidandang. Taman Sidandang berlokasi di Kaligono, Kaligesing, bisa menjadi destinasi.

Taman Sidandang terletak di kawasan pegunungan Menoreh. Jadi sebelum berendam di kolam dengan suasana yang alami, pengunjung harus menempuh jalan mendaki untuk mencapai tempat ini. Selain kolam, tempat wisata Purworejo ini juga menawarkan pesona lain, yakni air terjun, taman dengan aneka tumbuhan, dan warung kuliner yang menggugah selera.

3. Curug Silangit

Rekomendasi wisata Purworejo berikutnya adalah Curug Silangit. Tempat wisata Purworejo yang satu ini merupakan wisata alam yang memiliki daya tarik berupa air terjun yang cantik dan perpaduan keindahan alam yang menenangkan hati. Tempat wisata Purworejo yang satu ini berlokasi di Krajan, Jatirejo, Kaligesing.

Curug Silangit termasuk surga tersembunyi yang dimiliki wisata Purworejo. Sehingga ini akan menjadi tempat yang cocok bagi Anda yang ingin menghindari kebisingan dan hiruk pikuk kota besar.

Meski demikian, untuk mencapai tempat wisata Purworejo yang satu ini tidak terlalu sulit. Akses menuju lokasi ini cukup mudah, karena terdapat papan petunjuk arah.

4. Curug Siklotok

Wisata Purworejo dengan daya tarik air terjun lainnya adalah Curug Siklotok. Tempat wisata Purworejo yang satu ini berlokasi di Dusun Jeketro, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo.

Air terjun jelas menjadi daya tarik utama Curug Siklotok. Namun lebih dari itu, tempat wisata Purworejo ini juga menawarkan keindahan yang berupa lokasi air terjun dan aliran sungainya berada di tengah hutan. Jadi pengunjung bisa membayangkan betapa alaminya suasana di sekitar Curug Siklotok.

Untuk mencapai tempat wisata Purworejo yang ini, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 750 meter. Dalam perjalanan itu, pengunjung akan menjumpai beberapa kandang hewan ternak masyarakat setempat, yaitu Kambing Etawa. Ini juga menjadi bagian dari atraksi desa wisata Kaligono.

5. Curug Tawing

Curug Tawing merupakan salah satu tempat wisata Purworejo berupa air terjun yang berada di kawasan perbukitan hijau. Kondisi alam sekitar curug ini memang masih sangat alami dan terdapat hutan pinus yang mampu menambah nuansa asri di kawasan wisata ini.

Nama Curug Tawing ini berasal dari bahasa Jawa, yaitu curug yang artinya air terjun dan Tawing yang berarti tebing. Pemberian nama curug ini masih berkaitan dengan lokasinya yang berada di sisi barat bukit hutan pinus dan berada tepat di sisi tebing sebelah utara Goa Anjani.

Ketinggian dari curug ini mencapai 100 meter dan berundak-undak. Air yang berasal dari air terjun ini juga sangat jernih sehingga bisa diminum atau untuk mandi. Kondisi lingkungan sekitar air terjun juga masih sangat terjaga dengan baik. Maka tak heran kalau kualitas air terjun ini terjaga termasuk kondisi udaranya yang bersih dan segar.

Hal itu jelas menjadi daya tarik yang tidak main-main dari tempat wisata Purworejo yang satu ini. Jika berkunjung ke Curug Tawing, pastikan ikut terlibat untuk menjadi kondisi lingkungannya, ya.

3 dari 4 halaman

Wisata Keluarga di Purworejo

6. Curug Lumbung

Tempat wisata Purworejo lain yang tak kalah menarik adalah curug Lumbung. Bisa dilihat dari namanya, Curug Lumbung adalah wisata Purworejo dengan daya tarik berupa air terjun. Namun jangan khawatir, Curug Lumbung tidak akan sama dengan curug lainnya.

Daya tarik dari curug ini adalah adanya tebing dan aliran sungai di bawahnya yang sangat indah. Tentunya sangat disayangkan untuk dilewati. Formasi bebatuan yang unik pada tebingnya menghasilkan pemandangan yang tiada duanya. Belum lagi nuansa asri dan hawanya yang sejuk, membuat siapapun yang berkunjung ke sini akan betah dan tak ingin segera pulang.

7. Masjid Santren Bagelen

Wisata Purworejo tidak hanya memiliki curug atau ari terjun saja. Ada banyak daya tarik wisata Purworejo yang layak untuk dikunjungi, salah satunya adalah Masjid Santren Bagelen.

Masjid ini memiliki beberapa keistimewaan, terutama karena menjadi peninggalan sejarah zaman Mataram. Dengan kata lain tempat wisata Purworejo yang satu ini memiliki nilai sejarah yang tidak bisa untuk dilewatkan. Lokasinya terletak di Desa Bagelen, Kecamatan Bagelen.

Masjid Santren Bagelen dibangun pada 1618 dengan gaya arsitektur tradisional Jawa. Masjid ini merupakan hadiah dari istri Sultan Mataram kepada Ustaz Baidowi. Di dekat masjid ini terdapat Sungai Bogowonto, yang menjadi daya tarik lainnya.

8. Bedug Pendowo

Bedug Kyai Bagelen merupakan bagian dari sejarah perkembangan Islam di Purworejo, yang sekarang juga menjadi daya tarik wisata Purworejo. Pembuatan Bedug diinisiasi Bupati Cokronegoro I dan selesai bersamaan dengan pembangunan Masjid Agung Bagelen pada 1834 M.

Bedug terbuat dari kayu jati berusia ratusan tahun dan memiliki 5 cabang, sehingga bedug ini juga kerap disebut bedug pendowo. Berdasarkan hasil pengukuran, panjang rata-rata bedug 292 cm, garis tengah depan 194 cm, garis tengah belakang 180 cm, keliling bagian depan 601 cm dan keliling bagian belakang 564 cm.

9. Loka Tamasya Keluarga Sikepel

Magnet wisata Purworejo lainnya adalah Loka Tamasya Keluarga Sikepel. Sesuai namanya, tempat wisata Purworejo ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, atau beramai-ramai bersama teman. Yang menjadi daya tarik tempat wisata ini adalah tur alami yang sangat cocok bersama keluarga.

Sikepel merupakan bukit hutan pinus milik perhutani. Hutan Pinus disulap menjadi spot foto yang instagramable, namun tetap tetap alami. Dari kota Purworejo, Anda dapat mengambil arah ke Magelang. Setelah sampai Desa Kalijambe, berbelok kanan.

10. Deret Mahoni

Tempat wisata Purworejo berikutnya yang tak kalah seru dan menarik adalah Deret Mahoni. Deretan pohon mahoni yang ada di sini selain menenangkan juga membuat orang mudah terpesona.

Deret Mahoni berlokasi di Desa Nampurejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo. Jalan masuk desa dari jalur utama, alias jalan Daendels Purworejo ini memang memiliki magis keindahan tersendiri.

Jalan lurus dengan kiri kanan pepohonan mahoni besar yang rimbun sukses menjadi daya tarik bagi banyak orang. Buat kamu yang suka berswafoto, bisa banget ke sini untuk menambah koleksi foto di akun media sosialmu.

11. Gua Seplawan

Liburan ke destinasi wisata Purworejo dan sekitarnya tak lengkap jika belum mengunjungi Gua Seplawan. Sebab guan Seplawan menyimpan sederet kisah sejarah. Selain itu, pengunjung juga dapat merasakan eksotisme perut bumi di tengah panorama pegunungan Menoreh yang indah.

Gua Seplawan berlokasi di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Gua Seplawan tak sekadar gua biasa karena ada peninggalan sejarah di lorong-lorongnya.

Tempat wisata Purworejo ini berada di ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gua ini merupakan gua basah yang di dalamnya terdapat aliran air. Oleh karena itu di tempat wisata Purworejo yang satu ini, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan susur gua.

12. Hutan Pinus Kalilo

Hutan Pinus Kalilo merupakan tempat wisata Purworejo yang menyajikan suasana alam yang asri. Hutan Pinus Kalilo juga tergolong tempat wisata Purworejo yang baru.

Hutan ini berada di Desa Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Daya tarik dari wisata Purworejo yang satu ini adalah hawa dingin dan udara sejuk dengan aroma pinus yang menyegarkan.

4 dari 4 halaman

Menikmati Sunrise dan Sunset

13. Kawasan Mangrove Demang Gedi

Hutan Mangrove ini berlokasi di Desa Gedangan, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo. Tempat wisata Purworejo yang satu ini dikenal sebagai taman edukasi. Daya tarik tempat wisata Purworejo yang satu ini adalah tanaman bakaunya yang bisa menjulang sampai 7 meter. Bahkan, di beberapa tempat ada yang tumbuh besar mencapai 10 meter.

Kawasan Mangrove Demang Gedi menyuguhkan paket wisata seperti pengenalan dan penanaman mangrove. Tidak hanya itu, pengelola juga menyediakan kayak atau perahu kecil untuk mengelilingi hutan itu.

14. Gunung Kunir

Gunung Kunir berada di jajaran pegununangan Menoreh, Desa Benowo, Bener, Purworejo, Jawa Tengah. Tempat wisata Purworejo ini seperti 'Negeri di Atas Awan'.

Dari ketinggian sekitar 950 meter di atas permukaan laut, para pengunjung dapat melihat pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro. Gunung Kunir sangat cocok bagi kalian para pemburu sunrise.

15. Pantai Jatimalang

Selain gunung dan curug, wisata Purworejo juga memiliki pantai dan laut. Keindahan bahari Purworejo dapat Anda nikmati dengan berkunjung ke Pantai Jatimalang. Wisata bahari pantai Jatimalang ini menawarkan keunikan yang mungkin tidak bisa ditemukan di pantai-pantai lainnya.

Wisata Purworejo yang satu ini menyajikan pemandangan pantai yang indah. Pantai Jatimalang ini turut menawarkan pemandangan sunset yang sangat menakjubkan.

Selain itu, di tempat wisata Purworejo ini tersedia kolam renang air tawar yang berjejer di bibir pantai. Kolam-kolam ini terbuat dari terpal berwarna-warni. Jadi, sambil berenang kamu bisa langsung menyaksikan pemandangan pantai Jatimalang.

Di sekitar pantai Jatimalang terdapat tempat pelelangan ikan yang berasal dari para nelayan. Ada lagi fasilitas lain yang bisa Anda gunakan untuk menikmati keindahan pantai ini. Anda bisa menjelajah pantai sambil menggunakan ATV, yang banyak tersedia di pinggir pantai.

16. Gunung Ijo

Kalau pantai Jatimalang sangat cocok untuk menikmati sunset atau matahari terbenam, ada juga tempat yang menarik untuk menikmati indahnya matahari terbit, yaitu di Gunung Ijo. Ketinggian gunung ini mencapai sekitar 1.000 mdpl. Di Gunung Ijo Anda bisa menikmati pemandangan yang istimewa terutama kala menikmati momen sunrise atau matahari terbit.

Tak hanya menikmati sunrise, Anda juga bisa melemparkan pandangan ke segala penjuru untuk menikmati pesona lanskap Purworejo yang hijau dan asri.

17. Watu Salang

Watu Salang merupakan destinasi wisata Purworejo yang berada di Desa Sukowuwuh, Kecamatan Bener, Purworejo. Tempat wisata memiliki daya tarik berupa pemandangan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Pegunungan Manggul Joyo.

Tempat wisata Purworejo ini juga dilengkapi gazebo, gardu pandang, tempat duduk santai, tempat duduk ayunan, dan beberapa spot untuk mendapatkan foto pemandangan terbaik.

Demikian rekomendasi tempat wisata Purworejo yang sangat menarik untuk dikunjungi. Banyak tempat wisata Purworejo yang masih sepi dengan kondisi lingkungan yang masih terjaga. Ini tentu sangat menarik bagi Anda yang ingin mencari ketenangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.