Sukses

24 Destinasi Wisata Lombok yang Wajib Kamu Kunjungi

Liputan6.com, Jakarta Lombok adalah salah satu daerah yang terkenal sebagai salah satu tujuan wisata yang terfavorit dan populer di masyarakat. Setiap tahunnya, ada banyak wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri, yang datang untuk menikmati berbagai destinasi wisata Lombok yang indah dan mengagumkan.

Destinasi wisata Lombok terkenal dengan pantai dan lautnya. Nama-nama seperti Pantai Senggigi dan Gili Trawangan telah terkenal hingga manca negara. Banyak turis yang datang setiap tahunnya untuk menikmati keindahan Pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat tersebut.

Saat ini, pemerintah sedang gencar-gencarnya untuk mempromosikan destinasi wisata Lombok untuk memajukan pariwisata di pulau ini. Berbagai cara dilakukan pemerintah untuk mempromosikan pariwisata di Lombok, salah satunya adalah dengan membangun Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit yang digunakan untuk menyelenggarakan berbagai event olahraga balap, baik lokal maupun internasional.

Berikut ini beberapa destinasi wisata Lombok yang bisa kamu kunjungi yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (14/7/2022)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Destinasi Wisata Lombok

1. Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah salah satu destinasi wisata Lombok yang telah mendunia. Gili Trawangan adalah salah satu dari tiga pulau kecil di Lombok yang terkenal dengan pantai dengan pasir putihnya yang indah. Selain itu anda juga dapat melakukan kegiatan snorkling dan diving di sini untuk menikmati keindahan pemandangan bawah laut di pulau ini. Di pulau ini tidak diperbolehkan untuk menggunakan kendaraan bermotor, sehingga untuk berkeliling biasanya menggunakan sepeda dan cidomo atau kereta kuda.

2. Gili Meno

Gili Meno adalah pulau kecil lain yang terletak di dekat Gili Trawangan. Di antara ketiga gili, Meno adalah pulau yang paling kecil dan yang paling sepi membuat tempat ini cocok untuk dikunjungi bagi wisatawan yang ingin menikmati liburan yang tenang. Sama seperti Gili Trawangan, Gili Meno terkenal dengan pantai dan lautnya yang indah.

3. Gili Air

Gili air adalah satu dari tiga gili yang paling populer di Lombok. Di antara gili yang lainnya, Gili Air adalah pulau yang paling dekat dari Lombok dan yang paling padat penduduknya. Di sini wisatawan akan disuguhi pemandangan pantai pasir putih dan laut yang indah. Anda juga bisa melakukan scuba diving dan snorkling untuk menikmati keindahan bawah laut Gili Air.

4. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi adalah destinasi wisata Lombok lainnya yang telah mendunia. Pantai ini terkenal akan pasir putihnya yang indah dengan garis pantai yang panjangnya sampau beberapa kilometer. Pantai ini terkenal sebagai tempat untuk berselancar. Anda juga bisa mengunjungi Pura Batu Bolong yang berada tepat di tepi pantai. Selain itu, pantai ini juga sering menjadi tempat berbagai acara budaya seperti Festival Senggigi.

3 dari 7 halaman

Destinasi Wisata Lombok

5. Tanjung Bloam

Tanjung Bloam adalah destinasi wisata Lombok yang lain yang bisa kamu kunjungi. Di Tanjung Bloam terkenal dengan pasirnya yang putih dan air lautnya yang bersih dan alami. Selain itu, Tanjung Bloam juga menjadi tempat konservasi penyu yang berhabitat di tebing-tebing yang terdapat di sepanjang garis pantai yang membentang dari utara sampai selatan. Pantai ini tidak bisa digunakan untuk tempat berenang dan berselancar karena ombaknya yang tinggi dan dipenuhi oleh karang.

6. Gili Sulat dan Gili Lawang

Gili Sulat dan Gili Lawang adalah dua pulau kecil yang terletak di sekitar timur laut Pulau Lombok. Kedua Gili ini adalah pusat kawasan Konsevasi Laut Daerah. Di sini anda dapat berjalan-jalan menikmati pemandangan hutan bakau dan taman bawah laut yang indah dan menakjubkan. Di hutan ini anda dapat menemukan sebanyak 17 spesies mangrove yang membuatnya sebagai salah satu tempat dengan keanekaragaman mangrove terbesar di Asia Tenggara yang membuat kedua gili ini berpotensi untuk menjadi destinasi wisata alam di Lombok. Selain itu, anda juga bisa menikmati pemandangan kawanan lumba-lumba pada musim-musim tertentu.

7. Pantai Kuta Lombok

Lombok juga memiliki sebuah pantai yang bernama Kuta. Meskipun luasnya lebih kecil dibandingkan Pantai Kuta Bali, pantai ini menyajikan pemandangan laut yang tak kalah indahnya. Di pantai ini anda dapat menikmati pemandangan pantai dengan pasir putihnya yang cantik serta jajaran terumbu karangnya yang indah. Pantai ini terletak di Desa Kuta, Lombok Tengah.

8. Pantai Sire

Pantai Sire adalah destinasi wisata Lombok berikutnya yang bisa kamu kunjungi. Di sini anda akan disajikan pemandangan pantai dan laut yang sangat indah dengan barisan pepohonan yang memenuhi pinggiran pantainya. Lautnya yang bersih dan alami membuat pantai ini menjadi tempat yang cocok untuk berenang, diving, dan juga snorkeling. Di sini anda juga bisa menikmati indahnya hamparan terumbu karang yang tumbuh subur di bawah laut di pantai ini.

4 dari 7 halaman

Destinasi Wisata Lombok

9. Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit adalah sebuah pantai yang terdapat di kawasan hutan lindung Sekaroh milik Kementerian Kehutanan Indonesia. Destinasi wisata Lombok ini berlokasi di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Di pantai ini anda dapat menikmati indahnya hamparan lautan dari atas tebing yang mempesona. Selain itu, di pantai ini juga terdapat sebuah gua yang besar yang dulunya digunakan oleh tentara Jepang pada masa Perang Dunia II.

10. Pantai Tangsi (Pantai Pink)

Pantai Tangsi adalah salah satu destinasi wisata Lombok yang menarik untuk kamu kunjungi di hari liburmu. Pantai yang juga terkenal dengan nama Pantai Pink ini terletak di desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Pantai ini disebut sebagai Pantai Pink karena memiliki pasir yang berwarna pink. Pasir Pantai Tangsi berwarna pink disebabkan oleh bercampurnya pasir berwarna putih dan serpihan karang yang berwarna merah muda. Sinar matahari serta terpaan air laut menambah jelas warna pink di pasir pantai itu. Pantai Tangsi adalah satu dari dua pantai di Indonesia yang memiliki pasir berwarna pink; dan satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliiki pasir berwarna yang sama.

11. Pantai Kaliantan

Destinasi wisata Lombok berikutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Kaliantan. Pantai yang terletak di desa Pemongkong kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Di sini anda dapat menikmati pemandangan pantai pasir putih dan laut biru yang bersih dan alami. Pantai ini menjadi tempat dari upacara adat yaitu Upacara Bau Nyale yang dilakukan oleh suku Sasak. Upacara ini adalah upacara perburuan caing laut yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika. Upacara ini biasanya diadakan sekitar bulan Februari dan Maret.

12. Rinjani dan Segara Anak

Bagi anda yang menyukai petualangan, anda bisa mengunjungi Gunung Rinjani. Gunung berapi aktiv ini adalah salah satu gunung yang paling terkenal di Indonesia. Gunung yang memiliki tingginya lebih dari 3.700 meter ini adalah gunung tertinggi ke dua di Indonesia. Ketika mendaki gunung ini, anda dapat mengunjungi Danau Segara Anak. Danau seluas 11 kilometer persegi ini terletak pada ketinggian lebih dari 2.000 meter. Di sini anda dapat menikmati pemandangan sunset yang menakjubkan.

5 dari 7 halaman

Destinasi Wisata Lombok

13. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu terdapat di kaki Gunung Rinjani. Pemandangan air yang jatuh dari ketinggian 40 meter terlihat seperti kelambu putih membuat air terjun ini diberi nama Benang Kelambu. Air yang mengalir di air terjun ini sangat bersih dan pengunjung bisa langsung meminumnya. Air terjun ini terletak kurang lebih 32 Km dari kota Mataram atau sekitar 1 jam perjalanan.

14. Desa Sukarara

Destinasi wisata Lombok berikutnya yang wajib untuk kamu kunjungi ialah Desa Sukarara. Desa yang terletak di Lombok Tengah ini terkenal sebagai salah sastu pusat kerajinan tenun tradisional Lombok yang dikenal sebagai songket. Di sini anda juga bisa menyaksikan proses pembuatan kain songket dan pemandangan desanya yang masih alami.

15. Hutan Wisata Pusuk

Hutan Wisata Pusuk adalah salah satu destinasi wisata Lombok yang bisa kamu kunjungi apa bila mau menikmati keindahan alam pulau ini. Hutan wisata dan juga hutan lindung ini menyajikan pemandangan hutan yang hijau dan asri. Di sini kamu juga bisa menemukan kawanan kera yang berkeliaran bebas. Kera-kera ini sudah terbiasa dengan kehadiran pengunjung dan anda juga bisa memberi makan mereka.

16. Taman Narmada

Salah satu destinasi wisata Lombok yang populer ialah Taman Narmada. Taman ini dibangun oleh Raja Anak Agung Gde Ngurah Karang Asem pada tahun 1727 sebagai tempat untuk melakukan ritual kurban. Tempat ini dulunya juga digunakan sebagai tempat peristirahatan raja. Taman ini terletak 10 Km di arah timur kota Mataram.

6 dari 7 halaman

Destinasi Wisata Lombok

17. Desa Sade

Bila kamu mau belajar budaya masyarakat tradisional, destinasi wisata Lombok yang satu ini wajib untuk kamu kunjungi. Dusun yang terletak di desa Rambitan, kecamatan Pujut ini adalah pemukiman suku Sasak. Desa ini terletak tepat di pinggir jalan raya yang menghubungkan kota Mataram dan kawasan selatan Lombok.

Di desa ini, anda akan diajak untuk mengenal dan mempelajari budaya dan kehidupan sehari-hari suku Sasak. Suku Sasak adalah salah satu suku yang masih memegang teguh tradisi nenek moyang mereka. Selain mempelajari budaya mereka, di sini para wisatawan juga bisa berbelanja, membeli berbagai subenir dan hasil karya masyarakat Suku Sasak seperti kain songket.

18. Desa Gumantar

Kalau kamu tertarik dengan budaya, kamu juga bisa mengunjungi Desa Gumantar. Desa ini terletak di Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Di desa ini, masyarakat masih mempertahankan tradisi serta adat istiadat yang diwarisi dari nenek moyang. Desa ini disebut-sebut sebagai satu-satunya desa tradisional yang ada di Lombok Utara. Di desa ini anda juga bisa mengunjungi berbagai situs peninggalan bercorak Islam, termasuk sebuah Masjid kuno yang masih berdiri tegak di desa tersebut.

19. Masjid Kuno Bayan

Kalau kamu tertarik untuk mempelajari sejarah peradaban Islam di Lombok, kamu bisa mengunjungi Masjid Kuno Bayan. Masjid yang terletak di Desa Bayan, Lombok Barat ini didirikan sekitar abad ke-16. Masjid ini adalah masjid tertua bagi masyarakat Bayan yang memeluk agama Islam dengan campuran adat Watu Telu. Masyarakat Bayan juga sering mengadakan berbagai upacara tradisional yang sering mengundang minat para wisatawan.

20. Pantai Seger

Destinasi wisata Lombok berikutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Seger. Pantai ini terkenal sebagai asal mula legenda Putri Mandalika. Pantai ini terkenal sebagai tempat favorit untuk melakukan aktivitas berselancar. Ombaknya yang cepat digemari oleh para peselancar yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Waktu yang cocok untuk berselancar di pantai ini ialah pada bulan Juli sampai Agustus. Pantai ini terletak kurang lebih sekitar 7 Km dari sirkuit Mandalika.

7 dari 7 halaman

Destinasi Wisata Lombok

21. Pantai Serenting

Pantai Serenting terletak sekitar 51 Km dari kota Mataram atau sekitar 1,5 jam perjalana. Anda bisa mengunjungi destinasi wisata Lombok yang satu ini untuk menikmati indahnya pantai berpasir putih serta pemandangan birunya air laut yang bersih dan alami. Anda juga bisa menikmati pemandangan laut dari atas Bukit Seger yang membatasi pantai ini dengan Pantai Seger.

22. Bukit Merese

Bukit Merese terletak di wilayah selatan Lombok, tepatnya di Kuta, Lombok. Untuk mengunjungi bukit ini, anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam. Dari atas bukit anda dapat menikmati keindahan pemandangan hamparan laut yang biru. Bukit ini juga cocok menjadi tempat untuk menyaksikan pemandangan sunrise dan sunset.

23. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan adalah destinasi wisata Lombok lainnya yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati keindahan pantai dan lautnya yang biru. Di pantai ini anda dapat berenang dan snorkling untuk menikmati keindahan lautnya yang masih bersih dan alami. Selain itu, pantai ini juga cocok menjadi lokasi untuk berselancar. Anda juga bisa menikmati pemandangan indahnya pemandangan laut dari atas bukit yang mengelilingi pantai ini.

24. Batu Payung

Batu Payung adalah pantau yang terletak kurang lebih satu jam perjalanan dari kota Mataram dan masih di dekat Tanjung Aan. Nama Pantai Batu Payung diambil dari batu besar yang berbentuk unik yang terbentuk karena erosi yang berdiri di ujung pantai tersebut. Untuk mencapai Batu Payung anda harus berjalan kurang lebih 15 menit dari tepi pantai.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS