Sukses

26 Wisata Karimun Jawa, Pesona Keindahan Bawah Laut yang Memukau

Tempat wisata karimun jawa, tawarkan pesona alam yang indah

Liputan6.com, Jakarta Wisata Karimun Jawa adalah salah satu tempat yang terkenal dengan julukan The Paradise of Java. Terdapat sederet pulau dengan berbagai pesona mulai dari wisata pantai, bawah laut, hutan mangrove hingga potensi budaya yang dimiliki Karimunjawa membuat tempat wisata yang banyak diminati oleh para pelancong dari luar daerah, hingga mancanegara.

Tempat Wisata Karimun Jawa ini selalu ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan hampir setiap tahunnya. Gugusan pulau nan indah dan permai menjadi destinasi wisata untuk liburan keluarga. Tempat yang berada di Jepara, Jawa Tengah ini menawarkan berbagai keseruan untuk liburan.

Kebanyakan para wisatawan yang berlibur di tempat wisata Karimun Jawa ini, ingin sekedar untuk snorkeling dan menikmati keindahan dari bawah laut. Pesona wisata alam yang lengkap, membuat siapapun yang berkunjung akn betah untuk berlama - lama. Bagi para pengunjung yang tidak menyukai aktivitas  di bawah laut, wisata Karimun Jawa juga memiliki taman bermain yang bisa dikunjungi saat liburan bersama anak - anak. 

Berikut ini kumpulan wisata Karimun Jawa yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/7/2022).   

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Karimun Jawa

1. Pulau Geleang

Tidak ada salahnya ketika kamu pergi berlibur untuk menikmati wisata karimun jawa, dengan mengunjungi Pulau Geleang yang sangat keren juga indah. Saat berada disini, pengunjung juga bisa berenang di air yang biru dan jernih. Pulau ini memang memiliki ukuran kecil dibanding pulau yang lainnya, akan tetapi tempat ini bernuansa unik juga menakjubkan yang sayang sekali jika dilewatkan.

2. Pulau Tengah

Cocok untuk kamu pecinta wisata pantai, wisata karimun jawa ini memberikan sensasi tersendiri untuk pengunjung. Saat berada disini, tidak hanya bisa bermain air, tapi juga bisa memancing ikan sendiri bahkan terkadang kamu bisa mendapatkan cumi. Pulau ini sangat tertata dengan rapi dan indah, juga terdapat dermaga kecil yang terbuat dari kayu jadi bisa digunakan untuk berjalan sambil berfoto dan seolah berjalan di tengah pantai. Menjadi rekomendasi yang cocok untuk liburan keluarga bukan?

3. Pulau Sintok

Salah satu wisata alam yang keren selanjutnya, yang berada tepat di karimun jawa adalah Pulau Sintok. Tempat ini tidak hanya memiliki pantai yang indah akan tetapi juga menyuguhkan pemandangan bawah laut yang keren. Sama dengan pulau yang lain, pengunjung yang datang kesini bisa melakukan snorkeling bersama teman-teman dan juga kerabat. Pulau ini memiliki luas 21 hektar dan terletak di sebelah timur pulau Karimun jawa.

4. Pantai Batu Putih

Salah satu wisata karimun jawa yang sayang untuk dilewatkan adalah Pantai Batu Putih. Wisata yang merupakan andalan ini, dikunjungi oleh banyak pelancong yang ada di karimun jawa maupun wisatawan luar daerah. Pantai yang terletak kurang lebih 15 km dari kota ini memberikan sensasi wisata alam Pantai Batu Putih yang indah dengan air biru yang jernih. Tempat ini juga terdapat bongkahan batu berwarna putih yang akan terlihat ketika air mulai surut.

5. Pantai Legon Lele

Pantai Legon Lele merupakan pantai yang berada di sebelah timur pulau Karimun jawa. Tak hanya pantai, Legon Lele juga memiliki hutan mangrove yang masih sangat asri. Meskipun jarang untuk dikunjungi, dan menjadi salah satu wisata karimun jawa yang tersembunyi, akan tetapi dampak baiknya tempat ini menjadi asri juga sangat terjaga dengan baik. Saat berkunjung ke PantaI Legon Lele ini, jangan lupa untuk mengabadikan momen bernuansa hutan yang alami.

3 dari 6 halaman

Wisata Karimun Jawa

6. Pulau Gosong

Pantai yang satu ini memiliki keunikan yang sangat keren, wisata karimun jawa ini terdapat endapan pasir di tengah lautan. Pulau ini juga dijuluki dengan pulau timbul tenggelam karena hanya akan muncul ke permukaan ketika pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB sore. Selebihnya pulau ini akan tertutup. Saat berada disini, pengunjung akan menikmati keindahan dan panorama yang indah sejauh mata memandang. Jangan lewatkan untuk mengabadikan momen berlatar endapan pasir yang jarang dimiliki oleh semua pantai yang ada di karimun jawa.

7. Pulau Menjangan Besar

Wisata karimun jawa yang satu ini merupakan salah satu pulau yang cukup besar dan dekat dengan dermaga. Saat pengunjung yang datang kesini, bisa menikmati dan melihat matahari yang terbenam dengan indah. Pulau ini tidak hanya indah tetapi juga unik, karena terdapat tempat penangkaran hiu. Bahkan para wisatawan yang datang juga bisa berenang bersama hiu, juga bisa bertemu dengan penyu dan binatang laut lainnya. Hiu yang berada di pulau ini sudah jinak, jadi pengunjung bisa berenang di  tempat ini. Tempat ini menjadi destinasi favorit bagi wisatawan, jangan lewatkan untuk berfoto bersama biota laut yang ada disini.

8. Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil adalah salah satu wisata karimun jawa yang wajib untuk dikunjungi. Pengunjung hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam untuk sampai kesini. Pulau ini memiliki pantai berpasir putih yang sangat cantik, serta berarus tenang dan mempunyai panorama paling khas. Karena keindahan pulau karimun jawa, membuat tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit para wisatawan. Menawarkan keindahan bawah laut dengan keanekaragaman terumbu karang yang indah dan cantik, membuat tempat ini sayang untuk dilewatkan. Pengunjung juga bisa berenang, diving dan snorkeling, karena sudah tersedia fasilitas yang bisa dimanfaatkan.

9. Pulau Cemara Besar

Wisata karimun jawa selanjutnya adalah Pulau Cemara Besar. Pulau yang memiliki keindahan pantai yang indah serta luar biasa terpancar bisa disaksikan oleh para pelancong saat berada di tempat ini. Air jernih dengan pemandangan yang menakjubkan, bisa digunakan untuk snorkeling di wisata air Pulau Cemara Besar. Pulau Cemara ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai pilihan tempat wisata ketika berada disini.

10. Pulau Cemara Kecil

Tidak kalah dari sebelumnya, wisata karimun jawa selanjutnya ini menyuguhkan suasana yang alami juga bersih, serta dihiasi oleh puluhan pohon cemara. Pulau Cemara Kecil ini menjadi salah satu tempat wisata yang cukup keren, karena saat berada disini pengunjung dimanjakan dengan pantai yang jernih dan pasir putih kamu juga bisa melakukan kegiatan snorkeling dan berkumpul bersama teman maupun kerabat di pinggir pantai sambil menikmati bekal makanan yang dibawa.

 

4 dari 6 halaman

Wisata Karimun Jawa

11. Pantai Nirwana

Tempat wisata alam yang ada di Karimun jawa salah satunya adalah Pantai Nirwana. merupakan pantai terpanjang yang ada di Karimun jawa, serta memiliki ciri khas banyak pohon kelapa yang tumbuh disepanjang pantai, membuat tempat ini sangat indah juga asri. Sangat cocok sekali untuk membuat pikiran menjadi fresh kembali.

12. Pantai Ujung Batu Lawang

Wisata alam yang keren selanjutnya adalah Pantai Ujung Batu Lawang. Menyuguhkan pantai dengan nuansa indah dan memesona, membuat tempat ini menjadi destinasi yang cocok untuk berkunjung bersama keluarga, pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pantai yang terletak di paling ujung utara Pulau Kemujan, Karimun jawa.

13. Pantai Ujung Gelam

Pantai Ujung Gelam adalah salah satu wisata karimun jawa yang cukup populer di Pantai ini paling cocok didatangi sambil melihat matahari terbenam. Pengunjung juga bisa mengabadikan momen dengan latar batu – batu yang berjejer. Pantai ini juga memiliki keindahan pasir putih yang bertekstur lembut layaknya lembutnya tepung terigu. Tunggu apalagi, jadikan tempat ini sebagai destinasi untuk melepas penat dari banyaknya aktivitas.

14. Pantai Annora

Pantai Annora terletak di Dusun Cikmas. Tempat wisata karimun jawa ini memiliki air yang jernih dan pasir yang bersih. Selain itu, tempat ini memiliki ciri khas banyaknya ayunan yang menggantung di sekitarnya. Terkadang orang menyebut wisata ini dengan nama Pantai Ayunan Annora. Saat berada disini, jangan lewatkan untuk mendaki bukit yang indah di Annora, Karimun jawa. Pengunjung juga bisa melihat pemandangan sekitar pantai yang indah dengan semilir angin yang sepoi-sepoi.

15. Pantai Barakuda

Tempat wisata karimun jawa ini, juga menyuguhkan nuansa pantai yang indah dan keren ini patut kamu coba datangi. Pantai yang terletak di Desa Kemajon ini menyuguhkan keindahan air yang jernih dan pasir putih yang lembut. Di sepanjang pantai terdapat sederet pohon kelapa yang menambah kecantikan pantai ini.

 

5 dari 6 halaman

Wisata Karimun Jawa

 

16. Bukit Love Karimunjawa

Salah satu tempat wisata keren yang ada di Karimun jawa ini juga bisa kamu kunjungi dengan pasanganmu. Selain menyuguhkan keindahan alam yang indah, sama seperti namanya tempat ini terdapat patung bertuliskan 'Cinta'. bisa jadikan patung itu menjadi salah satu spot foto terindah bersama orang yang kamu sayang.

17. Bukit Annora

Tidak hanya pantai yang bisa kamu jumpai saat berada di karimun jawa, kamu juga bisa mendaki bukit yang indah di Annora, Karimun jawa. Saat berada disini, pengunjung bisa melihat pemandangan sekitar pantai yang indah dengan semilir angin yang sepoi-sepoi. Lebih indah lagi kalau kamu datang ke tempat wisata Karimunjawa ini ketika pagi hari saat matahari mulai terbit. Sangat indah bukan?

18. Bukit Joko Tuwo

Salah satu bukit yang cukup unik ini berada di karimun jawa, dengan menyuguhkan pesona alam yang sangat indah seakan hamparan langit bisa menyatu dengan pantai. Selain pemandangan yang indah, tempat ini menyuguhkan berbagai daya tarik yang lainnya seperti Tasbih Raksasa, Kerangka Ikan Joko Tuo, dan Area olahraga alam. Sangat cocok menjadi destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan.

 

19. Bakololo

Salah satu wisata di Karimun jawa ini tidak hanya keren dan indah, tapi juga menyuguhkan sebuah tempat duduk kano di tengah air. Kamu bisa bersantai melepas penat di tengah air yang tenang dan menikmati pemandangan yang sangat memesona. Tempat ini menjadi destinasi yang cocok bagi pengunjung yang ingin merilekskan pikiran akibat aktivitas yang padat.

20. Hutan Mangrove

Wisata karimun jawa tidak hanya terdapat pantai yang indah, namun juga akan menemui wisata keren seperti hutan mangrove. Terdapat jalanan yang terbuat dari kayu sepanjang 2 km dan bisa kamu gunakan untuk berjalan menikmati kawasan hutan. Jika sedang beruntung, pengunjung juga akan menemui berbagai spesies binatang yang hidup di hutan mangrove tersebut.

6 dari 6 halaman

Wisata Karimun Jawa

 

21. Pantai Batu Topeng

Wisata Karimun jawa yang wajib juga untuk dieksplor adalah Pantai Batu Topeng. Tempat ini adalah salah satu pantai pasir putih yang indah yang dijadikan sebagai daya tarik wisata, baik wisata darat maupun laut. Karena pantai ini bisa diakses baik melalui jalur laut maupun darat. Pantai Batu Topeng sering dikunjungi oleh wisatawan pada sore hari atau pun saat siang hari untuk menikmati suasana yang ada ditempat ini.

22. Alun-alun Karimunjawa

Wisata karimun jawa selanjutnya adalah Alun-alun yang ada di Karimunjawa. Saat berada di sini kamu akan disuguhkan makanan lezat tangkapan ikan yang diolah menjadi berbagai menu makanan yang lezat dan beraneka macam. Alun-alun ini akan ramai pengunjung ketika malam hari. Kamu bisa bercengkrama bersama kerabat dan saudara di atas tikar di bawah bintang yang gemerlap.

23.  Karimunjawa Butterfly Park

Selain menyuguhkan wisata alam yang keren, wisata karimun jawa juga menawarkan wisata buatan yang tak tidak kalah keren untuk dikunjungi, yaitu Karimunjawa Butterfly Park. tempat wisata cocok untuk para pengunjung yang malas untuk mengeksplor indahnya pantai, bisa datang kesini. Tempat ini terdapat banyak kupu-kupu yang cantik, cocok untuk kamu penyuka hewan. Selain kupu-kupu juga terdapat wahana lain yang tak kalah keren seperti bioskop 3D Cinema, 3D Art Gallery, dan masih banyak lagi.

24. Dermaga Mrican

Wisata karimun jawa selanjutnya adalah Dermaga Mrican. Tempat wisata ini sangat cocok untuk dinikmati di sore hari ketika melihat matahari terbenam. Dermaga ini juga menjadi tempat bersandarnya kapal-kapal nelayan pencari ikan di laut lepas. Banyak warga yang membeli hasil tangkapan mereka.

25. Makam Sunan Nyamplungan

Karimunjawa memang terkenal dengan wisata alam terutama pantai yang keren dan indah, namun dibalik keindahan semua itu terdapat tempat wisata religi juga di sana. Wisata karimun jawa memiliki sebuah makam sunan Nyamplungan yang dikenal sebagai makam Syekh Amir Hasan putra dari Sunan Muria, ia adalah sosok penting di Karimun jawa. Nama nyamplung sendiri karena di dekat makam terdapat pohon nyamplung.

 

26.  Island Hopping

Wisata Karimun jawa selanjutnya adalah Island Hopping. Island Hopping maksudnya, Anda pergi ke banyak pulau sekaligus, bahkan dalam satu hari. Ini adalah aktivitas yang wajib dilakukan untuk Anda yang juga suka travelling. Kapten kapal yang ada disini, akan membawa pengunjung ke banyak tempat atau pulau eksotis di Karimun jawa. Banyak pulau yang bisa Anda kunjungi, seperti Pulau Menjangan Besar, pulau tempat penangkaran hiu. Juga Pulau Menjangan Kecil yang sangat cocok untuk melakukan snorkeling. Sangat cocok untuk pengunjung yang ingin menikmati banyak tempat wisata dalam satu waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.