Sukses

9 Manfaat Kentang untuk Wajah, Bisa Atasi Kulit Kering Hingga Menghilangkan Noda Hitam

9 manfaat kentang untuk wajah yang penting untuk kamu ketahui

Liputan6.com, Jakarta Kentang adalah salah satu bahan makanan yang populer dan sering kita temui. Kentang dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat seperti nasi, dan di beberapa tempat, kentang adalah makanan pokok bagi masyarakat. Selain kaya akan karbohidrat, kentang juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Tidak hanya bagi kesehatan tubuh, ada banyak manfaat kentang untuk wajah yang bisa kita nikmati. Kentang dapat membantu kita untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan merawat kulit wajah kita supaya tetap sehat dan cantik. Kentang dapat membantu mencerahkan wajah, menghilangkan flek hitam, hingga memudarkan bekas jerawat.

Banyaknya manfaat kentang untuk wajah perlu untuk kita pahami supaya kita dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Berikut ini berbagai manfaat kentang untuk wajah yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (14/7/2022)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kentang Untuk Wajah

1. Mencerahkan wajah

Manfaat kentang untuk wajah yang pertama ialah membantu mencerahkan wajah. Mengutip dari situs web Juicychemistry, kentang mengandung azelaic acid yang berfungsi sebagai pencerah wajah alami. Oleh karena itu, mengkonsumsi kentang dapat mempercepat hilangnya bekas luka dan mencerahkan kulit wajah yang kusam.

2. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat kentang untuk wajah yang berikutnya ialah mencegah penuaan dini. Penuaan dini ditandai dengan munculnya keruta di sekitar mata dan garis-garis di wajah. Mengutip dari sumber yang sama, kentang adalah salah satu bahan makanan yang kaya akan vitamin C. Satu porsi jus kentang mengandung vitamin C lebih dari yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Vitamin C adalah nutrisi yang penting untuk produksi kolagen dan memperlambat penuaan dini.

Oleh karena itu, anda bisa menggunakan kentang untuk mencegah penuaan dini di wajah anda. Caranya, anda bisa menggunakan kentang sebagai masker wajah. Anda bisa mengupas kentang dan menumbuknya sampai halus. Setelah itu, anda bisa mengoleskannya pada kulit wajah anda lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air. Lakukan secara teratur untuk mencegah penuaan dini pada kulit wajah anda.

3. Mengatasi Kantung Mata Berwarna Hitam

Manfaat kentang untuk wajah yang ketiga ialah mengatasi kantung mata yang berwarna hitam. Ketika anda kelelahan dan kurang istirahat, kantung mata bisa menjadi hitam. Hal ini bisa mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Akan tetapi, masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan kentang. Kentang dapat membantu mencerahkan kulit wajah dan menghilangkan warna hitam di kantung mata. Caranya adalah dengan mengiris kentang lalu membungkusnya dengan kain. Tempelkanlah di atas lingkaran mata yang menghitam selama kurang lebih 20 menit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kentang Untuk Wajah

4. Membantu Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat kentang untuk wajah yang keempat ialah membantu memdarkan bekas jerawat di wajah. Bekas jerawat di wajah bisa membuat kita merasa terganggu dan kurang percaya diri pada penampilan kita. Tetapi janganlah khawatir, kentang dipercaya bisa membantu kita mengatasi masalah ini. Kandungan niacin di kentang dipercaya dapat membantu memudarkan bekas jerawat. Anda bisa menggunakan masker kentang secara rutin untuk membantu menghilangkan bekas jerawat yang ada di wajah.

5. Melembabkan Kulit

Manfaat kentang untuk wajah yang selanjutnya ialah melembabkan kulit wajah yang kering. Kentang adalah salah satu bahan makanan yang kaya akan nutrisi, khususnya vitamin C. Vitamin C sudah lama dikenal sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan bisa membantu mengatasi kulit wajah yang kering. Oleh sebab itu, anda bisa menggunakan kentang untuk mengatasi masalah kulit kering di wajah sekaligus menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah anda. Untuk membantu melembabkan kulit wajah, anda bisa memarut kentang lalu tambahkan setengah sendok teh dadih. Oleskan pada wajah anda secara merata lalu diamkan sejenak selama kurang lebih 20 menit sebelum membilasnya dengan air sampai bersih.

6. Mengatasi Kulit Berminyak

Manfaat kentang untuk wajah yang berikutnya ialah mengatasi kulit berminyak. Kulit berminyak tidak hanya bisa mempengaruhi penampilan, tetapi juga bisa memicu berbagai masalah di wajah. Anda juga bisa menggunakan kentang untuk mengatasi permasalahan ini. Caranya adalah dengan menghaluskan kentang dan menggunakannya sebagai masker wajah. Lakukan secara rutin dan teratur untuk membantu mengatasi permasalahan ini.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kentang Untuk Wajah

7. Mengatasi Flek Hitam di Wajah.

Manfaat kentang untuk wajah yang ketujuh ialah membantu mengatasi flek hitam di wajah. Munculnya flek hitam di wajah bisa berpengaruh pada penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Ada berbagai penyebab yang bisa menimbulkan flek hitam di wajah, mulai dari usia, paparan sinar matahari, hingga kotoran yang menumpuk di pori-pori wajah.

Untuk mengatasi permasalahan flek hitam di wajah, anda bisa menggunakan kentang. Berbagai kandungan nutrisi di dalam kentang seperti vitamin C, vitamin B, potasium, dan seng bisa membantu kita untuk menyamarkan flek hitam di wajah. Untuk menyamarkan flek hitam di wajah, anda bisa mengiris kentang tipis-tipis lalu menempelkannya di wajah secara merata. Diamkan selama beberapa menit sesudah itu bilaslah wajah dengan air biasa.

8. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat kentang untuk wajah yang selanjutnya ialah membantu mengangkat sel kulit mati. Bila tidak segera dibersihkan, sel kulit mati di wajah dapat menyebab kulit wajah tampak kusam dan bisa menyebabkan munculnya noda-noda hitam di wajah. Kentang dapat membantu kita untuk membersihkan dan mengangkat sel kulit mati di wajah. Cara membersihkan sel kulit mati di wajah menggunakan kentang cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakan kentang sebagai scrub dan menggosokkannya ke wajah anda. Diamkan sejenak selama kurang lebih 10 hingga 15 menit lalu bilaslah sampai bersih menggunakan air.

9. Membantu Mengatasi Kulit Wajah yang Terbakar Sinar Matahari

Manfaat kentang untuk wajah yang terakhir ialah membantu menyembuhkan kulit wajah yang terbakar sinar matahari. Kulit wajah yang terbakar sinar matahari dapat menyebabkan berbagai masalah seperti kulit yang terasa perih, panas, memerah, iritasi, dan melepuh.

Anda bisa menggunakan kentang untuk mengatasi masalah ini. Caranya adalah dengan memotong-motong kentang lalu oleskan ke bagian wajah yang terbakar sinar matahari. Diamkan sejenak selama kurang lebih 20 menit sebelum membilasnya sampai bersih dengan menggunakan air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.