Sukses

16 Wisata di Jawa Timur Suguhkan Panorama Alam Nan Indah

Tempat wisata di Jawa Timur yang menyuguhkan panorama indah

Liputan6.com, Jakarta Banyak sekali wisata di Jawa Timur yang menawarkan keindahan alam menyejukan mata. Banyak destinasi yang bisa dieksplor, mulai dari wisata edukasi, kebudayaan, alam dan masih banyak lagi. Tempat ini menjadi rekomendasi liburan keluarga. Keindahan alam yang melimpah serta wisata yang terkenal hingga mancanegara, membuat tempat ini sering dikunjungi oleh banyak wisatawan. 

Wisata di Jawa Timur memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjung yang datang kesini, sekedar menghabiskan waktu liburan. Panorama alam indah dan memukau memberi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Mulai dari beberapa taman nasional, wisata pantai yang indah sejauh mata memandang, deretan pegunungan yang memiliki pesona memukau menjadikan jawa timur pilihan tepat untuk liburan bersama orang terdekat. 

Bukan pemandangan memukau saja yang memberikan daya tarik, wisata di jawa timur ini memiliki banyak budaya yang berbeda satu dengan yang lain. Banyaknya kuliner yang tersaji mampu memanjakan lidah pengunjung yang berlibur kesini. 

Berikut ini rekomendasi wisata di Jawa Timur yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/7/2022)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata di Jawa Timur

1. Gunung Semeru

Tempat wisata di Jawa Timur yang menghadirkan pesona memukau berupa gunung dan masuk dalam kategori tertinggi di Pulau Jawa. Terkenal karena pemandangannya yang indah diatas ketinggian 3.676 mdpl. Membuat para pendaki ingin menaklukan gunung ini dengan mendakinya. Saat berada disini, pengunjung bisa menikmati  pemandangan Ranu kumbolo. Danau ini yang berada di ketinggian 2.400 Mdpl, membuat wisatawan yang datang melihat lebih dekat indahnya sunrise.

2. Gunung Welirang

Tempat wisata di Jawa Timur yang bisa wisatawan jumpai adalah Gunung Welirang. Gunung yang terletak di antara perbatasan Kabupaten Malang dan Mojokerto. Memiliki ketinggian 3.156 mdpl, Gunung Welirang ini terkenal dengan belerangnya yang menakjubkan. Mayarakat yang tinggal disini, sebagian bekerja sebagai pengumpul belerang. Saat berada disini, jangan lupa untuk mengabadikan momen indahmu.

3. Gunung Ijen

Tempat wisata di Jawa Timur selanjutnya adalah Gunung Ijen. Gunung yang berada tepat di ujung Jawa Timur ini merupakan perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso. Saat berada di gunung ini kamu dapat melihat fenomena blue fire atau api biru yang hanya ada di Ijen. Tak mengherankan ketika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang penasaran dan mengunjungi tempat ini. 

4. Gunung Kelud

Gunung Kelud berada di perbatasan Kota Malang, Kediri dan Blitar ini merupakan destinasi wisata di Jawa Timur yang wajib dikunjungi saat berlibur kesini. Gunung ini memiliki danau dengan kawah hijau tosca yang terlihat begitu menawan. Pengunjung juga bisa menikmati wisata air panas yang ada disini. Gunung Kelud ini memiliki daya tarik tersendiri meskipun memiliki ketinggian 1.731 mdpl.

5. Gunung Bromo

Tempat wisata di Jawa Timur yang cukup menduni adalah Gunung Bromo. Gunung Bromo masih berada dalam satu kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Wisata Jawa Timur ini menyajikan pemandangan sunrise dan padang pasirnya yang sangat luas. Gunung yang tidak terlalu tinggi ini, membuat pengunjung yang datang bisa mengaksesnya dengan menunggangi kuda. Terkenal dengan pemandangan indah, membuat gunung ini menjadi tempat prawedding bagi pasangan yang ingin mengabadikan momen indah. 

 

3 dari 4 halaman

Wisata di Jawa Timur

6. Taman Nasional Baluran

Tempat wisata di Jawa Timur selanjutnya, berada di wilayah Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi. Tempat yang memiliki luas 250 km² membuat tempat ini dijadikan sebagai taman nasional Kecil di wilayah Jawa Timur.  Meskipun dengan luas yang tidak terlalu besar, tempat ini memiliki daya tarik tersediri, karena Baluran adalah padang savana yang mendominasi wilayah tersebut. Taman Nasional ini memiliki kurang lebih 44 jenis flora, 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung.

7. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang terletak di 4 wilayah administratif. Mulai dari Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Daya tarik taman nasional ini adalah jajaran gunung seperti Semeru, Bromo, Batok, serta beberapa gunung lainnya. Tempat ini juga memiliki kurang lebih 1.025 jenis flora, 158 jenis Anggrek yang 40 jenis diantaranya tergolong langka, serta beberapa satwa lainnya yang menjadi rekomendasi tempat wisata keluarga. 

8. Kebun Teh Wonosari, Malang

Kebun Teh Wonosari merupakan salah satu wisata di Jawa Timur yang  terletak di kaki Gunung Arjuna, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Saat berada disini, pengunjung bisa berjalan-jalan juga mengambil foto selfie di jembatan yang baru dibangun beberapa waktu lalu. Fasilitas di wisata kebun teh ini juga tergolong lengkap, seperti kereta mini yang digunakan untuk berkeliling kebun teh, kebun binatang mini dan pemandian air hangat yang cocok sekali buat Anda yang ingin berendam di tengah udara sejuk pegunungan. 

9. Kebun Teh Gambir, Jember

Tempat wisata di Jawa Timur yang selanjutnya adalah Kebun Teh Gambir. Tempat yang terletak di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember.  Berada tepat di lereng Gunung Argopuro dengan ketinggian 900 Mdpl membuat udara di kebun teh ini terasa sejuk. Menjadi rekomendasi untuk pengunjung yang suka camping dan ingin bermalam menikmati sejuk serta dinginnya udara malam.

 

 

4 dari 4 halaman

Wisata di Jawa Timur

10. Pantai Pulau Merah

Salah satu wisata di Jawa Timur yang memiliki keunikan menarik adalah Pantai Pulau Merah. Pulau yang memiliki pulau kecil setinggi 200 meter dengan tanah dan pasir kemerahan. antai ini dikenal dengan airnya yang jernih serta hamparan pasir putihnya yang membentang hingga 3 kmn ini berhasil memikat wisatawan melalui bentuknya yang menyerupai pegunungan yang berada di tengah pantai. Tempat ini menjadi rekomendasi liburan yang cocok untuk keluarga. 

11. Pantai Tiga Warna

Wisata di Jawa Timur yang satu ini memiliki keunikan, dimana pantai yang berada disini memiliki tiga warna berbeda. Saat pengunjung yang datang kesini, bisa melihat langsung warna pantai ini, merah, hijau, dan biru. Pantai ini memiliki penjagaan yang sangat maksimal. Tempat ini juga memiliki  kuota maksimal pengunjung yang datang setiap harinya. Pembatasan jumlah pengunjung ini berguna untuk menjaga kelestarian serta kealamian dari pantai ini. Saat berada disini, pengunjung juga bisa melihat pura megah yang bernama Pura Luhur Amertha Jati, dan sebuah jembatan yang menghubungkannya melalui pantai utama Balekambang. 

13. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur, yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Tempat ini begitu unik karena adanya air terjun yang langsung jatuh ke pantai selatan. Saat berkunjung ke tempat wisata di Jawa Timur ini pengunjung bisa melihat pantai ini diapit oleh dua buah tebing yang tidak tinggi namun terlihat indah. Jangan lewatkan untuk mandi dan berendam di pantai ini, karena Air terjun yang jatuh ke pantai ini sangat jernih dan segar. 

14. Ranu Agung

Ranu Agung merupakan sebuah objek wisata danau di Probolinggo dan wisata ini cukup terkenal. Konon danau ini terbentuk karena letusan Gunung Lemongan. Karena peristiwa ini, membuat pemandangan di danau ini sangat indah, dilengkap dengan tebing-tebing tinggi yang ada di sekitar danau. Cuacanya yang sangat sejuk membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di sana.

15. Ranu Gumbolo

Rekomendasi tempat wisata danau di Jawa Timur yang satu ini menjadi salah satu tempat wisata yang cukup populer di Tulungagung. Pemandangannya yang indah, lengkap dengan perbukitan hijau yang ada di tepiannya membuat cukup banyak wisatawan lokal dan luar Jawa Timur yang datang ke lokasi wisata ini. Saat berada disini, jangan lupa untuk mengabadikan momen indah berlatar perbukitan hijau. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.