Sukses

15 Wisata Budaya Jogja yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

Rekomendasi tempat wisata budaya Jogja yang sayang dilewatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Daerah Istimewa Jogjakarta adalah salah satu provinsi di Indonesia yang kekayaan wisata budayanya tak perlu dipertanyakan lagi. Di mana saja lokasi tempat wisata budaya Jogja yang terkenal dan wajib dikunjungi?

Keraton Pusat Jogjakarta adalah yang paling terkenal. Sejarah mencatat, Keraton Pusat sebagai tempat wisata budaya Jogja yang terkenal, kuat menjadi bukti masa kejayaan simbol kejayaan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat hingga saat ini.

Tak hanya keraton, tempat wisata budaya Jogja yang terkenal masih ada banyak sekali. Mulai dari tempat-tempat yang menjadi jejak kemegahan kerajaan, seperti Taman Sari hingga Situs Warung Boto. Kemudian tempat wisata budaya Jogja yang terkenal dan wajib dikunjungi adalah situs-situs candinya.

Candi di Jogjakarta wajib dikunjungi karena ini bukti masuknya agama Hindu dan Budha di Indonesia. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam lima belas tempat wisata budaya Jogja yang terkenal, Jumat (15/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Budaya Jogja yang Terkenal

1. Taman Sari

Taman Sari adalah wisata budaya Jogja yang terkenal. Tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I sebagai tempat peristirahatan para istri dan selir raja. Cocok untuk menyaksikan kemegahan kerajaan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Kebun istana kraton Ngayogyokarto yang menjadi wisata budaya Jogja yang terkenal ini, memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan 50-an bangunan. Mulai dari kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air.

2. Keraton

Keraton pusat adalah wisata budaya Jogja yang terkenal. Ini istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Kompleks bangunan keraton yang menjadi tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini, masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan.

Tempat wisata budaya Jogja yang terkenal seperti Keraton Pusat ini menjadi simbol kejayaan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat hingga saat ini. Keraton Yogyakarta dapat disambangi setiap hari mulai pukul 09.00 – 14.00 WIB. Tiap Jumat jam kunjung hanya sampai pukul 11.00 WIB.

3. Goa Slarong

Goa slarong adalah wisata budaya Jogja yang terkenal. Lokasi tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini, berada di Dusun Kembang Putihan, Gowasari, Pajangan, Bantul.

Lokasi tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini sarat nilai historis karena bagian dari kisah perjuangan Pangeran Diponegoro semasa Pemerintahan Belanda di Indonesia.

Goa yang menjadi tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini, dulunya tempat untuk menyusun strategi dan markas perang gerilya. Goa Selarong berada dalam deretan pegunungan kapur setinggi kurang lebih 35 meter dengan pepohonan rindang dan hijau di kanan dan kirinya.

4. Museum Batik

Museum batik adalah wisata budaya Jogja yang terkenal dan wajib dikunjungi. Batik adalah kekayaan budaya (berupa benda) yang paling khas di Jogjakarta. Sejarah mencatat, tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini, berdiri sejak tahun 1977.

Tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini menyimpan beragam kain batik khas Jogjakarta maupun daerah lain di Indonesia. Termasuk pula peralatan membatik dan sulaman. Ada pula wisata edukasi pembuatan batik di wisata budaya Jogja yang terkenal ini.

5. Museum Affandi

Museum affandi adalah wisata budaya Jogja yang terkenal. Ini tempat tinggal sekaligus studio lukis milik Affandi, pelukis terkenal yang namanya tersohor di Indonesia. Di tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini penuh dengan karya seni milik Affandi. Selain itu, tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini, juga menyimpan lukisan karya Sudjojono, Hendra Gunawan, Barli, Muchtar Apin, serta Popo Iskandar.

3 dari 4 halaman

Wisata Budaya Jogja yang Terkenal

6. Situs Warungboto

Situs Warungboto adalah wisata budaya Jogja yang terkenal dan wajib dikunjungi. Sekilas, tempat wisata budaya Jogja yang terkenal Situs Warungboto sebagai pesanggrahan Rejowinangun ini mirip dengan Taman Sari.

Sejarah mencatat, tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini mulanya lokasi pesanggrahan dan pemandian raja yang dibangun pada era HB II. Tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini memiliki banyak ruang, mulai dari ruang utama hingga pendukung. Ruang utama ada di bagian utama pesanggrahan, meliputi ruang pengimaman dan kolam.

7. Museum Ullen Sentalu

Museum ullen sentalu adalah wisata budaya Jogja yang terkenal. Lokasi tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini berada di lereng Merapi kurang lebih 50 menit dari kota Jogja. Di tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini, tersimpan berbagai koleksi peninggalan Kerajaan Mataram. Arsitektur bangunan indah menyatu dengan alam di sekelilingnya.

8. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg adalah wisata budaya Jogja yang terkenal. Benteng Vredeburg sebagai tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini berupa beteng peninggalan Belanda yang dibangun untuk memudahkan dalam mengontrol segala perkembangan yang terjadi di dalam Kraton Jogjakarta. Tertarik berkunjung ke tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini?

9. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko adalah wisata budaya Jogja yang terkenal dan wajib dikunjungi. Candi Ratu Boko dikenal sebagai situs purbakala berbentuk pemukiman. Ratu Boko diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra.

Situs Ratu Boko yang menjadi tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini, menjadi kompleks profan, lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, hingga pagar pelindung. Tertarik berkunjung ke tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini?

10. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah wisata budaya Jogja yang terkenal. Lokasi tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini berada di perbatasan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Klaten.

Pintu masuk kompleks wisata budaya Jogja yang terkenal candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten. Candi Prambanan sebagai tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini, candi Hindu terbesar di Indonesia dan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

4 dari 4 halaman

Wisata Budaya Jogja yang Terkenal

11. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo adalah wisata budaya Jogja yang terkenal dan wajib dikunjungi. Lokasi tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini, berada di nol kilometer Jogjakarta atau di Jalan Pangurakan Nomor 6, Ngupasan, Gondomanan.

Di tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini, memiliki koleksi kebudayaan Jawa terlengkap setelah Museum Nasional Indonesia yang ada di Jakarta. Ada lebih dari 40 ribu benda bersejarah dan penting. Mulai dari kategori filologi, seni rupa, arkeologi, hingga historika.

12. Candi Sambisari

Candi Sambisari adalah wisata budaya Jogja yang terkenal. Tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini berupa candi bercorak Hindu yang berlokasi di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini diperkirakan dibangun pada dekade awal abad ke-9. Tertarik berkunjung ke tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini?

13. Candi Morang

Candi morang adalah wisata budaya Jogja yang terkenal dan wajib dikunjungi. Lokasi tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini berada di Dusun Morangan, Sindumartani, Ngemplak, Sleman, DIY.

Tempat wisata budaya Jogja yang terkenal berupa candi ini, bercorak agama Hindu yang berada tak jauh dari Kali Gendol Merapi. Sejarah memperkirakan wisata budaya Jogja yang terkenal ini dibangun pada abad ke-9 atau ke-10 Masehi pada masa Kerajaan Mataram kuno.

14. Candi Kalasan

Candi Kalasan adalah wisata budaya Jogja yang terkenal. Sejarah memperkirakan tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini telah dibangun pada abad ke-8 Masehi atas perintah Rakai Panangkaran untuk menghormati Bodhisatya Wanita atau Dewi Tara dan para pendeta Budha.

Candi Kalasan sebagai tempat wisata budaya Jogja yang terkenal, bercorak Budha yang bisa dibuktikan dari keberadaan stupa pada bagian atap candi dan diklaim sebagai candi Budha tertua di Jogjakarta. Di tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini, pengunjung bisa melihat kurang lebih terdapat 52 stupa.

15. Candi Barong

Candi barong adalah wisata budaya Jogja yang terkenal dan wajib dikunjungi. Sejarah mencatat pada awal ditemukan, wisata budaya Jogja yang terkenal bercorak Hindu ini sudah sangat hancur.

Kemudian oleh pihak yang berwenang, berhasil melakukan pemugaran yang memakan waktu kurang lebih 5 tahun dan selesai pada tahun 1992. Lokasi tempat wisata budaya Jogja yang terkenal ini, berada di Dusun Sambisari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Jogjakarta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.