Sukses

20 Wisata Sidoarjo Paling Populer, Lengkap Dengan Harga Tiketnya

Rekomendasi Daftar Wisata Sidoarjo yang paling populer lengkap dengan harga tiketnya.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Sidoarjo menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi untuk wisatawan yang berkunjung ke Jawa Timur. Kota yang terletak di perbatasan kota Surabaya dan Gresik ini menyimpan berbagai pesona keindahan alam yang menarik untuk dikunjungi dan jelajahi lebih dalam.

Saat ini wisata Sidoarjo yang paling banyak dikunjungi adalah objek wisata alam yang menjadi ciri khas keindahan kota Sidoarjo. Pesona wisata alam di Sidoarjo turut menarik banyak wisatawan luar negeri yang turut mempromosikan wisata Sidoarjo.

Wisata Sidoarjo tidak hanya tentang alamnya, namun juga sejarah, kuliner dan budayanya. Terkenal dengan sebutan kota udang, di Sidoarjo wisatawan dapat memilih berbagai macam tema wisata yang cocok dengan keinginan.

Menjadi salah satu kota berkembang di Jawa Timur, wisata Sidoarjo juga turut berkembang pesat terutama setelah adanya tragedi lumpur panas Lapindo yang mengangkat popularitasnya di seluruh Indonesia.

Sebagai rekomendasi wisatawan saat mengunjungi Sidoarjo, berikut ini Lipuran6.com rangkum daftar wisata Sidoarjo yang dapat dikunjungi selama berlibur di Jawa Timur, lengkap dengan harga tiket masuknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Sidoarjo Paling Populer

1. Pantai Kepetingan

Wisata Sidoarjo pertama yang bisa dikunjungi wisatawan adalah pantai kepetingan. Disini pengunjung dapat merasakan sensasi berjalan-jalan di pinggir pantai dengan dikelilingi oleh hutan bakau dan tambak udang.

Selain keindahan alam, juga memiliki atraksi religi dan budaya. Pada hari-hari tertentu, pantai menjadi pusat kegiatan budaya bagi para petani setempat. Salah satu upacara yang harus dilihat adalah festival Nyadran, ritual tahunan sebagai rasa syukur kepada Tuhan. Tradisi yang mengacu pada pelepasan sesaji ke laut sering diadakan di bulan Ramadhan.

Tidak ada biaya tiket masuk namun wisatawan harus mengeluarkan sejumlah uang untuk tiket kapal yang harganya mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 50.000 (harga tergantung kesepakatan).

 

2. Kebun Coklat, Balongbendo

Wisata Sidoarjo selanjutnya adalah Kebun Coklat di Balong Bendo. Terletak di Jalan Raya Balongbendo nomor 151. Pengunjung bisa mencoba berbagai macam makanan lezat yang bisa dipilih seperti mi gombyor, mi cower, dan masih banyak lagi. Lokasi kebun the juga dihias dengan tema perkebunan kakao yang dipenuhi dengan gemerlap lampu yang cocok sebagai latar belakang foto.

Untuk menuju ke sini, pengunjung bisa mengambil jalur utama Krian-Mojokerto. Lanjut ke jembatan Bangkalan, belok kanan sampai melihat persawahan dengan anak sungai; di situlah Kebun Cokelat berada. Disini pengunjung cukup membayar biaya dari makanan yang dimakan saja.

 

3. Tour Lumpur Panas Lapindo

Wisata Sidoarjo yang terkenal dari tragedi yang menggemparkan Indonesia adalah Tour Lumpur Panas Lapindo. Disini selain melihat situs lokasi lumpur Lapindo yang ikonik terdapat atraksi lain seperti deretan patung lumpur (kebanyakan manusia) yang bervariasi dalam ukuran, bentuk, dan pose; yang menggambarkan betapa mengerikan tragedi lumpur Lapindo.

Lumpur Lapindo terletak di Kecamatan Porong, Sidoarjo. Disini pengunjung tidak dikenakan biaya masuk namun akan dikenakan biaya layanan parkir. sehingga pengunjung dapat menjelajahi tempat ini kapan saja. Direkomendasikan untuk datang sore hari untuk melihat pemandangan terbaik.

 

4. Tempat Pemancingan Delta

Terkenal sebagai kota udang, wisata Sidoarjo yang wajib dikunjungi adalah pemancingan delta. Objek wisata ini sangat cocok untuk wisatawan yang memiliki hobi memancing dengan menyediakan fasilitas memancing yang sangat lengkap. Disini juga terdapat berbagai kolam yang dipenuhi tanaman teratai dan berbagai jenis ikan mulai dari ikan gurame , patin, mujai, bawal, dan tombro.

Selain aktivitas memancing, para pengunjung dapat menikmati fasilitas seperti kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, area flying fox, perahu angsa, taman bermain, dan banyak lainnya. Harga tiket masuk yang dikenakan juga terbilang murah yaitu Rp.10.000 hingga Rp.20.000 saja.

 

5. Jungle Water Park

Tempat wisata Sidoarjo berikutnya yang bisa dikunjungi adalah Jungle Water Park. Terletak di Desa Ketegan, Tanggulangin. Tempat ini menawarkan berbagai macam wahana air untuk anak-anak dan orang dewasa. Selain itu, tersedia pula kolam renang yang bervariasi untuk bayi, balita, anak-anak, dan dewasa.

Jam buka tempat ramai ini adalah dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore, dan biaya masuknya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Tidak jauh dari situ, 25 menit ke arah selatan, terdapat sentra produksi tas kulit bernama Tanggulangin yang bisa dikunjungi wisatawan yang ingin berbelanja.

3 dari 5 halaman

Wisata Sidoarjo Paling Populer

6. Wisata Bahari Pulau Sarinah dan Tlocor

Wisata Sidoarjo juga terkenal dengan wisata pulaunya, yaitu Pulau Sarinah yang terletak di Desa Tlocor, Kecamatan Jabon, Sidoarjo.  Untuk menikmati keindahan pulau ini, pengunjung bisa mengambil paket wisata yang diberi nama Tlocor Marine.

Perjalanan dimulai dari dermaga Tlocor, 15 km dari kecamatan Porong, Sidoarjo dengan menggunakan perahu nelayan (bisa disewa dari nelayan setempat). Nikmati momen menyeberangi sungai dengan pemandangan mangrove yang eksotis. Saat air surut, dibutuhkan hanya 15 menit naik perahu dari dermaga ke pulau. Sebaliknya, butuh waktu lebih lama saat air pasang. Biaya sewa perahu Rp 150.000 hingga Rp 200.000.

 

7. Taman Abhirama

Wisata Sidoarjo juga cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga besar, yaitu Taman Abhirama yang terletak di Pagerwojo, Buduran Sidoarjo. Disini pengunjung dapat bersantai dan merasakan suasana tenang di antara pepohonan rindang di pusat kota, terdapat gazebo untuk menghabiskan waktu santai dan berkumpul bersama keluarga, serta kolam ikan dengan air mancur yang indah.

Selain itu terdapat berbagai macam patung hewan artistik dan wahana untuk dimainkan anak-anak. Untuk berkunjung disini wisatawan bisa bebas memasuki situs gratis dan hanya dikenakan biaya layanan parkir.

 

8. Pazkul Kahuripan Nirwana

Wisata Sidoarjo juga tidak lepas dari kulinernya yang beragam, yaitu Pazkul Kahuripan Nirwana yang merupakan pasar kuliner dengan konsep food court dengan eksterior Go Green; meja rindang dengan payung, Green Park, dan lampu taman yang romantis.

Terdapat live music dari pop hingga jazz yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Live band dengan musisi populer Indonesia juga kerap tampil di atas panggung, menghibur para pengunjung. Untuk masuk ke area ini wisatawan cukup membayar biaya parkir saja.

 

9. Museum Mpu Tantular

Wisata sidoarjo berikutnya yang cocok untuk wisata sejarah dan edukasi adalah Museum Mpu Tantular. Dibangun di atas lahan seluas 3,3 hektar, tempat ini merupakan salah satu museum tertua di Jawa Timur. Mpu Tantular berasal dari nama penyair terkenal yang hidup pada masa Raja Hayam Wuruk, pencetus semboyan nasional “Bhinneka Tunggal Ika.”

Di museum ini pengunjung dapat melihat banyak koleksi barang antik dan benda bersejarah yang terawat baik. Selain peninggalan kerajaan, pusat-pusat kepentingan lain yang berkaitan dengan numismatika, geologi, etnografi, dan biologi. Untuk berkunjung pengunjung akan dikenakan biaya sekitar Rp 3.000 hingga Rp 5.000.

 

10. Hutan Prambon

Wisata Sidoarjo yang cocok untuk keluarga lainnya adalah Hutan Prambon. Objek wisata yang terletak di Prambon ini merupakan taman rekreasi edukatif yang dipadukan untuk meningkatkan kecerdasan, kondisi fisik, dan kesehatan mental anak.

Selain itu, anak-anak juga dapat memanfaatkan fasilitas outbond seperti jaring laba-laba, line bridge, chain swing, crawling net, dan permainan lumpur. Kegiatan ini di bawah bimbingan instruktur profesional yang menjamin kenyamanan dan keamanan anak-anak. Paket wisata yang mencakup semua kegiatan tersebut dikenakan biaya Rp 55.000.

4 dari 5 halaman

Wisata Sidoarjo Paling Populer

11. Alun-Alun dan Tugu Sidoarjo

Wisata Sidoarjo yang sering dikunjungi wisatawan adalah Alun-alun kota Sidoarjo. Lokasi ini menjadi salah satu tempat yang ideal untuk menghabiskan akhir pekan dan hari libur. Ruang hijau dipenuhi dengan rumput yang terawat baik dan pohon palem raksasa sehingga pengunjung bisa bersantai selama berjam-jam.

Para pengunjung dapat melakukan beberapa aktivitas seperti berolahraga, jogging, bersantai, dan melakukan petualangan kuliner, pengunjung juga dapat mengabadikan momen  dengan berfoto candid dengan latar belakang landmark ikonik seperti Monumen Jayandaru, dan patung udang serta ikan bandeng. Pengunjung cukup membayar tiket parkir sebesar Rp.2.000.

 

12. Wisata Kampoeng Batik Jetis

Wisata Sidoarjo juga memiliki wisata yang bertema budaya batik yaitu Kampoeng Batik Jetis. Berdiri sejak tahun 1675 dan terletak di Jalan P. Diponegoro Lemahputro. Kampoeng Batik jetis hanya sebagai pasar batik, pengunjung juga bisa mencoba proses pembuatan batik.

Disini pengunjung bisa membeli beragam batik. Harga Batik Print pun bervariasi mulai dari Rp 150.000 hingga jutaan rupiah. Jika anda ingin menambah koleksi Batik atau belajar membatik dari ahlinya, pastikan untuk mengunjungi Kampoeng Batik Tulis.

 

13. Candi Pari

Wisata Sidoarjo dengan tema wisata sejarah berikutnya adalah Candi Pari yang dibangun ketika Raja Hayam Wuruk memerintah. Struktur kuno candi Pari, berbeda dari sisa-sisa candi Majapahit lainnya. Arsitekturnya merupakan perpaduan antara desain Khmer dan Thailand. Di situs ini, pengunjung bisa mendapatkan pengetahuan lebih tentang kerajaan Majapahit.

Untuk menuju ke candi Pari, anda dapat mengambil rute menuju desa Candi Pari, Porong, Sidoarjo, yang berjarak 15 km dari pusat kota. Jam bukanya dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore, dan tiket masuknya Rp 3.000 per orang.

 

14. Taman Air Suncity

Wisata Sidoarjo dengan tema wisata air yang bisa dikunjungi adalah Suncity Water Park yang terletak di Jalan Pahlawan nomor 1 Sidoarjo. Menawarkan berbagai macam wahana air dan fasilitas pendukungnya. Selain berenang, pengunjung juga bisa mencoba mandi busa, air mancur, wahana air, seluncuran naga, dan masih banyak lagi.

Waterboom terbesar di kota Sidoarjo adalah tempat dimana pengunjung dapat menyaksikan beberapa pertunjukan langsung dari budaya hingga pertunjukan musik modern. Jam buka Suncity Waterpark adalah dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Tiket masuknya Rp 25.000 untuk weekdays dan Rp 30.000 untuk weekend.

 

15. Tour Kali Porong

Wisata Sidoarjo yang terkenal berikutnya adalah Tour Kali Porong, Kali Porong tidak hanya digunakan untuk waduk, tetapi keberadaannya telah menjadi sektor penting bagi pariwisata. Kali Porong yang terletak di Kecamatan Jabon ini menyuguhkan pemandangan yang indah.

Untuk mencapainya kali porong, pengunjung dapat mengambil rute dan pergi sekitar 15 km ke selatan dari pusat kota. Anda bisa berkunjung lebih pagi dan tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis kecuali jika anda berencana untuk mengambil tur perahu maka akan dikenakan biaya sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

5 dari 5 halaman

Wisata Sidoarjo Paling Populer

16. Permata Water Park

wisata Sidoarjo untuk liburan keluarga berikutnya adalah di Permata Water Park, Tanggulangin Sidoarjo. Berbeda dengan Suncity Water yang terletak di pusat kota, Permata Water Park terletak dalam jarak 15 menit dari pusat kota, di Jalan Raya Kludan Tanggulangin. Beberapa fasilitas seperti tempat outbound untuk anak-anak juga disediakan.

Spot seru untuk bermain air antara lain perosotan spiral, perosotan balap, perosotan keluarga, ember tumpah, dan masih banyak lagi. Kolam renang untuk balita dan bayi meliputi baby pool dan sliding baby. Untuk fasilitas outbond, anak-anak bisa mencoba flying fox dan panjat tebing. Jam bukanya dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore, dan tiket masuknya mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 25.000.

 

17. Gading Fajar Night Market

Wisata Sidoarjo juga menarik untuk dijelajahi saat malam hari, yaitu pasar malam Gading Fajar. Di area seluas 1 kilometer ini, pengunjung dapat menemukan hiruk pikuk pasar malam yang menawarkan berbagai item terjangkau seperti fashion, peralatan rumah tangga, teknologi, dan hewan peliharaan.

Untuk datang kesini pengunjung dapat mengambil rute ke stasiun Buduran dari pusat kota Surabaya dan belok kiri melalui Jalan Kembar dan kompleks perumahan Taman Pinang-Gading Fajar. Hanya beberapa menit dari sana, pengunjung bisa sampai di lokasi.

 

18. Wisata Kampung Sepatu Krian

Wisata Sidoarjo juga tersedia untuk wisatawan yang suka belanja, yaitu Kampung Sepatu Krian. Kampung Sepatu Krian dikenal sebagai pusat bisnis dan tujuan belanja. Di sini, anda bisa mendapatkan semua jenis sepatu dan meminta pembuat sepatu membuatnya khusus untuk anda.

Kampung Sepatu Krian terletak di Desa Masangan, Kecamatan Krian. Anda bisa mengambil jalur utama Surabaya-Mojokerto yang menuju ke Krian By Pass. Dibutuhkan waktu 10 menit berkendara untuk mencapai lokasi.

 

19. Wisata Produksi Tas Tanggulangin

Wisata Sidoarjo yang cocok untuk belanja berikutnya adalah Pusat Produksi Tas Tanggulangin. Tanggulangin telah dikenal sebagai produsen tas kulit berkualitas tinggi sejak tahun 1970-an; mereka bahkan diakui secara internasional.

Salah satu produksi terbaiknya adalah INTAKO, yang diekspor ke luar negeri. Untuk menuju ke sini, anda bisa mengambil rute Surabaya-Malang dan berhenti di kawasan kecamatan Tanggulangin. Pusat produksi dapat diakses dengan skuter, mobil, atau bus.

 

20. Legok Asri Suko Legok

Wisata Sidoarjo yang terakhir adalah Legok Asri Suko Legok. Mengusung tema alam yang memadukan konsep restoran dan dilengkapi dengan fasilitas seperti kolam renang, tempat outbond, dan area pemancingan. anda bisa bersantai di gazebo sambil menikmati pemandangan alam yang hijau.

Jam buka Legok Asri dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam, dan tiket masuknya Rp 10.000. Anda perlu membayar biaya tambahan mulai dari Rp 5.000 hingga ratusan ribu rupiah untuk aktivitas seperti berenang, memancing, outbond, dan lain sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.