Sukses

Cara Memakai Masker Saat Pandemi COVID-19 yang Benar, Simak Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta - Di masa pandemi dengan ancaman infeksi virus hingga bakteri mematikan, cara memakai masker yang benar wajib diperhatikan dengan saksama. Memahami cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar akan menjadikan kualitas perlindungan diri maksimal.

Melansir dari laman website resmi penanganan COVID-19 oleh Pemerintah Indonesia melalui covid19.go.id, pada Jumat (15/7/2022) cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar penting diketahui bagi orang yang sakit dan orang yang menangani orang sakit seperti tenaga medis di rumah sakit.

Cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar dijelaskan harus dimulai dengan mencuci tangan agar terbebas dari kotoran. Kemudian cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar harus merapatkan kawat apabila itu masker medis. Lalu, apakah cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar harus mengombinasikan antara masker kain dan medis?

Berikut Liputan6.com ulas penjelasan cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar, Jumat (15/7/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Cara Memakai Masker Saat Pandemi COVID-19 yang Benar

Memahami cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar adalah hal paling penting untuk bisa menjaga kesehatan yang bersumber dari polusi hingga infeksi. Bagaimana cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar?

Di masa pandemi dengan ancaman infeksi virus hingga bakteri, cara memakai masker yang benar wajib diperhatikan dengan saksama. Cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar, penting diketahui bagi orang yang sedang sakit atau mereka yang merawat orang sakit.

Melansir dari laman website resmi penanganan COVID-19 oleh Pemerintah Indonesia melalui covid19.go.id, begini cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar untuk menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit mematikan:

1. Mencuci Tangan

Cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar adalah sebelum memasang masker, pastikan untuk cuci tangan pakai sabun dan air mengalir (minimal 20 detik).

Apabila tidak tersedia, cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar bisa mulai dengan menggunakan cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%).

2. Memasang

Cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar setelah mencuci tangan, ambil masker dan pasang masker untuk menutupi mulut dan hidung. Cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar, pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker.

3. Jangan Menyentuh

Cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar, waspadai untuk menghindari menyentuh masker saat digunakan.

Apabila terlanjur tersentuh, cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar adalah cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik.

Lalu bila tidak ada, cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar pakailah cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%)

4. Mengganti

Cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar adalah mengganti masker yang basah atau lembab dengan masker baru. Masker medis hanya boleh digunakan satu kali saja. Sementara masker kain, dapat digunakan berulang kali.

5. Melepas

Cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar untuk bagian melepas adalah lepaskan dari belakang. Jangan sentuh bagian depan masker.

Sementara, cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar bagian melepas masker 1x pakai, buang segera di tempat sampah tertutup atau kantong plastik. Khusus masker kain, tangani dengan segera cuci dengan deterjen.

3 dari 3 halaman

Cara Memakai Masker Saat Pandemi COVID-19 yang Benar Selanjutnya

Apabila sudah memahami inti dari cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar, selanjutnya pahami kombinasi cara memakai masker saat pandemi COVID-19 agar benar-benar efektif menyaring partikel penyebab penyakit.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC, membagikan cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar agar efektivitasnya menyaring partikel lebih tinggi.

CDC melakukan penelitian, bahwa cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar dengan masker dobel, atau mengombinasikan masker bedah di bagian dalam dan masker kain di bagian luar akan membuat orang yang memakai sulit bernapas.

Akan tetapi ini bukan kekhawatiran, dalam penelitian itu ahli mengungkap pasokan oksigen saat seseorang menerapkan cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang dobel tidak akan kekurangan atau tidak menghambat pasokan oksigen.  

Apabila ingin menerapkan cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang dikombinasikan, memakai masker bedah dengan mengikat tali pengait masker di sisi kiri dan kanan pipi hingga membentuk simpul.

Kemudian cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang dikombinasikan, tempatkan masker bedah di lapisan dalam dan masker kain untuk lapisan luar.

Begini cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar dengan masker bedah saja menurut CDC:

1. Cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar adalah mulai dengan melipat masker bedah menjadi dua bagian, sehingga bagian atas dan bawah bertemu.

2. Kemudian cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar, ikat tali pengait masker membentuk simpul dan lipat sudut-sudut masker ke bagian dalam.

3. Cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang benar bagian akhir, jangan lupa menekan kawat agar mengikuti bentuk hidung sehingga tidak ada celah antara masker dengan wajah.

CDC menjelaskan praktik cara memakai masker saat pandemi COVID-19 yang dobel atau kombinasi yang salah adalah:

1. Masker bedah + masker bedah

2. Masker kain + masker kain

3. Masker N95 dengan masker lainnya.

Dijelaskan CDC, masker N95 tidak perlu lagi didobel dengan masker kain. Ini karena masker N95 sudah bisa menyegel wajah dan menyaring 95 persen partikel dengan maksimal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.