Sukses

14 Cara Agar Cepat Tinggi, Mudah Dilakukan dengan Metode Alami

Cara agar cepat tinggi dengan mudah

Liputan6.com, Jakarta Cara agar cepat tinggi dapat dilakukan dengan mudah serta metode yang alami. Tidak perlu untuk mengonsumsi obat tinggi badan, yang tentu menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi sistem tubuh. Dengan pola makan yang sehat, istirahat yang cukup juga rutin melakukan olahraga. 

Hal ini cukup membantu merangsang otot agar tumbuh tinggi. Cara agar cepat tinggi dapat diwujudkan dengan gaya hidup sehat yang diterapkan juga diperhatikan. 60 persen hingga 80 persen tinggi badan dipengaruhi oleh genetik, akan tetapi bagi kamu yang memiliki tinggi badan dalam kategori cukup, bisa memenuhi asupan gizi dengan rajin berolahraga dan asupan nutrisi yang terjaga. 

Cara agar cepat tinggi selain olahraga dan pola makan yang teratur, biasanya juga tumbuh secara alami ketika usia 1 tahun hingga memasuki masa pubertas. Saat melewati masa pubertas, pertumbuhan menjadi lambat bahkan bisa berhenti untuk tumbuh lebih tinggi. 

Berikut ini cara agar cepat tinggi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/7/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Agar Cepat Tinggi

1. Stretching

Dengan stretching atau peregangan merupakan latihan fisik mudah agar otot menjadi lemas dan nyaman. Cara yang cukup alami ini dapat membantu tubuh agar cepat tinggi. Hal ini biasa dilakukan sebelum dan sesudah berolahraga. Peregangan yang dilakukan setelah bangun dari tidur juga merupakan salah satu cara menambah tinggi badan, bisa dilakukan dalam 1 minggu agar efektif. Lakukan peregangan secara berurutan mulai dari tubuh bagian atas ke tubuh bagian bawah. Jangan lakukan peregangan secara acak, Jika seperti itu maka  dapat menyebabkan peredaran darah tidak teratur dan dapat menyebabkan mual dan pusing.

 2. Menendang

Selain berenang, cara agar cepat tinggi adalah dengan melakukan kegiatan menendang. Yang dimaksudkan dengan menendang adalah salah satu bentuk olahraga. Menendang akan membuat otot serta tulang akan merasakan sensasi ditarik sehingga akan merangsang pertumbuhan tulang kaki agar lebih panjang dan tentu saja menjadi lebih tinggi. Jika menyukai olahraga yang memicu gerakan kaki  seperti futsal, yakni saat menendang bola, sangat bagus untuk dicoba, dengan rutin seminggu sekali cukup untuk merangsang pertumbuhan agar cepat tinggi.

 3. Melompat

Melompat juga sama dengan menendang. Otot kaki akan terstimulasi sehingga tubuh akan menjadi lebih tinggi. Kegiatan seperti ini dapat membantu agar cepat tinggi. Lakukan setiap hari selama 15 menit, hanya dengan melompat-lompat, atau bisa dipadukan dengan lompat tali. Lakukanlah seminggu sekali atau bisa lebih, namun jangan dilakukan secara berlebihan. 

4. Yoga

Yoga merupakan kegiatan melatih tubuh yang berfungsi untuk meregangkan tubuh. Dengan peregangan yang dilakukan setiap kali yoga, efektif sebagai salah satu cara untuk menambah tinggi badan.

 

5. Rajin minum susu dengan kalsium tinggi

Salah satu cara agar cepat tinggi secara alami, adalah dengan mengonsumsi susu dengan kalsium yang tinggi juga memiliki kandungan proteinnya. Dikarenakan kalsium memiliki zat yang penting dalam menjaga kesehatan tulang. Saat membeli produk susu, pastikan masih dalam tabel gizi tertera vitamin D. Karena dengan vitamin D membantu dalam penyerapan kalsium dalam tubuh. Kalsium yang dikonsumsi dengan baik, membantu dalam pertumbuhan tulang pada anak  juga membantu pencegahan pengeroposan tulang atau osteoporosis.

 6. Rajin minum air mineral

Cara agar cepat tinggi secara alamiah yakni dengan mengonsumsi air mineral. Air mineral mengandung mineral yang mudah larut dan sangat cepat dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu disarankan untuk rajin minum air mineral sebanyak 8 gelas setiap harinya.

7. Menjaga postur tubuh tetap tegak

Secara tidak sadar, orang melakukan postur tubuh yang salah seperti berjalan dengan membungkuk atau duduk dengan posisi bungkuk. Hal ini akan menyebabkan pertumbuhan tulang menjadi terganggu. Oleh sebab itu harus secara sadar melakukan postur tubuh tegap baik pada saat berdiri, berjalan, maupun duduk agar membantu untuk tumbuh tinggi lebih cepat.

8. Menghentikan kebiasaan tidak sehat

Cara lain yang perlu dilakukan agar tumbuh tinggi dengan cepat secara alami adalah mulai untuk menghentikan kebiasaan tidak sehat seperti sering makan junk food, merokok, minum minuman beralkohol. Dimana kebiasaan ini menjadi penghambat pertumbuhan tinggi badan.

 

3 dari 4 halaman

Cara Agar Cepat Tinggi

9. Mendapatkan sinar matahari cukup

Sinar matahari adalah salah satu sumber vitamin D yang paling penting. Dengan sinar matahari pagi yang dibutuhkan, sangat bermanfaat untuk tubuh karena radiasi ultraviolet berada pada titik terendah selama waktu ini. Vitamin D sangat berperan penting dalam pengaturan kalsium dan menjaga kadar fosfor dalam darah. Tubuh membutuhkan vitamin D untuk memungkinkan usus menstimulasi dan menyerap kalsium. Hal ini merupakan salah satu cara alami agar cepat tinggi.

10. Mengonsumsi makanan berkalsium tinggi

Tidak hanya rajin minum susu, cara agar cepat tinggi secara alami yang bisa dilakukan adalah konsumsi makanan berkalsium agar proses pertumbuhan tinggi badan semakin maksimal. Makanan yang berkalsium tinggi misalnya adalah biji-bijian, keju, yogurt, sarden dan salmon, kacang, lentil, almond, dan masih banyak lainnya.

11. Mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi

Mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi tentu sangat berperan penting bagi proses pertumbuhan tinggi badan. Hal ini sangat bermanfaat selain mengonsumsi susu dengan kalsium tinggi. Makanan bernutrisi tentu saja makanan yang mengandung protein dan vitamin yang tinggi. Lebih bagus lagi jika juga mengandung kalsium. Contoh makanan bernutrisi tinggi adalah goji berries, biji chia, blueberry, sawi, dan masih banyak lagi lainnya. Cara ini ampuh dalam menambah berat dan tinggi badan agar memiliki tinggi dan berat badan yang idea

4 dari 4 halaman

Cara Agar Cepat Tinggi

12. Beristirahat yang cukup

Selain makanan yang membantu proses agar tumbuh tinggi, dengan beristirahat cukup. Dikarenakan hormon pertumbuhan (HGH) diproduksi ketika tubuh sedang beristirahat atau tidur. Jangan melewatkan waktu tidur, karena waktu tidur minimal 8 jam sehari. Manfaatnya tidak hanya agar produksi hormon pertumbuhan tidak terhambat, namun dengan tidur yang teratur, membantu proses regenerasi sel dan jaringan tubuh.

13. Tidur dengan posisi yang benar

Ternyata tidur dengan posisi tidur yang salah dapat menyebabkan pertumbuhan tulang dan postur tubuh tidak benar. Agar cepat tumbuh tinggi, disarankan untuk memperhatikan posisi tidur yang baik, seperti tulang yang melengkung dan postur tubuh yang bungkuk. Cara tidur yang baik untuk menambah tinggi badan adalah dengan telentang, yakni wajah menghadap atas, serta kaki diluruskan tanpa memeluk guling, dan tidak menggunakan bantal yang terlalu tinggi.

14. Berenang

Dengan berenang dipercaya sebagai cara yang cukup ampuh dalam menambah tinggi badan dengan cepat secara alami. Hal ini dikarenakan berenang melatih semua otot-otot serta merangsang otot juga tubuh dan membantu pertumbuhan tinggi Anda. Dengan berenang, hormon-hormon pertumbuhan akan terpicu untuk terus berproduksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.