Sukses

6 Penyebab HP Mati Total, Pahami Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Handphone merupakan alat komunikasi yang sangat membantu dalam beraktivitas. Salah satu mimpi buruk yang sering dijumpai oleh pengguna adalah perangkat yang digunakan tidak menyala atau bahkan mati total. Penyebab Hp mati total biasanya terjadi karena beberapa kemungkinan.

Situasi yang muncul seperti ini, cukup mengganggu pengguna dalam beraktivitas yang membutuhkan ponsel. 

Penyebab Hp mati total biasanya terjadi ketika ponsel sedang melakukan pembaruan perangkat internal, ataupun kondisi baterai yang rusak. Menghadapi kondisi seperti ini, jangan kuatir, karena hal seperti ini wajar ketika terjadi. 

Mengetahui penyebab hp mati total jangan langsung dibawah ke tempat service, namun bisa melakukan beberapa langkah untuk mengetahui penyebabnya. 

Berikut ini penyebab hp mati total yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/7/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Penyebab HP Mati Total

1. Masalah Pada Charger

Penyebab Hp mati total, karena terjadi masalah pada charger yang digunakan. Beberapa kejadian ini sering terjadi, dan membuat hp mati total. Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk mengatasi charger yang bermasalah. Kalau hal ini terjadi, Cek debu juga kotoran yang ada di port charger, dan pastikan apakah kabel charger-mu baik-baik saja. Jika tidak, kamu perlu mengganti kabel tersebut. Bisa juga kamu harus menekan dan menahan tombol power selama beberapa detik, kira-kira 10 hingga 30 detik.

2. Cek Kondisi Baterai

Pada umumnya, penyebab hp mati total, dikarenakan baterai hp yang sudah rusak atau lowbat menjadi penyebab smartphone-mu tidak dapat menyala. Baterai hp juga memiliki masa hidup dan setiap tahun kualitasnya terus menurun. Jika saat dihubungkan tidak ada respon, berarti ada masalah dengan baterai Hp. Kamu bisa mengganti baterai hp yang lama dengan baterai yang baru. Baterai mungkin mengalami kerusakan dan harus dibawa ke pusat perbaikan untuk diperiksa dan diganti. Jangan mencoba membongkar baterai yang terpasang sendiri karena dapat merusak seluruh perangkat.

 

3 dari 4 halaman

Penyebab HP Mati Total

3. Reset Perangkat Android-mu

Penyebab hp mati total, ada kemungkinan dapat menyala kembali akan tetapi terkadang Hp tidak dapat masuk ke proses boot atau ke menu awal, Hal ini biasanya disebabkan karena ROM pada hp bermasalah. Dan langkah untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan melakukan reset perangkat Android-mu. Tapi sebelum melakukan reset pada perangkat, pastikan semua data sudah aman karena dalam melakukan reset, terjadi kehilangan sebagian data pada ponsel.

4. Penyetelan Ulang Perangkat Internal

Penyebab HP mati total biasanya juga karena tanpa disadari, kamu melakukan penyetelan ulang pada perangkat internal. Sistem terkadang bisa mati setelah penggunaan yang lama untuk memuat ulang memorinya. Jangan kuatir, hal ini adalah situasi yang normal, karena tidak membahayakan ponsel. Untuk itu sesekali mulai ulang (reset) perangkat setelah digunakan selama beberapa hari untuk mengatur ulang sistem dan menghapus cache aplikasi.

4 dari 4 halaman

Penyebab HP Mati Total

5. Penggunaan CPU Yang Tinggi

Penyebab HP mati total bisa terjadi karena penggunaan CPU ponsel yang tinggi. CPU ponsel berfungsi menjalankan sejumlah aplikasi di latar belakang. Namun, penggunaan arus yang terlalu tinggi serta jangka panjang oleh suatu aplikasi akan membutuhkan CPU untuk mengatur ulang dan membuat ponsel mati secara otomatis.

6. Bug pada Firmware

Penyebab hp mati total selanjutnya, adalah gangguan perangkat lunak dan bug di firmware juga dapat menjadi penyebab HP mati. Produsen ponsel selalu bekerja untuk memperbaiki bug firmware apa pun yang dapat menyebabkan perangkat berjalan lambat, menguras baterai, dan bahkan menyebabkan ketidakstabilan pada sistem. Oleh sebab itu disarankan untuk memperbarui perangkat secara teratur ketika muncul pembaruan. Untuk memeriksa dan menginstal pembaruan pada perangkat, buka aplikasi Pengaturan ponsel dan arahkan ke Sistem di bagian bawah, lalu ketuk Pembaruan sistem untuk memeriksa pembaruan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.