Sukses

9 Cara Mengatasi Gigi Berlubang Secara Alami, Bisa Dipraktikkan di Rumah

Ini cara mengatasi gigi berlubang secara alami.

Liputan6.com, Jakarta Ada beragam cara mengatasi gigi berlubang. Gigi berlubang dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Sakit gigi yang disebabkan oleh gigi berlubang juga bisa mengganggu ketika menjalankan rutinitas sehari-hari.

Gigi berlubang dapat terjadi pada siapa saja. Baik anak-anak maupun orang tua dapat memiliki lubang di gigi yang menyebabkan rasa sakit yang parah. Lubang di gigi bisa disebabkan oleh banyaknya bakteri di dalam mulut yang bisa merusak gigi. Bakteri-bakteri ini menggunakan makanan yang kita konsumsi, terutama gula dan pati untuk membuat asam yang merusak gigi.

Sakit gigi bisa sangat menyebalkan. Ia tidak hanya menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, tetapi juga bisa menyebabkan demam, dan bahkan bisa membuat suasana hati kita menjadi buruk. Akan tetapi janganlah khawatir. Ada beberapa cara mengatasi gigi berlubang secara alami yang bisa kamu lakukan di rumah.

Berikut ini adalah 9 cara mengatasi gigi berlubang yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (15/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Gigi Berlubang

1. Garam

Salah satu cara mengatasi gigi berlubang adalah dengan menggunakan garam. Garam adalah antiseptik alami yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan mulut. Garam memiliki kandungan sodium yang sangat tinggi. Kandungan sodium pada garam dapat membantu kita untuk membasmi bakteri-bakteri yang ada di mulut yang menjadi penyebab gigi berlubang.

Untuk mengatasi gigi yang berlubang, kamu bisa menyeduh 2 sdm garam dengan segelas air hangat. Gunakan air garam tersebut untuk kumur setiap selesai menyikat gigmu untuk membantu membunuh bakteri-bakteri di mulut. Lakukanlah secara rutin untuk mencegah gigimu berlubang.

2. Daun Jambu Biji

Cara mengatasi gigi berlubang yang selanjutnya ialah dengan menggunakan daun jambu biji. Daun jambu biji bisa membantumu untuk menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh gigi yang berlubang. Kandungan zat yang terdapat di dalam daun jambu biji memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, serta analgesi yang kuat. Kandungan-kandungan tersebut tidak hanya membantumu untuk mengurangi rasa sakit yang kamu rasakan , tetapi juga baik untuk membantu menjaga kesehatan mulutmu. Untuk menggunakan daun jambu biji sebagai obat sakit gigi, kamu bisa mengunyahnya secara langsung ataupun merebusnya dan menggunakan air rebusan daun jambu biji untuk berkumur setelah menyikat gigi.

3. Teh Hijau

Cara mengatasi gigi berlubang yang lain ialah dengan menggunakan teh hijau. Mengutip dari situs web Pharmaeasy, teh hijau memiliki kemampuan anti bakteri. Kemampuan ini membuat teh hijau dapat membantu kita untuk membunuh bakteri-bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Selain itu, teh hijau juga kaya akan kandungan fluoride yang tinggi. Fluoride adalah mineral yang melindungi gigi dari kerusakan dengan membantu mereka mendapatkan kembali mineral yang dibutuhkan.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Gigi Berlubang

4. Gel Aloe Vera

Gel Aloe Vera dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengatasi gigi berlubang. Dikutip dari sumber yang sama, Aloe vera memilki kemampuan anti-mikroba (pembunuh kuman) serta anti-inflamasi (meredakan peradangan) karena mengandung senyawa bioaktif. Aloe vera terbukti dapat membunuh bakter-bakteri di mulut yang menyebabkan gigi berlubang. Oleh karena itu, gel aloe vera dapat membantu kita untuk melindungi gigi dari kerusakan. Kamu bisa menggunakan gel aloe vera sebagai pasta gigi untuk menyikat gigimu secara rutin untuk menjaga kesehatan gigimu. Kamu juga bisa membuat jus aloe vera dan meminumnya secara langsung.

5. Lemon

Kamu bisa menggunakan lemon sebagai salah satu cara mengatasi gigi berlubang. Lemon mengandung asam yang berfingsi sebagai alkali alami yang membantu menyeimbangkan kadan pH di dalam mulut. Selain itu, lemon juga salah satu anti-bakteri alami yang efektif untuk membunuh berbagai bakteri di dalam mulut yang menyebabkan gigi berlubang. Cara menggunakan lemon untuk menjaga kesehatan gigimu adalah dengan memeras air lemon lalu mencampurnya dengan segelas air hangat. Aduklah sampai rata lalu gunakan air tersebut untuk berkumur. Lakukanlah secara rutin 3 kali sehari untuk membunuh bakter-bakteri di mulutmu dan menjaga gigimu tetap sehat.

6. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga bisa menjadi alternatif cara mengatasi gigi berlubang. Kalau kamu tidak bisa menemukan lemon atau harga lemon terlalu mahal, kamu bisa menggantinya dengan jeruk nipis. Sama seperti lemon, jeruk nipis memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membantumu untuk menyingkirkan bakteri-bakteri di mulut secara efektif dan membantumu untuk menjaga gigimu supaya tetap sehat. Cara menggunakan jeruk nipis untuk merawat gigimu hampir sama dengan lemon. Cukup peras 2 buah jeruk nipis lalu campurlah air perasannya dengan segelas air hangat. Gunakan air tersebut untuk berkumur secara rutin untuk menjaga gigimu supaya tetap sehat dan tidak berlubang.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Gigi Berlubang

7. Bawang Putih

Cara mengatasi gigi berlubang yang selanjutnya ialah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih adalah salah satu anti-septik alami. Kandungan-kandungan yang terdapat di dalam bawang putih dapat membantu kita untuk membunuh berbagai bakteri dan kuman yang terdapat di dalam tubuh secara efektif. Dengan demikian, bawang putih dapat membantu kita membunuh bakteri di dalam mulut kita dan menjaga gigi kita tetap sehat dan tidak berlubang. Kamu bisa menggunakan bawang putih untuk mengobati gigi yang berlubang. Caranya adalah dengan menumbuk satu siung bawang putih sampai benar-benar halus dan 1 sdt garam lalu tempelkanlah di gigi yang sakit.

8. Bawang Merah

Bawang merah juga bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatasi gigi berlubang. Sama seperti bawang putih, Bawang merah adalah antiseptik alami yang bisa membantu kita membunuh berbagai bakteri dan kuman secara efektif. Jadi, kalau kamu tidak punya bawang putih di rumah, kamu bisa menggantinya dengan bawang merah. Cara untuk menggunakannya juga sama. Tumbuklah satu butir bawang merah dan 1 sdt garam dan oleskan ke gigi yang sakit.

9. Lada

Kamu juga bisa menggunakan lada atau merica untuk mengatasi gigi yang berlubang. Lada memiliki kemampuan antibakteri, anti-inflamasi serta analgesik. Lada dapat membantu kita untuk memberishkan mulut dari bakteri-bakteri dan menjaga supaya gigi kita tetap sehat dan tidak berlubang. Cara menggunakan lada untuk mengatasi gigi berlubang juga cukup mudah. Caranya adalah dengan mencampurkan lada yang sudah dihaluskan dan garam, lalu tambahkan sedikit ai. Campurlah sampai berbentuk seperti pasta lalu oleskanlah ke gigimu yang sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.