Sukses

10 Penyebab Wajah Kusam dan Cara Mengatasinya, Jangan Salah Langkah

Penyebab wajah kusam dan cara mengatasinya mulai dari karena radikal bebas hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab wajah kusam dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor baik luar dan dalam tubuh. Kondisi wajah kusam ini biasanya ditandai dengan kulit yang terlihat layu, kurang segar dan tidak cerah. Akibatnya penampilan pun ikut terlihat tidak maksimal.

Banyaknya faktor penyebab wajah kusam membuat terkadang kulit kusam tidak dapat dihindari, terutama dengan kehidupan dan gaya hidup yang dijalani. Faktor yang menjadi penyebab wajah kusam ini mulai dari kebiasaan begadang hingga larut malam, terkena polusi dan paparan sinar UV, hingga kondisi stress yang dihadapi.

Faktanya kulit mampu untuk melepaskan sel-sel mati secara teratur agar membuat wajah terlihat lebih cerah, namun sayangnya proses ini kerap kali terganggu karena suatu hal dan akhirnya menjadi salah satu penyebab wajah kusam yang kita alami.

Ada banyak alasan penyebab wajah kusam dapat terjadi. Bahkan hal-hal kecil seperti tidak membersihkan wajah dengan benar dapat menyebabkan kulit menjadi terlihat pucat. Namun, jangan khawatir. karena terdapat beberapa langkah atau cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi wajah kusam.  

Untuk pembahasan lebih lengkapnya berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (15/7/2022), Pengertian wajah kusam, penyebab wajah kusam lengkap dengan cara mengatasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab wajah kusam

Kulit kusam didefinisikan sebagai kulit yang kurang bersinar dan tampak datar atau tidak menarik. Berbeda dengan kulit bercahaya, yang lebih tembus cahaya dan memantulkan cahaya secara merata, kulit kusam seringkali memiliki warna atau tekstur kulit yang tidak merata, menyebabkan pantulan cahaya menjadi kurang merata.

Untuk mendapatkan kembali kulit wajah yang cerah, pertama-tama perlu diketahui penyebab wajah kusam yang dialami mulai dari yang berasal dari faktor internal hingga faktor eksternal.

1. Penuaan

Penyebab wajah kusam yang pertama adalah karena penuaan, salah satu alasan mengapa proses penuaan begitu ditakuti adalah karena kerusakan yang ditimbulkannya pada kulit. Saat Anda muda, kulit menjadi bercahaya berkat berlimpahnya dua protein penting yang menjaga struktur kulit yaitu kolagen dan elastin.

Sayangnya, produksinya melambat seiring bertambahnya usia, dan kulit yang tidak memiliki kolagen dan elastin yang cukup akan meningkatkan tingkat hidrasi dan membuat kulit menjadi kering. Bersamaan dengan paparan sinar matahari yang berlebihan selama bertahun-tahun dan kerusakan akibat radikal bebas, hal ini dapat menyebabkan wajah menjadi kusam.

2. Sel Kulit Mati

Penyebab wajah kusam yang kedua adalah adanya sel kulit mati di wajah. Kulit kita secara alami melepaskan jutaan sel kulit mati setiap harinya dan menyisakan kulit yang sehat sebagai gantinya. Namun, terkadang sel kulit mati menumpuk di kulit dan tidak dibersihkan dengan benar.

Sel-sel mati yang menumpuk ini mencegah kulit untuk dapat memantulkan cahaya dan membuat kulit terlihat kusam. Ini bisa menjadi semakin umum seiring bertambahnya usia, karena kemampuan kulit untuk beregenerasi menurun seiring bertambahnya usia, menyebabkan sel-sel kulit mati menumpuk.

3. Dehidrasi

Penyebab wajah kusam yang ketiga adalah kulit yang mengalami Dehidrasi. Jika Anda tidak minum cukup air, tingkat kelembaban di bawah permukaan kulit akan ikut berkurang, dan kulit mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat dikenali saat kulit terasa kendur, kasar dan muncul kerutan pada kulit.

Kulit yang mengalami dehidrasi juga sulit untuk memperbaiki dirinya sendiri, hingga akhirnya menghasilkan tanda yang lebih terlihat dari hiperpigmentasi atau bekas jerawat . Semua kombinasi ini akhirnya membuat kulit terlihat pucat dan lelah.

4. Radikal bebas

Penyebab wajah kusam juga disebabkan oleh faktor lingkungan, yaitu karena adanya radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh dan dapat berdampak buruk pada kulit.

Kotoran dan bahan kimia yang ditemukan dalam polusi menciptakan radikal bebas pada kulit, merusak kolagen dan meningkatkan produksi pigmen. Singkatnya, radikal bebas dapat mempercepat tanda-tanda penuaan pada kulit dan akhirnya mengakibatkan kulit kusam.

3 dari 4 halaman

Penyebab wajah kusam

5. Kurang tidur

Kurang tidur juga turut menjadi penyebab wajah kusam yang anda alami. Saat tidur, kulit anda memperbaiki dirinya sendiri berkat peningkatan kadar melatonin (hormon yang mengontrol siklus tidur-bangun) dan penurunan kadar kortisol (hormon stres). Sehingga  kurang tidur dan tidur yang terganggu dapat mempengaruhi kulit menjadi kusam dan mempengaruhi pancaran cahaya.

Penelitian juga menunjukkan bahwa bahkan hanya satu malam tidur yang buruk dapat mencegah sel-sel kulit bekerja pada tingkat optimalnya. Kurang tidur dapat secara signifikan mengurangi pancaran kulit dan dapat menyebabkan hilangnya elastisitas, memperburuk munculnya kerutan.

6. Tidak menghapus riasan sebelum tidur

Penyebab wajah kusam juga berupa kebiasaan sehari-hari seperti tidak menghapus riasan sebelum tidur. Saat anda tidur tanpa menghapus riasan, anda meninggalkan lapisan bekas riasan dan sel kulit mati di permukaan kulit,

Hal ini dapat menyulitkan kulit untuk bernapas dan memperbaiki dirinya sendiri saat anda tidur. Selain menyebabkan kulit kusam, memakai riasan ke tempat tidur juga meningkatkan risiko terkena jerawat parah dan penuaan dini.

7. Tidak menggunakan tabir surya

Penyebab wajah kusam berikutnya adalah tidak menggunakan tabir surya saat beraktifitas diluar ruangan. Paparan sinar matahari adalah penyebab utama kulit kusam dan lelah. Mengekspos kulit langsung pada radiasi UV dapat membentuk radikal bebas.

Seperti disebutkan di atas, radikal bebas merusak kolagen dan meningkatkan pigmentasi, menyebabkan kulit kusam & kulit tidak merata. Setiap kali anda melewatkan SPF, bahkan pada hari berawan, kulit anda rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari .

8. Stres

Tidak hanya faktor langsung yang mengenai kulit, stress juga bisa menjadi penyebab wajah kusam. Stres adalah penyebab dari hampir setiap masalah atau kondisi gangguan pada kulit. Dari mulai jerawat hingga wajah yang terlihat kusam, stres hadir sebagai kemungkinan penyebabnya.

Ini terjadi karena respons fight-or-flight muncul ketika anda cemas dan mengalirkan darah dari wajah ke seluruh tubuh. Karena adanya kekurangan darah di wajah, kulit menjadi terlihat tidak bernyawa. Stres juga menyebabkan kortisol meningkat yang mempengaruhi aliran darah dan perbaikan kulit.

9. Gaya hidup tidak sehat

Penyebab wajah kusam selanjutnya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Memiliki gaya hidup sehat sangat penting jika anda ingin memiliki kulit bercahaya. Merokok, makan terlalu banyak makanan olahan, tidak berolahraga, dan minum alkohol dapat mempengaruhi kesehatan dan kecerahan kulit secara signifikan.

Hal ini karena makanan atau minuman yang anda konsumsi dapat mempengaruhi perkembangan sel-sel dalam tubuh termasuk sel kulit yang berperan untuk menampilkan kulit wajah yang sehat dan bercahaya.

10. Menggunakan terlalu banyak riasan

Penyebab wajah kusam yang terakhir adalah kebiasaan menggunakan terlalu banyak riasan. Meskipun menggunakan riasan adalah cara yang bagus untuk memastikan kulit agar tidak cepat berminyak, bukan ide yang baik untuk menggunakannya terlalu sering.

Karena hal ini dapat menyebabkan kulit anda kehilangan pancarannya. Kulit pada dasarnya menyerap cahaya dan juga menyerap minyak, menggunakan terlalu banyak riasan dapat menyebabkan kulit kehilangan kemampuannya untuk menyerap cahaya dan minyak secara alami.

4 dari 4 halaman

Cara mengatasi penyebab wajah kusam

Menghindari penyebab wajah kusam bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Dengan perawatan yang tepat kulit anda dapat berubah dari kusam menjadi cerah hanya dalam beberapa langkah sederhana. Berikut rinciannya:

1. Masukkan antioksidan ke dalam rutinitas perawatan kulit

Antioksidan adalah molekul yang melindungi kulit dari radikal bebas dengan berbagai cara. Sebagai permulaan, mereka melindungi kulit dari faktor lingkungan yang berbahaya seperti radiasi UV, yang dapat menyebabkan kulit kusam dan kering.

Antioksidan seperti vitamin C, melindungi kulit dari sinar UV dengan menetralkan radikal bebas dan mencegahnya menyebabkan tanda gelap pada kulit garis-garis halus dan wajah pucat. Antioksidan seperti vitamin C juga merawat kulit dan memperbaiki kerusakan yang menyebabkan kulit kusam.

2. Hapus riasan sebelum tidur

Seperti disebutkan sebelumnya jika tidak menghapus riasan sebelum tidur, bekas riasan dan sel-sel mati dapat menyumbat pori-pori dan membentuk topeng yang menutupi kulit anda. Di malam hari, anda harus lebih berhati-hati saat mencuci kulit untuk memastikan telah menyingkirkan semua kotoran di kulit yang menumpuk di siang hari.

Tidur tanpa menghapus riasan akan menghentikan regenerasi kulit saat tidur dan dapat menyebabkan jerawat dan iritasi yang membuat kulit tidak bercahaya. Pastikan menghapus riasan dengan benar agar kulit anda terlihat lebih carah.

3. Menggunakan Tabir Surya

Dalam hal paparan sinar matahari yang berlebihan, pencegahan adalah kuncinya. Jangan pernah pergi sehari tanpa mengoleskan tabir surya setelah menggunakan pelembab. Bahkan jika anda tinggal di dalam ruangan, anda harus mengoleskan krim tabir surya yang baik.

 Sinar UVA & Sinar UVB dapat menembus pakaian dan bahkan jendela, lalu merusak sel-sel kulit anda tanpa disadari. Kerusakan ini menyebabkan kulit kusam, warna kulit tidak merata dan penuaan dini pada kulit. Meskipun hampir tidak mungkin untuk menghindari semua paparan sinar matahari, anda dapat membatasi kerusakan dengan menggunakan tabir surya.

4. Melembabkan kulit Anda

Untuk tetap terhidrasi di dalam dan di luar, anda perlu memastikan untuk minum cukup air setiap hari dan makan makanan dengan kandungan air tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran. Namun, jika kulit anda mengalami dehidrasi, tingkatkan rutinitas perawatan kulit  untuk menghindari kulit yang kusam.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.