Sukses

4 Cara Membersihkan Usus yang Kotor, Alami dan Sehat

Cara membersihkan usus kotor secara alami yang bisa dipraktikkan di rumah

Liputan6.com, Jakarta Cara membersihkan usus penting untuk kamu ketahui. Sebagai salah satu organ pencernaan manusia, usus bisa menyimpan sisa-sisa makanan yang selama ini kamu konsumsi dan menyebabkan usus menjadi kotor. 

Tidak semua sisa makanan yang dikonsumsi dibuang saat buang air besar. Sebagian dari sisa makanan tersebut akan tersisa dan menempel di dinding-dinding usus. Jika dibiarkan, sisa-sia makanan tersebut akan menumpuk dan dapat menyebabkan berbagai penyakit serta gangguan pencernaan.

Untuk menjaga kesehatan tubuh dan sistem pencernaan, penting untuk menjaga kebersihan usus. Ada berbagai cara membersihkan usus secara alami yang dapat kamu lakukan di rumah. Pola makan yang sehat adalah salah satu cara untuk membersihkan usus dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Berikut ini beberapa cara membersihkan usus secara alami yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (15/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala Usus Kotor

Usus yang kotor dapat menyebabkan berbagai penyakit dan gangguan pencernaan. Sisa-sisa makanan yang menempel dan menumpuk didinding usus dapat menjadi racun dan bercampur dengan makanan yang kamu konsumsi. Sebelum mengetahui cara membersihkan usus, penting mengetahui gejala usus yang kotor. Usus yang kotor dapat menimbulkan beberapa gejala. Berikut ini adalah beberapa gejala usus kotor yang perlu kamu ketahui dan waspadai:

1. Sistem Kekebalan Tubuh yang Buruk

Kalau kamu sering sakit dan memiliki kekebalan tubuh yang buruk, itu mungkin salah satu gejala usus kotor. Usus sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh. 80% dari sistem kekebalan tubuh kita berada di usus. Mereka bertugas untuk menjaga tubuh dari kandungan-kandungan berbahaya yang masuk bersama makanan dan juga menjaga dari bakteri-bakteri yang ada di dalam sistem pencernaan. Oleh karena itu, menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan membuat hidup lebih sehat.

2. Mudah Lelah

Kalau kamu cepat lelah dan kurang bergairah dalam menjalankan aktivitasmu sehari-hari, itu juga bisa menjadi tanda usus kotor. Sisa-sisa makanan yang menempel di usus kita dapat berubah menjadi racun. Racun tersebut bisa masuk ke darah melalui saluran limfa. Hal ini membuatmu merasa cepat lelah dan kurang bersemangat. Racun yang masuk ke dalam darah juga bisa menyebabkan berbagai penyakit dan menurunkan sistem kekebalan tubuhmu. Kamu juga menjadi lebih rentan untuk terinfeksi berbagai penyakit.

3. Aroma Mulut Tidak Sedap

Mulut yang bau juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa ususmu kotor. Sisa-sisa makanan yang kamu konsumsi yang menempel didinding usus dapat membusuk dan menghasilkan gas yang memiliki bau yang tidak sedap. Gas tersebut dapat naik ke bagian atas tubuh, sampai ke mulut, dan menyebabkan mulut menjadi bau.

4. Sulit Buang Air Besar

Gejala usus kotor yang berikutnya ialah kesulitan buang air besar atau sembelit. Sisa-sisa makanan di usus dapat menyebabkan usus tidak memproduksi lendir yang dibutuhkan. Lendir-lendir tersebut membantu mempermudah membuang sisa-sisa makanan di dalam usus (buang air besar). Usus yang tidak memproduksi cukup lendir membuat seseorang kesulitan untuk buang air besar. Pola makan yang tidak sehat, stres, dan konsumsi obat-obatan juga bisa menyebabkan masalah ini.

3 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Usus

Setelah mengetahui gejala usus kotor, ada baiknya mengetahui cara membersihkan usus. Dengan membersihkan usus, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan pencernaan. Berikut ini beberapa cara membersihkan usus secara alami yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Mengonsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih yang cukup bisa menjadi salah satu cara membersihkan usus. Mengonsusi air putih yang mencukupi setiap harinya dapat membantu kamu untuk menjaga kebersihan usus dan kesehatan sistem pencernaanmu. Kurangnya cairan di usus dalam waktu yang lama dapat menyebabkan sembelit yang berujung pada menumpuknya sisa makanan dan racun di dalam usus.

Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, kamu perlu untuk enam hingga delapan gelas air putih setiap hari. Kamu juga bisa menambahkan lemon atau jeruk nipis untuk tambahan rasa. Air garam juga bisa membantumu untuk membersihkan ususmu. Kamu cukup melarutkan 2 sendok teh garam ke dalam satu gelas air putiih hangat dan meminumnya saat perut kosong.

2. Konsumsi Sayuran

Cara membersihkan usus yang berikutnya ialah dengan mengkonsumsi sayur-sayuran yang tinggi serat. Sayur-sayuran mengandung selulosa dan serat yang dapat membantu untuk mengumpulkan sisa-sisa makanan yang menempel di dinding usu dan membuatnya menjadi lebih mudah untuk dibuang. Selain itu, mengkonsumsi sayur-sayuran juga dapat membantu tubuh untuk mengatur buang air besar dan usus yang terlalu aktif. Di samping itu, sayur-sayuran juga membantu meningkatkan bakter-bakteri baik yang membantu pencernaan. Oleh sebab itu, mengkonsumsi sayur-sayuran yang cukup secara teratur dapat membantumu untuk membersihkan usus dan menjaga kesehatan sistem pencernaanmu.

4 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Usus

3. Konsumsi Buah-Buahan

Mengonsumsi buah-buahan juga bisa menjadi cara membersihkan usus yang kotor. Buah-buahan mengandung berbagai vitamin dan serat yang baik bagi pencernaan dan kesehatan tubuh manusia. Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan air juga dapat membantumu untuk menjaga tubuh supaya tidak dehidrasi.

Pisang adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi pencernaan. Antiacid alami yang terkandung dalam pisang dapat membantumu untuk membersihkan usus dari sisa-sisa makanan yang menempel dan racun. Selain itu, pisang juga kaya akan kandungan kalium yang sangat penting bagi sistem pencernaan. Kandungan potasium pada pisang juga bisa membantu tubuh untuk meningkatkan pencernaan.

4. Mengkonsumsi Aneka Macam Teh

Cara membersihkan usus yang berikutnya ialah dengan mengkonsumsi beraneka macam teh, khususnya teh herbal. Ada berbagai macam teh yang baik untuk membantumu menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan. Salah satu jenis teh yang baik untuk pencernaan adalah teh hijau. Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan yang membantu tubuh untuk menetralisir racun yang ada di dalam usus dan membantu untuk membersihkan usus dari sisa-sisa makanan yang menempel di dinding usus.

Bahan herbal lainnya seperti jahe, bawang putih, dan cabai rawit mengandung fitokimia antimikroba. Kandungan tersebut dianggap dapat menekan bakteri jahat di dalam usus. Oleh karena itu, mereka banyak digunakan untuk membersihkan usus dari sisa-sisa makanan yang menempel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.