Sukses

Pengertian Kegiatan Ekonomi adalah Bagian dari Produksi, Distribusi, dan Konsumsi

Liputan6.com, Jakarta - Apa pengertian kegiatan ekonomi? Memahami pengertian kegiatan ekonomi adalah bagian dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Pengertian kegiatan ekonomi adalah selalu melibatkan uang, barang, dan jasa.

“Bentuk kegiatan ekonomi yang dilakukan manusia meliputi tiga kegiatan, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi,” dijelaskan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Dalam buku berjudul Pelaku Kegiatan Ekonomi oleh T. Puji Rahayu, dijelaskan pengertian kegiatan ekonomi adalah kegiatan manusia memenuhi kebutuhannya. Orang yang melakukan kegiatan ekonomi adalah memiliki sebutan pelaku ekonomi.

Kegiatan ekonomi adalah aktivitas yang tujuan utamanya menciptakan kemakmuran dengan memenuhi kebutuhan secara cukup. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang pengertian kegiatan ekonomi dan contohnya, Sabtu (16/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pengertian Kegiatan Ekonomi adalah Bagian dari Produksi, Distribusi, dan Konsumsi

Memahami pengertian kegiatan ekonomi adalah berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjelaskan pengertian kegiatan ekonomi adalah kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kegiatan ekonomi adalah aktivitas yang tujuan utamanya menciptakan kemakmuran dengan memenuhi kebutuhan secara cukup. Pengertian kegiatan ekonomi adalah segala kegiatan pemenuhan kebutuhan yang pasti melibatkan uang serta pertukaran produk dan jasa.

Hal yang sama dijelaskan dalam buku berjudul Pelaku Kegiatan Ekonomi oleh T. Puji Rahayu, dijelaskan pengertian kegiatan ekonomi adalah kegiatan manusia memenuhi kebutuhannya. Orang yang melakukan kegiatan ekonomi adalah memiliki sebutan pelaku ekonomi.

Apabila sudah memahami pengertian kegiatan ekonomi adalah bergantung pada produksi, distribusi, dan konsumsi, pahami pengertiannya secara mendalam. Kegiatan ekonomi adalah produksi meliputi proses menghasilkan atau mengeluarkan hasil.

Sementara kegiatan ekonomi adalah distribusi sebagai proses menyalurkan hasil dari produksi kepada konsumen. Kegiatan distribusi umumnya dilakukan produsen kepada konsumen. Lalu, kegiatan ekonomi adalah konsumsi menjadi bagian dari proses pemakaian barang hasil produksi.

Contoh sederhana yang bisa menggambarkan pengertian kegiatan ekonomi adalah ketika petani melakukan penanaman padi dan panen. Kemudian hasil panen sawah dijual kepada pedagang besar atau distributor besar. Sementara distributor akan mengolahnya menjadi beras agar bisa dibeli dan dikonsumsi secara layak.

Selain petani, contoh kegiatan ekonomi adalah ketika nelayan menangkap ikan di laut, kemudian ikan yang didapat nelayan dari laut dilelang kepada distributor besar. Lalu, distributor besar akan menjualnya ke pasar-pasar kepada konsumen akhir agar bisa dikonsumsi.

3 dari 3 halaman

Penjelasan Inti dari Kegiatan Ekonomi dan Contohnya

Agar bisa lebih memahami pengertian kegiatan ekonomi adalah meliputi produksi, distribusi, dan konsumsi, simak penjelasan lengkapnya. Ini penjelasan pengertian kegiatan ekonomi melansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud):

1. Kegiatan Ekonomi Produksi

Pengertian kegiatan ekonomi adalah salah satu bagian pentingnya melakukan produksi. Dijelaskan, produksi dalam kegiatan ekonomi adalah untuk menghasilkan suatu barang atau jasa.

Kegiatan ekonomi adalah bagian produksi dilakukan oleh produsen dalam rangka menghasilkan barang untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

“Tujuan dari produksi adalah guna memenuhi kebutuhan para pembeli atau konsumen dan mencari keuntungan dalam menghasilkan barang dan jasa,” dijelaskan.

Apa contoh dari kegiatan ekonomi bagian produksi? Contoh kegiatan ekonomi adalah bagian produksi seperti pabrik tahu yang memproduksi tahu, pengrajin batik yang membuat batik, industri garmen yang menghasilkan pakaian, dan lain sebagainya.

2. Kegiatan Ekonomi Distribusi

Pengertian kegiatan ekonomi adalah salah satu bagian pentingnya melakukan distribusi. Dijelaskan, setelah melakukan produksi, kegiatan ekonomi adalah berikutnya melakukan distribusi.

Distribusi adalah kegiatan ekonomi dengan menyalurkan barang atau jasa dari pihak produsen kepada pihak konsumen. Orang yang melakukan distribusi disebut distributor.

“Tugas utama dari kegiatan distribusi yaitu membeli barang-barang dari pihak produsen untuk kemudian dijual kepada pihak konsumen,” dijelaskan.

Distributor sebagai pelaku kegiatan ekonomi adalah terbagi menjadi tiga jenis, yakni pedagang besar (grosir), pedagang kecil (retail), dan juga perantara. Pedagang besar adalah membeli dan menjual barang dalam jumlah yang besar.

Kemudian, pedagang kecil adalah membeli barang dari pedagang besar untuk dijual kepada pihak konsumen. Sementara perantara, memperantarakan kegiatan ekonomi antara produsen dengan konsumen.

Apa contoh dari kegiatan ekonomi adalah bagian distribusi tersebut? Contoh dari kegiatan ekonomi bagian distribusi adalah grosir sembako yang menjual produk dari produsen kepada masyarakat (konsumen).

3. Kegiatan Ekonomi Konsumsi

Pengertian kegiatan ekonomi adalah salah satu bagian pentingnya melakukan konsumsi. Dijelaskan, manusia setiap hari melakukan kegiatan ekonomi berupa konsumsi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan.

Kegiatan ekomoni adalah konsumsi dilakukan dengan menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa secara berangsur-angsur atau langsung habis. Kegiatan konsumsi bisa terjadi ketika produsen menjual barang atau jasa langsung kepada konsumen.

“Bisa juga kegiatan konsumsi terjadi ketika konsumen membeli barang atau jasa dari distributor,” dijelaskan.

Apa contoh kegiatan ekonomi adalah bagian konsumsi tersebut? Contoh kegiatan ekonomoi konsumsi adalah anak sekolah yang membeli alat tulis di toko buku, remaja yang membeli kuota internet di gerai pulsa, ataupun perusahaan otomotif yang membeli bahan baku produksi.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS