Sukses

14 Wisata Edukasi di Yogyakarta Ramah Anak, Mengenal Seni, Budaya, hingga Satwa Liar

Rekomendasi tempat wisata edukasi di Yogyakarta yang ramah anak.

Liputan6.com, Jakarta Selain untuk bersenang-senang, berwisata sebenarnya juga memiliki manfaat di bidang pendidikan. Maka memilih lokasi wisata edukasi penting bagi orang tua yang ingin anaknya tidak hanya bergembira, namun juga mendapatkan manfaat di bidang pendidikan.

Bicara soal wisata edukasi, umumnya orang akan berpikir tentang museum. Karena di sanalah koleksi sarat sejarah dan khazanah ilmu pengetahuan disimpan. Hanya saja, wisata edukasi ke museum tampaknya akan membuat anak-anak cepat bosan.

Padahal banyak orang termasuk anak-anak pergi tamasya untuk bersenang-senang. Meski demikian, wisata edukasi tidak selalu tentang museum dan hal-hal yang membuat anak-anak cepat bosan. Ada banyak tempat wisata edukasi menarik, yang tak hanya menawarkan manfaat pendidikan anak, namun juga menyenangkan.

Ada banyak tempat wisata edukasi yang bisa Anda pilih untuk menambah khazanah ilmu pengetahuan di berbagai kota, termasuk di Yogyakarta. Sebagai kota yang dikenal sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta jelas memiliki berbagai macam pilihan wisata edukasi yang tersebar di 1 kota dan 4 kabupaten.

Bahkan untuk museum saja, Yogyakarta memiliki lebih dari 20 museum. Maka tidak mengherankan jika Yogyakarta juga dikenal sebagai Kota Museum. Namun tenang, Yogyakarta tidak hanya memiliki museum saja yang menjadi tempat wisata edukasi.

Ada banyak tempat wisata edukasi yang dapat menambah khazanah pengetahuan dan juga menyenangkan bagi anak-anak yang bisa ditemukan di Yogyakarta. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (17/7/2022), berikut rekomendasi tempat wisata edukasi yang ada di Yogyakarta. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat wisata edukasi ramah anak

1. Taman Pintar

Di pusat Kota Yogyakarta terdapat tempat wisata edukasi yang sangat populer. Lokasinya pun tidak jauh dari Jalan Malioboro. Tempat wisata edukasi itu tak lain adalah Taman Pintar.

Dari namanya saja sudah bisa dibayangkan bukan, kalau tempat wisata edukasi ini sarat akan wahana bermain yang dapat menambah ilmu pengetahuan dan tempat bermain bagi anak-anak.

Taman pintar memiliki berbagai wahana edukatif yang menarik dan menyenangkan bagi anak. Wahana-wahana tersebut di antaranya, zona pengelolaan sampah, wahana bahari, science theater, zona perpustakaan, kampung kerajinan, gedung PAUD, gedung, planetarium, gedung kotak, dan gedung oval.

Bagi Anda yang berminat untuk mengajak anak-anak untuk mengunjungi Taman Pintar, tempat wisata edukasi ini berlokasi di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Anda bisa memilih berbagai program rekreasi di Taman Pintar, dengan membeli tiket yang harganya tidak akan menguras kantong Anda. Harga tiket mulai dari Rp3.000 sampai Rp22.000 tergantung wahana dan program rekreasi yang Anda pilih.

2. Sindu Kusuma Edupark (SKE)

Sindu Kusuma Edupark (SKE) merupakan sebuah tempat wisata edukasi yang berdiri di sebuah kawasan seluas tujuh hektar. SKE memiliki berbagai macam wahana, baik wahana bermain maupun wahana belajar yang bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga.

Setidaknya ada 18 wahana bermain yang bisa dinikmati di tempat wisata eduksi ini. Wahana-wahana tersebut di antaranya adalah House of Terror (Rumah Hantu), Area Ketangkasan, Bioskop 8D, Bioskop 4D, Montor Tumbur (Bumper Car), Sepeda Mabur (Flying Bicycle), Cangkir Mabur (Spinning Cup), Kursi Mabur (Flying Chair), Taman Lampu, dan Waterpark.

Jika Anda berminat untuk mengunjungi SKE, tempat wisata edukasi ini beralamat di Jalan Jambon (Jalan Magelang Km.3) Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Harga tiket masuknya mulai dari Rp25.000 sampai dengan Rp60.000.

3. Kids Fun

Kids Fun termasuk salah satu tempat wisata edukasi yang bisa Anda kunjungi di Jogja. Tempat wisata edukasi ini menawarkan berbagai permainan seru yang bisa dimainkan anak-anak hingga orang dewasa dengan aman.

Permainan seperti gokart, wahana tunggang, hingga waterboom menjadi wahana unggulan yang bisa Anda coba disini. Standar yang digunakan pun merupakan standar internasional karena tempat ini merupakan franchise dari Kids Fun Parcs yang ada di Belanda, sehingga tidak perlu dikhawatirkan lagi keamanannya.

Secara umum wahana yang ada di Kids Fun terbagi menjadi wahana keluarga, wahana anak, dan juga wahana menegangkan. Wahana-wahana di Kids Fun Jogja antara lain Bumper Car, gokart, aqua splash, flying fox, dan wall climbing. Harga tiket Kids Fun bervariasi mulai dari Rp19.000 sampai satu juta, tergantung paket yang dipilih.

4. Dino Adventure

Petualangan Dinosaurus atau Dino Adventure merupakan sebuah wahana terwujud atas kerjasama Taman Pintar dengan pihak luar. Dino Adventure merupakan salah satu bentuk wisata edukasi dimana anak bisa melakukan petualangan mengelilingi kehidupan purba yaitu kehidupan dinosaurus dengan menggunakan kereta.

Dinosaurus dikemas dalam bentuk replika raksasa dilengkapi dengan sistem suara robotik yang canggih. Ada enam jenis dinosaurus yang dapat dijumpai di Dino adventure, yaitu Tyrannosaurus (T-rex), Styracosaurus, Parasaurolophus, Allosaurus, Stegosaurus, dan Diplodocus. Sedangkan Teater 4D merupakan pemutaran film animasi anak dalam bentuk 4D sehingga penonton dapat merasakan langsung kejadian yang ada di film tersebut.

5. Wisata Edukasi Gerbang Park

Wisata Edukasi Gebang merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang terletak di wilayah Wedomartani, tepatnya di Dusun Gebang, Padukuhan Jetis, Kelurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisata edukasi ini muncul berawal dari kesadaran warga akan banyaknya potensi wisata yang sangat lengkap di wilayah Dusun Gebang. Selain terdapat Candi, wilayah dusun ini juga memiliki embung, sungai, panorama persawahan, dan masih banyak potensi lain yang memiliki cerita sejarah namun kurang terekspos ke masyarakat luas.

3 dari 4 halaman

Wisata edukasi budaya dan museum

6. Kalen Edukasi Lupatmo

Kalen edukasi Lupatmo terbentuk atas inisiasi pemuda dusun Manggung, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Mereka menjadikan kalen (sungai kecil) kampung menjadi sungai wisata edukasi.

Tujuan utama pembuatan wisata edukasi ini sebenarnya untuk menanggulangi banyaknya sampah yang dibuang oleh masyarakat ke dasar sungai. Selain itu, wisata edukasi ini juga diharapkan bisa memberi kemanfaatan kepada warga masyarakat. Disamping itu juga sebagai tempat edukasi bagi anak-anak belajar kepedulian terhadap lingkungan.

Daya tarik tempat wisata edukasi ini adalah setiap sudut sungai di dusun Manggung, telah diubah menjadi beraneka macam warna. Warna-warni yang digoreskan membentuk pola menarik menjadikan sungai kecil di Manggung menjadi lebih hidup.  Selain itu, ribuan ekor ikan yang hidup di sungai kecil itu juga menjadi daya tarik lain dari tempat wisata edukasi ini.

7. De Mata Trick Eye Museum

Apakah Anda ingin menyeberangi jembatan kayu tua di mana Anda dapat menemukan sungai aliran lahar merah di bawah jembatannya, atau ingin mendapatkan bunga dari Sri Sultan HB X, semua aktivitas itu dapat ditemukan di De Mata Trick Eye Museum,

di tempat wisata edukasi ini, pengunjung bisa merasakan sensasi tiga dimensi yang menakjubkan. Selain itu di tempat wisata edukasi ini, pengunjung juga dapat berfoto di depan background yang terlihat begitu nyata. De Mata disebut sebagai trick eye museum terbesar ketiga di dunia. Di sana terdapat 120 gambar tiga dimensi di tempat wisata edukasi yang berlokasi di kawasan XT square Yogyakarta ini.

Kehadiran De Mata Trick Eye Museum di XT square menjadi hal yang baru, unik, dan spektakuler karena merupakan museum trick eye pertama dan satu-satunya di Yogyakarta bahkan di Jawa bagian tengah. Museum ini sangat unik karena menyediakan berbagai gambar yang bertema seperti alam, olahraga, tokoh terkenal, hewan, pahlawan super, romansa, sirkus, berbagai ornamen seni, objek Wisata Taman Sari dan juga tontonan Keraton Yogyakarta

Untuk menikmati daya tarik wisata edukasi di De Mata Trick Eye Museum, Anda harus membeli tiket dengan harga yang bervariasi. Berikut daftar harga tiket De Mata Trick Eye Museum:

- Rp.30.000,- (Weekday mulai dari pukul 10.00-15.00 WIB)

- Rp.40.000,- (Weekend mulai dari pukul 10.00-15.00 WIB)

- Rp.50.000,- (Setiap hari mulai dari pukul 10.00-20.00 WIB)

Anda juga bisa menikmati paket terusan yaitu wisata De Mata Trick Eye, De Arca dan De Walik dengan harga tiket:

- Rp.120.000,- (Weekday mulai dari pukul 10.00-20.00 WIB)

- Rp.140.000,- (Weekend mulai dari pukul 10.00-20.00 WIB)

8. Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga

Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga atau dahulu bernama Museum Anak Kolong Tangga merupakan tempat wisata edukasi berupa museum mainan pertama dan satu-satunya di Indonesia. Penamaan Museum Kolong Tangga itu sendiri dulunya terletak persis di bawah tangga Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY) lantai dua yang terletak di Jl. Sriwedani No. 1, Yogyakarta tepatnya di belakang Taman Pintar.

Tempat wisata edukasi ini sempat ditutup di Taman Budaya Yogyakarta sejak Senin, 4 Juli 2017 lalu. Penutupan itu menandai berakhirnya kiprah museum yang menempati ruang kosong di bawah tangga Concert Hall lantai 2 Taman Budaya Yogyakarta sejak 2008.

Sekarang Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga masih beroperasi di Sekretariat Sementara Museum Pendidikan Dan Mainan Kolong Tangga terletak di Jalan Tirtodipuran No.26, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143, Indonesia.

9. Kampung Wisata Warungboto

Kampung Wisata Warungboto memiliki banyak potensi baik seni budaya, adat tradisi, kuliner maupun kerajinan. Tempat wisata edukasi ini juga memiliki daya tarik berupa aliran DAS Gajah Uwong sehingga kampung wisata ini juga mengembangkan atraksi yang berbasis sungai yaitu Gethekan susur sungai Gajah Uwong serta River Walk sepanjang bantaran sungai.

Selain itu, Kampung Wisata Warungboto ini juga memiliki situs Bangunan Cagar Budaya Tuk Umbul yang merupakan pesanggrahan kagungan dalem Kraton Kasultanan Yogyakarta yang kini dijadikan ikon dalam kalender event tahunan merti tuk umbul yang dikemas dalam bentuk Sendratari.

Di Kampung Wisata Warungboto ini, pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan seni dan budaya berupa seni karawitan, kesenian kethoprak, seni pertunjukan Guyon Maton, Seni Sastra Jawa Mocapat, Seni Tari Klasik dan Tari Garapan, Kesenian Rakyat Jathilan, Kesenian Reog, Kesenian Musik Modern (Band), Seni Keprajuritan Rakyat (Bergodo), dan Seni Musik Keroncong.

Dengan berbagai macam pertunjukan seni dan budaya yang ditawarkan Kampung Seni Warungboto, jelas membuat tempat wisata edukasi ini menjadi sangat ideal bagi Anda yang ingin menambah wawasan tentang seni dan budaya Jawa.

10. Omah Salak

Seperti yang bisa dilihat dari namanya, Omah salah merupakan tempat wisata edukasi berbasis agrowisata yang berfokus pada budidaya tanaman salak. Daya tarik tempat wisata edukasi ini tak lain adalah salak pondohnya yang dikenal sangat enak dan manis.

Di kebun seluas 27 hektar ini, pengunjung bisa menikmati salak dan melakukan beberapa aktivitas seperti menyusuri perkebunan salak, memetik salak, makan-makan, bahkan camping dan outbound. Jenis salak yang terdapat di sini juga beragam seperti Salak Pondoh, Salak Bali, Salak Gading dan sekitar 14 jenis salak lainnya.

Bagi Anda yang berminat untuk mengunjungi Omah Salak, tempat wisata edukasi ini berlokasi Dusun Kenteng, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Sleman.

4 dari 4 halaman

Wisata edukasi berkonsep agrowisata dan kebun raya

11. Jogja Exotarium Mini Zoo

Jogja Exotarium – Mini Zoo merupakan tempat wisata edukasi yang memiliki begitu banyak jenis satwa yang dapat Anda saksikan. Di tempat wisata edukasi ini, Anda bisa mengajak keluarga untuk memberikan makanan kepada hewan-hewan yang menjadi koleksi kebun binatang mini ini.

Meski demikian, dilarang untuk memberikan sembarangan makanan, tetapi memberikan makanan yang telah disediakan. Mulai dari jenis reptil hingga mamalia juga bisa Anda saksikan di tempat ini.

Tempat wisata edukasi ini berada di Jalan Magelang km. 8, Sleman, Yogyakarta. Untuk masuk tempat ini Anda wajib untuk membayar tiket seharga 20 ribu per orang.

12. Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo merupakan Kebun Raya dan Kebun Binatang yang berada di Kota Yogyakarta. Tempat wisata edukasi ini memiliki berbagai wahana rekreasi seperti interaksi satwa, kolam sentuh, kolam tangkap, terapi ikan, perahu kayuh, skuter air, atv, bumper boat, speed boat, perahu katamaran, dan lain lain.

Tempat wisata edukasi ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti akses wifi internet, food court/kuliner, kursi roda, gelang anak, mushola, mayang tirta, dan banyak spot foto menarik yang bisa anda temui.

Terdapat sejumlah zona di Gembira Loka Zoo, di antaranya adalah zona Petting Zoo, Zona Reptil & Amphibi, Zona Bird Park, Zona Cakar, Zona Mamalia, Zona Primata, Zona Ikan, dll.

Di Gembira Loka Zoo, pengunjung bisa berfoto bersama satwa di berbagai zona satwa. Tidak hanya itu, terdapat spot foto menarik yang instagramable di dalamnya.

13. Agro tourism Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi merupakan destinasi wisata baru yang terletak di Jalan Kaliurang 20 Km, tepatnya di belakang balai desa Harjobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini terletak di lereng Gunung Merapi.

Konsep yang diberikan oleh destinasi wisata ini adalah wisata edukasi. Tak heran jika destinasi wisata ini menjadi alternatif yang bagus untuk liburan keluarga.

Memasuki tempat wisata edukasi ini, pengunjung akan menemukan sebuah bangunan Joglo, dimana kita bisa duduk-duduk sambil bersantai. Di depan Joglo terdapat batang kayu yang tumbuh tepat di atas tanah gunung Merapi. Batang kayu ini biasa menjadi spot foto yang menarik.

Di tempat wisata edukasi ini, Anda bisa mengajak anak-anak melihat dan berinteraksi langsung dengan satwa yang menjadi koleksi Agro tourism Bhumi Merapi. Pengunjung bisa memberi makan kelinci, mencoba menyentuh ular, memerah susu kambing etawa, atau memberikan air kepada bayi kambing.

14. Taman Konservasi Sato Loka

Sato Loka ini berlokasi di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Jalan Kaliurang Km 23 Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Sato Loka mengusung konsep taman wisata edukasi satwa dan ternak.

Koleksi satwa yang ada di tempat wisata edukasi ini antara lain marmut, kura-kura, ular phyton, kambing, aneka jenis ikan dan sugar glider. Dari koleksi satwa pribadi yang ada, beberapa ada yang boleh diajak berinteraksi dan ada yang tidak boleh.

Selain berinteraksi dengan satwa, pengunjung juga bisa mencicipi hasil olahan yang ada seperti yoghurt, ice cream, susu pasteurisasi, pudding, goat milk yoghurt, yoghurt buah asli dan tentu saja rasanya dijamin enak.

Demikian rekomendasi 14 tempat wisata edukasi di Yogyakarta yang bisa menjadi pilihan tujuan Anda berlibur bersama keluarga dan tempat bermain anak-anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.