Sukses

12 Penyebab Migrain Sebelah Kanan yang Wajib Diketahui, Salah Satunya Gaya Hidup

Penyebab migrain sebelah kanan dapat terjadi karena beberapa hal, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, infeksi dan alergi, dan masih banyak yang lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab migrain sebelah kanan jarang diketahui oleh masyarakat luas. Rasa sakit ini bisa ringan, tapi bisa juga cukup berat hingga mengganggu aktivitas. Lokasi munculnya nyeri di kepala dan intensitasnya bisa menunjukkan penyebab yang berbeda-beda, sehingga penanganannya juga tidak sama.

Selain sakit kepala sebelah, gangguan kesehatan ini juga kerap disertai gejala mual, sensitif pada cahaya dan suara, sampai mata jadi tidak nyaman. Gejala ini akan terus muncul apabila tidak segera ditangani.

Penyebab migrain sebelah kanan dapat terjadi karena beberapa hal, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, infeksi dan alergi, penggunaan obat-obatan secara berlebihan, ataupun masalah neurologis. 

Berikut Liputan6.com ulas mengenai penyebab migrain sebelah kanan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (18/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penyebab Migrain Sebelah Kanan

1. Faktor Gaya Hidup

Melansir Healthline, penyebab migrain sebelah kanan jamak berasal dari faktor gaya hidup. Stres, banyak pikiran, kelelahan, dan telat makan dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kanan. Selain itu, salah posisi tidur dan duduk juga bisa menyebabkan gangguan otot di leher pemicu sakit kepala sebelah kanan.

2. Infeksi dan Alergi

Penyebab migrain sebelah kanan lainnya adalah infeksi sinus dan alergi yang menyerang saluran pernapasan. Infeksi dan alergi tersebut dapat menyebabkan peradangan. Akibatnya, muncul tekanan dan nyeri di belakang tulang pipi serta dahi. Imbas peradagan ini membuat penderita merasakan sakit kepala sebelah kanan.

3. Tumor Otak

Penyebab migrain sebelah kanan yang gejalanya tidak membaik meski sudah diobati dapat menjadi tanda tumor otak. Sakit kepala jenis ini biasanya memiliki ciri-ciri lain seperti berikut:

a. Disertai muntah atau pusing berputar.

b. Pandangan kabur.

c. Gangguan bicara.

d. Gangguan ingatan.

e. Timbul kelumpuhan.

3 dari 6 halaman

Penyebab Migrain Sebelah Kanan

4. Efek Samping Obat Tertentu

Penyebab migrain sebelah kanan yang lainnya yakni efek samping obat tertentu. Beberapa obat yang memiliki efek samping memicu sakit kepala antara lain sejumlah obat penghilang rasa sakit dan obat tidur. Obat tersebut dapat menimbulkan efek samping, terutama saat dikonsumsi di atas dosis yang disarankan atau dikonsumsi dalam jangka panjang.

5. Dehidrasi

Dehidrasi yang ringan bisa menjadi penyebab migrain sebelah kanan. Biasanya yang paling rentan terkena migrain sebelah kanan adalah wanita.

Tubuh wanita yang kekurangan cairan akan lebih lemas dari biasanya. Hal ini sangat berpengaruh pada metabolisme tubuhnya. Jika terus dibiarkan maka akan menyebabkan dehidrasi yang memicu migrain sebelah kanan.

Untuk itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sebanyak 8 gelas air putih setiap harinya. Hindari minuman bersoda, berkafein, dan mengandung pemanis buatan yang dapat memicu dehidrasi dan migrain.

6. Infeksi Sinus

Infeksi sinus bisa menjadi penyebab migrain sebelah kanan. Salah satunya yakni sinusitis yang membuat adanya peradangan pada dinding sinus.

Pada orang dewasa sinus dapat berupa pembengkakan di sekitar mata. Nyeri pada wajah, ingus berwarna kuning kehijauan, dan indra penciuman menurun. Infeksi sinus akan membuat tekanan dan rasa sakit pada belakang tulang pipi dan dahi penderita.

4 dari 6 halaman

Penyebab Migrain Sebelah Kanan

7. Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala cluster termasuk penyebab migrain sebelah kanan. Kondisi ini akan membuat adanya rasa nyeri di sekitar mata. Sakit kepala cluster juga bisa menjalar ke bagian kepala atau wajah lain, hingga leher dan pundak. Sakit kepala cluster bisa bertahan hingga berminggu-minggu sebelum mereda dengan sendirinya.

8. Perubahan Hormonal

Perubahan hormonal bisa menjadi penyebab migrain sebelah kanan. Baik hormon estrogen maupun progesteron. Tidak heran, jika migrain dimulai saat pubertas. Pengguna kontrasepsi hormonal seperti pil KB dan injeksi juga bisa menjadi penyebabnya.

9. Sakit Kepala Tegang

Sakit kepala tegang bisa menjadi penyebab migrain sebelah kanan. Sakit ini cukup umum terjadi. Kebanyakan penderita mengalaminya karena stres dan emosional. Beberapa penderita juga mengalaminya karena otot di belakang leher dan kulit kepala tegang.

Kondisi ini membuat kepala seperti ditekan benda berat atau dililit erat-erat dengan pita karet. Pegal-pegal pada pundak menjalar ke leher dan kepala. Terasa sangat pusing sampai membuat nafsu makan hilang. Kondisi ini bisa berlangsung 30 menit saja sampai satu minggu lamanya.

5 dari 6 halaman

Penyebab Migrain Sebelah Kanan

10. Trigeminal Neuralgia

Trigeminal neuralgia dikenal dengan sebutan doloureux tic. Kondisi ini dapat menjadi adalah salah satu penyebab migrain sebelah kanan. Terjadi kelainan yang menyebabkan rasa sakit pada saraf trigeminal. Saraf utama pada wajah yang berada pada bagian pelipis. Memang jarang terjadi, tetapi kelainan ini dapat memicu sakit yang parah hingga kehilangan tenaga.

11. Arteritis Temporalis

Arteritis temporalis juga penyebab migrain sebelah kanan. Adanya peradangan dan kerusakan arteri yang membawa aliran darah ke otak. Bisa berkaitan dengan infeksi serius. Hingga menyebabkan kekurangan imun sel bagian batang otak atas dan berujung pada kebutaan mendadak. Kondisi ini banyak dialami wanita usia 50 tahun, meski wanita muda juga berisiko mengalaminya.

12. Trauma

Trauma akan benda tumpul maupun tajam juga bisa menjadi penyebab migrain sebelah kanan. Biasanya, trauma akibat benda tajam menimbulkan luka yang terlihat jelas. Namun, jika akibat benda tumpul, sakit kepala sebelah yang berlebih itulah tandanya.

6 dari 6 halaman

Mengobati Sakit Kepala Sebelah Kanan yang Berulang

Dikarenakan bisa disebabkan oleh banyak hal, keluhan migrain sebelah kanan sebaiknya diperiksakan ke dokter, terutama jika Anda sering mengalaminya atau apabila sensasi nyeri yang dirasakan cukup berat.

Setelah melakukan pemeriksaan dan mengetahui penyebab migrain sebelah kanan yang Anda rasakan, dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai. Pengobatan sakit kepala sebelah kanan bertujuan untuk mengurangi rasa sakit, mengurangi durasi sakit kepala, dan mencegah serangan sakit kepala kambuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.