Sukses

12 Wisata Gresik yang Wajib Dikunjungi saat Liburan, dari Alam hingga Religi

Liputan6.com, Jakarta Kalau anda ingin berwisata ke Jawa Timur, tidak ada salahnya untuk singgah ke Gresik. Ada berbagai destinasi wisata Gresik yang bisa kamu kunjungi di hari libur bersama dengan keluarga dan orang-orang terdekat.

Destinasi wisata Gresik juga cukup beragam. Kota ini memiliki alam yang indah yang bisa dinikmati untuk melepaskan penat dari berbagai rutinitas sehari-hari. Di sini, anda tidak hanya disuguhi pemandangan pantai yang indah saja, tetapi anda juga bisa mengunjungi goa, danau, hingga perbukitan.

Selain alamnya yang indah, ada berbagai tempat wisata Gresik yang cocok untuk anda kunjungi bila anda ingin belajar tentang sejarah ataupun untuk wisata religi. Di kota ini, anda dapat mengunjungi makam yang sampai saat ini disebut-sebut sebagai makam Islam tertua di Indonesia yang menjadi tanda masuknya agama Islam ke Nusantara.

Selain itu, ada beberapa makam lain seperti makam Sunan Giri yang bisa anda kunjungi di Gresik. Berikut ini beberapa destinasi wisata Gresik yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (18/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Wisata Gresik

1. Pantai Ria

Pantai Ria terletak di Dekatagung, Sangkapura, Kabupaten Gresik. Destinasi wisata Gresik ini adalah salah satu pantai yang terletak di Pulau Bawean. Berbeda dengan pantai-pantai lainnya, Pantai Ria tidak memiliki hamparan pasir putih yang cantik ataupun deburan ombak.

Di pantai ini, para pengunjung akan disuguhi pemandangan bebatuan karang yang berwarna hitam yang menjulang tinggi di pesisir pantai. Anda juga dapat menikmati jernihnya air laut yang berwarna biru kehijauan. Selain itu, anda juga dapat menikmati pemandangan kapal-kapal nelayan yang berlabuh ataupun yang sedang berlayar di tengah laut.

2. Pantai Mayangkara

Pantai wisata Gresik berikutnya yang bisa kamu kunjungi ialah pantai Mayangkara. Pantai ini adalah salah satu pantai yang terletak di Pulau Bawean, tepatnya di Desa Kepuhletuk, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik.

Di pantai ini anda dapat menikmati indahnya hamparan pasir putih yang indah dan air laut yang jernih dan berwarna biru kehijauan sambil ditemani angin laut yang sepoi-sepoi. Selain itu, anda juga bisa menikmati hijaunya pepohonan yang tumbuh di sekitar pantai yang juga bisa dijadikan tempat berteduh saat cuaca sedang panas.

3. Bukit Kapur Suci

Apa bila anda mencari tempat untuk foto-foto yang instagramable, anda bisa mengunjungi tempat wisata Gresik yang satu ini. Bukit Kapur Suci terletak di Jalan Ponganganrejo No. 34, Suci, Manyar, Suci, Gresik, Kabupaten Gresik.

Pemandangan bukit bebatuan kapur yang terdapat di sini tidak hanya indah untuk dinikmati, tetapi juga menarik sebagai tempat untuk berfoto-foto. Tidak hanya itu, di sini anda juga bisa menikmati indahnya kolam alami dengan airnya yang berwarna biru kehijauan.

3 dari 5 halaman

Wisata Gresik

4. Goa Langsih

Goa Langsih terletak di Desa Surowiti, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Goa ini terkenal sebagai tempat ziarah. Goa ini dipercaya menjadi salah satu tempat yang digunakan oleh Sunan Kalijaga saat ia menempa dirinya. Selain itu, Goa Langsih juga dipercaya sebagai tempat bermusyawarah para Wali untuk merumuskan strategi dakwah dan pembinaan umat Islam pada masa tersebut.

Selain untuk berziarah, goa ini cocok untuk dikunjungi oleh para pecinta alam. Letaknya yang berada di puncak Bukit Surowiti membuat Goa ini terkenal sebagai salah satu tempat pendakian. Untuk masuk ke dalam goa juga cukup menantang adrenalin. Di dalam goa ini anda dapat melihat batu yang bentuknya menyerupai kursi, batu telunjuk, ataupun tetesan air goa yang tidak pernah kering bahkan saat musim kemarau.

5. Danau Kastoba

Kalau anda berkunjung ke Pulau Bawean, anda wajib untuk singgah ke Danau Kastoba. Tempat wisata Gresik ini terletak di tengah-tengah Pulau Bawean, tepatnya di Desa Paromaan Kecamatan Tambak.

Di sini anda akan disuguhi pemandangan danau air tawar yang indah yang terletak diketinggian. Di sini anda juga dapat menikmati rimbunnya pepohonan yang hijau dan udaranya yang segar. Di hutan sekitar danau memiliki kekayaan flora dan fauna yang beragam. Anda dapat menemukan berbagai jenis serangga yang unik dan juga menikmati rimbunnya pohon-pohon berukuran raksasa yang berusia ratusan tahun.

6. Penangkaran Rusa Bawean

Destinasi wisata Gresik berikutnya yang bisa kamu kunjungi ialah Penangkaran Rusa Bawean. Penangkaran rusa ini terletak di Desa Pudakit Timur, Kecamatan Sangkapura; kurang lebih sekitar 6 Km dari Pelabuhan Sangkapura.

Di Penangkaran Rusa Bawean, anda dapat menemukan 32 rusa axis kuhli yang merupakan rusa endemik Pulau Bawean. Tempat penangkaran ini terletak di pebukitan, sehingga pengunjung juga dapat menikmati keindahan pemandangan laut dan sungai kecil dari salah satu sudutnya,

4 dari 5 halaman

Wisata Gresik

7. Makam Siti Fatimah binti Maimun

Bila anda ingin belajar sejarah di Gresik, anda bisa berziarah mengunjungi makan Siti Fatimah binti Maimun yang terletak di Desa Leran. Siti Fatimah binti Maimun lahir pada tahun 1064 Masehi diyakini sebagai anak dari pasangan Syekh Maimun atau Sultan Mahmud Syah dari Iran dan Aminah dari Aceh yang datang ke Jawa dan menetap di Desa Leran.

Mengutip dari situs Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, tahun kematian Siti Fatimah binti Maimun yang tertera di makam tersebut masih menjadi perdebatan. Meskipun demikian, makam ini tetap dipercaya sebagai makam Islam tertua di Indonesia bahkan di Asia Tenggara, membuatnya menjadi tanda awal masuk dan berkembangnya agama Islam di Nusantara.

8. Makam Putri Cempo

Destinasi wisata Gresik yang berikutnya adalah Makam Putri Cempo. Makam ini terletak di Gunungsari kelurahan Sidomoro, Kecamatan Kebomas; tidak jauh dari kompleks makam Sunan Giri.

Makam Putri Cempo memiliki arsitektur yang unik. Bangunan makam ini memliki desain khas negeri Campa yang dilengkapi dengan ornamen hias dan warnanya yang cerah. Letak makam yang berada di pebukitan membuat anda juga bisa menikmati segarnya udara di sekitar makam ini. Di sekitar makam juga terdapat berbagai kafe yang bisa disinggahi sembari menikmati pemandangan sekitar dan udaranya yang menyegarkan.

9. Giri Kedaton

Kalau anda tertarik dengan sejarah, anda juga bisa mengunjungi Giri Kedaton di Gresik. Tempat wisata Gresik yang satu ini terletak di Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kebomas, Gresik.

Giri Kedaton didirikan sekitar tahun 1487 Masehi. Pada awalnya, bangunan ini adalah sebuah pesantren di mana Sunan Giri mengajarkan ajaran agama Islam kepada para santrinya. Bangunan ini kemudian menjadi istana atau pusat pemerintahan pada masa pemerintahan Sunan Giri atau Raden Paku.

5 dari 5 halaman

Wisata Gresik

10. Makam Sunan Giri

Kalau anda mengunjungi Gresik, anda bisa datang dan berziarah ke makam Sunan Giri. Makam ini terletak di Dusun Giri Gajah Desa Giri Kecamatan Kebomas, kurang lebih sekitar 4 Km dari pusat Kota Gresik.

Sunan Giri adalah seorang putera dari Syekh Maulana Ishaq dan Dewi Sekardadu (putri Raja Blambangan, Menak Sembuyu). Ia lahir pada tahun 1442 Masehi. Selain sebagai seorang Wali, Sunan Giri juga adalah seorang raja yang memerintah Kerajaan Giri Kedaton dari tahun 1487-1506 Masehi. Setelah beliau wafat pada tahun 1506 Masehi, Sunan Giri dimakamkan tidak jauh dari istananya di Giri Kedaton.

Makam Sunan Giri memiliki arsitektur khas Jawa. Mengutip dari situs Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Gresik, makam ini terbagi menjadi 3 langkan atau area. Area pertama ialah Gapura Bentar dengan Kala Makara berbentuk sepasang naga, area kedua juga berupa Gapura Bentar yang sudah tidak berbentuk, dan area ketiga berupa Gapura Paduraksa, kemudian area inti/utama yaitu cungkup kubur Sunan Giri.

11. Makam Nyai Gede Pinatih

Apa bila anda mengunjungi tempat-tempat wisata Gresik, anda bisa mampir dan berziarah ke makam Nyai Gede Pinatih. Makam ini terletak di Kelurahan Kebungson, kurang lebih sekitar 300 meter di sebelah Utara Alun-Alun Gresik.

Nyai Gede Pinatih adalah seorang saudagar kaya raya yang sangat dihormati pada masa Kerajaan Majapahit. Ia bahkan diangkat sebagai Syah Bandar Gresik oleh raja Majapahit. Nyai Gede Pinatih sendiri juga adalah seorang ibu angkat Sunan Giri yang membantu membesarkan dan mendidiknya hingga dewasa.

12. Makam Sunan Prapen

Saat anda mengunjungi wisata Gresik, anda juga bisa pergi berziarah ke Makam Sunan Prapen. Makam ini terletak di Desa Klangonan Kecamatan Kebomas; hanya sekitar 400 meter di sebelah Barat Makam Sunan Giri.

Sunan Prapen adalah putera dari Sunan Dalem dan cucu dari Sunan Giri. Beliau adalah salah satu raja dari dinasti Giri yang membawa Giri Kedaton pada masa kejayaannya. Selain seorang raja, beliau juga dikenal sebagai seorang pujangga dan juga seorang empu atau pembuat keris.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS