Sukses

Kontribusi Adalah Sumbangsih, Ketahui Bentuk-Bentuk dan Manfaatnya

Berikut adalah pengertian kontribusi, bentuk-bentuk dan manfaatnya.

Liputan6.com, Jakarta Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kontribusi adalah uang iuran (kepada perkumpulan dan sebagainya) dan sumbangan. Namun, kontribusi sebenarnya tidak sebatas hanya pada uang iuran atau sumbangan.

Kontribusi adalah kata yang sebenarnya memiliki makna yang lebih luas daripada sekadar uang iuran dan sumbangan. Untuk lebih jauh mengetahui makna kontribusi, sangat penting untuk mengetahui asal katanya.

Kontribusi adalah kata yang berasal dari Bahasa Inggris contribute, yang menurut Merriam-Webster memiliki arti untuk memberi atau memasok (sesuatu, seperti uang atau waktu) sebagai bagian atau berbagi, untuk memasok (sesuatu, seperti artikel) untuk publikasi, untuk memainkan peran penting dalam membuat sesuatu terjadi.

Kontribusi adalah bentuk kata benda dari contribute. Padanan kata kontribusi dalam Bahasa Inggris adalah contribution. Dari sumber yang sama, contribution memiliki arti bentuk tindakan berkontribusi, sesuatu yang disumbangkan, dan pembayaran (seperti retribusi atau pajak) yang dikenakan oleh militer, sipil, atau otoritas gerejawi biasanya untuk tujuan khusus atau luar biasa.

Dari penjelasan singkat tersebut, dapat diketahui jika kontribusi adalah kata yang memiliki makna yang cukup luas karena bisa terkait dengan berbagai macam konteks kalimat.

Berikut ini adalah sejumlah pengertian dari kata kontribusi, seperti yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (19/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Kontribusi

Kontribusi adalah kata yang memiliki makna yang luas yang tidak terbatas pada uang iuran dan sumbangan. Lebih dari itu, kontribusi adalah segala sesuatu yang bersifat sumbangsih untuk mencapai tujuan tertentu.

Kontribusi adalah keterlibatan, keikutsertaan, atau sumbangsih. Orang yang berkontribusi disebut kontributor. Dia adalah orang yang melibatkan diri untuk meningkatkan efisiensi atau efektivitas. Kontribusi adalah keterlibatan yang bisa berupa materi atau tindakan.

Kontribusi adalah wujud sumbangsih yang bisa diberikan dalam bentuk pemikiran, kepemimpinan, kinerja, profesionalisme, finansial, dan lain sebagainya. Kontribusi adalah sesuatu yang diberikan bersama untuk tujuan bersama.

Kontribusi dalam pengertian sebagai tindakan yaitu berupa perilaku yang dilakukan oleh individu yang kemudian memberikan dampak baik positif maupun negatif terhadap pihak lain. Ketika memberikan kontribusi, itu berarti seseorang memberikan sesuatu. Baik itu uang, harta benda, atau waktu.

Selain pengertian tersebut, terdapat sejumlah pengertian kontribusi dari para ahli.

1. Pengertian Kontribusi Menurut Yandianto

Menurut Yandianto, arti kontribusi dalam ruang lingkup yang jauh lebih sempit lagi yaitu kontribusi sebagai bentuk bantuan yang dikeluarkan oleh individu atau kelompok dalam bentuk uang saja atau sokongan dana.

2. Pengertian Kontribusi Menurut Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, kontribusi adalah sebagai bentuk iuran uang atau dana, bantuan tenaga, bantuan pemikiran, bantuan materi, dan segala macam bentuk bantuan yang kiranya dapat membantu suksesnya kegiatan pada suatu forum, perkumpulan dan lain sebagainya.

3. Pengertian Kontribusi Menurut Dany H

Menurut Danny H. arti kontribusi dapat diartikan sebagai suatu bentuk sumbangan berupa material (uang) yang bisa sokongan atau sumbangan. Sumbangan ini bisa dilakukan dengan kolektif.

4. Pengertian Kontribusi Menurut T. Guritno

Menurutnya arti kontribusi adalah sumbangan yang diberikan seseorang sebagai upaya membantu kerugian atau membantu kekurangan terhadap hal yang dibutuhkan. Hal yang dibutuhkan ini bisa dilakukan secara bersama dalam membantu masyarakat yang terkenal bencana.

3 dari 4 halaman

Bentuk-Bentuk Kontribusi

Adapun bentuk kontribusi juga bermacam-macam. Iuran uang dan sumbangan merupakan salah satu bentuknya. Namun kontribusi juga bisa berbentuk tulisan, jika yang dimaksud dalam konteks pekerjaan di media massa.

Kontribusi adalah kata yang bisa memiliki arti keterlibatan seseorang dalam konteks kerja sama tim, seperti gotong royong, kerja kelompok dalam tugas perkuliahan, dan sebagainya.

Kontribusi adalah kata yang memiliki kaitan dengan berbagai bidang. Oleh karena itu, bentuk-bentuk kontribusi bisa bermacam-macam. Misalnya kontribusi di bidang pendidikan.

Setiap orang bisa memberikan kontribusi untuk memajukan kualitas pendidikan di masyarakat. Bentuk kontribusi untuk bisa memajukan kualitas pendidikan bisa dengan memberikan beasiswa, membangun sekolah, mengajar sebagai guru, dan segala hal yang dapat memperlancar proses belajar mengajar.

Dalam kaitannya dengan pendidikan, beasiswa , gedung sekolah, serta pikiran dan tenaga yang dicurahkan untuk mengajar merupakan bentuk-bentuk kontribusi.

Kontribusi adalah sesuatu yang juga bisa berhubungan dengan ekonomi. Dalam kaitannya dengan ekonomi, kontribusi adalah segala upaya untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian. Kontribusi dalam bidang ekonomi bisa berupa modal usaha, penyediaan pelatihan tenaga kerja, investasi, dan bahkan tenaga yang dicurahkan untuk bekerja di suatu industri pun sudah termasuk kontribusi.

Tentu saja masih ada bentuk-bentuk lain dari kontribusi tergantung konteks dan kaitannya dengan suatu bidang. Dalam sebuah kelompok diskusi, opini, ide, dan kritik juga merupakan bentuk kontribusi.

Kesimpulannya, kontribusi adalah suatu bentuk upaya dan sumbangsih bisa memiliki berbagai macam perwujudan. Uang dan iuran menjadi bentuk paling umum dari kontribusi. Namun lebih dari itu, kontribusi juga memiliki perwujudan berupa tenaga, pemikiran, dan dukungan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kontribusi bagi Kontributor

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kontribusi adalah suatu upaya dan sumbangsih untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan kata lain, tindakan memberikan kontribusi diharapkan akan memberikan manfaat. Berikut adalah sejumlah manfaat yang bisa dirasakan dari kontribusi yang telah diberikan.

Melegakan

Penelitian telah menemukan bahwa setelah perbuatan baik dan tindakan kebaikan, orang melaporkan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi. Berkontribusi terhadap sesuatu menjadi sebuah kelegaan tersendiri.

Orang yang memberi kontribusi kepada orang lain dan menjadi sukarelawan secara keseluruhan lebih bahagia, memiliki penyesuaian hidup yang lebih baik, dan cenderung melihat hidup lebih bermakna.

Membentuk hubungan baik

Hubungan lebih seimbang ketika tidak hanya fokus pada menerima. Kontribusi dan kebaikan dapat membantu merasa lebih terhubung dengan orang lain. Bahkan selama konflik dan argumen, kebaikan dapat menyatukan orang, serta memperbaiki dan menyembuhkan keretakan.

Lebih sehat secara fisik

Ada banyak penelitian dan sains di balik efek fisik dan manfaat dari kebaikan, altruisme, kontribusi, kemurahan hati, dan pemberian. Ini bisa menurunkan tekanan darah, mendukung umur panjang, baik untuk jantung, dan mencegah penyakit.

Membuat dunia menjadi tempat lebih baik

Kontribusi adalah bentuk untuk mewujudkan dunia menjadi tempat yang lebih baik. Itu salah satu manfaat utama dari kontribusi. Semakin ditingkatkan, semakin besar dampaknya dan kehidupan menjadi lebih baik.

Orang akan membalas kontribusi

Apa yang dikeluarkan, akan didapatkan kembali. Hukum timbal balik membuat sulit bagi manusia untuk tidak memberi kembali kepada mereka yang memberi. Bahkan jika itu tidak dibalas dengan cara yang diinginkan atau oleh orang yang diinginkan, orang yang memberi kontribusi masih menerimanya kembali dalam beberapa bentuk lain.

Memecahkan masalah

Salah satu manfaat dari kontribusi adalah dapat memecahkan masalah dan seringkali menjadi solusi sederhana untuk banyak konflik. Kontribusi adalah solusi sederhana dan mudah untuk banyak konflik. Bahkan ada begitu banyak konflik yang bisa dihindari jika ada kontribusi.

Lebih sukses

Ketika berkontribusi, orang-orang mengingat. Seseorang memiliki dampak positif yang bertahan lama pada mereka. Kesukarelawanan juga dapat memberi pengalaman karier dan dapat memaparkan pada peluang, orang, tempat, jaringan, organisasi, dan magang baru untuk kemajuan karier.

Merasa dihargai

Ketika berkontribusi, orang secara alami akan menghargai. Semua orang ingin menjadi dan merasa dihargai. Jika tidak merasa dihargai dalam suatu hubungan, hubungan itu kemungkinan besar tidak bahagia dan tidak memuaskan. Hal yang sama berlaku untuk pekerjaan.

Mengubah dan menumbuhkan

Melakukan sesuatu karena cinta, kemurahan hati, dan keinginan untuk memberi dan melayani, akan menumbuhkan diri. ni menantang dan membuat seseorang melangkah keluar dari zona nyaman.

Meningkatkan kepercayaan diri

Peningkatan kepercayaan diri adalah salah satu dari banyak manfaat kontribusi. Apa yang dilakukan dan bagaimana memperlakukan orang lain adalah cerminan diri sendiri. Berbuat baik kepada orang lain akan membuat seseorang melihat dirinya sebagai orang yang lebih baik yang meningkatkan kepercayaan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.