Sukses

8 Wisata Gunung Kelud yang Indah dan Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Gunung Kelud adalah salah satu gunung berapi aktif yang terletak di Jawa Timur, tetpatnya di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Malang, dan Blitar. Gunung Kelud terkenal karena letusannya yang dahsyat pada 2014. Semenjak meletus wisata Gunung Kelud semakin banyak menarik minat pengunjung.

Ada berbagai hal yang bisa kamu nikmati ketika mengunjungi wisata Gunung Kelud. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan sembari menikmati indahnya pemandangan hijau dan segarnya udara pegunungan yang disajikan oleh Gunung Kelud ini. Bila kamu tidak mau untuk mendaki ke puncak gunung ini, janganlah khawatir. Masih ada berbagai destinasi wisata Gunung Kelud yang masih bisa kamu kunjungi untuk menikmati pemandangan di gunung berapi yang satu ini.

Kalau kamu pergi ke Jawa Timur, tidak ada salahnya untuk mampir dan mengunjungi berbagai destinasi wisata Gunung Kelud. Pemandangan yang indah dan segarnya udara pegunungan cocok untuk kamu nikmati bersama dengan orang-orang terdekatmu dan untuk melepaskan penat yang menumpuk.

Berikut ini beberapa tempat wisata Gunung Kelud yang bisa kamu kunjungi yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (19/7/2022)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Wisata Gunung Kelud

1. Puncak Gunung Kelud

Puncak Gunung Kelud adalah tujuan utama wisata Gunung Kelud. Bagi para pecinta alam, mendaki puncak Gunung Kelud dan menikmati pemandangan indah dari atas gunung adalah suatu kesempatan yang sayang untuk dilewati. Letusan Gunung Kelud yang dahsyat pada tahun 2014 telah mengubah kondisi puncak Gunung Kelud. Saat ini, di puncak gunung berapi ini terdapat sebuah danau kawah yang indah untuk dinikmati oleh para pengunjung.

Kawah Gunung Kelud ini berada di antara tiga puncak utama Gunung Kelud. Puncak-puncak tersebut ialah Puncak Kelud, Puncak Sumbing, dan Puncak Gajah Mungkur. Pemandangan di Puncak Gunung Kelud akan semakin indah untuk dinikmati pada saat pagi hari, khususnya pada saat matahari terbit. Menikmati pemandangan sunrise di pagi hari di puncak Gunung Kelud adalah suatu kesempatan yang sayang untuk kamu lewati saat mengunjungi wisata Gunung Kelud.

2. Wisata Air Panas Gunung Kelud

Wisata Gunung Kelud selanjutnya yang wajib kamu kunjungi ialah kolam air panas di Gunung Kelud. Air panas di kolam ini berasal dari sumber mata air yang terbentuk secara alami di Gunung Kelud. Air panas yang keluar dari mata air ini kemudian bercampur dengan air sungai yang dingin, menciptakan kolam air hangat yang nyaman untuk di nikmati.

Kolam air panas Gunung Kelud adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi untuk melepaskan lelah dari aktivitas sehari-hari. Berendam di kolam air panas alami sambil menikmati segarnya udara pegunungan dapat menghilangkan rasa letih di badanmu dan menyegarkan kembali badan, membuatmu kembali bersemangat untuk melanjutkan rutinitas sehari-hari.

3 dari 5 halaman

Wisata Gunung Kelud

3. Flying Fox Gunung Kelud

Kalau kamu suka dengan sedikit tantangan yang memicu adrenalin, kamu wajib untuk mencoba Flying Fox Gunung Kelud. Wisata Gunung Kelud yang satu ini adalah salah satu wahana yang baru dibuka pasca letusan dahsyat gunung berapi ini tahun 2014. Pembangunan wahana yang baru ini diharapkan dapat membantu menarik minat wisatawan supaya mereka mau berkunjung ke Gunung Kelud.

Flying Fox Gunung Kelud memiliki lintasan sepanjang 100 meter. Sepanjang lintasan ini, kamu bisa menikmati keindahan pemandangan alam pegunungan di Gunung Kelud dari ketinggian sambil menikmati segarnya angin pegunungan yang bertiup sepoi-sepoi.

4. Jalan Misteri Gunung Kelud

Wisata Gunung Kelud selanjutnya yang wajib kamu kunjungi ialah Jalan Misteri Gunung Kelud. Jalan ini tampak seperti jalan biasa, dan setiap pengunjung yang datang ke Gunung Kelud akan melewati jalan yang satu ini. Akan tetapi, ada satu keunikan tersendiri dari jalan ini. Di sini kendaraan akan tetap bisa berjalan meskipun mesinnya dimatikan. Padahal, kalau kita lihat jalan misteri ini terlihat menanjak.

Bagi kamu yang penasaran dengan keunikan jalan misteri, kamu bisa mengunjungi jalan ini ketika berkunjung ke wisata Gunung Kelud dan membuktikan kebenaran dari misteri tersebut sendiri. Selain menyaksikan keunikan jalan misteri, para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan pegunungan yang indah dan udaranya yang segar disepanjang perjalanan.

4 dari 5 halaman

Wisata Gunung Kelud

5. Kampung Anggrek

Wisata Gunung Kelud berikutnya yang dapat kamu kunjungi ialah Kampung Anggrek. Kampung Anggrek terletak di kaki Gunung Kelud, tepatnya di di Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Kampung ini terletak hanya kurang lebih 10 menit dari Kawasan Gunung Kelud.

Bagi para pecinta tumbuh-tumbuhan dan bunga-bungaan, anda wajib untuk mengunjungi wisata Gunung Kelud yang satu ini. Di sini, para pengunjung dapat menikmati kecantikan berbagai macam flora, khususnya adalah anggrek. Udara pegunungan yang segar dan pemandangan yang indah membuat pengunjung merasa nyaman dan betah di sini. Tidak hanya menikmati pemandangannya saja, pengunjung juga dapat membeli bibit tanaman, dan ikut menanam di kampung ini.

6. Agrowisata Margomulyo

Pasca letusan dahsyat Gunung Kelud tahun 2014, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mempromosikan wisata Gunung Kelud. Hal ini dilakukan untuk menarik minat para wisatawan supaya mereka berkunjung ke tempat ini. Salah satu upaya tersebut ialah dengan membangun berbagai tempat wisata seperto Agrowisata Margomulyo.

Agrowisata Margomulyo atau yang juga dikenal sebagai Taman Agro Kediri terletak di dalam kawasan wisata Gunung Kelud. Di tempat ini, para pengunjung akan disuguhi pemandangan taman yang ditata dengan rapih dan indah. Salah satu yang menarik minat para pengunjung di taman ini ialah pemandangan berbagai macam bunga yang cantik, seperti bunga mawar, matahari, krisan, kana, hujan mas, refugia, dan lainnya. Pemandangan indah taman bunga ditambah segarnya udara pegunungan membuat tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Cantiknya taman bunga juga cocok untuk menjadi spot foto untuk dipajang di media sosial.

5 dari 5 halaman

Wisata Gunung Kelud

7. Kampung Durian

Bagi para penggemar buah yang juga dikenal sebagai raja buah ini, kamu wajib untuk mengunjungi wisata Gunung Kelud yang satu ini. Kampung Durian adalah sebuah tempat wisata yang luasnya kurang lebih hanya 1 hektar saja. Di tempat ini ada kurang lebih 30 pohon durian yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Di Kampung Durian, para pengunjung memiliki kesempatan untuk menikmati kelezatan berbagai macam durian yang tersedia. Selain buah durian segar, kampung ini juga menyediakan berbagai makanan olahan buah durian yang bisa dicicipi oleh para pengunjung, seperti ketan durian, pancake durian, hingga kolak durian. Selain menikmati kelezatan buah durian dan makanan olahannya, di sini para pengunjung juga bisa mempelajari berbagai hal terkait dengan buah durian, mulai dari cara menanam pohon durian, hingga cara mengolah buahnya.

8. Korean Fantasy

Bagi para pecinta budaya Korea, kamu bisa mengunjungi destinasi wisata Gunung Kelud yang satu ini. Destinasi wisata yang populer beberapa waktu belakangan ini terletak di kaki Gunung Kelud, tepatnya di Desa Manggis, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Di sini para pengunjung dapat menikmati berbagai bangunan dengan arsitektur khas Korea. Para pengunjung juga bisa menikmati keindahan taman bunga sakura yang ditata dengan rapih. Para pengunjung juga bisa menyewa baju Hanbok atau baju adat Korea di tempat ini. Tempat wisata yang satu ini juga menyajikan berbagai spot foto yang cantik untuk diunggah di media sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.