Sukses

15 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Bahan Alami yang Aman

Liputan6.com, Jakarta Bopeng jerawat adalah kondisi ketika muncul lekukan-lekukan atau lubang-lubang di wajah. Lubang-lubang ini sangat mengganggu dan berpengaruh pada penampilan seseorang yang dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Untuk itu perlu bagi kita untuk mengetahui cara menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah.

Bopeng jerawat biasanya muncul karena berbagai kebiasaan buruk yang dilakukan seseorang ketika jerawat muncul dan meradang. Terkadang orang suka usil atau merasa terganggu dengan jerawat yang muncul di wajah. 

Selain itu juga terkadang suka menggaruk ataupun memencet jerawat hingga pecah. Saat jerawat pecah, kelenjar minyak yang terletak di lapisan bawah kulit wajah ikut pecah dan menyebabkan luka yang disebut sebagai jaringan parut. Jaringan inilah yang menarik lapisan atas kult sehingga muncul cekungan-cekungan di wajah.

Ada berbagai cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami yang bisa anda lakukan di rumah. Cara-cara ini bisa membantu anda untuk menyamarkan atau menghilangkan bopeng jerawat di wajah yang mengganggu, meskipun mungkin tidak seefektif perawatan kulit lainnya seperti chemical peeling dan laser.

Akan tetapi, cara-cara alami ini lebih murah dan mudah untuk dicoba di rumah. Selain itu, menggunakan cara perawatan yang alami ini secara rutin juga cukup efektif untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah secara alami yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (19/7/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

1. Madu

Salah satu cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami adalah dengan menggunakan madu. Madu kaya akan berbagai kandungan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Madu juga memiliki kandungan antibiotik alami. Kandungan ini dapat membantu untuk mencegah infeksi yang menyebabkan peradangan jerawat.

Cara menggunakan madu untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat juga cukup mudah. Anda cukup menyiapkan madu murni secukupnya, lalu oleskanlah madu ke bekas jerawat di wajah anda. Biarkan madu sejenak hingga kering lalu bilaslah sampai bersih menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin untuk menghilangkan bopeng jerawat di wajah anda.

2. Lemon

Lemon juga dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami. Pada air lemon terdapat kandungan asam alpha-hidroxy acids (AHA). Kandungan tersebut dipercaya dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Di samping itu, lemon juga dapat membantu untuk mempercepat penyembuhan dan revitalisasi kulit.

Untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat menggunakan lemon, anda perlu membelah lemon dan memeras airnya terlebih dahulu. Setelah itu, anda cukup oleskan air perasan lemon pada bekas jerawat lalu diamkan sejenak sampai kering. Bilaslah sampai bersih menggunakan air lalu gunakan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit wajah anda.

3. Mentimun

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami yang berikutnya ialah dengan menggunakan mentimun. Mentimun kaya akan berbagai kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, seperti vitamin A, vitamin C, dan magnesium. Selain itu, mentimun juga bisa membantu menjaga kelembaban kulit.

Untuk menggunakan mentimun untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat, anda perlu mengirisnya tipis-tipis terlebih dahulu. Setelah itu, tempelkan mentimun di bekas jerawat anda dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilaslah wajah anda sampai bersih dengan menggunakan air dingin dan lakukanlah secara rutin supaya benar-benar efektif.

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

4. Lidah Buaya

Anda bisa menggunakan lidah buaya sebagai salah satu cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami. Selain baik untuk kesehatan rambut, tumbuhan yang satu ini juga memiliki segudang manfaat bagi kulit manusia. Ada berbagai kandungan dalam lidah buaya yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit, salah satunya ialah zat aloesin. Zat ini dapat menghambat pembentukan melanin yang bisa menyebabkan kulit menjadi gelap. Selain itu, anda juga bisa menggunakan lidah buaya untuk membantu menghilangkan bekas jerawat.

Gel lidah buaya bisa membantu kita untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat secara efektif. Untuk mengambil gel ini anda perlu memotong daun lidah buaya menjadi beberapa bagian lalu mengupasnya. Setelah anda mengambil gel lidah budaya, anda perlu menghaluskannya terlebih dahulu lalu mengoleskannya pada wajah anda. Diamkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit sebelum membilasnya sampai bersih dengan air hangat.

5. Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu bumbu yang sering dijumpai di dapur. Selain sebagai bumbu, anda juga bisa memanfaatkan bawang putih sebagai cara untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah secara alami. Bawang putih mengandung senyawa thiacremonon sulfur yang memiliki sifat antibakteri alami. Senyawa ini bisa membantu anda untuk menghilangkan bopeng jerawat di wajah anda.

Untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan menggunakan bawang putih, anda perlu menghaluskan bawang putih terlebih dahulu secukupnya sampai benar-benar halus. Setelah itu, oleskanlah bawang putih tersebut ke wajah lalu diamkanlah sejenak selama kurang lebih 2 menit. Bilaslah wajah sampai bersih dengan menggunakan air hangat dan lakukan secara rutin supaya efektf.

6. Bawang Merah

Selain bawang putih, anda juga bisa menggunakan bawang merah sebagai salah satu cara menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah anda. Bawang yang satu ini memang mmberikan manfaat yang baik bagi kesehatan kulit anda. Selain dapat membantu menghilangkan bopeng jerawat, bawang merah juga bisa digunakan untuk menjaga kulit supaya tetap awet muda.

Untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat menggunakan bawang merah, anda perlu memarut 1 butir bawang merah terlebih dahulu. Setelah itu, bersihkanlah wajah anda lalu oleskanlah parutan bawang merah ke wajah anda. Diamkan sejenak selama kurang lebih 5 menit lalu bersihkan wajah anda dengan air sampai bersih.

4 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

7. Kentang

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan kentang. Bahan makanan yang cukup populer ini memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, termasuk bagi kesehatan kulit. Kentang memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan bekas jerawat dan menjaga kesehatan kulit.

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat menggunakan kentang juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengiris kentang tipis-tipis lalu menempelkannya pada area bekas jerawat di wajah anda. Biarkanlah selama kurang lebih 10 menit lalu bilaslah wajah sampai bersih dengan air. Lakukanlah secara teratur supaya efektif.

8. Bengkuang

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan bengkuang. Bengkuang memang telah cukup lama dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kulit. Selain dapat membantu menjaga kesehatan kulit, bengkuang juga bisa membantu untuk menghilangkan bopeng jerawat di wajah.

Cara menggunakan bengkuang untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat adalah dengan memarutnya terlebih dahulu. Setelah itu, tempelkan parutan bengkuang ke bekas jerawat dan diamkan sejenak selama kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu, bilaslah wajah sampai bersih menggunakan air. Supaya efektif, anda perlu rutin melakukan perawatan ini sebelum tidur setiap harinya.

9. Tomat

Tomat adalah salah satu buah yang baik untuk kesehatan kulit. Berbagai kandungan vitamin A dan vitamin C memberikan berbagai manfaat untuk kulit. Selain itu, anda juga bisa menggunakan tombat sebagai salah satu cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami yang cukup efektif.

Untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat menggunakan tomat, anda perlu mengiris buah ini tipis-tipis terlebih dahulu. Setelah itu, tempelkan irisan tomat pada bekas jerawat di wajah anda selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Bila sudah, bilaslah wajah anda sampai bersih dengan air dan lakukanlah secara rutin untuk menjaga kesehatan kulit anda.

5 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

10. Pepaya

Salah satu cara menghilangkan bopeng bekas jerawat adalah dengan menggunakan buah Pepaya. Pepaya kaya akan kandungan vitamin A yang baik bagi kulit manusia. Anda bisa menggunakan buah ini untuk mengatasi kulit yang kusam, menghilangkan bercak hitam di kulit, hingga menghilangkan bopeng jerawat.

Untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat menggunakan pepaya, anda perlu menghaluskan buah pepaya terlebih dahulu. Setelah itu, campurlah dengan sedikit susu dan aduk sampai rata. Gunakan campuran tersebut sebagai masker dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Terakhir, bilaslah wajah menggunakan air sampai bersih.

11. Ampas Teh

Anda juga bisa menggunakan ampas teh sebagai salah satu cara menghilangkan bopeng bekas bekas jerawat. Di dalam ampas teh terdapat kandungan zat antioksidan yang baik bagi kesehatan kulit. Kandungan zat tersebut tidak hanya bisa membantu memperbaiki kondisi kulit saja, tetapi juga bisa membantu menghilangkan bekas jerawat secara efektif.

Cara menggunakan ampas teh untuk menghilangkan bekas jerawat juga cukup mudah. Anda cukup menyiapkan teh celup yang sudah anda seduh lalu usapkanlah ke bekas jerawat yang terdapat di wajah anda. Anda tidak perlu membilas wajah anda.

12. Baking Soda

Selain untuk membuat kue, baking soda juga bisa digunakan untuk merawat kulit dan kecantikan. Kristal sodium bicarbonate yang terdapat di dalam baking soda dapat membantu untuk mengupas kulit mati dan menghilangkan bekas jerawat di wajah anda.

Untuk menggunakan baking soda untuk menghilangkan bekas jerawat, anda perlu mencampur beberapa sendok teh baking soda dan air secukupnya hingga mengental. Setelah itu, oleskanlah campuran tersebut pada bekas jerawat dan pijatlah dengan lembut. Diamkan selama kurang lebih 2 menit lalu bilaslah wajah sampai bersih dengan air hangat. Setelah itu, gunakan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit wajah.

6 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

13. Gula Pasir

Cara menghilangkan bopeng jerawat secara alami yang berikutnya ialah dengan menggunakan gula pasir. Selain untuk pemanis makanan, gula pasir juga bisa digunakan untuk merawat kulit dan kecantikan. Di dalam gula pasir terdapat kandungan asam glikolat dan AHA yang bisa membantu untuk membersihkan kulit mati dan merangsang terbentuknya jaringan sel baru di kult.

Untuk membersihkan bopeng jerawat menggunakan gula pasir, anda perlu mencampur gula pasir dan minyak zaitun dengan perbandingan 2:1 serta 5 tetes jus lemon. Campurlah ketiga bahan tersebut sampai benar-benar rata lalu oleskanlah pada bekas jerawat di wajah. Setelah itu, diamkan sejenak selama kurang lebih 15 menit lalu bilaslah sampai bersih dengan air hangat. Terakhir, gunakanlah pelembab alami untuk menjaga kelembaban kulit wajah anda.

14. Es Batu

Cara menghilangkan bopeng jerawat secara alami yang selanjutnya ialah es batu. Ya, es batu bisa membantu kita untuk merawat wajah dan menghilangkan bekas jerawat. Dinginnya es batu bisa membuat pori-pori di wajah kita mengecil yang kemudian meningkatkan sirkulasi darah.

Cara menghilangkan bopeng jerawat dengan es batu juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskannya pada bekas jerawat di wajah anda dan diamkan selama beberapa menit saja. Lakukanlah secara rutin supaya efektif.

15. Cuka Apel

Anda juga bisa menggunakan cuka apel untuk membersihkan bopeng jerawat di wajah. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam cuka apel tidak hanya efektif untuk menghilangkan jerawat, tetapi juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bopeng jerawat secara alami.

Caranya adalah dengan mencampur 2-3 sendok makan cuka apel dengan madu dan sedikit air. Aduklah campuran tersebut hingga rata lalu oleskan ke wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Biarkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilaslah sampai bersih dengan air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.