Sukses

12 Cara Menghilangkan Pusing, Mudah Diatasi Secara Alami Tanpa Obat-Obatan

Liputan6.com, Jakarta Gejala pusing pasti hampir semua orang mengalaminya. Pusing adalah keadaan di mana kondisi kesehatan tertentu menjadi bermasalah. Kondisi kesehatan ini biasanya muncul bersama dengan masalah kesehatan lainnya seperti vertigo, flu, stres dan yang lainnya. Ketika mengalami pusing, cara menghilangkan pusing bisa dilakukan dengan cara yang alami tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan. 

Cara menghilangkan pusing perlu diketahui agar mudah untuk diatasi. Pusing adalah perasaan disorientasi karena tidak seimbang atau pusing. Anda mungkin merasa seperti akan pingsan atau lingkungan sekitar  bergerak. Pusing dapat mengganggu ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Ketika kondisi tubuh tidak sehat, memungkinkan seseorang untuk sulit berpikir juga kehilangan konsentrasi.  

Saat mengalami pusing, akan disertai sakit kepala bahkan merasa pingsan. Kondisi pusing bukan penyakit berbahaya, akan tetapi harus diwaspadai ketika mengalami gejala yang berlebihan. Cara menghilangkan pusing bisa dilakukan dengan beberapa cara di bawah ini. 

Berikut ini cara menghilangkan pusing yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (19/7/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Pusing

1. Minum Air Putih

Cara menghilangkan pusing bisa dilakukan tanpa mengonsumsi obat-obatan. Saat mengalami pusing, bisa konsumsi air putih yang banyak.

Biasanya mengalami pusing dikarenakan kekurangan cairan, idealnya tubuh manusia dapat bekerja secara optimal ketika memiliki  kadar cairan yang cukup. Untuk mengatasi kondisi ini, rutin minum air putih dengan kadar yang banyak. 

2. Kurangi Tekanan di Kepala

Cara menghilangkan dan mengatasi pusing, dengan mengurangi tekanan di kepala. Ketika memikirkan sesuatu secara berlebihan dalam satu waktu, maka akan mengalami tekanan serta menimbulkan rasa sakit secara perlahan.

Penggunaan topi, headphone yang berukuran besar, juga bisa memicu sakit kepala dan pusing secara berlebihan. Oleh sebab itu, jika mengalami pusing, kurangi beban dan tekanan di kepala. 

3. Berolahraga Secara Teratur

Cara menghilangkan pusing bisa dilakukan dengan berolahraga secara teratur. Aktivitas fisik seperti aerobik yang dilakukan dengan teratur dapat meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental serta mengurangi stres.

Dengan hal ini, mampu mengatasi pusing yang mendera. Bisa juga gunakan persetujuan dokter, dan pilih aktivitas yang disukai seperti berjalan, berenang, atau bersepeda. 

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Pusing

4. Istirahat di Tempat Minim Cahaya

Cara menghilangkan pusing yang dialami, bisa menghindari cahaya yang cenderung lebih terang, dan beristirahatlah pada tempat yang minim akan cahaya. Untuk mengatasi pusing, bisa dilakukan tanpa obat dan cukup beristirahat.

Percaya atau tidak, cahaya yang terang dan berkedip yang terus menerus dilihat bisa membuat kepala menjadi sakit. Oleh karena itu lebih baik mencegah dan berdiam di tempat yang minim akan cahaya. 

5. Melakukan Peregangan

Salah satu yang menjadi penyebab pusing adalah otot yang tegang akibat stres atau kondisi lainnya. Cara untuk menghilangkan pusing mudah dilakukan hanya dengan merelaksasi tubuh dan melakukan peregangan.

Selain melakukan gerakan peregangan, bisa juga melakukan olahraga yang dapat membantu meringankan sakit kepala, seperti yoga, pilates, tai chi, juga rutin berjalan kaki. Selain dapat menghilangkan pusing, tubuh jadi lebih rileks dan sehat.

6. Kompres Hangat atau Dingin

Jika Anda mengalami kepala pusing yang disebabkan oleh ketegangan otot, bisa dilakukan dengan kompres hangat atau dingin. Hal ini dapat membantu mengurangi keluhan yang terjadi. 

Ketika ada dalam kondisi migrain, coba untuk mengaplikasikan kompres dingin di dahi selama kurang lebih 15 menit. Sedangkan jika Anda mengalami tension type headache, cobalah untuk memberikan kompres hangat di daerah leher atau belakang kepala. Dengan hal ini, maka pusing yang menyerang dapat teratasi. 

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Pusing

7. Manuver Epley

Cara menghilangkan pusing, bisa dilakukan dengan manuver epley dan bisa dilakukan di rumah. Manuver epley merupakan olahraga yang dapat membantu mengatasi pusing, terutama dari BPPV. Ini dirancang untuk mengeluarkan kristal dari saluran telinga dan mengurangi pusing.

8. Akupunktur

Akupunktur dapat membantu mengobati dan menghilangkan pusing. Akupunktur adalah praktik memasukkan jarum kecil dan tipis ke area kulit tertentu. Dalam sebuah penelitian kecil, akupunktur tampaknya mengurangi gejala pusing.

9. Tidur yang Cukup

Cara menghilangkan pusing berikutnya, bisa dilakukan dengan istirahat secara teratur. Rata-rata orang dewasa membutuhkan tujuh hingga delapan jam tidur setiap malam. Akan tetapi ketika mengalami gangguan tidur, bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi pusing dikepala. Karena jika kualitas tidur baik, maka kesehatan tubuh juga dapat terjaga. 

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Pusing

10. Jangan Melewatkan Makan

Makan makanan sehat pada waktu yang hampir sama setiap hari, dapat membatu mencegah bahkan menghilangkan pusing. karena selain kualitas hidup yang baik, nutrisi yang baik membantu menjaga kesehatan tubuh. Hindarilah makanan atau minuman, seperti yang mengandung kafein, yang dapat memicu sakit kepala. 

11. Hindari Pemicu Sakit Kepala

Cara menghilangkan pusing, bisa dilakukan dengan membuat buku harian sakit kepala agar membantu penderita menentukan apa yang menjadi pemicu sakit kepala. Sertakan rincian tentang setiap sakit kepala, seperti kapan mulai, apa yang dilakukan saat itu, dan berapa lama itu berlangsung. Dengan buku harian ini, sangat membantu penderita untuk mencegah hal yang memicu sakit kepala. 

12. Hindari Penggunaan Obat Secara Berlebihan

Cara menghilangkan pusing, adalah dengan menghindari konsumsi obat sakit kepala, termasuk obat bebas, secara berlebihan. Karena konsumsi yang terus-menerus dapat meningkatkan keparahan dan frekuensi sakit kepala. Konsultasilah dengan dokter tentang cara menghentikan pengobatan karena dapat menimbulkan efek samping yang serius jika dilakukan secara tidak benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.