Sukses

20 Tempat Wisata Alam di Bandung Terbaru, Lengkap Dengan Harga Tiket

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata alam di Bandung menjadi destinasi yang banyak orang pilih untuk menghabiskan waktu selama liburan. Bandung bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu destinasi wisata yang paling banyak digemari oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Bandung memang tidak pernah membuat bosan wisatawan yang berkunjung. Terutama tempat wisata alam di Bandung yang memiliki keindahan alam yang memukau dan keunikan yang tidak ada di tempat lain, membuat wisatawan selalu kembali untuk berlibur di Bandung.

Tempat wisata alam di Bandung yang bisa dipilih oleh wisatawan di antaranya berlokasi di Lembang, Pangalengan hingga Ciwidey. Dengan akses transportasi yang lengkap dan baik, perjalanan liburan para wisatawan dapat berjalan dengan lebih lancar untuk menuju ke lokasi-lokasi tempat wisata alam di Bandung.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari beberapa sumber pada Selasa, (19/7/2022), rekomendasi tempat wisata alam di Bandung yang bisa dikunjungi wisatawan untuk mengisi waktu liburan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam Di Bandung Terbaru

1. Sungai Cikahuripan

Tempat wisata alam di Bandung yang pertama adalah Sungai Cikahuripan yang terletak hanya satu kilometer dari pintu masuk tempat wisata Cikahuripan. Jalurnya didominasi oleh batuan raksasa hingga ke dua tebing yang menjulang setinggi 10 meter, menyebar hingga lebar 100 meter dari satu sisi ke sisi lain.

Terjepit di antara tebing fosil adalah sungai kecil Cikahuripan yang indah. Airnya berkilau di kejauhan dan menciptakan kolam kristal yang memukau. Kedalaman air mencapai 4 meter, namun beberapa spot berbatu lebih dangkal sehingga anda dapat menikmatinya bersama keluarga.

Alamat: Rajamandala Cipongkor, Saguling, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Bandung Jawa Barat 40561.

Biaya Masuk: Rp10.000 per orang

 

2. Tebing Gunung Hawu

Tempat wisata alam di Bandung berikutnya adalah tebing gunung hawu. Bagi penggemar matahari terbit, Tebing Gunung Hawu menawarkan sudut pandang yang fantastis untuk menyaksikan matahari terbit. Lebih baik lagi, anda dapat melihat matahari terbit itu dari tempat tidur gantung, yang tergantung di antara dua sisi tebing yang menjulang tinggi.

Hammocking dipopulerkan oleh sekelompok penduduk setempat dalam upaya untuk meningkatkan aktivitas wisata di daerah tersebut, dan dengan demikian juga turut mencegah penambang batu kapur yang dapat merusak lingkungan Gunung Hawu.

Alamat: Kampung Cidadap, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Biaya Masuk: Tidak ada biaya masuk. Rp150.000 untuk hammock dan Rp100.000 untuk panjat tebing.

 

3. Sanghyang Heuleut, Cipatat

Tempat wisata alam di Bandung yang ketiga adalah Sanghyang Heuleut. Sanghyang Heuleut adalah kolam kecil yang dikelilingi oleh tebing putih besar, hutan lebat dan air terjun kecil sebagai sumber air. Mengalir ke aliran sungai Citarum yang juga merupakan bagian dari pembangkit listrik tenaga air.

Melalui evaluasi geografis, Sanghyang Heuleut dianggap sebagai kolam prasejarah yang telah ada sejak jaman dahulu kala. Legenda juga mengatakan bahwa lokasinya yang terpencil dimaksudkan untuk tempat pemandian para dewi.

Alamat: Kp, Cipanas, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40554.

Biaya Masuk: Tidak ada biaya masuk. Hanya tiket parkir sebesar Rp8.000.

 

4. Gunung Batu, Lembang

Tempat wisata alam di Bandung berikutnya adalah Gunung batu yang terletak di Lembang. Lembang telah dikenal menjadi tujuan yang sempurna bagi para pendaki gunung karena terletak di dataran tinggi Bandung.

Seperti namanya, Gunung Batu didominasi dengan permukaan berbatu besar hingga ke puncaknya. Gunung batu juga merupakan gunung tertinggi di Lembang yang membuat kamu bisa menikmati pemandangan indah di sekitarnya seperti tangkuban perahu, gunung putri, bukit tunggal dan palasari.

Alamat: Desa Pagerwangi, kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Biaya Masuk: Tidak ada biaya masuk. Hanya tiket parkir sebesar Rp5.000.

 

5. Gua Sanghyang Tikoro dan Gua Sanghyang Poek, Cipatat

Tempat wisata alam di Bandung yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Gua Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek. Kedua gua tersebut terletak di area yang sama yang dipenuhi dengan air jernih dan alam yang mempesona.

Sanghyang Tikoro yang berarti tenggorokan suci adalah gua yang dalam dengan aliran sungai bawah tanah. Sanghyang Poek juga merupakan gua yang hanya berjarak 15 menit dari Tikoro, dan merupakan bagian dari tempat wisata terkenal di daerah tersebut. Pemandangannya sedikit berbeda karena berbentuk diagonal atau miring.

Alamat: Desa Pagerwangi, kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Biaya Masuk: Rp10.000 per orang dan tiket parkir sebesar Rp5.000.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam Di Bandung Terbaru

6. Goa Pawon dan Taman Batu Padalarang

Tempat wisata alam di Bandung yang tidak kalah bersejarah dan bisa dikunjungi selanjutnya adalah Gua Pawon. Mulut Goa Pawon adalah sebuah situs bersejarah yang penting di mana terdapat sisa-sisa manusia purba (sekarang dipajang di Museum Geologi Bandung) ditemukan.

Ambil beberapa langkah lebih jauh menuju puncak gunung dan Anda akan menemukan deretan bebatuan kaya kalsium, yang biasanya ditemukan di sepanjang pantai. Para ilmuwan percaya bahwa pernah ada laut yang membentang dari Padalarang ke Nagreg, dengan Bandung terendam ratusan meter di bawah air.

Alamat: Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Biaya Masuk: Rp6.000 per orang.

 

7. Curug Batu Templek, Bandung

Tempat wisata alam di Bandung selanjutnya adalah Curug Batu Templek. Meski curug ini tidak terlalu sulit dijangkau, namun lokasinya yang tak terduga di dekat tambang batu membuat Curug Batu Templek terdengar asing di telinga.

Sebuah fenomena geologi yang langka, batuan Curug Batu Templek sebenarnya adalah lekukan kecil di lempeng bumi yang terbentuk oleh gerakan tektonik. Hal ini menyebabkan air bawah tanah mengalir secara ajaib dari celah-celah ke bebatuan.

Alamat: Jalan Pasir Impun Atas, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.

Biaya masuk: Rp5.000 per orang saat weekdays dan Rp10.000 saat weekend.

 

8. Gunung Putri, Lembang

Tempat wisata alam di Bandung selanjutnya yang harus dikunjungi adalah Gunung Putri. Tidak seperti gunung yang lain, anda akan menemukan sisa-sisa benteng Kolonial Belanda tepat di salah satu bukit Gunung Putri.

Di puncak gunung anda dapat melihat pemandangan hutan pinus hijau yang dibayangi oleh lanskap kota yang berkabut. Lihatlah ke atas dan nikmati angin sepoi-sepoi yang sejuk, langit dari ketinggian ini adalah pemandangan indah yang akan meninggalkan Anda dengan segala macam perasaan yang tak terlukiskan.

Alamat: Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40391.

Biaya Masuk: Rp10.000 per orang untuk weekdays dan Rp22.000 per orang untuk weekend.

 

9. Perkebunan Teh Cukul, Pangalengan

Tempat wisata alam di Bandung berikutnya dan sudah cukup terkenal adalah perkebunan teh cukul. Perkebunan teh telah lama menjadi salah satu pilihan rekreasi paling menarik saat berkeliling Bandung. Dengan angin sepoi-sepoi dan sedikit aroma daun the di udara, pengunjung akan diberi pengalaman berada di tengah wilayah teh hijau.

Kelebihan perkebunan teh ini tidak hanya terletak di dataran tinggi yang berarti udaranya sejuk dan nyaman. Namun juga karena terdapat kolam yang jernih dan menenangkan. Di sepanjang perkebunan teh, ada juga vila pribadi bergaya Eropa yang menambah keindahan keseluruhan Perkebunan Teh Cukul.

Alamat: Jl. Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40378.

Biaya masuk: Rp10.000 per orang.

 

10. Curug Tilu Leuwi Opat, Ciwangun

Tempat wisata alam di Bandung dengan tema air selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Curug Tilu Leuwi Opat. Secara total, area ini memiliki 4 air terjun, 4 sungai, dan 2 gua yang bersatu untuk menghadirkan pemandangan alam yang luar biasa.

Salah satu air terjun yang paling dipuja di daerah ini bernama Curug Tilu yang memiliki air mengalir sebening kristal, sedangkan 4 sungai mengalir mulus melintasi hutan pinus yang hijau. Ada juga tempat wisata populer Ciwangun Indah Camp, dengan wahana air seperti arung jeram, outbond air, hingga berkemah, panjat tebing, paintball, flying fox, dan lain sebagainya.

Alamat: Jl. Ciwangun Indah Camp, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongrong, Kabupaten Bandung.

Biaya masuk: Rp10.000 per orang.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam Di Bandung Terbaru

11. Curug Penganten, Cisarua

Tempat wisata alam di bandung berupa air terjun berikutnya adalah Curug Penganten. Bagian yang membuat daya tarik alam ini menjadi lebih menarik adalah cerita rakyat yang menyertainya. Alasan geografis untuk nama tersebut adalah bagaimana daerah ini sebenarnya terdiri dari 2 air terjun cantik yang saling berhadapan, seperti 2 orang yang sedang jatuh cinta.

Selain air terjun, kolam air yang terletak di kaki air terjun juga menjadi daya tarik wisatawan. Kolam air disini merupakan kawasan sejuk yang dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang megah, dan diisi dengan air yang dingin dan segar.

Alamat: Padaashi, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40559.

Biaya Masuk: Rp5.000 per orang.

 

12. Grand Canyon Garut di Leuwi Jurig

Tempat wisata alam di Bandung selanjutnya adalah Leuwi Jurig. Terletak di Garut, yang berjarak dua jam berkendara dari Bandung, terdapat sebuah ngarai tersembunyi yang diberi nama Leuwi Jurig. Nama ini memiliki arti 'Kolam Setan', tetapi keindahannya akan membuat anda terpukau.

Penduduk setempat percaya bahwa mandi di kolam ini akan membebaskan anda dari semua nasib buruk. Aliran air segar mengalir melalui tebing-tebing eksotis hingga ke kolam hijau zamrud yang indah. Keindahannya telah disamakan dengan Grand Canyon of Arizona.

Alamat: Desa Bojong, Kabupaten Bungbulang, Garut, Jawa Barat 44165.

Harga: Tidak ada biaya masuk, hanya biaya parkir yang diperlukan.

 

13. Gunung Papandayan, Garut

Tempat wisata alam di Bandung lainnya yang bisa dikunjungi adalah gunung Papandayan yang berada di Garut. Bagi kebanyakan orang, mendaki gunung mungkin terdengar seperti tugas yang menantang untuk ditaklukkan dan dapat memberi adrenalin bagi pengunjungnya.

Setelah tenda dipasang, wisatawan juga dapat berjalan-jalan di Edelweiss Meadows, yang juga merupakan tempat yang bagus untuk menyaksikan matahari terbit. Tempat indah lainnya adalah Hutan Mati, di mana sepetak hutan dan vegetasi terbakar selama letusan gunung berapi, hanya menyisakan batang pohon.

Alamat: Gunung Papandayan, Karamat Wangi, Cisurupan, Kabupaten Garut 44163.

Biaya Masuk: Tidak ada biaya masuk, hanya biaya parkir yang diperlukan.

 

14. Curug Cibadak, Garut

Tempat wisata alam di Bandung berikutnya adalah Curug Cibadak yang ada di Garut. Air terjun ini terbilang cukup unik karena tersembunyi dari kawasan umum di Garut, namun sebenarnya tidak terlalu jauh dari jalan raya.

Meskipun tidak sulit untuk dijangkau, medan dan kontur tebing tinggi menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang ingin mendakinya. Oleh karena itu, disarankan untuk ekstra hati-hati, dan hindari pergi saat musim hujan karena debit air akan meningkat secara signifikan.

Alamat: Cisangkal, Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Biaya Masuk: Rp5.000 per orang.

 

15. Gunung Guntur, Garut

Tempat wisata alam di Bandung yang bisa dikunjungi untuk wisatawan yang suka mendaki adalah Gunung Guntur yang ada di Garut. Gunung Guntur atau Gunung Gede, lebih dikenal oleh penduduk setempat sebagai rumah bagi beberapa gunung dengan pemandangan yang luar biasa.

Selain trek yang menantang, ia juga memiliki lembah, air terjun, sungai, kawah, dan panorama pegunungan di sekitarnya. Akhirnya, semua kerja keras mendaki akan terbayar dengan pemandangan yang pasti layak untuk diperjuangkan.

Alamat: Sukawangi, Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat.

Biaya Masuk: Rp15.000 per orang

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam Di Bandung Terbaru

16. Kampung Naga, Garut

Tempat wisata alam di bandung berikutnya dan cocok untuk wisata keluarga adalah Kampung Naga. Satu jam perjalanan dari kota Garut,terdapat sebuah desa bernama Kampung Naga. Tidak seperti desa lainnya. Kampung Naga masih mengandalkan sistem pemerintahan tradisional yang digunakan sejak ratusan tahun yang lalu, di mana Kepala Desa adalah orang yang paling berkuasa di desa, karena mereka menahan diri dari menggunakan listrik, penduduk Kampung Naga memiliki sedikit atau tidak ada komunikasi dengan dunia luar.

Jika anda ingin berkunjung, anda harus memberitahu kepala desa. Setelah itu, anda akan diberikan sesi berbagi tentang bagaimana desa dijalankan, dan juga akan diajak berkeliling, seperti tempat-tempat di mana orang-orang bercocok tanam dan ternak

Alamat: Gunung Papandayan, Karamat Wangi, Cisurupan, Kabupaten Garut 44163.

Biaya Masuk: Tidak ada biaya masuk, hanya biaya parkir yang diperlukan.

 

17. Situs Karangkamulyan

Tempat wisata alam di bandung selanjutnya adalah Situs Karangkamulyan yang merupakan situs arkeologi di mana sisa-sisa Kerajaan Galuh, salah satu kerajaan paling awal di Indonesia yang berasal dari abad ke-7, terletak.

Merupakan rumah bagi beberapa benda dan monumen bersejarah, seperti singgasana raja, area pemandian ratu dan kamar-kamar yang menyimpan harta dan senjata, situs ini cukup terpelihara dengan baik hingga hari ini.

Alamat: Desa Karangkamulyan, Cijeungjing, Ciamis, Jawa Barat.

Biaya Masuk: Rp5.000 per orang.

 

18. Danau Situ Bagendit

Tempat wisata alam di Bandung yang bisa dikunjungi selanjutnya adalah Danau Situ Bagendit. Menurut Legenda dulu hiduplah seorang pedagang kaya yang memaksa penduduk desa untuk bekerja keras dengan upah kecil.

Dan danau ini adalah tempat dia tenggelam dalam air mata orang-orang yang menderita di bawahnya, bersama dengan semua kekayaannya. Danau itu sendiri dikelilingi oleh pegunungan, dan bagi mereka yang mencari tempat peristirahatan yang damai dapat menginap di villa sekitar danau

Alamat: Sukamukti, Banyuresmi, Garut.

Biaya Masuk: Rp3.000 per orang.

 

19. Gunung Ciremai

Tempat wisata alam di Bandung yang terakhir adalah Gunung Ciremai terletak di perbatasan antara Kuningan dan Majalengka. Selain mendaki kini terdapat taman nasional yang didedikasikan untuk melestarikan keindahan Gunung Ciremai yaitu Taman Nasional Gunung Ciremai.

Sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat, maka gunung ini cukup menantang untuk didaki oleh para pendaki. Gunung ini terdiri dari 2 puncak. Begitu anda mencapainya, anda akan melihat pemandangan luar biasa dari pegunungan yang dikelilingi oleh awan putih yang halus.

Alamat: Bantar Agung, Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat.

Biaya Masuk: Rp. 5.000 - Rp. 7.500 per orang.

 

20. The Lodge Maribaya, Bandung

Tempat wisata alam di Bandung yang terakhir adalah The Lodge Maribaya. The Lodge Maribaya merupakan perkemahan dengan layanan di atas standar untuk kegiatan berkemah atau trekking. Terdapat banyak objek seperti hutan pinus, air terjun Maribaya, dan pemandangan pegunungan yang indah.

The Lodge Maribaya juga menyediakan lokasi untuk menginap, bersantap, dan mengadakan pesta, mereka juga menyediakan layanan untuk mengatur aktivitas yang cocok untuk para wisatawan.

Alamat: Jalan Maribaya No.149/252 / RT 03/RW 15 Kp Babakan Gentong – Cibodas Lembang.

Biaya Masuk: Rp20.000 per orang di weekday dan Rp25.000 di weekend.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.