Sukses

7 Wisata Maribaya Paling Hits, Wajib Dikunjungi Saat ke Bandung

Liputan6.com, Jakarta Wisata Maribaya termasuk wisata populer di Bandung. Bandung adalah salah satu tempat tujuan wisata yang terkenal dan terfavorit di Jawa Barat. Setiap tahunnya, jutaan wisatawan pergi ke Bandung untuk berekreasi dan sejenak melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari.

Bandung terkenal akan pegunungannya. Para wisatawan datang ke kota ini untuk menikmati pemandangan pegunungan yang indah dan udaranya yang sejuk dan segar. Selain itu, Bandung juga terkenal sebagai salah satu tujuan untuk berbelanja, khususnya belanja pakaian.

Bagi kalian yang mengunjungi Kota Bandung dan ingin menikmati indahnya alam pegunungan, anda bisa mengunjungi wisata Maribaya. Tempat wisata Maribaya terletak di Kawasan Taman Hutan Raya Juanda yang terdapat di pegunungan di Bandung Barat. Di sini, anda akan disuguhi alam pegunungan dengan pepohonan pinusnya yang cantik serta udaranya yang sejuk dan menyegarkan badan.

Ada berbagai tempat yang dapat Anda kunjungi ketika anda singgah ke wisata Maribaya. Di sini anda bisa menikmati indahnya air terjun dan airnya yang segar dan tentu saja kolam air panasnya yang terkenal sejak jaman dahulu. Beragamnya tempat yang bisa anda kunjungi di wisata Maribaya membuat tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Berikut ini beberapa tempat yang bisa anda kunjungi bila Anda singgah ke wisata Maribaya yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (20/7/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Wisata Maribaya

1. Kebun Begonia

Tempat pertama yang bisa Anda kunjungi bila datang ke wisata Maribaya ialah Kebun Begonia. Kebun Begonia adalah sebuah kebun bunga yang cantik dan menarik untuk anda kunjungi yang terletak di kawasan Maribaya.

Di kebun ini, anda akan disuguhi indahnya kebun bunga yang dipenuhi oleh beragam jenis bunga. Di kebun ini anda dapat melihat kecantikan berbagai jenis bunga seperti Balinea. celosia, impatiens, geranium, hingga salvia. Pemandangan kebun bunga ini semakin cantik dan menarik karena penataannya yang rapih. Sejuknya udara pegunungan khas Lembang, Bandung dan indahnya kebun bunga membuat tempat ini semakin nyaman untuk menghabiskan waktu.

Indahnya taman bunga yang dipenuhi oleh berbagai jenis bunga yang berwarna-warni membuat Kebun Begonia menjadi tempat yang cocok untuk dijadikan spot untuk berfoto ria. Bila anda ingin mencari spot foto yang cantik dan menarik untuk anda unggah di media sosial, anda wajib untuk berkunjung ke kebun ini. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai fasilitas lain seperti outbound, wisata petik buah, hingga kafe yang bisa anda kunjungi bersama dengan keluarga dan orang-orang terdekat.

2. The Lodge Maribaya

Kalau Anda mengungjungi wisata Maribaya, anda juga bisa singgah ke The Lodge Maribaya. Salah satu tempat wisata yang terletak di kawasan Maribaya ini adalah salah satu tempat wisata yang populer dan kekinian yang banyak dikunjungi para wisatawan yang datang ke Lembang Bandung.

The Lodge Maribaya adalah tempat wisata outdoor yang menawarkan beragam aktivitas yang menarik bagi para pengunjungnya. Di tempat ini, anda bisa berkeliling dan menikmati indahnya hutan pinus sambil berjalan ataupun bersepeda. Tempat ini juga menyediakan berbagai wahana untuk berfoto yang menarik dan instagramable yang bisa anda coba. Anda juga bisa bermalam dan berkemah di lokasi ini.

3 dari 4 halaman

Wisata Maribaya

3. Curug Maribaya

Curug Maribaya adalah salah satu destinasi wisata Maribaya yang favorit dan populer. Curug Maribaya terletak di Kampung Cikondang, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Curug ini dialiri oleh dua sungai yaitu Sungai Cigulung dan Sungai Cikawari.

Di sini para wisatawan tidak hanya bisa menikmati satu air terjun saja, tetapi anda bisa menyaksikan 4 air terjun sekaligus, yaitu Curug Cikawari, Curug Cigulung, dan Curug Cikoleang. Wilayah di sekitar air terjun yang masih asri dan hawa pegunungan yang sejuk dapat membuat pengunjung merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama di sini. Para pengunjung juga bisa turun ke air terjun untuk menikmati aliran air sungai alami yang menyegarkan.

4. Curug Omas Maribaya

Wisata Maribaya tidak hanya memiliki satu air terjun saja. Ada air terjun lainnya yang terdapat di kawasan ini, yakni Curug Omas Maribaya. Air terjun ini juga terletak di Taman Hutan Raya Juanda dan tidak jauh dari Curug Maribaya. Hal ini membuat sebagian pengunjung menganggap bahwa kedua air terjun ini sama.

Curug Omas adalah titik pertemuan antara dua sungai, yakni Sungai Cikawari dan Sungai Cigulun. Kedua sungai ini kemudian membentuk satu aliran yang disebut sebagai Sungai Cikapundung Hulu. Air terjun ini memiliki tinggi 30 meter dan kedalaman 10 meter.

Bila anda berkunjung ke curug ini, anda dapat menikmati indahnya pemandangan air terjun dan alamnya yang masih asri. Sejuknya udara pegunungan Lembang juga menambah kenyamanan tempat ini. Para pengunjung juga tidak hanya bisa menikmati keindahan air terjun dari bawah saja. Di kawasan hutan raya terdapat sebuah jembatan yang memungkinkan para pengunjung dapat menyaksikan pemandangan air terjun ini dari atas.

4 dari 4 halaman

Wisata Maribaya

5. Maribaya Nature Hot Spring Resort

Salah satu atraksi wisata yang terkenal di Maribaya ialah pemandian air panasnya. Salah satu tempat pemandian air panas yang terkenal di wisata Maribaya ialah Maribaya Nature Hot Spring Resort. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk menikmati pemandian air panas alami yang nikmat. Tempat ini baru direnovasi pada tahun 2015 silam dengan konsep yang lebih modern, tetapi tetap natural.

Di Maribaya Nature Hot Spring Resort ini, para pengunjung dapat merasakan enaknya berendam di kolam air panas yang memiliki kandungan belerang yang alami. Tempat ini cocok untuk anda kunjungi untuk melepaskan rasa lelah yang menumpuk akibat rutinitas sehari-hari. Berendam di kolam air panas dapat membantu para pengunjung untuk menghilangkan lelah dan menyegarkan kembali badan; membuat kembali bersemangat untuk melanjutkan rutinitas pasca liburan. Selain itu, banyak yang percaya bahwa air di pemandian ini dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Maribaya Nature Hot Spring Resort berada di Jl. Maribaya No.105/212 Lembang Bandung.

6. Sky Bridge Tapak Halimun

Wisata Maribaya yang berikutnya ialah Sky Bridge Tapak Halimun. Bila anda berkunjung ke Maribaya Resort, anda bisa mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Jembatan ini memiliki panjang sejauh 200 meter. Dari atas jembatan ini, para pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan resort dari atas. Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan air terjun dari atas jembatan ini. Jembatan ini terkenal sebagai salah satu spot favorit bagi para wisatawan untuk berfoto-foto.

7. Tebing Keraton

Bila anda berkunjung ke Wisata Maribaya, tidak ada ruginya apabila anda mampir ke Tebing Keraton. Tebing Keraton terletak tidak jauh dari kawasan wisata Maribaya. Tebing ini letaknya masih di dalam kawasan Taman Hutan Raya Juanda.

Dari atas tebing ini, para pengunjung dapat menikmati pemandangan hijaunya Taman Hutan Raya Juanda yang indah dari ketinggian. Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan Gunung Tangkuban Perahu dari atas tebing ini. Pemandangan Tebing Keraton yang indah membuat tempat ini menjadi salah satu spot favorit bagi para wisatawan untuk berfoto-foto. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Tebing Keraton adalah di pagi hari. Anda dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbit di pagi hari dari atas tebing ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.