Sukses

18 Tempat Wisata di Balikpapan, Tawarkan Indahnya Pantai dan Hutan

Tempat wisata di Balikpapan yang menawarkan pantai indah dan hutan yang asri.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Balikpapan bisa menjadi destinasi berlibur. Balikpapan merupakan salah satu kota di Provinsi Kalimantan Timur yang menghasilkan minyak cukup besar di Indonesia. Kota yang kerap dijuluki dengan kota minyak ini, selain kekayaan sumber daya alam yang melimpah, juga menawarkan pesona yang menarik perhatian wisatawan yang berkunjung. 

Balikpapan merupakan kota terbesar kedua di Kalimantan Timur setelah Samarinda. Letaknya yang sangat dekat dekat dengan lautan, membuat tempat wisata di Balikpapan memiliki pantai yang indah untuk dikunjungi. Selain itu, tempat wisata di Balikpapan yang terletak di pesisir membuat pengunjung bisa menikmati panorama alam yang indah. 

Untuk itu, tempat wisata di Balikpapan menjadi destinasi yang wajib dikunjungi mengisi waktu liburan. Tidak hanya wisata pantai yang bisa dijumpai oleh wisatawan, ada juga hamparan bukit, hutan yang asri serta wisata kuliner yang tentu memanjakan lidah pengunjung. Setiap tempat wisata yang ada di sini, memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Tidak heran, tempat ini menjadi salah satu destinasi pilihan saat berada di Balikpapan. 

Berikut ini tempat wisata di Balikpapan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Balikpapan

1. Pantai Kemala

Tempat wisata di Balikpapan yang menawarkan pesona pantai yang indah adalah Pantai Kemala. Pantai yang sering disebut Pantai Polda ini juga salah satu wisata Balikpapan yang cukup banyak dikunjungi wisatawan. Tempat ini memiliki pemandangan pasir putih yang bersih juga luas, sehingga saat berkunjung kamu bisa bermain air dan pasir. Tempat wisata ini juga menyajikan makanan khas Balikpapan yang bisa dinikmati oleh wisatawan yang ada disini. Saat berada disini, pengunjung juga bisa bermain jet ski dan banana boats. rekomendasi destinasi wisata untuk keluarga menikmati waktu liburan.

2. Pantai Sepinggan

Pantai Sepinggan merupakan salah satu tempat wisata di Balikpapan yang wajib untuk dikunjungi. Pantai ini bisa menjadi alternatif untuk menikmati panorama sunset. Tempat ini menawarkan indahnya langit jingga ditambah pantulan cahaya matahari di permukaan air laut, membuat pengunjung betah berlama - lama disini. Saat ingin melepas penat dari padatnya aktivitas, bisa menjadikan pantai ini sebagai salah satu tempat tujuan. 

3. Pantai Melawai

Tempat wisata di Balikpapan yang satu ini, menyuguhkan indahnya pantai. Tempat yang terletak di Jalan Pelabuhan Semayang, Prapatan, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Saat berada disini, pengunjung bisa menikmati pemandangan sunset yang memesona. Tempat ini adalah tempat pertama yang dilakukan pengeboran minyak di Indonesia. Jika ingin berkunjung ke Pantai Melawai, alangkah baiknya datang ketika menjelang petang karena di sana banyak sekali kafe yang menyediakan menu makanan khas Balikpapan.

4. Pantai Manggar Segara Sari

Tempat wisata di Balikpapan selanjutnya ini masih menyuguhkan panorama pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Manggar Segara Sari. Tempat ini merupakan wisata Balikpapan yang selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan dan masa liburan. Pantai ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata keluarga yang menarik, karena kamu bisa menikmati pemandangan laut serta bermain perahu. Banyak juga warung makan yang menyediakan aneka kuliner lokal yang menarik. Banyak wahana, juga fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung saat berada disini. 

5. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru adalah tempat wisata Balikpapan yang akan memberikan suasana menenangkan bagi kamu yang ingin bersantai dari hiruk pikuk kota. Menawarkan pemandangan laut yang indah dihiasi pepohonan cemara membuat liburan semakin nyaman dan menyenangkan. Tempat ini menjadi destinasi tepat saat liburan bersama dengan keluarga. 

 

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Balikpapan

6. Bukit Batu Dinding

Selain menawarkan panorama pantai yang indah, tempat wisata di Balikpapan yang satu ini menawarkan suasana perbukitan, salah satunya  Bukit Bangkirai. Saat berada disini, jangan lupa untuk mengunjungi Bukit Batu Dinding. Bukit Batu Dinding ini merupakan wisata Balikpapan yang menawarkan pemandangan alam dengan rimbunnya hutan. Tempat ini bisa menjadi spot yang cukup untuk menyaksikan panorama sunset dan sunrise. pengunjung juga bisa melihat asrinya hutan dengan pohon - pohon besar yang indah. 

7. Penangkaran Buaya Teritip

Salah satu tempat wisata di Balikpapan yang cukup unik adalah Penangkaran Buaya Teritip. Tempat ini menjadi salah satu wisata Balikpapan yang memiliki kawasan penangkaran seluas 5 hektar dan menjadi rumah bagi lebih dari 1000 ekor buaya. Di sini kamu bisa mengamati berbagai jenis buaya. 

8. Konservasi Beruang Madu

Selain buaya, tempat wisata di Balikpapan yang bisa dikunjungi saat liburan ke Balikpapan adalah konservasi beruang madu. Tempat yang digunakan untuk konservasi ini, dijadikan sebagai tempat wisata dan bisa dikunjungi oleh pengunjung. Beruang Madu adalah maskot kota Balikpapan. Beruang madu termasuk hewan yang langka dan tengah dilindungi keberadaannya karena terancam punah.

9. Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan Lindung Sungai Wain adalah tempat wisata di Balikpapan yang memiliki luas tak kurang dari 10.000 hektar, tempat ini juga digunakan sebagai rumah bagi berbagai flora dan fauna langka dan dilindungi. Contohnya orang utan, beruang madu, bekantan, kantong semar, hingga tumbuhan endemik Jahe Balikpapan. .

10. Kebun Raya Balikpapan

Tempat wisata di Balikpapan selanjutnya yang harus dikunjungi adalah Kebun Raya Balikpapan. Tempat wisata ini terletak di dalam Kawasan Hutan Lindung Wain. Kebun Raya Balikpapan merupakan kawasan konservasi alam berupa tumbuhan kayu. Tempat ini juga merupakan rumah bagi berbagai jenis tumbuhan obat dan berbagai spesies anggrek. 

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Balikpapan

11. Taman Bekapai

Tempat wisata di Balikpapan yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Bekapai. Taman kota yang berlokasi di pusat kota ini merupakan ruang terbuka untuk publik dan bisa menjadi tempat santai di tengah kota Balikpapan. Taman ini juga menyediakan fasilitas wifi dan tidak dikenakan biaya apapun bila kamu ingin menggunakannya. Kamu dapat terhubung ke internet sembari bersantai di taman kota ini, sangat menyenangkan karena kamu bisa memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan secara gratis.

12. Danau Cermin Lamaru

Tempat wisata di Balikpapan selanjutnya yang wajib untuk disambangi adalah Danau Cermin Lamaru. Danau ini memiliki air yang sangat jernih dan bahkan bisa untuk bercermin atau memantulkan bayangan. Letaknya yang berada di kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur ini bisa diakses dari pusat kota sekitar 26 kilometer atau kurang lebih 45 menit. Perjalanan menuju lokasi menggunakan kendaraan, dan saat berada disini, keindahan dan keunikan danau ini membuat pengunjung betah untuk berlama - lama.

13. Kawasan Hutan Mangrove Margomulyo

Salah satu tempat wisata yang cukup populer di Balikpapan adalah Hutan mangrove. Tempat yang terletak di Jalan Sidodasi, Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Balikpapan barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur ini memiliki wisata ekosistem mangrove yang bisa disaksikan secara dekat. Meskipun cukup terkenal, hutan mangrove ini masih terjaga keasriannya dan keindahannya sehingga dapat menjadi tempat untuk menenangkan diri dan bersantai. Tidak hanya hamparan hutan mangrove, di sini juga banyak spot-spot foto yang menarik untuk bisa mengabadikan momen berlatar hutan yang asri. 

14. Kampung Atas Air Margasari

Kampung Atas Air Margasari adalah salah satu tempat wisata Balikpapan yang menawarkan kampung apung yang masih dilestarikan di Balikpapan bahkan di Indonesia. Wisata Balikpapan ini menyuguhkan kampung mengapung yang mirip di Venice, Eropa. Saat berada disini, pengunjung bisa memancing atau berkeliling kampung sembari berinteraksi dengan warga sekitar. 

15. Waduk Manggar

Wisata Balikpapan selanjutnya yang cukup populer adalah Waduk Manggar. Tempat wisata yang memiliki sumber air bersih ini digunakan untuk kebutuhan masyarakat Balikpapan. Waduk ini menawarkan pemandangan indah yang tidak kalah menarik dengan wisata Balikpapan Lainnya. Saat berada disini, bisa sambangi tempat ini untuk menikmati pemandangan yang ada. 

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Balikpapan

16. Bukit Bangkirai

Wisata Balikpapan berikutnya adalah destinasi dengan panorama bukit. Tempat wisata di Balikpapan ini menyuguhkan keindahan bukit dan hutan yang menarik, dengan bentangan alam yang berupa hutan tropis. Kamu bisa mengunjungi Bukit bangkirai saat berada disini, akan melihat keindahan hutan yang tersaji disertai dengan jembatan gantung memberikanmu pemandangan yang memukau. 

17. Ikan Bandeng Non Duri

Selain wisata alam yang terkenal indah juga wisata pantai yang memesona, wisata kuliner di Balikpapan juga tidak kalah menariknya. Tempat yang menyajikan Ikan Bandeng Non Duri khas Balikpapan yang harus Anda cicipi. Tak hanya menggugah selera, Ikan Bandeng Non Duri juga kaya akan gizi serta mengandung banyak protein yang baik untuk otak. 

18. Mie Soba Lada Hitam

Wisata kuliner yang harus dicoba selain ikan bandeng, pengunjung juga akan menjumpai Mie Soba Lada Hitam yang  merupakan mie dengan tekstur dan bentuknya berbeda dengan mie pada umumnya. Mie Soba berukuran lebih besar dari mie pada umumnya, dengan saus hitam yang melumuri tiap helai mie nya. Rasanya yang gurih dan nikmat membuat mie ini wajib Anda cicipi ketika berkunjung ke Balikpapan. saat berkunjung ke tempat wisata di Balikpapan, sambangi juga makanan khas Balikpapan yang enak juga menggugah selera. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.